Keluarga Biru

Featured Post

Berumur Panjang Demi Keluarga Tercinta - My Healthiness My Precious Moment

Di keluarga besar saya, umur para pria mayoritas lebih pendek bila dibandingkan dengan umur para wanita. Sejak lahir saya tidak...

Laman

Menulislah Pakai Hati, Jangan Asal Up-Date

Keluarga Biru         60 comments


Saya lagi ngeblog dibantu Aim :-D

Belakangan ini saya dan kawan saya lagi gemes-gemes pengin nggaruk aspal sama seorang blogger #NoMention yang kalau nulis artikel di blognya itu seperti asal jadi saja. Dan pagi ini makin gemes pengin nggaruk tuh blogger beneran karena ada seorang kawan yang memberikan screen shoot status si blogger itu yang di salah satu komennya dia bilang sehari bisa nulis 10 artikel!


OMAIGOT O EM JI #PakaiTOA hebat bingiiit sih. Saya saja kalau nulis satu artikel kadang bisa dua hari baru kelar, eh ini kok ada yang ajaib sehari bisa nulis 10 artikel. Temen saya yang seorang wartawan aja kayaknya nggak segila dia deh. Bolehlah ini disebut kasak-kusuk di belakang, sebab kalau ngomongnya di depan namanya menasehati. Karena sekarang saya tulis di blog maka namanya artikel gossip.
Sepertinya blogger yang satu ini punya prinsip: Yang Penting Blog Gue Up-Date! Mau orang habis baca blognya trus misuh-misuh karena baca tulisan geje, dia nggak mau pikirin. Yang penting banyak orang nyasar dan bikin trafik blog bagus, bikin DA melejit dan Alexa makin langsing. #MinumMastin

Dulu pas Keluarga Biru baru saya bikin, saya memasang target dalam sehari harus nulis satu artikel. Tapi ya nggak asal jadi, saya pikirkan dulu temanya apa, lalu gugling bahan untuk referensi, baru kemudian mulai menulis dengan improvivasi dari pengalaman pribadi. Agar lebih menarik maka dikasih gambar dong, syukur-syukur kalau punya foto sendiri yang sesuai tema tulisan. Fotonya juga tidak langsung diupload, biasanya saya edit dulu mulai dari ukurannya yang saya perkecil, warnanya dipertajam dengan fitur saturation dan terakhir diberi watermark. Kalau nggak punya, maka nyomot dari gugel dengan mencantumkan sumbernya. Itu berlaku untuk semua artikel.

Proses menulis yang membutuhkan modal ide, waktu dan tenaga itu masih saya jalani hingga sekarang. Malah sekarang harus lebih kreatif lagi sebab ada kalanya rasa bosan yang melanda jika menulis dengan style yang gitu-gitu saja. Kalau saya yang nulis saja bosan, bagaimana dengan pembaca?? Saya tentu ingin trafik di blog bisa terus rame, caranya dengan membikin artikel yang berguna dan kreatif sehingga bisa menarik banyak pembaca.
Trus alasan kedua adalah tanggung jawab terhadap klien-klien. Alhamdulillah sekarang blog Keluarga Biru dipercaya oleh satu-dua klien yang mempercayakan produknya untuk direview, maka dari itu saya harus memberikan artikel yang berkualitas baik dari segi tulisan dan foto. Adalah suatu kebahagiaan tersendiri jika klien puas dengan tulisan kita. Siapa tahu nanti akan ada kerjasama lagi.

Sebenarnya hak seorang blogger sih mau menulis dengan kualitas seperti apa di blognya. Apalagi jika tujuannya hanya agar blognya up-date dan tinggi trafiknya. Namun kalau saya pribadi tidak akan merasa bangga memiliki blog yang isinya artikel geje dan asal jadi seperti itu.
Apalagi jika blognya itu sudah dipercaya mendapatkan job review. Apa nggak malu jika sudah dibayar mahal atau dikasih produk namun tidak memberikan tulisan yang terbaik, hanya asal jadi saja. Apa nggak malu dengan sesama blogger yang juga mendapatkan job review yang sama namun dia memberikan tulisan terbaiknya. 

