Keluarga Biru

Featured Post

Berumur Panjang Demi Keluarga Tercinta - My Healthiness My Precious Moment

Di keluarga besar saya, umur para pria mayoritas lebih pendek bila dibandingkan dengan umur para wanita. Sejak lahir saya tidak...

Laman

Wisata Pangandaran yang Eksotik

Keluarga Biru         10 comments




Sunset di Pantai Pangandaran (Sumber Gambar : kompas.com)

Pangandaran merupakan sebuah Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibu Kotanya adalah Parigi. Wilayah ini terkenal memiliki pantai-pantai yang indah, selain pantai juga terdapat beberapa obyek wisata lain. Berikut merupakan beberapa tempat wisata yang terdapat di wilayah Pangandaran:


1. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran pernah dinobatkan pantai terbaik di Pulau Jawa. Selain keindahannya Pantai Pangandaran memiliki banyak keistimewaan lain, yaitu:
-       Pantai Pangandaran memiliki air yang jernih dan pantai yang landai, selain itu jarak pasang dan surutnya juga cukup lama, jadi memungkinkan anda untuk berenang dengan aman.
-       Anda bisa melihat tenggelam dan terbitnya matahari dari Pantai Barat dan Pantai Timur di hari yang sama.
-       Pantai ini memiliki pasir yang putih.
-       Jalanan di lingkungannya sudah diaspal halus.
-       Ada taman laut yang memiliki ikan-ikan dan kehidupan laut yang eksotis.
-       Disini juga terdapat gua peninggalan Jepang.
-       Terdapat banyak olah raga laut yang disediakan seperti, banana boat.

Di Pantai Pangandaran juga sering terdapat Event-event menarik seperti:

-       Hajar Laut, ini adalah upacara yang dilakukan paara nelayan di Pangandaran yang dimaksudkan sebagai wujud rasa terima kasih kepada Tuhan dengan melepaskan sesajen ke lautan. Acara ini dilakukan saat bulan Muharam dan dilaksanakan di Pantai Timur Pangandaran.
-       Festival Layang-Layang International, disebut juga dengan Pangandaran International Kite Festival. Festival ini bisa anda saksikan di bulan Juni atau Juli.

Fasilitas yang disediakan di Pantai Pangandaran juga cukup lengkap, yaitu: tempat parkir yang luas, layanan pos, telekomunikasi dan money changer, Pusat Informasi, perkemahan, persewaan sepeda dan peralatan renang, Jetski dan Parasailing, Waterboom, Penginapan seperti hotel, pondok tersedia banyak di area ini yang dapat anda pesan melalui aplikasi Traveloka, Restoran dengan berbagai macam masakan.
Untuk menuju ke Pantai Pangandaran anda bisa menggunakan jalura darat dan udara. Untuk jalur darat ada Terminal Pangandaran yang menampung bis bis dari Bandung, Jakarta, Yogyakarta, dan Solo. Untuk jalur udara ada Bandara Pangandaran Nusawiru.


 2.                  Pangandaran Waterpark

Watepark ini merupakan tempat wisata yang paling baru di area Pangandaran, dibuka pada tanggal 10 April 2009. Pangandaran Waterpark terletak di pinggir Pantai Lembah Puteri. Jarak dari pintu masuk kasawan Pantai Pangandaran hanya 5 km sebelum pintu masuk. Di Waterpark ini terdapat beberapa kolam besar, dan juga lapangan khusus untuk ATV dengan luas lebih dari 10 hektar.
Terdapat banyak permainan air yang tersedia disini, seperti waterboom, waterball, highrope, dan tentu kolam yang sangat luas. Walau letaknya di pinggir pantai, semua air kolam di Pangandaran Waterpark ini murni air tawar. Terdapat juga persewaan perahu plastik, pelampung dan perlatan berenang lainnya.
Tidak hanya menyediakan berbagai macam permainan air, di kawasan ini juga menyuguhkan pesona keindahan alam yang indah, letaknya yang berdekatan dengan pantai membuat kolam di Waterpark ini seakan menyatu dengan laut.
Harga tiker masuknya pun tidak mahal, yaitu mulai dari Rp. 15.000 hingga Rp. 25.000. Dengan harga tiket yang murah, kita sudah bisa menikmati semua permainan yang tersedia dan menikmati pemandangan yang eksotis.


