Keluarga Biru

Featured Post

Cerita Liburan Akhir Tahun Keluarga Biru ke Yogyakarta

Laman

BAPER's Talk: Mencegah Dampak Negatif Internet Bagi Anak

Keluarga Biru         9 comments


Mencegah Dampak Negatif Internet Bagi Anak



Menjadi orang tua masa kini, tantangannga lebih besar karena semakin banyak godaan yang dihadapi oleh anak-anak. Salah satunya adalah dari internet. Sekarang ini internet sudah menyentuh hampir segala usia, bukan pemandangan wah lagi saat melihat seorang balita memegang gadget. Entah itu melihat video di youtube hingga bermain game online. Dan Aiman termasuk salah satunya.

Nah dalam Baper's Talk kali ini, kami akan mengusung tema: bagaimana mencegah dampak negatif internet bagi anak.



Alasan kami memberikan gadget sendiri untuk Aiman adalah sebagai media hiburan sekaligus belajar yang menyenangkan, praktis dan bisa dibawa kemana saja. Saya yang biasanya rajin mengunduhkan video serial kartun kesukaannya, lagu-lagu anak dan game edukatif. Awalnya sih dulu Aim saya pinjamin tab milik saya, lalu setelah saya mendapatkan hape baru maka tab itu saya berikan padanya.

Dari hasil gugling, setidaknya ada 6 pengaruh positif dan negatif internet terhadap anak-anak, yuk kita cek satu per satu.


Mencegah Dampak Negatif Internet Bagi Anak


Sumber dari sini.


Meskipun selama ini kami memfasilitasi Aiman dengan tab namun tidak ada koneksi internet di dalamnya. Walaupun begitu ada beberapa pengaruh positif dan negatif gadget yang selama ini sudah dialami oleh Aiman, antara lain:

1.       Aiman sudah hafal angka baik dalam bahasa Indonesia maupun Inggris, trus juga sudah hafal nama-nama hewan dan sebagian nama buah buah serta sayuran. Semuanya Aiman pelajari dari game edukasi yang saya install di tab-nya.
2.       Aiman menjadi kurang fokus karena menurut psikolog yang kami kunjungi dulu, permainan di smartphone membuat anak tak bisa membedakan antara dunia nyata dan maya.
3.       Belakangan Aiman jadi agak kecanduan main game, saya jadi merasa bersalah dan dipersalahkan juga sama Mama Ivon karena sayalah yang mengenalkannya.

Itulah sebabnya kami sebagai orang tua mulai membenahi pola asuh kami lagi agar bisa meminimalisir pengaruh negatif penggunaan gadget pada Aiman, antara lain:

1.       Mematikan koneksi internet saat dia bermain game di tab dengan demikian akan mencegah munculnya iklan-iklan yang mengandung konten dewasa.
2.       Saya selalu mengunduhkan video kesukaannya dari youtube jadi dia tidak pernah melihat langsung atau streaming. Dengan mengunduhkan video maka kita telah menghindarkannya dari konten-konten dewasa yang ada di youtube.
3.       Selalu mendampingi Aiman saat dia bermain tab. Tapi kalau pas lagi sibuk biasanya kami biarkan dia bermain sendiri, asalkan tidak ada koneksi internet di tabnya.
4.       Memberikan batasan waktu bagi Aiman untuk bermain tab dalam sehari. Jika baterai tabnya habis maka harus di-charge dan tidak boleh dipakai. Kalau melarangnya sama sekali bermain tab rasanya tidak mungkin, anak seumur dia sudah bisa protes lho kalau saya melarangnya main tab sementara kami setiap hari juga menggunakan smartphone.
5.       Melakukan lebih banyak aktivitas bersama Aiman seperti menemainya bermain, membacakannya dongeng sehingga dia pikirannya tidak selalu tertuju pada game di tabnya.

Jika Aiman sudah sekolah nanti, mungkin kami baru akan mengenalkannya dengan internet. Yang paling utama tentu saja sebagai media belajar dan mencari referensi untuk mengerjakan tugas-tugas di sekolahnya nanti. Kalau dia nanti ingin menggunakan internet sebagai media pertemanan dan hiburan maka tetap harus dalam pegawasan kami.

Itulah sedikit sharing saya tentang bagaimana mencegah dampak negatif internet bagi anak. Karena usia Aiman masih 4 tahun sehingga pengalaman kami masih sedikit dan perlu banyak belajar dari pembaca yang usia anaknya lebih tua. Jadi monggo jangan ragu untuk sharing di kolom komentar.


Published by Keluarga Biru

Keluarga Biru adalah blog milik Ihwan Hariyanto dan Ivonie Zahra. Mereka menulis tentang parenting, traveling dan kuliner yang mereka lakukan bersama dua buah hati mereka Aiman dan Aira.
Follow us Google+.

9 comments:

  1. betul mas, dulu jaman anakku kecil belum ada gadget, baru mucul saat anak2 sdh SMP . Dan aku perlu ekstra kerja keras untuk menasehatinya

    ReplyDelete
  2. Aku baru kenal internet saat SAMA.. beda jaman ya..Hehe..
    Jadi ingat nasehat sahabat Ali.. didiklah anak sesuai jamannya.. 😉

    ReplyDelete
  3. untungnya mas aim ak bisa nyalain internet ya pak, kalau anak saya tetap aja bisa nyambunin internet, hehehe

    ReplyDelete
  4. Klo fahri, biasane tak kasih kesempatan nyelesein satu game lagi/ lima menit lagi. Klo anak dikasih kesempatan gitu, biasanya dia mau, klo langsung disamber dijamin ngamuk :v

    ReplyDelete
  5. *kucekkucekmata

    Itu Aim? ya ampun udah gedeeee. *lalu aku masih jomblo aja gitu

    Tipsnya semoga ntar kepake buat anakku ya Wan. Bentar lagi lahiran kok.

    omnduut.com

    ReplyDelete
  6. Setuju dengan yang ini!
    "Mematikan koneksi internet saat dia bermain game di tab dengan demikian akan mencegah munculnya iklan-iklan yang mengandung konten dewasa."

    ReplyDelete
  7. Tiap anakku pegang hp gak kuijinin, kecuali pas kepaksa banget hehe.
    Utk pencet2 hp jg taunya nyalain youtube sama pausenya aja :D
    Jmn skrng ank2 emang pinter2 cepet belajarnya, tinggal ortu yg ngerem

    ReplyDelete
  8. Tips-tips nya bagus banget, memang benar gadget kalau dimanfaatkan dengan baik akan mendatangkan hal yang baik pula. Semoga Aiman dan Adiknya selalu menjadi anak-anak yang solih & solihah. :)

    ReplyDelete

Google+ Followers

Followers

Total Pageviews

IBX585B563EDC6FB

Contact

Powered by Blogger.