Sebagai seorang blogger yang baik dan bertanggung jawab maka menulislah pakai hati, jangan asal up-date saja. Trafik blog Anda mungkin akan seramai pasar batu akik, DA sundul langit dan Alexa seramping model-model Eropa tapi saya yakin jauh di lubuk hati Anda yang paling dalam tidak ada kebanggaan dengan blog yang isinya hanya tulisan asal jadi.

*maaf ya kalau tulisan ini kesannya juga asal jadi, namanya juga lagi buang sampah :D 


Published by Keluarga Biru

Keluarga Biru adalah blog milik Ihwan Hariyanto dan Ivonie Zahra. Mereka menulis tentang parenting, traveling dan kuliner yang mereka lakukan bersama dua buah hati mereka Aiman dan Aira.
Follow us Google+.

60 comments:

  1. iya, betul sekali mas. Kalau blognya asal update, kesannya ingin buru-buru dapet trafik dan sebagainya. Kalau saya ngeblog karena kesenangan, bukan karena mengejar trafik. Lebih baik membuat artikel yang berkualitas, daripada blognya isi artikel yang nggak jelas. Apalagi kalau sampai dapat job review, mesti bagus blognya, seperti blog ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya selain buat kesenangan juga buat monetize, sambil menyelam minum air.
      Blogmu juga bagus Di, buktinya sering dapat job review kan?

      Delete
  2. Wow! sehari bisa 10 artikel.. #melongotrustakjub
    Itu mah kebalikannya aku, 10 hari 1 artikel, hahahaha.. Lah aku mah blogger apaan atuh..
    Aku kalo nulis tuh ya, sambil ngedit foto, nginget-nginet moment yang ada di foto, senyum-senyum sendiri, ambil cemilan, cemilan enak nambah lagi, dan ujung-ujungnya gak jadi nulis, hahahaha.. #janganditiru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu takjub? Aku langsung merasa sebagai blogger paling malas sedunia :D
      Kalau aku edit foto belakangan, paling lihat-lihat bentar buat ngembalikan ingatan, maklum agak pelupa.
      Ngemilnya apa Dee? kacang goreng ya

      Delete
  3. Saya g serajin itu, sehati 1 artikel.
    Walau blm pnya job apa2. Tapi pnya pegangan dgn motto blog baru hehe...
    Semoga tulisan sy g geje :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak kok Mbak, malahan udah punya tema ya, tentang dunia keperawatan kan?

      Delete
  4. Waaaaaan.... setuju banget sama tulisan ini. Ini yang aku rasakan beberapa waktu terakhir ini Wan. Aku pernah lihat ada blogger yang bisa update tulisan sehari 5-10 blogpost *gubraaaaksss...
    Eh ada lagi, blogger yang update-annya kayak berita Tribunnews yang lebay mampus itu, mulai dari judul sampai isinya. Judulnya polisi gantenglah, pramugrari cantiklah, tukang bakso gantenglah, dan sejenis-sejenis. Aku nggak kayak berita Tribunnews gitu, wkwkkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waw hebattt, bisikin dong Mbak siapa nama bloggernya, pengin menimba ilmu hi3
      Mungkin dia emang pengin ngehit kayak tribunnews. Hmm besok bikin tulisan ah tentang pegawai perpus yang ganteng :-))

      Delete
    2. Mbak Ekyyyy :D I know him!

      Mengenai tulisan Ihwan ini, herannya itu si pemberi job seolah-olah menutup mata. Sing penting skornya bagus, mau tulisannya ditulis sambil merem ora popo :p

      Delete
  5. Untung saya gak updet 10 post sehari mas. Masih sehari satu. Kadang mau nulisnya aja dah susahhh. Hehehe. Ide ada tp nulisnya susah. Makasih remindernya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa Mas, sering kejeda-jeda juga ama pekerjaan dan ngemong Aim di rumah.
      Btw blognya Mas Feby kok loading ya tadi aku buka? :-0

