Keluarga Biru

Featured Post

Berumur Panjang Demi Keluarga Tercinta - My Healthiness My Precious Moment

Di keluarga besar saya, umur para pria mayoritas lebih pendek bila dibandingkan dengan umur para wanita. Sejak lahir saya tidak...

Laman

Tembus Alexa Kurang Dari Sebulan

Keluarga Biru         36 comments




Tadi malam seperti biasa Papa Ihwan memulai aktivitas ngeblog setelah Mama Ivon dan Aiman tidur. Biasanya ketika Mama Ivon akan menidurkan Aiman maka saya juga akan mematikan monitor dan pura-pura ikut tidur. Hal ini sengaja saya lakukan sebab jika saya tetap duduk di depan komputer maka dia tidak akan kunjung tidur. Setelah Aiman tidur barulah saya kembali ke depan komputer, menyalakan monitor dan melanjutkan aktivitas ngeblog.

Adapun artikel yang saya tulis tadi malam tentang acara malam mingguan Keluarga Biru di Pasar Wlingi. Setelah selesai posting secara tidak sengaja saya melihat Alexa Toolbar yang terpasang di komputer saya. Perhatian saya langsung teralihkan ke sana ketika melihat ada angka-angka yang menunjukkan ranking. Saya kemudian membuka situs Alexa dan coba mengecek berapa ranking Keluarga Biru di Alexa. Waw…saya terkejut dengan hasilnya. Di sana tertera ranking Keluarga Biru adalah 3,701,956.


Kalau untuk pemilik situs yang sudah berumur setahun lebih maka ranking 3,701,956 itu biasa saja atau mungkin malu-maluin. Tapi buat situs Keluarga Biru yang belum genap berumur sebulan ranking 3,701,956 itu Luarrr Biasaa. Luarrr biasa karena ranking Keluarga Biru berhasil mengalah ranking blog dan situs penerbitan saya yang sudah berusia tahunan yang saat ini masih bertengger di angka belasan juta. Padahal saat awal bikin situs ini, Keluarga Biru sama sekali tidak terdeteksi di Alexa.

Sebagai ungkapan suka cita saya lalu capture ranking Keluarga Biru di Alexa dan mempostingnya di facebook, sekalian juga ‘laporan’ kepada para suhu di dunia blog dan seo yang selama ini telah setia dan sabar mengajari saya. Nah buat para blogger di luar sana yang saat ini sedang galau karena situs atau blognya tidak kunjung terdeteksi di Alexa maka saya akan membagi tips cara cepat meningkatkan ranking Alexa kurang dari sebulan:

  1. Buat konten yang unik dan bermanfaat


Dulu ketika masih ngeblog di blog pribadi saya menulis semau saya, dalam hal tema maupun style menulisnya. Suka-duka, susah-senang yang saya alami dalam kehidupan sehari-hari saya tuliskan semua di blog. Blog benar-benar menjadi buku harian online saya waktu itu.

Apakah hal itu salah? Tidak, sama sekali tidak. Namun kita jangan melupakan perasaan pembaca jika kita ingin blog kita rajin didatangi. Pembaca mungkin pada awalnya akan senang membaca cerita keseharian kita namun lama-kelamaan akan bosan juga jika tidak ada nilai atau manfaat dari cerita yang kita tulis tersebut atau cara menulisnya biasa saja.

Akibat dari menulis semau saya tersebut, blog saya jadi blog gado-gado, dari A sampai Z saya tuliskan di sana. Mulai dari urusan asmara hingga urusan penerbitan ada di situ. Dari segi branding jelas saya sudah salah banget dan lemah sekali.

Saya kemudian melihat blog teman-teman yang konsisten dengan satu tema, branding mereka sudah kuat di mata para pembaca. Jika ingin mencari artikel tentang traveling buka saja situsnya si A, kalau ingin cari resep masakan atau kue baca a aja blognya si B. Karena branding yang kuat itu mereka punya pembaca tetap dan mendapatkan manfaat lebih dari situs atau blognya.

Nah karena saya ingin mendapatkan dua hal tersebut maka saya lalu membuat blog dengan tema tertentu.  Pada awalnya saya ingin membuat blog bertema traveling namun atas masukan Mbak Rien saya lalu membuat blog bertema keluarga yaitu Keluarga Biru.

