Keluarga Biru

Featured Post

Berumur Panjang Demi Keluarga Tercinta - My Healthiness My Precious Moment

Di keluarga besar saya, umur para pria mayoritas lebih pendek bila dibandingkan dengan umur para wanita. Sejak lahir saya tidak...

Laman

Bermalam di Hotel Nusantara Yogyakarta

Keluarga Biru         16 comments




Hotel Nusantara


Saat mbolang ke Yogyakarta minggu lalu kami menginap di sebuah hotel yang beralamat di Jl. Pasar Kembang 59, namanya Hotel Nusantara. Hotel Nusantara ini lokasinya cukup strategis yaitu dekat dengan Jl.Malioboro, cukup jalan sepuluh menit atau kalau lagi capek naik becak juga bisa. Lalu berada di depan Stasiun Tugu Yogyakarta sehingga cocok bagi yang suka bepergian dengan kereta api. Hotel mungil dengan gaya arsitektur modern semi tradisional ini hanya terdiri dari dua lantai, untuk lantai satu ada sekitar 10 kamar sedangkan lantai dua saya tidak tahu berapa kamar sebab saat itu lupa bertanya pada petugas resepsionisnya.

 


Saat masuk pertama kali saya langsung suka dengan tampilan meja resepsionis dan lobby-nya, tampak bersih dan menyenangkan dilihat. Apalagi ada dua lukisan di dinding yang makin menambah manis suasana di situ. Di lobby disediakan empat kursi empuk dan televisi flat bagi penghuni kamar yang ingin bersantai atau menerima tamu. Bagi yang sedang haus tersedia minuman dingin beraneka macam dan rasa di sebelah kanan lorong menuju kamar.





 Ada dua jenis kamar yang disediakan yaitu Standart dan Superior. Kamar standart tarifnya Rp.170.000 sedangkan kamar Superior Lantai 1 Rp.290.000 dan Superior Lantai 2 Rp.270.000. Waktu itu kami memilih kamar Superior Lantai 1 dengan fasilitas tersedia air panas dan sarapan. Pertimbangan kami memilih kamar jenis tersebut adalah Aiman masih belum bisa mandi air dingin, malas kalau harus naik ke lantai dua karena barang bawaan kami banyak dan lumayan dapat sarapan meski hanya sebungkus roti dan segelas teh.
Ukuran kamar yang kami tempati cukup luas, kami langsung menaruh barang-barang kami di lantai dan melepas sepatu. Lega rasanya bisa mendapatkan tempat beristirahat meski hotelnya sederhana yang penting nyaman untuk ditempati selama dua hari. Aiman pun langsung betah dan bermain mobil-mobilan di atas kasur yang lumayan besar itu.





Fasilitas yang ada di kamar juga lengkap, ada lemari besar dua pintu, televise dan meja rias. Mama Ivon langsung mengeluarkan pakaian-pakaian dari tas dan menatanya di lemari agar lebih mudah jika nanti akan dipakai. Sayang untuk kebersihannya masih kurang, lantainya terlihat kusam dan penerangannya kurang terang. Saat masuk ke kamar mandi kondisinya juga sebelas dua belas, di wastafel terlihat kerak-kerak yang luput dibersihkan. Trus juga selang showernya bocor sehingga semburan airnya jadi kecil saat dipergunakan. Mau minta ganti kamar nanggung, sudah terlanjur mengeluarkan semua barang-barang dan kondisi kami saat itu masih capek setelah menempuh perjalanan Malang-Yogyakarta selama tujuh jam.




Kondisi yang agak kontras terlihat saat saya iseng-iseng melihat lorong di lantai satu dan tangga menuju lantai dua. Di sini lantainya terlihat bersih mengkilap pertanda rutin dibersihkan. Mungkin pihak manajemen hotel perlu membenahi kondisi di kamar-kamar agar lebih bersih dan nyaman untuk ditempati. Tapi memang sih, ada harga ada fasilitas. Hotel Nusantara ini tidak bisa dibandingkan dengan hotel-hotel berbintang yang kamarnya selalu dibersihkan jika penghuni kamar sedang keluar.




Overall kami cukup nyaman menginap selama dua hari di Hotel Nusantara. Hotel ini cocok bagi wisatawan yang ingin berhemat namun tetap mendapat fasilitas kamar yang lengkap, seperti kami he he he. Untuk kamar yang kurang bersih abaikan saja, toh Yogyakarta punya banyak sejuta pesona berupa objek wisata dan kuliner yang menggoda untuk dikunjungi. Jadi Anda pasti tidak akan berlama-lama di dalam hotel kan. Masalah sarapan, kalau kurang kenyang Anda bisa beli makan di warung-warung di depan hotel atau jalan sebentar ke Malioboro.




Hotel Nusantara Yogyakarta
Jl. Pasar Kembang 59 Yogyakarta 55272
(0274)562149

Published by Keluarga Biru

Keluarga Biru adalah blog milik Ihwan Hariyanto dan Ivonie Zahra. Mereka menulis tentang parenting, traveling dan kuliner yang mereka lakukan bersama dua buah hati mereka Aiman dan Aira.
Follow us Google+.

16 comments:

  1. Bener, ada harga ada rupa. Namun harga segitu sudah nyaman tuh Wan. Aku yang ngeliat di foto aja ngerasa homey. Kalau ke Yogya bisa jadi tinggal di sini nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku tadi lupa mau nulis kalo hotelnya tuh homey banget.
      Siip, emang kapan mau ke Yogya?

      Delete
  2. Wah, lumatan murah itu Wan, soalnya kamarnya lumayan luas, hehee

    ReplyDelete
  3. nice to meet you keluarga biru
    kapan ketemu aim lagi ya...
    semoga ada kesempatan jalan-jalan ke malang sebelum meninggalkan jawa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kami juga senang bertemu Mbak Indri dan Medina, ditunggu ya main ke Malangnya.
      Wah mau balik ke Abi lagi ya?

      Delete
  4. Kalau untuk parkir Bus Pariwisata cukup gak Pak,trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di halaman parkir hotel nggak cukup, tapi busnya bisa parkir di tepi jalan. Moga saja nggak dilarang sama polisi he3

      Delete
    2. biasanya bus wisata bakal diarahkan buat parkir di Taman Parkir Abubakar Ali, tepat di sebelah timur stasiun tugu, jadi gak jauh dari hotel kok :)

      Delete
  5. lumayan, kalau buat saya nanti cari yang biasa aja 170rb. Murah meriah tuh, apalagi kalau dengan banyak teman, pasti lebih murah hahaha.. bisa jadi referensi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi apa boleh kamar satu ranjang dipake rame-rame, paling maksimal dua San.

      Delete
  6. Wih, lumayan murah juga. Apalagi kalau pakai voucher hotel. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau hotel Nusantara masuk jaringan hotel indonesia Nis :-P

      Delete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. berasa kayak di rumah ya, Mas...
    hotelnya enggak besar, tapi kayaknya nyaman banget tuh

    ReplyDelete

Jika menurut Anda artikel ini berguna mohon dukungannya dengan memberikan donasi via PayPal untuk maintenance blog Keluarga Biru. Terimakasih ^_^

Google+ Followers

Followers

Total Pageviews

Contact

Powered by Blogger.