Keluarga Biru

Featured Post

Cerita Liburan Akhir Tahun Keluarga Biru ke Yogyakarta

Laman

Tanoto Foundation Ingin Mengurangi Kesenjangan Sosial di Indonesia

Keluarga Biru         20 comments


Kegiatan Tanoto Foundation


            Salah satu problem besar yang kini dirasakan di Indonesia adalah kesenjangan sosial. Ketimpangan terjadi di mana-mana. Ada jarak yang jauh antara si kaya dan si miskin. Begitu pula perbedaan yang signifikan antara kondisi di Indonesia bagian Barat dengan kawasan Indonesia Timur.

            Situasi tersebut rawan menyebabkan beragam masalah sosial, salah satunya adalah lingkaran kemiskinan yang selalu berulang. Sekali terjebak di sana seseorang bakal sulit keluar.
            Tanoto Foundation tahu persis kondisi yang memprihatinkan ini. Yayasan yang didirikan oleh pengusaha sukses Indonesia, Sukanto Tanoto, ini berupaya menghilangkan kesenjangan sosial yang ada. Caranya ialah dengan memutus rantai kemiskinan di Indonesia.

            Ada tiga sektor yang menjadi lahan garapan kegiatan Tanoto Foundation, yaitu bidang pendidikan, pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan kualitas hidup. Tiga hal inilah yang diyakini oleh pendirinya, Sukanto Tanoto, sebagai cara terbaik untuk memutus rantai kemiskinan di Indonesia.
            Terkait pendidikan, Tanoto Foundation secara khusus menyasar daerah-daerah di pedesaan untuk menurunkan bahkan menghilangkan kesenjangan kualitas pendidikan antara kawasan desa dan kota yang tinggi seperti sekarang.
            “Seorang anak yang lahir di kawasan pedalaman Jambi harus merasakan pendidikan berkualitas seperti anak-anak di Jakarta,” ucap Anggota Dewan Pembina Tanoto Foundation, Belinda Tanoto.

            Beasiswa Tanoto Foundation merupakan salah satu program yang paling populer. Lewat beasiswa ini, seseorang bisa menjadilebihmudahmendapatkan akses ke pendidikan tinggi. Hingga saat ini, tercatat sudah lebih dari 6.700 orang yang memanfaatkannya.
            Dari beasiswa Tanoto Foundation itu, cukup banyak yang secara khusus menyasar mereka yang tinggal di pedesaan. seperti Regional Champions Scholarship. Beasiswa Tanoto Foundation ini memang dikhususkan bagimereka yang berdomisili di Sumatera Utara, Jambi, dan Riau.
            Hal ini sangat membantu mengurangi tingkat putus sekolah yang tinggi di Indonesia. Harus diakui, banyak yang tidak mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi karena faktor keterbatasan biaya. Beasiswa Tanoto Foundation memudahkan mereka yang memiliki kesulitan finansial dalam mendapatkan pendidikan berkualitas.

            Kegiatan Tanoto Foundation tersebut berangkat dari pengalaman pendirinya, Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto. Mereka pernah merasakan kesulitan mengakses pendidika dan putus sekolah saat muda.
            Kini setelah lebih dari 30 tahun berlalu, nasib yang pernah mereka alami juga masih dirasakan oleh banyak orang Indonesia. Inilah yang membuat Tanoto Foundation tetap bekerja keras menggarap sektor pendidikan di Indonesia. Dengan perbaikan pendidikan diharapkan kesejahteraan meningkat sehingga kesenjangan sosial pun sirna.
           
           
Published by Keluarga Biru

Keluarga Biru adalah blog milik Ihwan Hariyanto dan Ivonie Zahra. Mereka menulis tentang parenting, traveling dan kuliner yang mereka lakukan bersama dua buah hati mereka Aiman dan Aira.
Follow us Google+.

20 comments:

  1. Yg seperti inilah sgt dibutuhkan oleh masyarakat. Saling membantu satu sesama lainnya. Nanti pun mereka akan merasakN manfaatnya, rezeki pun semakin berkah.

    ReplyDelete
  2. Dengan program2 yang sifatnya sosial...diharapkan kesejahteraan masy meningkat.salut untuk Tanoto foundation.

    ReplyDelete
  3. Kalau banyak perusahaan besar seperti ini kepeduliannya, pastinya tidak akan lagi ada kesenjangan antara desa dengan kota.

    ReplyDelete
  4. Selalu suka dengan perusahaan yang memiliki kepedulian seperti ini neh.

    ReplyDelete
  5. programnya bagus banget, mudah2an bisa sampai mencakup ke seluruh indonesia :D

    ReplyDelete
  6. Wah.. baru denger lho nama Tanoto ini.. Mulia sekali kegiatannya bergerak dibidang pengembangan kualitas masyarakat semua ya..

    ReplyDelete
  7. Mudah2-an perusahaan-perusahaan lain juga menyusul hal yg sama, utk melakukan pemberdayaan masyarakat terutama masyarakat kelas bawah.

    ReplyDelete
  8. semoga banyak yang punya pemikiran seperti itu ya, ingin memajukan bangsa indonesia :)

    ReplyDelete
  9. Saya baru dengar tentang tanoto foundation ini. Berangkat dari pengalaman akhirnya bisa membantu orang ya. keren :)

    ReplyDelete
  10. tanoto foundation? Saya baru tahu. Wah tapi gimana daftar beasiswanya ya?

    ReplyDelete
  11. Tanoto foundation ya, udah sering denger. Salut utk konsistensinya membantu masyarakat :)

    ReplyDelete
  12. Indonesia butuh perusahaan yg memiliki kepedulian utk berbagi seperti Tanoto Foundation ini sebanyak-banyaknya. Salut deh, moga sukses semuanya :)

    ReplyDelete
  13. Makin yakin kalo di zaman yang katanya 'jahat' ini masih banyak hati baik yang bertebaran di mana-mana. Selain senang dan kagum, cerita ini juga sangat menginspirasi, untuk apa? Untuk mulai bergerak, menolehkan kepala, lihat sekeliling, bantu mereka yang kepalanya masih tertunduk bisa mulai menatap ke depan dengan senyuman; tanpa harus merasa beda, lagi. Makasih karena udah menginspirasi, semangat terus ya, Tanoto Foundaation.

    Salam,
    Syanu.

    ReplyDelete
  14. Sering banget liat tanoto foundation buka tawaran beasiswa pas waktu masih di kampus dulu. Bener2 peluang besar bagi yang membutuhkan ya.

    ReplyDelete
  15. Inspiratif! Moga makin banyak perusahaan yang peduli.

    Jadi makin pengen jadi orang kaya biar bisa makin banyak bermanfaat :D

    ReplyDelete
  16. Semoga program sosial semacam ini semakin banyak di tengah masyrakat

    ReplyDelete
  17. sangat membantu bagi mereka yang tidak bisa menjangkau pendidikan

    ReplyDelete
  18. Seandainya saja program ini, bisa dilakukan di seluruh pelosok tanah air ya..

    ReplyDelete
  19. alhamdulillah, masih ada orang yang berhati emas ya

    ReplyDelete

Jika menurut Anda artikel ini berguna mohon dukungannya dengan memberikan donasi via PayPal untuk maintenance blog Keluarga Biru. Terimakasih ^_^

Google+ Followers

Followers

Total Pageviews

IBX585B563EDC6FB

Contact

Powered by Blogger.