 Pangandaran Waterpark (Sumber Gambar : mypangandaran.com)



3.                  Cagar Alam dan Pantai Penanjung


Cagar alam ini dulunya merupakan sebuah pulau kecil dan kemudian terhubung dengan Pulau Jawa yang diakibatkan oleh proses sedimentasi pasir. Tempat ini adalah rumah bagi flora fauna, terdapat hewan hewan seperti rusa, banteng, kera dan lain lain. Disini juga ada gua-gua yang bisa dikunjungi dan Pantai Penanjung bisa anda akses melalui cagar alam itu.
Berbagai macam jenis tumbuhan terdapat disini, yang paling banyak adalah Andong dan Laban. Dan yang paling sedikit adalah Kelepu, Walikukun, Menteng, Teureup, Walen, Beringin, Ki Huut, Jamura dan Pulus. Disini juga terdapat jenis pohon yang tumbuh secara alami, seperti Jati, Salam, dan Huni.
Selain difungsikan sebagai cagar alam, anda juga bisa melakukan beberapa kegiatan seperti bersepeda, berenang, snorkeling, diving, kano, hiking, dan mengunjungi beberapa peninggalan sejarah yang terdapat di sana. Biaya masuk ke cagar alam ini juga sangat murah yaitu Rp.5500 saja. 
Di Penanjung ini terdapat gua-gua yang bisa anda kunjungi seperti, Gua Panggung, Gua Parat, Gua Lanang, Gua Sumur Mudal dan gua peninggalan Jepang saat masa Perang Dunia 2 yaitu Goa Lanang, Goa Rengganisa, Goa Sumur Mudal, dan Goa Miring.
Nama nama Goa Jepang itu sesuai dengan ciri khas goa tersebut, yaitu:
Goa Lanang, dikarenakan di dalamnya terdapat sebuah batu endapan yang berbentuk mirip dengan kemaluan laki laki.
Goa Rengganis, di dalamnya terdapat mata air tawar yang jernih, konon katanya dulu ini merupakan tempat Dewi Rengganis.
Goa Miring, dikarenakan saat masuk kedalam kita harus memiringkan badan, jika tidak kita tidak bisa masuk.
Goa Sumur Mudal, di dalamnya terdapat sumber air yang terus menetes, maka jika ditampung di ember airnya akan tumpah atau mudal.



Cagar Alam (Sumber Gambar : phinemo.com)




Published by Keluarga Biru

Keluarga Biru adalah blog milik Ihwan Hariyanto dan Ivonie Zahra. Mereka menulis tentang parenting, traveling dan kuliner yang mereka lakukan bersama dua buah hati mereka Aiman dan Aira.
Follow us Google+.

10 comments:

  1. Sekarang makin cantik ya terakhir x kesana udah lama banget jaman SD.:p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak seiring perkembangan zaman pasti harus berbenah dan mempercantik diri agar kekinian dan diminati para wisatawan.

      Delete
  2. Wah. Nggak ngira Pangandaran kece beud!

    ReplyDelete
  3. mantap tp kadang pantainya suka kotor hahaha

    ReplyDelete
  4. Waterpark nya keren. Cocok utk wisata rame2 dgn keluarga

    ReplyDelete
  5. pantai dimana ibu susi, menteri perikanan kita, memulai hidup dan karirnya :)

    ReplyDelete
  6. Sejak dulu hingga sekarang nama Pangandaran nggak pernah Pudar. tetep jadi Idola di Jawa Barat.

    ReplyDelete
  7. Ayo main ke sini rombongan :D

    ReplyDelete
  8. Ayo main ke sini rombongan :D

    ReplyDelete
  9. Wuidiihhh waterparknya pinggir pantai gitu. Cakeeeeppp

    ReplyDelete

Jika menurut Anda artikel ini berguna mohon dukungannya dengan memberikan donasi via PayPal untuk maintenance blog Keluarga Biru. Terimakasih ^_^

Google+ Followers

Followers

Total Pageviews

Contact

Powered by Blogger.