Keluarga Biru

Featured Post

Berumur Panjang Demi Keluarga Tercinta - My Healthiness My Precious Moment

Di keluarga besar saya, umur para pria mayoritas lebih pendek bila dibandingkan dengan umur para wanita. Sejak lahir saya tidak...

Laman

Dian Radiata: Travel Blogger Pencinta Ular yang Suka Berbagi Inspirasi

Keluarga Biru         15 comments

 
Dee An di Lawang Sewu (foto by Travelerien)

Selamat siang para pembaca blog Keluarga Biru, dalam kesempatan kali ini saya akan memperkenalkan rubrik baru yang saya beri nama Kepoin Aku Dong. Dalam rubrik Kepoin Aku Dong, saya akan mengangkat profil seseorang yang bisa kita jadikan inspirasi, bisa siapa saja dengan latar belakang apa saja. Nah untuk edisi pertama Kepoin Aku Dong, saya akan mengangkat profil seorang travel blogger bernama Dian Radiata.




Tentang Dian Radiata


Pemilik nama asli Rosdiana ini adalah teman lama saya sejak ngeblog di Multiply. Alih-alih memakai nama asli sebagai identitas di dunia maya, wanita penyuka warna hitam ini memakai nama pena Dee An. Saya kira dia dulu terobsesi dengan penulis Dee, namun ternyata nama Dee An adalah penulisan versi gaul dari Dian. Namun sekarang Dee An mengubah namanya di dunia maya menjadi Dian Radiata.


 
Wanita Pencinta Ular


Saya kira Radiata adalah nama keluarga atau nama belakang suaminya namun lagi-lagi saya sok tau. Dee memakai nama Radiata karena di komunitas pecinta ular yang diikutinya yaitu Sioux para anggotanya kompakan memakai nama latin dari nama ular. Nah, Radiata adalah nama latin dari ular Trawang yaitu Elaphe Radiata. Dee memakai nama Radiata karena dia pernah digigit oleh jenis ular tersebut. Aah untung saja di komunitas Sioux kompakan memakai nama latin, coba kalau memakai nama Indonesia namanya kan jadi Dian Trawang. Yang ada malah para jomblo ngantri ke Dee minta tolong untuk menerawang gebetannya wekekeke.



Konsistensi Berbuah Prestasi



Sejak dahulu kala (berasa tua banget) di MP, Dee memang suka menulis traveling. Dee menuturkan jika menyukai traveling sejak kecil. Kesukaannya traveling berawal ketika Papanya mengajak berlayar ke Sulawesi dan Kalimantan ketika Dee berusia lima tahun. Saat itu mereka berlayar naik kapal pengangkut pupuk selama sebulan lebih. Dari situlah Dee akhirnya jadi ketagihan, setiap liburan sekolah bawaannya ingin jalan-jalan.

Berkat konsistensinya menulis traveling, Dee berhasil menyabet MPID Award 2011 untuk kategori Catatan Perjalanan Terbaik dari Multiply Indonesia (2011), pemenang event Book Your Blog dari Leutikaprio (2011) lalu juga juara 1 Lomba Menulis Cerita Perjalanan dari Gol A Gong (2012).

Ketika di saat para MPers (blogger MP) banyak yang gagal move on dari kesedihan dan kekecewaan karena MP mendadak ditutup, Dee tetap konsisten menulis dan membuat blog baru bernama Adventurose. Kegiatan ngeblog Dee malah semakin produktif, blognya memiliki trafik yang tinggi karena banyak netizen yang menjadikan tulisan-tulisan travelingnya sebagai rujukan. 




Dee tidak hanya eksis di blog namun nama dan tulisannya juga sering muncul di berbagai media cetak dan belasan buku. Pikiran Rakyat, Kedaulatan Rakyat, Surya, Sindo Batam, Majalah Annisa, Ummi, Anakku adalah sebagian dari media massa yang pernah memuat tulisan travelling Dee. Sedangkan buku antologinya lebih beragam temanya, tidak hanya travelling antara lain Love Journey 1 dan 2, My Wedding Story, Dan Akupun Berjilbab, Carok dan masih banyak lagi lainnya.

Buku-buku karya Dee An
 



Wanita dengan Beragam Kesibukan



Dari sekian cerita travelling yang pernah dilakukan Dee, ada satu kisah yang paling berkesan yaitu saat perjalanan pertama ikut memancing diLaut Cina Selatan bersama orang-orang yang baru dikenalnya. Pengalaman itu luar biasa sekali bagi Dee karena dia yang sebenarnya tidak bias memancing namun sok-sokan mengikuti trip memancing.

Wiih Dee An bener-bener wanita pemberani ya. Suka travelling, ikutan komunitas pencinta ular dan pernah memancing di Laut Selatan. Lalu apakah sama sekali tidak ada sesuatu yang ditakuti seorang Dian Radiata?

