Keluarga Biru

Featured Post

Berumur Panjang Demi Keluarga Tercinta - My Healthiness My Precious Moment

Di keluarga besar saya, umur para pria mayoritas lebih pendek bila dibandingkan dengan umur para wanita. Sejak lahir saya tidak...

Laman

Pesona Ribuan Anggrek di National Orchid Garden

Keluarga Biru         16 comments


National Orchid Garden


Pelesir ke Singapura seringkali diidentikkan dengan mengunjungi patung Merlion, berpetualang di Sentosa Island atau belanja di Orchard Road dan Bugis Street. Jarang sekali yang melirik wisata botani. Padahal di tengah kota Singapura ada satu objek wisata flora bernama National Orchid Garden. Taman anggrek yang terletak di dalam Singapore Botanic Garden ini diklaim sebagai display anggrek tropis terbesar di dunia.

National Orchid Garden dibuka pada tanggal 20 Oktober 1995 oleh Perdana Menteri Lee Kuan Yew. Memiliki luas sekitar 3 hektar dengan koleksi tanamannya yang cantik, terawat, dan menyejukkan mata. Sekitar 700 jenis anggrek dari berbagai penjuru dunia dan lebih dari 2.000 jenis anggrek hibrida atau hasil dari persilangan, hadir di sini. Tentunya taman ini menjadi surga tersendiri bagi kolektor dan pecinta anggrek.
Setelah melewati pintu masuk kita akan disambut air mancur yang indah dengan patung dua ekor burung bangau bertengger di puncaknya. Di belakang air mancur tertata dengan artistis berbagai tanaman yang didominasi bunga anggrek. Dari air mancur bangau ini jalan terbagi menjadi dua menuju area yang berbeda.

National Orchid Garden

Di dalam taman anggrek ini ada beberapa macam area yang mempunyai ciri khas masing-masing. Burkill Hall: sebuah bangun bergaya kolonial yang dibangun pada tahun 1868. Bangunan klasik ini diperuntukkan untuk event VIP atau private. Sebuah contoh yang sangat baik dari sejarah arsitektur dunia.


National Orchid Garden Singapore



National Orchid Garden Singapore

VIP Orchid Garden: di area ini anggrek hibrida diberi nama saat ada kunjungan pejabat Negara atau tokoh terkenal dunia. Misalnya Nelson Mandela, Ratu Inggris Elizabeth II, Baroness Thatcher, Nelson Mandela, Perdana Menteri China Zhu Rongji.
Salah satu tokoh Indonesia yang mendapat kehormatan disematkan namanya adalah Ibu Tien Soeharto. Namanya Dendrobium Tien Soeharto. Persilangan dari Dendrobium Noor Aishah dan Dendrobium Schulleri. Anggrek ini diberi nama saat istri Presiden RI Kedua tersebut berkunjung ke Singapore Botanic Garden pada tahun 1974.


Anggrek Dendrobium Tien Soeharto


Untuk anggrek hibrida dengan nama selebritis dunia bisa dilihat di Celebrity Orchid Garden. Selebritis yang pernah berkunjung ke sini contohnya Jackie Chan dan Andrea Bochelli.
Area berikutnya diberi nama Vanda Miss Joaquim. Di area ini ada bunga yang terpilih sebagai bunga nasional Singapura pada tahun 1981. Sedangkan untuk melihat anggrek yang langka, pengunjung bisa masuk di Tan Hoon Siang Misthouse.
Yuen-Peng McNeice Bromeliad Collection: area ini menampilkan lebih dari 300 spesies dan hibrida 500 tanaman eksotis yang spesial dari Amerika Tengah dan Selatan. 


National Orchid Garden Singapore

Area terakhir bernama Cool House. Sebuah rumah kaca dengan suhu udara 25 derajat celcius. Di sini hidup spesies anggrek yang hanya tumbuh di hutan tropis dan dataran tinggi. Ada juga sekitar 250 jenis palem yang tumbuh di bagian taman ini yang dinamakan Palm Valley. Masuk ke area ini kita serasa berada di daerah pegunungan, begitu sejuk dan dingin.

