Keluarga Biru

Featured Post

Cerita Liburan Akhir Tahun Keluarga Biru ke Yogyakarta

Laman

Air Conditioner vs. Air Cooler, Apa Bedanya?

Keluarga Biru         1 comment



Anda pasti tidak asing lagi dengan yang namanya Air Conditioner (AC) dan Air Cooler (Cooler). Setidaknya Anda memiliki salah satu dari alat elektronik tersebut di rumah Anda. Namun taukah Anda apa saja perbedaan dari kedua benda yang paling diincar setelah orang-orang seharian diterpa panas matahari tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.


 
AC, seperti yang kita ketahui, adalah alat elektronik yang berfungsi sebagai pendingin ruangan dengan cara mensirkulasikan gas refrigeran yang berada di pipa yang di tekan dan di hisap oleh kompresor. Gasrefrigeran dipilih sebagai sumber pendingin utama karena mudah menguap dan bentuknya bisa berubah-ubah, yaitu cairan dan gas. AC memiliki komponen utama berupa pendingin beserta gulungannya, penguap, kompresor, dan katup ekspansi.



Sedangkan Air Cooler atau lebih singkatnya disebut dengan Cooler. Sama seperti AC, Cooler juga berfungsi sebagai pendingin ruangan. Masih banyak orang yang salah menganggap Cooler sama dengan AC Portable padahal kedua hal itu berbeda. AC menghasilkan udara dingin dengan cara menyerap udara panas yang ada di sekitar ruangan dan perpindahan udara panas-lah yang menyebabkan udara ruangan yang memiliki AC menjadi dingin. Sedangkan Cooler mendinginkan ruangan berbekal dengan bongkahan es batu yang kemudian dimasukkan ke slot penyimpanan Cooler.

Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan AC dengan Cooler, baca tabel berikut ini.

Air Conditioner
Air Cooler
Boros listrik
Hemat listrik
Mengeluarkan uap air kering
Mengeluarkan uap air lembab
Menggunakan remote untuk menurunkan suhu
Menggunakan es batu untuk menurunkan suhu
Sulit untuk dipindahkan
Mudah untuk dipindah-pindah (portable)
Berbahan pendingin gas
Berbahan pendingin air
Mendinginkan ruangan secara menyeluruh
Penyebaran udara dingin terbatas, hanya ke satu arah saja


Merawat Agar AC dan Cooler Tidak Mudah Rusak


Secara garis besar, perawatan agar AC dan Cooler tidak mudah rusak dan tetap dingin hampir sama. Yaitu dengan cara selalu dimatikan sehabis pakai, rutin merawat kebersihan keduanya dengan cara mencuci bagian saringannya, dan menyetelnya ke suhu terdingin secara perlahan – tidak langsung.
Sebagai tambahan, agar Cooler kesayangan Anda tidak mudah rusak, hindari penempatan barang elektronik di sekitar daerah yang terpapar udara dingin Cooler karena udara yang dihembuskan oleh Cooler cenderung lembab dan basah sehingga dapat merusak alat elektronik yang terpaparnya.

Jasa Service AC dan Cooler


Tetapi apa yang harus Anda lakukan bila AC atau Cooler Anda rusak dan butuh jasa teknisi service AC agar dapat berfungsi seperti sediakala? Ditambah dengan susahnya mencari jasa service AC sekaligus lihai memperbaiki Cooler yang mudah dan terpercaya. Sekalinya dapat kontak teknisi AC, itupun dengan harga yang tidak sesuai, pelayanan yang kurang memuaskan, dan melalui proses nan ribet. Jangan khawatir, karena Sejasa.com hadir untuk Anda! Dengan pelayanan yang mudah, terjangkau, dan dapat dipercaya hanya dalam satu sentuhan. 

Setiap Orang Berhak Mendapatkan Jasa Terbaik


Mencari penyedia jasa yang terpercaya bukanlah hal yang mudah, khususnya penyedia jasa yang bergerak pada bidang service AC dan Cooler sekaligus. Sejasa.com menyadari akan permasalahan tersebut, untuk itu kami hadir untuk membantu Anda menemukan rekomendasi penyedia jasa terpercaya untuk segala kebutuhan Anda.



Semoga Anda selangkah lebih maju dalam merawat AC dan Cooler kesayangan Anda!


Published by Keluarga Biru

Keluarga Biru adalah blog milik Ihwan Hariyanto dan Ivonie Zahra. Mereka menulis tentang parenting, traveling dan kuliner yang mereka lakukan bersama dua buah hati mereka Aiman dan Aira.
Follow us Google+.

1 comment:

  1. Tapi Air coler aku rasa nggak sedingin Air conditioner ya mas ;) padahal harganya sma2 mahaaal hihi

    ReplyDelete

Jika menurut Anda artikel ini berguna mohon dukungannya dengan memberikan donasi via PayPal untuk maintenance blog Keluarga Biru. Terimakasih ^_^

Google+ Followers

Followers

Total Pageviews

IBX585B563EDC6FB

Contact

Powered by Blogger.