      Delete
  6. wow hebat banget ya mas itu blogger bisa nulis 10 artikel sehari, kayaknya ide dan kata-kata yang mengalir di kepalanya nggak ada habisnya. Tapi sebel kalo ada yang nulis artikel judul sama isinya beda bahkan nggak nyambung, apalagi kalu ternyata isi update-annya itu adalah artikel orang yang dia copas tanpa nyebutin sumber aslinya, atau yang lebih parah lagi bikin artikel pake foto orang lain, watermarknya dihilangin trus sumbernya ngk dicantumin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nggak ada habisnya namun tulisannya keliatan terburu-buru dan asal jadi :D
      Pernah ngalamin juga fotoku dipakai blogger ikutan lomba, parahnya aku juga ikutan lomba yang sama. Akhirnya aku laporin ke panitia lombanya ahahaha #lagisadis

      Delete
    2. Waduh kalo itu sih pantes disadisin apalagi kalo nanti dia menang pake foto orang lain, yang punya foto bakal lebih sadis lagi mas.

      Delete
    3. Iya bakalan saya protess, untung dia kalah dan saya yang menang he3 *GaJadiSadis

      Delete
  7. Saya jg jarang banget apdet blog, soalnya nulisnya itu lho kadang g dapat ide...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih banyak membuka mata dan hati Mas, bisa dengan traveling atau wiskul kayak kami.

      Delete
  8. sehari 10 artikel @_@... super bgt itu :D
    1 aja dah cekat cekot hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi super sekali kalo kata Pak Mario Teguh. Cekot-cekot jari apa otaknya Mas? :D

      Delete
  9. wah itu kasian adeknya dijepit :(.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak kok Mas, masih ada selanya. Itu Aim yang naik dan nyempil di belakang saya. Jangan dilaporin ke KPA ya Mas:D

      Delete
  10. Hmmm siapa yaa, itu bukan yaaa hihihi. Aku sehari satu aja belum tentu bisa, kecuali sabendino ada yg ngasih job review, ya angkuuut hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapaa Mbak, jangan-jangan salah orang he3
      Wah saya juga mau tuh kalo tiap hari dapat job review, aamiin.

      Delete
  11. Aku nulis ga pernah pakai hati kok, mas. Selalu menulis menggunakan pengalaman yang saya lewati.. *eh :P

    Ngomoging masalah asal update, ngelihat perkembangan dari dulu sampai sekarang ya gitu deh. Aku juga ada kok blog yg asal update, hihihi.. Kalau blog utama, mikir2 mau updatenya. Takut kalau ada yg komentar ga bisa tak jawab :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cie ciee cobah habis ini ngubek-ngubek blognya Mas Aldy, pengin tau apa saja yang sudah pernah Mas alami :D

      Aku juga punya blog pendamping tapi jarang up-date, ngurusin yang utama aja kewalahan kok.

      Delete
  12. Aku juga bisa nulis artikel 10 dlm sehari tp isinya curhat semua, haaaha

    ReplyDelete
  13. Siapa tuh siapa tuh? *kepo*
    Aku nggak berani komen... Menurutku hak asasi dia sih... Suka-suka orangnya. Selow aja lah Om :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sini aku bisikin Mbak :D
      Iya bener hak asasi dia tapi kalau bisa menulis dengan lebih baik kenapa harus menulis asal jadi yang jatuhnya jadi geje. Ibarat buku Mbak, jangan menulis buku 'sampah' agar tidak membuang percuma pohon-pohon yang udah ditebang menjadi kertas.

      Delete
  14. Saya nulis 1 artikel kadang butuh 3 hari kalau sayanya lagi semangat,kalau lagi loyo kadang malah butuh waktu seminggu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ayo Mas lebih diperbanyak jam terbangnya agar bisa menulis lebih cepat lagi he3

      Delete
  15. Hebatnya, bisikin dong Mas, saya mau menimba ilmu sama blogger itu. #kibasinkerudung

    ReplyDelete
  16. Duh kasihan mata, jari, otak dibawa nulis segitu banyak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih kasihan lagi pembacanya Mbak yang udah terlanjur ekspektasi tinggi saat hendak membuka artikelnya :D

      Delete
  17. pada akhirnya alam yang akan menyeleksi siapa yg menggunakan passion dan siapa yg kejer materi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali Mas, makjleb banget statement sampeyan :-)

      Delete
  18. Buset sehari 10 postingan, itu ngeblog apa ngetweet hahaha asik nih ada artikel gosip dari keluarga biru. Ditunggu ya lanjutan nya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak Aulia, mimpi apakah gerangan dikau kok keluar dari pertapaanmu :D
      Ini bukan gosip Mbak, ini curcol :-))

      Delete
  19. Tepat. Saya sangat setuju. Intinya sajikan lah update yang tidak kampungan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiik, semoga semua blogger punya prinsip seperti Mas Andika.

