Keluarga Biru

Featured Post

Berumur Panjang Demi Keluarga Tercinta - My Healthiness My Precious Moment

Di keluarga besar saya, umur para pria mayoritas lebih pendek bila dibandingkan dengan umur para wanita. Sejak lahir saya tidak...

Laman

Pasar Burung Splendid: Destinasi Wisata Populer di Malang yang Nggak Mainstream

Keluarga Biru         14 comments


Pasar Burung Splendid Malang


Malang memiliki beberapa destinasi wisata yang populer tidak hanya di kalangan wisatawan domestik tapi juga mancanegara. Salah satu destinasi wisata populer di Malang yang nggak mainstream adalah Pasar Burung Splendid. Pasar yang menjadi surganya para pencinta hewan ini terletak di Jl.Brawijaya ini berdiri sejak tahun 1995, lokasinya yang berada di jantung kota Malang membuatnya mudah sekali dijangkau. Tak jauh dari Pasar Splendid ada juga beberapa objek wisata lainnya yaitu Alun-Alun Tugu, Brawijaya Edu Park (Senaputra), Taman Rekreasi Kota (TAREKOT) dan beberapa hotel yang cukup terkenal di Malang.

Destinasi Wisata Populer di Malang yang Nggak Mainstream

Pasar Burung Splendid Malang


Saking populernya Pasar Burung Splendid sampai-sampai tidak mampu menampung banyaknya penjual dan pembeli burung-burung yang bertranksaksi setiap harinya. Itulah sebabnya kenapa banyak penjual hewan yang berjualan di sepanjang Jl.Brawijaya hingga Jl. Majapahit. Maka jangan heran, begitu melangkah di gapura pintu masuk kita akan langsung disuguhi pemandangan deretan kios penjual burung yang berderet rapi di sepanjang jalan. 

 Pasar Burung Splendid Malang

Buat para peggemar burung berkicau pasti akan mupeng berat melihat berbagai macam burung yang ada di sangkar-sangkar itu, mulai dari Kenari, Kutilang, Punglor, Jalak hingga Cucak Rowo. Saya saja yang bukan penggemar burung berkicau ikut senang melihat sekelompok burung Lovebird yang mungil dan berbulu kuning cerah bertengger manis di dalam sangkarnya.


Pasar Burung Splendid Malang


Saya sendiri sejak duduk di bangku SMP lumayan sering main ke Pasar Burung Splendid di hari Sabtu sepulang dari sekolah. Bahkan sampai sekarang saya beberapa kali juga ke Pasar Burung Splendid, terutama sejak di rumah memelihara ikan di akuarium mini.

Bentar-bentar, emang di Pasar Burung Splendid dijual ikan hias juga??


Pasar Burung Splendid Malang


Jangan salah, meski namanya pasar burung tapi di sini kita juga bisa membeli hewan-hewan peliharaan lainnya seperti ikan hias, ayam hutan, kucing ras, hamster, kelinci, anjing, kura-kura bahkan iguana juga ada. Jadi bagi yang tidak suka burung tetap bisa main ke Pasar Burung Splendid.

Area penjual ikan hias terletak di dalam pasar yang berada di bawah, jika dari arah Utara (pintu masuk Jl.Brawijaya) ada di sebelah kiri jalan. Bila Anda membawa mobil maka harus memarkir mobil di ruas-ruas jalan yang berada di luar pasar, namun bila membawa motor bisa masuk dan parkir di area parkir yang ada di bawah.


Pasar Burung Splendid Malang



Beraneka macam ikan hias yang berwarna-warni siap memanjakan mata Anda ketika masuk di area penjual ikan hias. Ikan Mas Koki, Red Zebra, Niasa, Sumatera, Redfin, Koi, Komet, Cupang, Guppy, hingga Hiu Tawar tersedia di sini. Tinggal pilih saja mana yang Anda sukai. Untuk harga bervariatif tergantung jenis dan ukuran ikan, tapi secara umum murah kok bila dibandingkan dengan harga ikan hias di toko-toko modern. 




Trus kelebihan lain membeli hewan peliharaan di Pasar Burung Splendid adalah kita bisa menawarnya malahan kalau beli banyak biasanya dikasih bonus sama penjualnya. Kalau misalnya Anda membeli beberapa jenis ikan dan takut mereka akan berkelahi di dalam akuarium maka jangan ragu untuk bertanya pada penjualnya, mereka akan dengan senang hati menjelaskan kepada kita kok.

Seperti kemarin ketika saya main di kios penjual kelinci, saya melihat seorang penjual kelinci sedang memberikan penjelasan kepada calon pembeli tentang cara perawatan dan pemeliharaan kelinci yang benar. 




