Keluarga Biru

Featured Post

Berumur Panjang Demi Keluarga Tercinta - My Healthiness My Precious Moment

Di keluarga besar saya, umur para pria mayoritas lebih pendek bila dibandingkan dengan umur para wanita. Sejak lahir saya tidak...

Laman

4 Cara Mendapatkan Job Review

Keluarga Biru         50 comments

4 Cara Mendapatkan Job Review


Dulu saya sering dibuat kepo ketika membaca tulisan blogger yang mengulas sebuah produk dari brand tertentu atau website. Apalagi jika ada backlink yang mengarah ke brand atau website yang sedang diulas. Yang muncul di benak saya, bikin ulasan seperti itu dapat bayaran nggak sih? Belakangan saya tahu tulisan seperti itu dinamakan job review. Trus muncul lagi pertanyaan, Bagaimana Cara Mendapatkan Job review di Blog saya ini?

Bagaimana Cara Mendapatkan Job Review di Blog

Beruntung saya mempunyai teman-teman blogger senior yang tak pelit berbagi info, dari mereka akhirnya mulai terbukalah jalan bagi blog saya untuk mendapatkan job review. Nah kali ini saya akan sharing pengalaman mengelola blog agar mendapatkan job review.

  1. Membuat Portofolio Review

Untuk menarik brand-brand agar mau kerjasama dengan blog kita maka kita harus memiliki portofolio review. Logikanya bagaimana kita bisa meyakinkan brand untuk bekerjasama jika kita tidak bisa menunjukkan bahwa kita bisa menulis review yang baik.
Dulu untuk membuat portofolio review saya mereview beberapa barang yang saya pakai, mulai dari si Vega Biru motor kesayangan yang setia menemani selama 10 tahun sampai tempat makanan yang biasa saya pakai membawa bekal untuk bekerja. Tidak terbatas pada barang saja, saya juga secara sukarela mereview objek wisata dan wisata kuliner yang pernah kami datangi. Pun ketika travelling jarak jauh dan harus menginap, saya mereview hotel tempat kami menginap.
Semua itu saya lakukan tanpa mengharapkan fee dari brand yang saya review, sekedar apresiasi dan sharing saja kepada pembaca. Hanya saja agar mereka notice dengan review tersebut, saya memberikan backlink dan memberitahukan url review tersebut kepada mereka.


  1. Menaikkan Trafik Blog

Semua brand pasti lebih suka memasang iklan di tempat-tempat yang ramai agar iklannya dilihat oleh banyak orang. Demikian juga dengan job review di blog, para brand itu tentunya akan memilih menjalin kerjasama job review dengan blog yang trafiknya tinggi. Trafik tinggi berarti banyak pengunjung sehingga iklan mereka banyak juga yang membaca.
Naah, di sinilah tugas kita untuk menaikkan trafik blog. Banyak sekali cara untuk menaikkan trafik blog, antara lain membuat artikel yang dicari banyak orang dan long lasting. Kalau saya dulu menulis artikel tentang serba-serbi pernikahan dan kesehatan anak. Artikel travelling dan kuliner juga efektif menaikkan trafik blog, apalagi jika objek yang kita ulas itu masih baru atau sedang happening, pasti banyak orang yang mencarinya.
Menaikkan trafik blog juga bisa kita lakukan dengan rajin sharing url tulisan kita lewat akun-akun social media, grup/komunitas blogger juga di social bookmark seperti viva, dream, lintas dan lain-lain. Tapi kalau Anda ingin yang lebih efektif lewat Google Analytics, karena dari sana kita bisa mengetahui karakteristik pengunjung blog kita, artikel apa saja yang paling sering dikunjungi, keyword apa saja yang paling banyak dicari di blog kita. Emang butuh usaha lebih keras karena GA ini tidak bisa instant, harus dipelajari dengan sabar dan telaten.