      Delete
  20. Bagus Mas tulisannya.

    Sehari 10 artikel: entah punya banyak perbendaharaan ide atau berprinsip asal jadi.

    "Menulislah pakai hati". Saya sendiri belum bisa rajin update, minimal seminggu sekali, itu juga setelah melalui proses mikir dan nentuin apa aja yang bisa dituangin di blog. Kadang ada yang kesimpen terus di draft, nunggu dipoles sedemikian rupa. Mudah-mudahan sih selama ini isinya jelas & bisa dipahami pembaca hehe. Alhamdulillah-nya, setelah berhasil publish satu postingan, rasanya jadi plong & bangga, meski hasilnya masih belom bisa dibilang profesional :-p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mas, ini hanya curcolan siang bolong kok.

      Dia punya banyak ide tapi sayang eksekusinya :D
      Iya, saya juga merasakan hal yang sama. Lega dan plong kalau udah posting setelah nulis dengan proses yang panjang. Jadi ada kebanggan tersendiri di hati.

      Delete
  21. Ada juga sih temanku yang menurut pengakuannya menulis 5-10 artikel per hari. Tapi aku malah belum pernah main ke blognya haha. (ngaku teman baru kenal soalnya :D) Segera meluncur ke sana penasaran juga apa bagus atau asal itu tulisannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasih linknya dong Mbak, jangan-jangan orang yang sama :D *eh

      Delete
  22. wow 10 artikel dalam sehari? jagooo
    menulis dengan hati lebih asikkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti, apalagi kalau komennya juga pakai hati hihihi

      Delete
  23. Nggak masalah sih, 10 artikel setiap hari, tapi..... seberapa panjang artikelnya? klo satu artikel 1000 kaya, ya WOW. klo aku sendiri satu hari satu artikel kalau buat blog. tapi klo buat media, satu arikel satu minggu, karena seringnya ngeblank dan nggak selesai selesai.

    Kasihan Aim, kecepi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jadi kepikiran untuk bikin tulisan berseri, jadi 1000 kata bisa buat 3 artikel :-)) *maruk
      Hihihi itu nggak kecepit kok Mbak, jangan diaduin ke KPAI lho yoo.

      Delete
  24. Keren banget bisa 10 artikel sehari. Aku aja jujur masih kelimpungan nyari "tema" yang pas saat mau nulis. Yah, walaupun itu blog kita, bebas mau posting apapun. Tapi makin ke sini juga mikirin hal itu :)

    Iya, dakuw anak rempong, masih pupuk bawang dan belajar banyak soal blog. Semangat mas!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip Tari, kita emang harus mikirin tanggung jawab kita ama klien secara mereka bayar nggak pake daun, masa iya kita nulis asal jadi.
      Semangat juga buatmu!!

      Delete
  25. Replies
    1. Nggak kok Budhe, Aim lagi bonceng Papa :D

      Delete
  26. setuju sekali. menulis sejatinya memang harus dengan hati..
    selain itu tidak kalah pentingnya juga bahwa menulis itu harus diyakini sebagai sebuah seni. Karena seni harus memiliki jiwanya sendiri, maka begitupun dengan proses menulis... setiap kata dan kalimat yang dituangkan adalah mencerminkan pola pikir penulisnya....

    ReplyDelete

Jika menurut Anda artikel ini berguna mohon dukungannya dengan memberikan donasi via PayPal untuk maintenance blog Keluarga Biru. Terimakasih ^_^

Google+ Followers

Followers

Total Pageviews

Contact

Powered by Blogger.