Keluarga Biru

Featured Post

Berumur Panjang Demi Keluarga Tercinta - My Healthiness My Precious Moment

Di keluarga besar saya, umur para pria mayoritas lebih pendek bila dibandingkan dengan umur para wanita. Sejak lahir saya tidak...

Laman

Pasar Buku Wilis: Surganya Para Pecinta Buku

Keluarga Biru         12 comments

Pasar Buku Wilis Malang



Salah satu julukan untuk kota Malang adalah Kota Pelajar, karena di sini banyak sekali berdiri perguruan tinggi baik itu negeri maupun swasta. Tiap tahun berbondong-bondong pelajar yang baru lulus SMA mendaftarkan diri ke perguruan tinggi yang ada di Malang. Untuk menunjang julukan sebagai Kota Pelajar, Pemkot Malang membangun berbagai macam fasilitas yang mendukung seperti perpustakaan umum dan toko-toko buku. Di antara fasilitas pendukung pendidikan tersebut ada satu yang cukup unik dan terkenal di Malang yaitu Pasar Buku Wilis.

Awalnya pasar buku tradisional ini terletak di Jl. Mojopahit atau Splendit yang terletak di sebelah selatan Balai Kota Malang. Karena terletak di Jl. Mojopahit, pasar buku ini dikenal dengan nama Blok M. Namun karena letaknya di trotoar dan makin banyak pedagangnya, Blok M menjadi terlihat semrawut dan seringkali menyebabkan kemacetan. Saya dulu ketika masih duduk di bangku sekolah menjadikan Blok M sebagai jujukan untuk membeli buku-buku pelajaran. Selisih harga antara buku yang dijual di Blok M dengan di toko buku modern memang sangat besar sekali, tak heran jika Blok M tak pernah sepi pembeli.
Pada tahun 2003, Pemkot Malang memindahkan para pedagang buku di Blok M ke lokasi yang sudah disiapkan di Jl. Wilis. Pemindahan itu dimaksudkan agar para pedagang buku lebih terkoordinir dan pembeli lebih nyaman mencari-cari buku yang mereka butuhkan. Sejak saat itu Blok M pun berubah nama menjadi Pasar Buku Wilis. 

Pasar Buku Wilis Malang

Lokasi baru yang lebih luas, bersih dan tertata rapi menjadikan Pasar Buku Wilis sebagai surga para pecinta buku kota Malang.

Pasar Buku Wilis Malang
Tempatnya bersih dan nyaman


Berbagai macam buku dijual di Pasar Buku Wilis seperti buku pendidikan/pelajaran, buku agama, kamus, buku kuno, ensiklopedia, novel best seller, majalah, komik, dan kadang ada pula buku impor. Kita pun bisa mencari berbagai macam buku sastra, psikologi, sosial, budaya, bahkan buku-buku sejarah kuno yang langka juga ada. Ada buku yang baru maupun bekas dengan kondisi yang masih layak dibaca.

Pasar Buku Wilis Malang
Silakan dipilih buku incaranmu


Untuk harga tak perlu khawatir, hampir semua buku yang dijual di Pasar Buku Wilis dijual dengan harga miring, jadi sudah pasti lebih murah dari harga buku di toko-toko buku modern. Bahkan harga yang miring itu masih bisa ditawar lho. Jangan takut apalagi malu untuk menawar harga karena memang itulah keunikan dan kelebihan Pasar Buku Wilis. 

Pasar Buku Wilis Malang
Surga para pecinta buku di Malang


Selain itu kita juga bisa menjual buku-buku bekas sekolah yang tidak terpakai lagi di sini. Ada juga penjual buku yang menerapkan system barter dimana kita bisa menukarkan buku lama kita dengan buku baru, benar-benar keren kan?


Pasar Buku Wilis Malang
Eh, ada buku siapa tuh di Wilis? :-D


Bagi Anda yang tertarik berwisata edukasi di surga buku di Kota Malang ini bisa naik angkutan umum atau mikrolet. Jika posisi Anda dari Terminal Landungsari maka harus naik mikrolet jalur LG. Sedangkan jika dari Terminal Arjosari bisa naik mikrolet jalur AL/AT/ASD. Kalau mau lebih nyaman telpon saja taksi, langsung bilang supirnya minta dianterin ke Pasar Buku Wilis, pasti tau deh.

So, siapkah Anda berburu buku di Pasar Buku Wilis? Tunggu apalagi, buruan datang dan borong buku-buku incaranmu di surga buku di Kota Malang ini.




Published by Keluarga Biru

Keluarga Biru adalah blog milik Ihwan Hariyanto dan Ivonie Zahra. Mereka menulis tentang parenting, traveling dan kuliner yang mereka lakukan bersama dua buah hati mereka Aiman dan Aira.
Follow us Google+.

12 comments:

  1. woooo.. surga banget ini, setara palasari di Bandung, semoga pas mudik ke Nganjuk nanti bisa sekalian singgah ke surganya buku ini. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di internet ada yang menyamakan Pasar Buku wilis ini dengan Pasar Buku Senen di Jakarta, Palasari di Bandung juga.
      Siip, borong buku sebanyak mungkin Mas nanti :D

      Delete
  2. Yang foto terakhir itu, kayaknya aku familiar deh ama dua buku itu :)
    Aku baru tau nih pasar buku Wilis, beneran deh.. ntar kalo mudik kudu mampir ke Malang, makin banyak tempat asik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wekekeke sempet nitipin buku-buku Mozaik di salah satu penjual buku di Wilis Dee, semua usaha dijabanin biar stok buku habis.
      Masa sih? Kirain wes tau lho. Lumayan deket ini dari tempat kita kopdar dulu.

      Delete
    2. Oalaaaah.. di daerah situ tooo... Aku gak tau, Wan...

      Delete
  3. Ini tempat paling sering gue kunjungi nihh . . sebagai mahasiswa sering banget ngapel ke mbak2 yang jaga ni toko buku . . Hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cie-ciee, ngapel biar dapat buku gretongan yak? :D
      Mahasiswa UB yang ngilangin buku juga sering beli bukunya di sini, tapi hati-hati sekarang banyak buku n novel bajakan di sana :-0

      Delete
  4. Ahhhhh Kangen Blok M. Terakhir kuliah dan lulus tahun 2003. Sejak itu sudah nggak pernah ke blok M. eh, ternyata dipindah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ampuun, saya kelewat lagi balesin komen Mbak Zulfa. *syungkem*
      Suasana di Blok M itu udah khas banget ya Mbak, memilih dan menawar buku di pinggiran trotoar trus kalau udah dapet yang murah berasa nemu harta karun. Pulangnya tinggal nyegat mikrolet MM di seberang.

      Delete
  5. Ke sini pas cari buku-buku penunjang mata kuliah aja :D
    Kalau beli novel atau komik gitu takutnya dapat yang bajakannya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak kuliah di mana?
      Iya bener, saya juga nemuin beberapa novel best seller yang dibajak.

      Delete
  6. Nanya dong, kalau harga novel disana dapet brapa?

    ReplyDelete

Jika menurut Anda artikel ini berguna mohon dukungannya dengan memberikan donasi via PayPal untuk maintenance blog Keluarga Biru. Terimakasih ^_^

Google+ Followers

Followers

Total Pageviews

Contact

Powered by Blogger.