  1. Networking yang Baik

Menyambung tali silaturahmi akan membuka pintu rezeki, itu memang benar sekali. Pssstt saya kasih tau ya, job review itu kebanyakan sifatnya rahasia. Brand tentu sudah melakukan survey dan seleksi ketat ketika memutuskan akan memberikan job review, itulah sebabnya hanya blogger-blogger terpilih saja yang mendapatkannya. Dan biasanya para blogger terpilih itu juga tidak bisa sembarangan memberikan informasi job review yang dia terima kepada blogger yang lain. Kode etisnya sih harus meminta izin dulu kepada brand apakah masih membutuhkan blogger lagi atau tidak.
Tapi jangan berkecil hati dulu. Agar kita bisa mendapatkan info-info job review yang sifatnya rahasia itu maka bergabunglah dengan grup/komunitas blogger yang bertebaran di dunia maya. Biasanya ada blogger yang membagikan informasi job review di sana. Jadi mulai sekarang jangan jadi blogger yang kuper dan kudet ya.
Jangan lupa juga dengan asas take and give. Kalau lain kali Anda mendapatkan job review jangan pelit-pelit berbagi info dengan blogger lainnya di grup. Yakin deh, kalau nanti mereka dapat job review lagi mereka nggak akan segan untuk mengajakmu lagi.



  1. Have a Good Attitude

Menjalin kerjasama dengan orang yang berperilaku baik itu menyenangkan bukan, demikian juga dengan brand-brand tersebut. Mereka akan piker-pikir panjang menjalin kerjasama dengan blogger yang kerjaannya hanya mencari sensasi lewat tulisan atau interaksi di social media. Misalnya aja bikin tulisan yang mengandung SARA, memancing perdebatan atau menimbulkan kebencian. Daripada membuang-buang energi menulis hal-hal negatif seperti itu lebih baik alihkan untuk menulis hal-hal positif yang bermanfaat.
Oh iya, jangan juga jadi blogger modus. Blogger modus tuh yang sukanya SKSD atau sok eksis di depan kita bila ada maunya. Misalnya neh kita baru saja dapat job review dari brand yang oke, si blogger modus ini langsung deh pedekate biar kita mau mereferensikan dia. Eh pas kita sepi job, si blogger modus sudah nggak ada kabarnya lagi. Jangankan nyapa di sosmed atau komen di blog, ngasih info job balik aja enggak. Ahahaha kok jadi baper.

Itulah 4 cara mendapatkan job review di blog berdasarkan pengalaman Keluarga Biru. Jika keempat point di atas Anda lakukan dengan baik, Insya Allah job review akan datang menghampiri blog Anda dengan sendirinya. Adalah suatu kebahagiaan yang tak terkira ketika membuka email dan kemudian mendapatkan tawaran job review dari sebuah brand. Terlepas dari nilai nominal yang diberikan, dengan mendapatkan tawaran job review itu menjadi pertanda bahwa eksistensi blog kita sudah diperhitungkan oleh brand-brand di luar sana.


Published by Keluarga Biru

Keluarga Biru adalah blog milik Ihwan Hariyanto dan Ivonie Zahra. Mereka menulis tentang parenting, traveling dan kuliner yang mereka lakukan bersama dua buah hati mereka Aiman dan Aira.
Follow us Google+.

50 comments:

  1. Nice tips mas, smg saya bisa menerapkan tipsnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe hanya tips buat pemula kok. aamiin, moga berhasil ya mas menarik brand-brand untuk bekerja sama dengan blog njenengan, aamiin.

      Delete
  2. Mantap, Wan! Semoga tahun depan semakin sukses ^_^

    ReplyDelete
  3. Nice tips mas Ihwan, biar di tahun 2016 nanti saya semakin banyak job review kayak mas Ihwan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah Mas Hendra merendah aja neh, kayaknya sampean juga banyak nerima job review gitu. Yuk doa bareng moga kita makin banyak dapat job di tahun 2016, aamiin.

      Delete
  4. Wihh..keren nih mas. Lancar job reviewnya ;) Saya belum sempat bikin portofolio :( Oh iya, kalau review-review yang kita tulis sendiri (sukarela) tanpa ada pesanan dari brand terkait apa bisa dimasukkan ke portofolio juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mbak serasa dimudahkan sama Allah dapetin job reviewnya. Segera bikin aja Mbak. Kalau dulu sih saya masukkin tapi setelah dapat job review beneran enggak he3

      Delete
  5. Berharap 2016 semakin banyak job review aamiin

    ReplyDelete
  6. Mantap ini. Saya harus banyak belajar agar Blog saya dilirik oleh brand dan saya dikasih Job Review

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga masih newbie kok Mas. Yuk belajar bareng agar laris manis job reviewnya, aamiin.

      Delete
  7. Nice tips mas Ihwan, biar di tahun 2016 nanti saya semakin banyak job review kayak mas Ihwan

    ReplyDelete
  8. Trims sudah berbagi tipsnya Mas Ihwan, sukses selalu...