  1. Up-date artikel secara rutin dan terjadwal


Blog tematik akan percuma jika artikelnya tidak up-date. Pembaca tentu menginginkan sesuatu yang baru atau sedang trend saat ini. Itulah sebabnya sebagai seorang blogger kita harus rajin menulis artikel di blog kita. Minimal sehari sekali kita menulis artikel baru agar trafik blog kita stabil bahkan meningkat karena di mata google blog atau situs kita termasuk aktif sehingga bisa meningkatkan rank situs kita.

  1. Lakukan SEO On Page


Awalnya saya juga tidak mengerti apa itu SEO On Page, namun karena terdorong oleh keinginan yang kuat agar blog saya cepat terindeks oleh google. Di internet banyak kok blog yang membahas tentang hal ini, kalian tinggal searching saja akan muncul banyak sekali. Saya tidak akan membahas secara detail di sini karena nanti akan semakin melebar dan tidak sesuai dengan tema blog saya. Sepengetahuan saya dari hasil gugling, SEO On Page itu kita mengatur hal-hal teknis di dalam blog atau web kita, misalnya label/tag, meta tag pada artikel, tag pada foto, internal link, pemberian efek tertentu pada kata kunci/keyword. Kalau saya kemarin belajar banyak tentang SEO On Page ini di blog: http://trikmudahseo.blogspot.com

  1. Lakukan Tri Alexa: Claim, Toolbar dan Widget


Nah ini yang tidak boleh dilupakan karena topik utama tulisan saya kali ini bagaimana agar situs/blog kita yang masih baru bisa tembus Alexa kurang dari sebulan.

Tujuan Claim Verifikasi di Alexa agar situs tersebut terdaftar secara resmi di sana. Setelah melakukan claim maka kita bisa memasang id meta tag alexa di blog kita. Cara ini sangat menguntungkan dan akan mempermudah mengakses situs anda.

Sedangkan pemasangan Toolbar dan Widget akan mempermudah perhitungan berapa kali blog kita diakses pengunjung, semakin sering kunjungan terdeteksi maka akan semakin ramping ranking blog kita di Alexa.

Cara melakukan Tri Alexa ini sangat mudah kok, silakan baca di sini: http://upiseo.blogspot.com/2013/10/cara-menurunkan-rank-alexa-dengan-cepat.html

  1. Rajin sharing artikel di social media


Manfaatkan akun social media yang kalian miliki dengan maksimal untuk mendapatkan pembaca blog kita. Kalau saya biasanya sharing url artikel kita di Facebook, Twitter dan kadang juga di Instagram. Kalau di Facebook bisa posting langsung di wall kita atau di grup yang temanya sesuai. Sedangkan di Twitter biasanya saya mention juga akun twitter yang punya korelasi dengan tema artikel kita.

Cara ini sangat efektif, apalagi untuk situs/blog baru yang tidak bisa langsung terindeks di google. Pembaca blog saya saat ini 95% berasal dari Facebook, meskipun kebanyakan hanya membaca saja tanpa berkomentar namun cukup efektif meramaikan trafik blog saya.


  1. Rajin blogwalking


Agar situs/blog kita dikunjungi orang maka kita pun harus rajin mengunjungi blog orang lain. Selain mengunjungi blog teman-teman dekat, saya biasanya searching di google atau alexa situs-situs yang popular, karena blog saya bertema keluarga maka saya utamakan blogwalking ke situs/blog yang bertema keluarga juga.

Hal ini perlu jadi prioritas utama karena dengan tema yang sama maka otomatis pemilik situs/blog tersebut akan merasa punya korelasi dan keingintahuan yang besar untuk mengunjungi balik blog kita.

Ketika blogwalking jangan lupa untuk meninggalkan komentar. Berkomentarlah yang baik dan wajar, sesuai dengan tema yang sedang dibahas di artikel tersebut. Dengan begitu pemilik blog akan lebih simpatik dibandingkan membaca komen yang ngasal dan kelihatan sekali hanya menyebar url blog.

