Keluarga Biru

Featured Post

Cerita Liburan Akhir Tahun Keluarga Biru ke Yogyakarta

Laman

5 Persiapan Menyambut Lebaran

Keluarga Biru         21 comments



5 Persiapan Menyambut Lebaran


Alhamdulillah Lebaran tinggal 26 hari lagi, gimana apakah Anda sudah mempersiapkan diri untuk menyambutnya? Meskipun masih lama namun tak ada salahnya kita mulai membuat list dari sekarang apa saja sih yang biasanya disiapkan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri. Dengan membuat list persiapan menyambut lebaran maka kita bisa memperkirakan berapa budget yang kita butuhkan. Harapannya ketika kita mendapatkan THR, kita bisa mengalokasikannya dengan proporsional dan tidak berlebih-lebihan dalam berbelanja.

Nah kali ini saya mau sharing tentang persiapan apa saja yang sih yang Keluarga Biru lakukan untuk menyambut lebaran. Berikut ini adalah 5 Persiapan Menyambut Lebaran versi Keluarga Biru.

1.       Zakat Fitrah
Sebagai seorang muslim kita memiliki kewajiban mengeluarkan zakat fitrah, oleh karena itu zakat harus ditaruh di urutan pertama yang kita persiapkan. Alhamdulillah di lingkungan tempat tinggal kami sudah ada panitia yang tiap tahun bertugas mengelola dan menyalurkan zakat kepada yang berhak. Sehingga para warga tinggal membeli beras untuk zakat fitrah dan jika ada rezeki berlebih sekalian mengeluarkan zakat maal maupun zakat profesi.

 
5 Persiapan Menyambut Lebaran
sumber: ummi online

Untuk zakat fitrah yang lebih utama berupa beras, meskipun panitia kadang menerima juga zakar fitrah berupa uang. Idealnya beras yang kita pakai untuk zakat fitrah kualitasnya sama atau bahkan lebih baik dari beras yang kita konsumsi. Lalu ada nasihat dari guru ngaji saya dulu agar melebihkan zakat fitrah kita. Kewajiban zakat fitrah jika berupa beras kan 2,5 kg, nah kita berikan 3 kg.

2.       Makanan dan Minuman
Ketika Mas Aiman masih bayi, Mama Ivon biasanya membuat sendiri kue lebaran. Bahkan dia dulu juga membuka pesanan kue lebaran. Alhamdulillah cukup banyak yang berminat. Namun sejak kehadiran Baby Aira, kesibukan Mama Ivon otomatis semakin bertambah sehingga tidak memiliki waktu dan tenaga untuk membuat kue lebaran.
 
5 Persiapan Menyambut Lebaran
sumber: wikipedia

Itulah sebabnya kami akhirnya membeli kue lebaran. Memang sih jatuhnya lebih mahal dikit tapi nggak apa-apa yang penting Mama Ivon nggak sampai KO karena membuat kue lebaran. Selain kue, kami juga mempersiapkan hidangan khas Lebaran yaitu ketupat dan opor ayam.

3.       Pakaian Lebaran
Di Hari Raya Idul Fitri nan suci dan istimewa sudah sewajarnya kita ingin tampil istimewa juga. Tampil istimewa tidak harus dengan pakaian yang baru kok, yang penting bersih dan serasi. Alhamdulillah jika ada rezeki berlebih maka tidak ada salahnya membeli pakaian baru untuk menyambut lebaran.
Keluarga Biru biasanya memesan baju sarimbit di penjahit langganan Mama Ivon. Namun untuk tahun ini kami putuskan untuk membeli saja karena penjahitnya baru saja melahirkan.
 
5 Persiapan Menyambut Lebaran
Lebaran Tahun 2016

Pilihannya ada dua belanja konvensional atau online. Kalau nggak mau desak-desakan sambil menahan lapar mending belanja online saja. Untuk tahun ini saya ingin membeli baju koko, kebetulan sudah gugling di toko-toko online dan nemuin beragam baju koko di Zalora Indonesia yang cocok buat saya.

4.       Mudik
Salah satu tradisi lebaran di Indonesia adalah mudik, kami pun juga melakukannya. Alhamdulillah mudik kami nggak jauh-jauh amat yaitu ke Blitar. Untuk mudik ini persiapannya cukup simple karena kami biasanya naik motor. Naik motor lebih enak karena resiko terjebak kemacetan lebih kecil bila dibandingkan naik kendaraan umum seperti bus.

5 Persiapan Menyambut Lebaran
sumber: kompasiana

Agar mudik lancar maka sebelum mudik saya akan membawa motor ke service agar jika ada spartpart yang rusak bisa segera diganti atau sekedar ganti oli. Jangan lupa juga dicuci biar terlihat kinclong.