    ReplyDelete
  9. Wididh keren infonya. Semoga tambah sukses keluarga biru di tahun mendatang ya.... Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aah jadi syungkan ama blogger senior satu ini. Doa yang sama buat Mbak Zulfa, aamiin.

      Delete
  10. Yang nomer 4 pengalaman pribadi banget kayaknya nih, sering dimodusin ya mas? :D Btw, nice info nih Wan (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru sekali sih tapi mbekas banget bikin baper wakakaka. *jitak Dian*

      Delete
  11. Yang nomer 4 pengalaman pribadi banget kayaknya nih, sering dimodusin ya mas? :D Btw, nice info nih Wan (y)

    ReplyDelete
  12. tipsnya cetarrr yah...
    btw artikel neh ada titipan "link tokopedia"-nya juga yah :-D

    ReplyDelete
  13. Makin meroket kayaknya nih Ihwan. Keren. Pengen nyontek tip-tipsnya ahh

    ReplyDelete
  14. Mantappppp... Semakin bersemangat.. :-)

    ReplyDelete
  15. makasih tipsnya mas..
    praktekin aaahh :)

    ReplyDelete
  16. Mas itu cara bikin 'baca juga'-nya gimana sih?

    ReplyDelete
  17. Thanks tipsnya..sangat bermanfaat. Biasanya blognya yg sdh pnya domain sendiri ya...kl msh pake gratisan ky saya bisa dilirik ga ya...

    ReplyDelete
  18. Makasih tips nya mas semoga aku bisa jadi blogger yang sukses . Amin

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah, yang beberapa bulan ini saya lakukan sesuai dengan tips yang mas kasih. Berarti fondasi awal saya tepat, hehe

    semoga bisa segera menyusul keluargabiru, terima kasih ya. Nice Share ^^

    ReplyDelete
  20. Ini tho rahasianya. Dari dulu bingung juga kok bisa ada blog yang dapet job review. Sayang blog saya masih minim trafik.

    ReplyDelete
  21. mau ah belajar sama ahlinya, sering2 share ya :)

    ReplyDelete
  22. Saya baru bgeblog mas. mudah2an step by step bisa dilalui. Pengen juga bisa dpt job review. Tipsnya bermanfaat bgt. Trimakasih..

    ReplyDelete
  23. Info yang bermanfaat, perlu aku terapkan nih. Kali aja rejekinya mengalir ke saya juga.

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah, ya, blog memang benar-benar menghasilkan. Saya sudah mulai serius sejak 2013, Mas, dan terasa sekali hasilnya. :)

    ReplyDelete
  25. Rajin blogwalking juga cepet naikin trafik

    ReplyDelete
  26. Baru ngerti job review pas 2014. Jadi agak ketinggalan. :(

    5. Pake domain yang TLD, itu juga dilirik sama klien. :D

    ReplyDelete
  27. Wkwkwkw. blogger modus siapa, ya? :D

    ReplyDelete
  28. Terimakasih Sharingnya Mas Ihwan, kebetulan banget lagi kepikiran gmana caranya biar bisa dapet job review kayak temen-temen yang lain :)

    ReplyDelete
  29. wih.. tipsnya luar biasa, ok.. mulai hari ini sy akan terbitkan artikel berkategori review/portofolio review

    ReplyDelete
  30. Kayanya perlu dicoba nih, blog masih baru gan jdi sulit dapatin job review...

    ReplyDelete
  31. Daku belum pernah sengaja mengincar job review, tapi alhamdulillah sudah mendapat beberapa penawaran. Mungkin karena konsisten menjalankan yang no 2 itu. Hehe... hanya saja, tidak semua diterima. Bukan berarti menolak rezeki. Kalau syaratnya ribet dan musti banyak link, sedangkan fee-nya kurang memadai, lebih baik fokus menulis konten biasa saja. Pertimbangkan diri dan blog sendiri juga. Hehe

    ReplyDelete
  32. sebenarnya dari blognya larinya juga akan ke money :D, tapi untuk mencapai itu banyak hal yang ahrus kita lalui, semoga ane bisa mengkuti jejak bloger senior.

    ReplyDelete
  33. tak semudah membalikan telapak tangan ya untuk mendapat job review

    ReplyDelete

Jika menurut Anda artikel ini berguna mohon dukungannya dengan memberikan donasi via PayPal untuk maintenance blog Keluarga Biru. Terimakasih ^_^

Google+ Followers

Followers

Total Pageviews

Contact

Powered by Blogger.