Saya dulu biasanya mengelilingi hampir semua kios ikan hias dulu untuk mencari ikan terbaru yang belum saya miliki. Sebenarnya sih juga bingung karena banyak sekali pilihannya itu, penginnya mborong semua ikan tapi apa daya dulu sisa uang sakunya nggak banyak he he he. Kadang meski sudah mendapatkan ikan yang saya taksir, saya masih betah berlama-lama di sana melihat pemandangan akuariumnya yang indah. Rasanya tuh adem di hati, lumayan menyegarkan pikiran juga.



Selain menjual hewan-hewan peliharaan, di Pasar Burung Splendid kita juga bisa membeli beraneka macam kebutuhan pemeliharaan hewan seperti sangkar burung, akuarium, kandang hamster, tempat minum hewan, hiasan akuarium dan makanan hewan peliharaan, misalnya makanan kucing. Pokoknya lengkap banget deh di sini. Bisa dibilang Pasar Burung Splendid adalah One Stop Pets Market in Malang.





Seperti yang saya tulis di awal tadi. Pasar Burung Splendid tak hanya digandrungi para penyayang hewan, namun beberapa wisatawan baik itu dari luar kota bahkan mancanegara saya lihat pernah main-main juga ke sini. Dengan banyaknya aneka jenis satwa yang dijual, Pasar Burung Splendid bisa menjadi alternatife wisata edukasi dan fauna bagi putra-putri kita lho. Ibaratnya seperti kebun binatang mini. Seperti terlihat dalam foto-foto di bawah ini. Ada seorang ibu muda yang sedang memperkenalkan berbagai jenis ikan kepada putri yang ada di gendongannya.




Trus ada sepasang turis bule yang tertarik melihat anak-anak ayam yang berwarna-warni. Mungkin mereka heran bin takjub kali ya kok di Indonesia ada anak ayam berwarna merah, kuning, hijau, orange bahkan ungu! Ngalah-ngalahin lagu Balonku Ada Lima aja deh.





Hanya sedikit saran bagi Pemkot Malang dan para penjual hewan agar lebih memperhatikan kebersihan di dalam Pasar Burung Splendid. Lingkungan yang bersih tentu akan berdampak positif bagi kondisi kesehatan hewan-hewan yang dijual, para pengunjung juga pasti akan lebih betah dan makin sering berkunjung ke sana. 

Jadi, bagi Anda yang mau liburan ke Malang nggak perlu bingung lagi mencari destinasi wisata populer di Malang yang nggak mainstream, jawabannya ya Pasar Burung Splendid. Turis bule aja main-main ke sana, masa sih kamu enggak?




Published by Keluarga Biru

Keluarga Biru adalah blog milik Ihwan Hariyanto dan Ivonie Zahra. Mereka menulis tentang parenting, traveling dan kuliner yang mereka lakukan bersama dua buah hati mereka Aiman dan Aira.
Follow us Google+.

14 comments:

  1. Replies
    1. One Stop Pets Market Mbak bahasa kerennya he3

      Delete
  2. Aku pernah ke sini duluuuu banget. Pas udah nikah gak pernah lagi.

    ReplyDelete
  3. Bulenya sampe binggung gitu liat anak ayam warna warni :D

    ReplyDelete
  4. Seperti pasar burung di Jakarta ya mas. Eh saya lupa, yang di Jakarta itu khusus burung atau ada yang lain juga ya.

    Pasar2 seperti ini memang menarik bagi wisatawan asing sebenarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya juga nggak tahu Mas he3 kan saya bukan orang Jakarta :P
      Iya mungkin karena mereka bisa melihat keanekaragaman burung dan hewan Indonesia tanpa harus pergi ke kebun binatang.

      Delete
  5. Duluu..sering kesana...kulakan ikan..hehehe

    ReplyDelete
  6. Duluu..sering kesana...kulakan ikan..hehehe

    ReplyDelete
  7. Aku suka ngak tega liat ayam yg di warnai itu #Kejam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih sama komen kita om, duh jangan-jangan kita sehati hahaha.

      Dulu kecil aku piara banyak hewan. Burung, ayam kete' (yg kerdil tapi lucu), ikan hias dsb. Segede gini malah gak suka miara apapun. Mau miara istri aja #eh

      Delete
    2. Om Cumi: Itu kalo nggak salah caranya dengan menyuntikkan zat pewarna ke dalam telur sebelum dierami induknya.

      Yayan: semoga tahun ini bisa segera miara istri Yan, aamiin.

      Delete

Jika menurut Anda artikel ini berguna mohon dukungannya dengan memberikan donasi via PayPal untuk maintenance blog Keluarga Biru. Terimakasih ^_^

Google+ Followers

Followers

Total Pageviews

Contact

Powered by Blogger.