Satu lagi tips dari saya, ketika menuliskan url di kolom komentar, jangan hanya url situs secara global namun beri url artikel kita secara spesifik. Hal ini lebih efektif menaikkan trafik blog kita.

  1. Rajin membalas komentar pengunjung


Yang juga tidak boleh dilupakan adalah rajin membalas komentar pengunjung. Kalau dari sisi pertemanan maka dengan selalu membalas komentar pengunjung maka pengunjung akan merasa dihargai dan diperhatikan. Nantinya dia tidak akan segan lagi untuk mengunjungi blog kita malah akan selalu menantikan artikel terbaru kita.

Kalau dari segi SEO, dengan rajin membalas komentar maka situs kita di mata google akan dinilai sebagai situs yang user friendly dan aktif sehingga akan lebih mudah terindeks.



Demikianlah sharing pengalaman saya mengelola situs Keluarga Biru sehingga bisa mendapatkan ranking 3 jutaan dalam waktu kurang dari sebulan di Alexa. Jangan pernah bosan untuk belajar bagaimana mengoptimalkan blog kita. Banyak sekali ilmu, tips dan trik yang bertebaran di jagad maya ini, tinggal kita saja mau mencobanya atau tidak. Learning from practice, itulah kunci suksesnya.




Salam Hangat,



Keluarga Biru

 
Published by Keluarga Biru

Keluarga Biru adalah blog milik Ihwan Hariyanto dan Ivonie Zahra. Mereka menulis tentang parenting, traveling dan kuliner yang mereka lakukan bersama dua buah hati mereka Aiman dan Aira.
Follow us Google+.

36 comments:

  1. Waaah kereen :) Alexa-ku masih 6 jutaan. Terus terang aku masih gak terlalu paham soal (betapa pentingnya) Alexa ini. Tapi paling nggak, sekarang kudu makin serius nulis nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho punyamu udah 3,5 jutaan kok Yan.
      kalau yang aku tahu rank alexa ini bisa jadi tolok ukur harga iklan di blog kita Yan, bisa buat nego agar dinaikkin gitu :D

      Delete
    2. Baru cek lagi balasan komennya, haha ya ternyata udah 3,5 juta. (gak bisa ya di depan angkanya ditambahin "Rp" gitu) buahahaha.

      Delete
    3. kayaknya alexa pengaruh dari posting ya bukan karena visitor

      Delete
    4. Keduanya Mas Akomeogi, kalau kita posting nggak ada yang baca juga percuma.

      Delete
  2. Waah...selamat ya. Blog saya yg domain baru masih bertengger di 11 jutaan. Dan itu malah memacu untuk rajin nulis. Tapi belum berusaha ngapa2in di alexa soalnya masih riweuh. Makasih infonya berguna sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Lina bisa ikuti cara yang dilakukan Ihwan, mbak :)

      Delete
    2. Ayo Mbak segera terapin Tri Alexa itu, dijamin akan makin ramping ranknya nanti.
      Gampang kok asal telaten melakukan step demi stepnya :-)

      Delete
    3. Siap Mbak Rien & Ihwan.
      Iya nih saya sudah pelan2 mulai pasang toolbar.

      Delete
  3. Hai, Ihwan. Selamat ya. Dirimu memang giat dan penuh semangat. Lanjutkan. Bukan tak mungkin nanti rank saya terlampaui.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mbak, Alhamdulillah kesuksesan Mbak lah yang menginspirasiku he3.
      Aah, Travelerien mah tiap hari rajin di up-date jadi agak susah ngejarnya.

      Delete
  4. Waaaah ini keren banget.. Aku tembus 3jutaan di alexa setelah ngeblog selama 2 tahunan :D
    Keep posting and sharing yaaa.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Dee, aku juga heran dan sempat nggak percaya kok bisa langsung tembus di 3 jutaan. Faktor keberuntungan kali :P

      Delete
    2. Yang jelas ini karen kegigihan dan usaha keluarga biru. Salut!

