Keluarga Biru

Featured Post

Cerita Liburan Akhir Tahun Keluarga Biru ke Yogyakarta

Laman

Aneka Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Sebaiknya Bunda Siapkan

Keluarga Biru         5 comments



Memiliki bayi adalah keinginan semua pasangan suami istri apalagi yang sudah lama menikah dan belum dikaruniai putra putri. Ketika mendengar kabar kehamilan maka berbagai persiapan pasti ingin segera dilakukan dalam menyambut datangnya anggota keluarga baru yang menjadi dambaan keluarga. Daftar perlengkapan bayi baru dibuat untuk memudahkan calon orang tua dalam memenuhi kebutuhan calon anak mereka begitu terlahir di dunia. Apa sajakah isi perlengkapan bayi yang seharusnya disediakan untuk menyambut kelahiran bayi tersebut? Berikut ini adalah daftar perlengkapan untuk bayi yang baru lahir sebagai referensi bagi Anda yang sebentar lagi memiliki buah hati:


  1. Kamar tidur bayi atau baby box.
Bagi keluarga yang ingin memiliki sebuah kamar tersendiri bagi bayinya, mulai dari adanya kabar gembira kehamilan sudah dapat mempersiapkan kamar spesial untuk buah hati. Catlahdindingdenganwarna ceria dan berilah motif yang menggembirakan. Jangan lupa letakkan almari untuk menyimpan semua peralatan bayi agar bersih dan rapi. Jika bayi ingin ditempatkan di kamar bersama orang tua, maka belilah box bayi agar tidur bayi dapat leluasa.

  1. Perlak bayi.
Perlakbayiakanmencegah air kencing bayi membasahi kasur tempat tidur bayi. Namun jangan lupa berikanlah alas kaindiantaraperlakdanbayi agar air kencing dapat terserap sehingga kulit bayi tidak basah terlalu lama.

  1. Kelambu.
Sangat penting menjaga bayi Anda dari gigitan nyamuk. Jangan gunakan lotion anti nyamuk sembarangan karena kulit bayi masih sangat sensitif. Agar aman, gunakanlah kelambu yang pemasangannya mengelilingi tempat tidur atau box bayi.

  1. Pakaian bayi.
Daftar perlengkapan bayi baru lahir berikutnya adalah pakaian. Pakaian bayi meliputi beberapa jenis yaitu pakaian lengan pendek, pakaian dalam, celana pendek, celana panjang, kaos kaki dantangan, topi, bedongbayi, danpopok bayi. Untuk popok bayi, belilah agak banyak agar kebutuhan popok bayi yang masih sering buang air kecildapat terpenuhi dengan baik.

  1. Perlengkapan mandi.
Perlengkapan mandi bayi seperti bak mandi bayi, handuk kecil, kasasteril, cutton bud, penyedotingus, dan thermometer badan atau ruangan perlu dipersiapkan agar semua yang dibutuhkan telah siap sebelumnya.



  1. Perlengkapan berjalan-jalan.
Ketika usia bayi sudah dapat diajak keluar rumah dengan lebih aman, maka persiapkanlah stroller bayi untuk dapat mendorongnya berjalan-jalan menghirup udara segar. Untuk keperluan di rumah dapat dibelikan baby bouncer yang dapat menemani si kecilbermainsambilberayunan. Bagi Anda yang ingin mengajak bayi bepergian, jangan lupa membelikannya satu set baby sitter untuk di mobil sehingga kursi bayi dapat terikat sempurna untuk menghindari bayi terjatuh saat berkendara.

Itulah beberapa daftar perlengkapan bayi baru lahir yang dapat Anda belikan sedini mungkin untuk menyambut kedatangan sang buah hati. Menyiapkannya tak perlu menghabiskan budget yang mahal, yang terpenting adalah daftar tersebut dapat nyaman digunakan si kecil. Menerima sumbangan atau pinjaman dari kerabat juga dapat dilakukan untuk stroller, bouncer atau thermometer bayi. 

Jika Anda membelinya pun tidak masalah karena perlengkapan tersebut nantinya dapat digunakan kembali untuk adik sang bayi. Setelah membeli dan menggunakan perlengkapan tersebut, jangan lupa untuk menjaga kebersihannya terutama perlengkapan yang digunakan setiap hari seperti pakaian, perlak, bak mandi dan sebagainya. Cucilah semua perlengkapan bayi jika perlu dengan air hangat agar dapat mematikan kotoran dan kuman agar bayi senantiasa sehat dan ceria.


Published by Keluarga Biru

Keluarga Biru adalah blog milik Ihwan Hariyanto dan Ivonie Zahra. Mereka menulis tentang parenting, traveling dan kuliner yang mereka lakukan bersama dua buah hati mereka Aiman dan Aira.
Follow us Google+.

5 comments:

  1. suamiku kemarin bikinin box buat si dede eh kepakainya cuma 2 bulan. tapi untungnya masih bisa dipakai bagian lemarinya jadi nggak terlalu kebuang barangnya

    ReplyDelete
  2. Baby box ini yg rawan kuman. Biasanya jarang dibersihkan kalo ga udah kotor banget.

    Tempat mandi birunya cantik.

    ReplyDelete
  3. sangat bermanfaat sekali buat calon orang tua macam sayah :)

    ReplyDelete
  4. ssiippp... bisa buat referensi next kalau hamil.. thanks Keluarga Biru .

    ReplyDelete
  5. Asik². Tak siapin mulai sekarang wes mas ��

    ReplyDelete

Jika menurut Anda artikel ini berguna mohon dukungannya dengan memberikan donasi via PayPal untuk maintenance blog Keluarga Biru. Terimakasih ^_^

Google+ Followers

Followers

Total Pageviews

IBX585B563EDC6FB

Contact

Powered by Blogger.