5.       Angpaw Lebaran

5 Persiapan Menyambut Lebaran
sumber: www.gushaironfadli.com

Jika dapat THR berlebih maka jangan lupa berbagi dengan saudara atau kerabat yang kurang beruntung. Di Indonesia ada tradisi memberikan angpaw lebaran saat silaturahmi ke rumah kerabat. Biasanya yang diberikan angpaw adalah anak-anak dan remaja yang masih sekolah. Nilai besarannya tergantung kemampuan masing-masing. Kalau Keluarga Biru biasanya memberikan angpaw kepada para keponakan dan anak para sahabat atau teman dekat kami.

Di samping 5 persiapan menyambut lebaran di atas, yang paling utama sebenarnya adalah mempersiapkan diri dan hati kita untuk meminta dan memberikan maaf kepada kerabat, sahabat dan teman di hari nan fitri nanti.
Bagaimana dengan teman-teman, apa saja persiapan lebaran kalian? Sharing juga yuk di komentar. Salam.


Published by Keluarga Biru

Keluarga Biru adalah blog milik Ihwan Hariyanto dan Ivonie Zahra. Mereka menulis tentang parenting, traveling dan kuliner yang mereka lakukan bersama dua buah hati mereka Aiman dan Aira.
Follow us Google+.

21 comments:

  1. Persiapan lebaranku adalah melatih kekuatan batin agar bisa menggerakkan jarum timbangan ke arah kiri.

    Sekian dan terima THR hihihi

    omnduut.com

    ReplyDelete
  2. Mas ihwan.. aku mau yg poin 5... Bagi angpao..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss ama Deddy ah.. Bagi angpao doonk :D

      Delete
  3. Setuju. Yang paling penting dan utama, justru yang terakhir itu. :)

    ReplyDelete
  4. Kayanya lebaran ini mudik di rumah saja deh. :'D

    ReplyDelete
  5. Tahun ini bikin kuker buat konsumsi pribadi aja, gak jualan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengen deeeeh cobain kukernya mama Ivon :D

      Delete
  6. Baju2 koko d zalora keren2 semuaaaa
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  7. Persiapan lebarannya ku, moga-moga bisa ikutan sholat ied, hhee
    Kalo sekarang juga masih bingung beliin baju untuk ibu,
    Anaknya mah, ngalah aja, *bukan ngalah, udah ada jatah dewe . heee
    Terpenting tak lupa buat zakat fitrahnya ^_^

    ReplyDelete
  8. Aku sih gak lebaran
    Tapi suka ikut2an belanja belanji soalnya banyak diskon hahaha
    Dan pastinya menikmati suasana lebaran yang banyak kue2 dan makanan khasnya

    ReplyDelete
  9. Toss ama Deddy ah.. Bagi angpao doonk :D (1)

    ReplyDelete
  10. Wahahahha..kok jadi kompakan gini sama postingan blog terbaru saya. Hahhahah. Tos dulu!

    ReplyDelete
  11. Lebaran itu yang penting nyiapin kapasitas oerut yang luas aja mas ��.. Bakal keliling nyari makanan dirumah temen yg asli malang soalnya #edisianakkostan

    ReplyDelete
  12. Setuju di poin baju Lebaran nggak harus baru yang penting bersih. Tapi lucu kalau bayangin mas Ihwan dan keluarga tampil kompak biru-biru lagi di Lebaran tahun ini. Sekalian jadi profile picture terbaru hihihi

    ReplyDelete
  13. Aku gak pernah beli baju lebaran khusus hehe.
    Sedihnya tahun ini gak mudik T.T

    ReplyDelete
  14. Ehem!! Udah lama gak berkunjung ke blogger hebat mas Ihwan. Selamat ya udah dapat ASUS. BTW persiapan menjelang lebaran emang perlu mas, apalagi yang menyangkut uang, kan jauh-jauh hari kudu dihitung ya.

    Kalo mama Ivon sampe KO gegara bikin kue, kasian dong mas Ihwan, hehehe...

    Oh iya, angpaonya kirim ke Depok juga dong, hehehe

    ReplyDelete
  15. Wah, aku persiapannya mudik euy hahaha

    ReplyDelete
  16. Aku tahun ini enggak bikin baju seragram... hmmm
    ngintip Zalora ajah dech :)

    ReplyDelete
  17. Ya ampun ternyata udah mau lebaran aja ya hiksss, aku masih pingin puasa

    ReplyDelete
  18. setuju dengan lima poin di atas.. namun jangan lupa arti dan makna iedul fitri itu sendiri.. artikelnya keren sekali

    ReplyDelete

Google+ Followers

Followers

Total Pageviews

IBX585B563EDC6FB

Contact

Powered by Blogger.