      Delete
  5. Aku termasuk yg semau gue Mas Ihwan, ga pernah liat PR Alexa maupun Google. Lha gemes owg, dulu pas rajin posting plus bewe plus lain2 teteeeep aja PRnya masih N/A. Sekarang udah lumayan jadi 0, nggak N/A lagi hahaha.... Ra mutu blas yoh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mulai sekarang coba ikuti step-step yang udah saya share di atas Mbak, bukan tidak mungkin rankingnya akan melejit melalui situs keluarga biru.
      N/A itu maksudnya apa Mbak? ;D

      Delete
  6. Wih hebat nih pak ihwan. Jarang-jarang bisa secepet ituu.. mudah-mudahan bisa lebih kecil lagi alexanya :D
    Btw, blognya bagus sekali.. namanya juga keren : keluarga biru heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya juga kaget kok bisa secepat itu, Alhamdulillah sekarang makin ramping di angka 1,7 jutaan.
      Makasih atas apresiasinya, kebetulan kami sekeluarga senang dengan warna biru.

      Delete
  7. kl dpt komen kyk gini:spamer atau gmn ya..pgn tau seo..tp rada takut..kudu ada jaminan cc segala..
    Hello Web Admin, I noticed that your On-Page SEO is is missing a few factors, for one you do not use all three H tags in your post, also I notice that you are not using bold or italics properly in your SEO optimization. On-Page SEO means more now than ever since the new Google update: Panda. No longer are backlinks and simply pinging or sending out a RSS feed the key to getting Google PageRank or Alexa Rankings, You now NEED On-Page SEO. So what is good On-Page SEO?First your keyword must appear in the title.Then it must appear in the URL.You have to optimize your keyword and make sure that it has a nice keyword density of 3-5% in your article with relevant LSI (Latent Semantic Indexing). Then you should spread all H1,H2,H3 tags in your article.Your Keyword should appear in your first paragraph and in the last sentence of the page. You should have relevant usage of Bold and italics of your keyword.There should be one internal link to a page on your blog and you should have one image with an alt tag that has your keyword….wait there’s even more Now what if i told you there was a simple WordPress plugin that does all the On-Page SEO, and automatically for you? That’s right AUTOMATICALLY, just watch this 4minute video for more information at

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang ditulis di komen itu benar semua Mbak dan kebetulan saya udah nerapin di blog KB ini. Yang komen siapa Mbak? jangan-jangan jasa seo yang lagi promosi :D

      Delete
  8. tips nge-booster e sesuk ditulis wan dari 3 juta dadi 4 ratus ribuan :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayake iki pengaruh backlink dari viva Yo sebab aku wes nggak melakukan trik-trik lagi. Malah saiki aku nggak setiap hari posting.

      Delete
  9. Alexa ku nomer Sudah nomer 1,7 jt. Tapi kenapa bendera Indonesia kagak berkibar ? Apa karena aku tinggal di India ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh itu kita harus setting di akun alexa kita Mbak, pilih negara mana yang akan kita pakai sebagai acuan peringkatnya.

      Delete
    2. itu berbayar Ya ? Aku sudah daftar di Alexa

      Delete
    3. Gratis kok Mbak.
      Mbak masuk aja di my dashboard, di situs milik kita pilih site management. Pilih edit site listing, nah di bwah sendiri ada pilihan negaranya. Sesudah milih langsung disimpan.

      Delete
  10. langsung ke tekapeh dan praktekin ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip, ntar kalo udah berhasil sharing di blog juga yes?

      Delete
  11. Wah hebat ya ! Saya alexa rank masih no data :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih. Jangan berkecil hati, coba Mbak terapkan semua tips saya di atas. Goodluck!

      Delete
  12. Alexa saya sudah terdeteksi namun keyword penelusuran digooglenya no data, gimana ya gan cara mengatasinya :-(

    ReplyDelete
  13. Wah lengakap sekali nih triknya ... ijin baca ya gan...

    ReplyDelete
  14. Wah lengakap sekali nih triknya ... ijin baca ya gan...

    ReplyDelete
  15. Gan mau tanyya denger kabar katanga klo banyak memasang toolbar alexa di komputer lain (misal komputer kantor/warnet dengan web kita apa membantu menurunkan alexa?

    ReplyDelete

Jika menurut Anda artikel ini berguna mohon dukungannya dengan memberikan donasi via PayPal untuk maintenance blog Keluarga Biru. Terimakasih ^_^

Google+ Followers

Followers

Total Pageviews

Contact

Powered by Blogger.