 
National Orchid Garden
Pose jumping paling sukses :D


Karena National Orchid Garden ini sangat luas sekali, disarankan untuk datang pada pagi hari. Dibutuhkan waktu yang banyak dan stamina yang kuat agar bisa mengunjungi semua area yang ada. Jangan lupa untuk memakai topi atau payung karena sinar matahari yang terik. Boleh juga membawa minuman sebagai penghilang dahaga.
Sebagai tanda mata anda dapat membeli anggrek dalam botol yang merupakan hasil breeding National Orchid Garden. Harganya cukup mahal, 19 SGD untuk satu botol, yang hanya berisi 1-2 pohon. Ada juga gantungan kunci berbentuk anggrek seharga 7SGD per buah.

Box info:
Jam Buka dan Harga Tiket
Jam buka taman anggrek ini dari jam 08.30 – 19.00 waktu Singapura. (Tiket terakhir dijual jam 18.00). Harga tiket masuk 5 SGD untuk dewasa, sedangkan bagi pelajar dan usia 60 tahun ke atas hanya 1 SGD. Gratis bagi anak usia 12 tahun ke bawah.
Transportasi ke National Orchid Garden
Karena taman anggrek ini terdapat di dalam Singapore Botanic Garden, maka anda bisa naik MRT Circle Line dan turun di stasiun CC19 Botanic Gardens.
Kalau naik bus, anda bisa naik SBS Transit no 7, 105, 123, dan 175.  Untuk bus SMRT anda dapat naik bus no 75, 77 dan 106.

Published by Keluarga Biru

Keluarga Biru adalah blog milik Ihwan Hariyanto dan Ivonie Zahra. Mereka menulis tentang parenting, traveling dan kuliner yang mereka lakukan bersama dua buah hati mereka Aiman dan Aira.
Follow us Google+.

16 comments:

  1. Keren ya taman anggreknya... Suasananya juga enak Udah gitu, banyak spot buat foto-foto narsis lagi.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya terlihat betul kalau Singapore selalu serius menggarap objek-objek wisatanya.
      Sayang aku dulu nggak masuk ke ruang Cool House karena waktunya nggak cukup n bisa ditinggal ama rombongan kalau mengeksplore semuanya :D

      Delete
  2. Anggrek Dendrobium Tien Soeharto, jadi unik juga ya nama bunganya, karena pake nama orang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak unik, membayangkan nama kita bisa diabadikan di sana juga :P

      Delete
  3. Wah ibukku kalo diajak ke taman bunga gini bisa sulit diajak pulang Wan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibeliin bibitnya saja Yan kalau nggak mau pulang :P

      Delete
  4. Wah seger banget pastinya klo berkeliling disana

    ------

    Arni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mbak Arni, seger di mata karena melihat tanaman yang hijau dengan bunganya yang indah.

      Delete
  5. Dibalik hutan beton, Singapura selalu menggalangkan berbagai macam taman, bahkan dalam ruangan berkaca. Seger lihatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Melihat pepohonan tumbuh di antara gedung-gedung bertingkat itu unik sekali, negara modern namun tetap peduli lingkungan.

      Delete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. belom nyampe disiniii....cantiknyaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kapan-kapan bisa kesampaian Mbak, pasti pean suka liat anggrek-anggrek yang cantik itu.

      Delete
  8. belum nyampe kesana juga hehe. bagus ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya doakan semoga bisa kesampaian ke Orchid Garden, aamiin.

      Delete

Jika menurut Anda artikel ini berguna mohon dukungannya dengan memberikan donasi via PayPal untuk maintenance blog Keluarga Biru. Terimakasih ^_^

Google+ Followers

Followers

Total Pageviews

Contact

Powered by Blogger.