Keluarga Biru

Featured Post

Berumur Panjang Demi Keluarga Tercinta - My Healthiness My Precious Moment

Di keluarga besar saya, umur para pria mayoritas lebih pendek bila dibandingkan dengan umur para wanita. Sejak lahir saya tidak...

Laman

Google Photo: Ngeblog Jadi Makin Asyik

Keluarga Biru         25 comments


Tampilan Foto Smartphone di Google Photo

Aktivitas kita sebagai seorang blogger tidak lepas dari yang namanya menampilkan foto di artikel yang kita tulis. Apalagi jika tulisan kita bertema travelling atau kuliner, kehadiran sebuah foto itu adalah sebuah keharusan. Artikel kita akan terasa garing dan membosankan tanpa adanya foto, ibarat sayur tanpa garam. Foto akan membuat artikel kita lebih menarik dan meyakinkan pembaca.

Beberapa waktu yang lalu ketika ngeblog dan berniat memasukkan foto di smartphone ke dalam artikel, saya baru sadar jika tidak membawa card reader unyu. Sempat bingung juga, mau di draft dulu dan nanti dilanjut di rumah itu kok nanggung. Sudah kepalang basah. Saya lalu mencoba pinjam card reader ke teman kerja, ternyata dia tidak punya.
Untunglah kemudian saya ingat jika di akun Google Plus kita tersedia sebuah fitur bernama Google Photo. Nah fitur Google Photo ini bisa terhubung dengan smartphone milik kita. Jadi semisal kita lupa membawa kabel data atau card reader, maka kita tinggal login saja di akun Google Plus, setelah itu pilih fitur Google Photo maka dalam sekejap semua foto yang ada di smartphone akan muncul di layar monitor.
Foto-foto yang ada di Google Photo ini bisa kita download atau jika mau langsung disisipkan di artikel blog juga bisa. Sangat praktis sekali bukan, kini kita tidak terlalu tergantung lagi pada kabel data atau card reader.

Namun kemudian muncul pertanyaan dalam diri saya. Bagaimana jika email kita berhasil dibobol oleh seseorang yang iseng dan kemudian dia mengobok-obok semua foto yang ada di smartphone kita?? Bisa-bisa nanti mendadak ada meme-meme lucu dengan foto diri kita di internet dan kemudian kita mendadak jadi terkenal.

 
Meme Fotografer Wannabe

Tapi bagaimana jika di dalam smartphone kita ternyata ada foto-foto saru yang lupa kita hapus dan kemudian disalah gunakan. Yang ada bukan terkenal tapi malah jadi tercemar. Masih segar di ingatan kita bagaimana foto-foto bugil artis Hollywood yaitu Jennifer Lawrence, Rihanna dan lain-lain bocor di internet karena akun i-cloud mereka dibobol oleh hacker.

Tekhnologi memang ibarat pisau bermata dua. Jika kita bijak dan berhati-hati dalam menggunakannya maka kita akan mendapatkan banyak sekali manfaat positif darinya. Seperti Google Photo yang membuat aktivitas ngeblog kita jadi makin asyik.
Sebaliknya, tekhnologi bisa membahayakan manusia jika disalah gunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Bagi teman-teman yang mungkin sudah memanfaatkan fitur Google Photo ini sebaiknya juga berhati-hati dalam menggunakannya. Jangan sampai email kita kebobolan, bikin password yang rumit atau rutin menggantinya. Dan yang paling utama, jangan bikin foto yang aneh-aneh apalagi sampai bugil di depan kamera karena kita tidak pernah tahu nasib handphone kita. 

*foto meme fotografer wannabe adalah milik blogger Dee An



Published by Keluarga Biru

Keluarga Biru adalah blog milik Ihwan Hariyanto dan Ivonie Zahra. Mereka menulis tentang parenting, traveling dan kuliner yang mereka lakukan bersama dua buah hati mereka Aiman dan Aira.
Follow us Google+.

25 comments:

  1. PunyaPayal tapi lupa password :-)

    Salam ngeblog ya .....

    ReplyDelete
  2. Aku juga beberapa kali ngeblog pake foto-foto yang tersimpan di Google Photo, Wan meskipun card reader juga hampir tiap hari kubawa.. Soale si card reader itu udah pe-we di dalem tas, huehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wekekeke kadang males ya Dee mau ambil dan colok-colokkin card readernya.Makasih atas izin fotonya.

      Delete
  3. wah, praktis banget yaa mas :)

    ReplyDelete
  4. Sekarang gampang mas. Apa aja bs taruh di awan. Saya pakai google drive hmpr semuanya. Google photo juga. Kdg kl lupa sih memang tinggal buka aja google photonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penginnya sih upload semua foto di google drive biar aman tapi waktunya ga sempat.

      Delete
  5. aku malah nggak punya card reader, memory banyak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih asyiik tuh asal jangan lupa diback-up Mbak buat jaga-jaga.

      Delete
  6. Saya malah sengaja ngk sync-kan google photo dengan HP mas, soale biasanya suka menuhin gallery hp hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiap orang punya pilihan masing-masing ya Mbak he3

      Delete
  7. sering - sering dibackup sih, jadi nggak kepenuhan mulu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip banget tuh Mas, buat jaga-jaga juga kalo hardisk rusak.

      Delete
  8. Gpp dong mas jadi artis mendadak berkat meme hehe :D

    Saya juga sering sinkron otomatis ke akun Google foto tapi kalo lagi konek wifi pengaturan'a :D
    #EdisiHematKuota

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wekekeke samaa, saya juga blogger hemat kuota, lebih suka numpang inet kantor :P

      Delete
  9. hihi... senang deh baca2 artikel keluarga biru... ramah dan menyenangkan... apalagi gaya bahasanya membuat orang pinter tapi tidak menjadi minder,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaah Mas Soya bisa aja neh, saya nulis berdasarkan pengalaman pribadi sih jadi kayak ngobrol ama temen.

      Delete
  10. Aku belum pernah pakai Google Photo. Itu meme bikin ngikik ya. Moga kapan-kapan ada yang candid kita lebih heboh lagi ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyalah secara Mbak Rien foto-fotonya kan di kamera :P
      Ayoo mau kemana tahun depan? Kalau India saya absent ya :D

      Delete
  11. Very nice info Mas Ihwan. Saya baru tau kalo ternyata fungsinya seperti itu, soalnya saya pikir itu semacam cloud atau penyimpanan melalui internet...

    ReplyDelete

Jika menurut Anda artikel ini berguna mohon dukungannya dengan memberikan donasi via PayPal untuk maintenance blog Keluarga Biru. Terimakasih ^_^

Google+ Followers

Followers

Total Pageviews

Contact

Powered by Blogger.