Sssttt ternyata Dee takut tenggelam? Sebab Dee sebenarnya tidak bisa berenang. Toosss aah, ada temen juga akhirnya.






Aktivitas Dee tidak sebatas dunia travelling, blog dan ular saja lho, dia juga tergabung di Kelas Inspirasi Batam. Yupe, Dee An yang menurut saya orangnya cuek dan agak tomboy ini memiliki kepedulian yang tinggi terhadap nasib anak-anak pedalaman dan kurang beruntung dalam hal pendidikan. Di blognya, Dee bercerita bagaimana saat-saat mendebarkan ketika pertama kali mengikuti Kelas Inspirasi Batam yang ternyata malah membuatnya ketagihan. Bahkan kini Dee sudah mendaftar sebagai pengajar di Kelas Inspirasi Batam #6. Saya pun ketularan virus KI salah satu penyebabnya juga Dee ini.



***


Dee An saat ini menetap di Batam bersama keluarga tercintanya yaitu Mas Anang dan Lala. Putrinya yang berambut kriwul dan imut ini sepertinya mewarisi darah travelling dari kedua orang tuanya. Tampak di setiap foto-foto travelling, Lala begitu enjoy mbolang ke berbagai destinasi wisata di Indonesia. Saya sendiri sudah pernah merasakan ngetrip bersama Dee dan Mas Anang, saya salut dan kagum deh melihat kemesraan dan kekompakan mereka berdua.

 
Dee An dan keluarga tercinta



Itulah cerita tentang Dian Radiata di rubrik Kepoin Aku Dong. Jangan ragu untuk berkenalan dengannya, Dee An akan menyambut Anda dengan baik. Apalagi kalau bahas tentang travelling, blog, ular atau Kelas Inspirasi pasti deh langsung klop.



Published by Keluarga Biru

Keluarga Biru adalah blog milik Ihwan Hariyanto dan Ivonie Zahra. Mereka menulis tentang parenting, traveling dan kuliner yang mereka lakukan bersama dua buah hati mereka Aiman dan Aira.
Follow us Google+.

15 comments:

  1. Wuih pemberani bnget nih Mbak Deee... kerennnn... ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya gak berani kok, mungkin karena penasaran aja yaaa... :)

      Delete
  2. Mbak satu ini memang keren abis. Pemberani pisan euy pegang ular. Baik hati dan apa adanya. Kelihatan sekali orangnya tulus. Makanya temannya banyak dan aku sukkaaaaa sekali jadi salah satu temannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Rieeeeeen..... Aku sangat sangat sangat bersyukur bisa kenal dan temenan ama dirimu yang baik hati dan gak pelit ilmu... :)

      Delete
  3. Sejak jaman ngempi dulu, saya udah kagum berat sama mbak Dian
    Makin kesini makin salut sama aktivitasnya yang keren abis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mama Premaaaa.... Mmmuach... Aku padamu deeh :*

      Delete
    2. Mama Premaaaa.... Mmmuach... Aku padamu deeh :*

      Delete
  4. Wkwkwkwk..... Di sebelah disamain ama Dian Pelangi, eh di sini ada lagi Dian Trawang :D :D
    Makasih yaa udah ngepoin aku, Wan.. Senang mengenalmu, juga Ivon dan Aim :)
    Yuk! Kapan kita jalan bareng lagi? Hehehe...

    ReplyDelete
  5. Waaaa lama banget yaa kalian saling mengenal... Saluttt pertemanan di dunia maya yg awet....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Ima... Aku udah pernah ketemu Ihwan dan Ivone sebelum mereka nikah, alhamdulillah bisa ketemu lagi pas mereka udah nikah plus ketemu Aim. Ketemuan selanjutnya kayaknya udah ama adeknya Aim deh ;)

      Delete
    2. Iya mbak Ima... Aku udah pernah ketemu Ihwan dan Ivone sebelum mereka nikah, alhamdulillah bisa ketemu lagi pas mereka udah nikah plus ketemu Aim. Ketemuan selanjutnya kayaknya udah ama adeknya Aim deh ;)

      Delete
  6. ninggalin jejak dulu ah ... kece2 ya blogger batam

    ReplyDelete
  7. saya jaman smp adalah pecinta ular sawah, untuk saya tangkap dan dijual ke pengepul hihi

    ReplyDelete
  8. Saya kira radiata nama asli mb dee an. Ternyata oh ternyata... Hihi

    ReplyDelete
  9. Wah wah wah keren tuh, cewe pemberani. Saya ajah seumur umur belum pernah megang ular secara langsung. hahaha

    ReplyDelete

Jika menurut Anda artikel ini berguna mohon dukungannya dengan memberikan donasi via PayPal untuk maintenance blog Keluarga Biru. Terimakasih ^_^

Google+ Followers

Followers

Total Pageviews

Contact

Powered by Blogger.