Keluarga Biru

Featured Post

Cerita Liburan Akhir Tahun Keluarga Biru ke Yogyakarta

Laman

Tips Mudik Selamat, Aman dan Nyaman Lewat Udara

Keluarga Biru         17 comments



Mudik Selamat, Aman dan Nyaman Lewat Udara


Ramadhan sudah sampai di pertengahan bulan, sudahkah Anda mempersiapkan diri menyambut Lebaran? Salah satu yang harus kita siapkan jauh-jauh hari adalah mudik. Seperti kita tahu, masyarakat Indonesia memiliki tradisi unik yaitu mudik. Persiapan mudik tergantung armada transportasi apa yang akan kita pergunakan. Nah sebagai anggota dari #SobatAviasi, kali ini saya mau sedikit sharing tentang persiapan mudik menggunakan pesawat terbang.

Berdasarkan kalkulasi Kementerian Perhubungan RI, jumlah penumpang melalui jalur udara pada musim mudik Lebaran 2017 (1438 H) mengalami kenaikan tertinggi pada arus mudik 2017 ini. Jumlah penumpang melalui jalur udara naik sekitar 9% dibanding musim mudik lebaran tahun 2016 yang lalu. Ada beberapa alasan mengapa jumlah penumpang melalui jalur udara mengalami peningkatan antara lain: tingkat keamanan lebih terjamin, waktu perjalanan lebih singkat, perjalanan lebih nyaman dan banyak promo tiket pesawat untuk mudik.

Mudik Selamat, Aman dan Nyaman Lewat Udara


Mungkin ada yang belum tau apa sih #SobatAviasi itu?

Sobat Aviasi adalah komunitas yang dibentuk oleh Direktorat Jendral Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. Dalam komunitas ini kita akan mendapatkan edukasi mulai dari A sampai Z tentang dunia aviasi atau penerbangan. Harapannya dengan makin banyak masyarakat Indonesia yang bergabung menjadi #SobatAviasi maka akan meningkatkan keamanan, ketertiban dan kenyamanan dalam dunia transportasi udara di Indonesia.

Oke deh, udah kebanyakan intronya. Sekarang mari kita menunju intinya yaitu tips bagaimana agar Anda bisa mudik dengan selamat, aman dan nyaman lewat udara.

  1. BELI TIKET SEBELUM LEBARAN

    Mudik Selamat, Aman dan Nyaman Lewat Udara
Meskipun Pemerintah sudah melakukan banyak persiapan guna menyambut Lebaran 2017 mulai dari menambah jumlah armada hingga jam penerbangan, namun sebaiknya Anda memesan tiket pesawat jauh hari sebelum lebaran. Selain menghindari resiko kehabisan tiket pesawat, kita juga bisa mendapatkan harga tiket yang lebih murah. Biar lebih efisien, pesan tiket pesawat secara online saja. Kalau tiket sudah ditangan, tentu hati akan lebih tenang menjalankan ibadah puasa bukan?

  1. PASTIKAN KEBENARAN DATA

    Mudik Selamat, Aman dan Nyaman Lewat Udara
Ketika melakukan pemesanan tiket pesawat maka pastikan nama calon penumpang yang tercantum di formulir tidak berbeda dengan yang tertera pada kartu identitas (KTP, SIM, Paspor dan lainnya). Selain itu periksa pula kesesuaian jadwal penerbangan (tanggal, hari, jam keberangkatan), serta lokasi bandara keberangkatan dan tujuan. Keteledoran pengisian data akan berakibat terganggunya perjalanan mudik Anda. Jangan sampai kita keliru menuju bandara keberangkatan karena bisa membuat kita terlambat chek in, bisa-bisa gagal deh rencana mudiknya hiks. Nggak mau kan hal itu terjadi pada diri Anda?

  1. BAWA BARANG SEPERLUNYA

Ini nih yang sering terjadi, saking semangatnya mudik kita jadi kalap saat menyiapkan barang yang akan kita bawa saat mudik. Karena ingin tampil maksimal saat lebaran akhirnya membawa pakaian yang banyak, trus juga membawa oleh-oleh yang nggak kalah banyaknya untuk kerabat di kampung halaman.
Ingat ya Bro, Sist and Buibu, kalian itu mudik naik pesawat which is akan dikenakan Excess Baggage atau biaya tambahan kelebihan bagasi, jika membawa barang berlebih saat bepergian dengan pesawat udara. Jadi Anda harus lebih selektif dan terapkan trik packing dari #SobatAviasi berikut ini:

Tips Packing Sobat Aviasi


  1. CHECK IN ONLINE

Teknologi diciptakan untuk memudahan kehidupan manusia, maka manfaatkanlah hal itu. Kini sudah banyak maskapai penerbangan di Indonesia yang menyediakan layanan check-in online. Kita bisa membuka situs atau aplikasi maskapai penerbangan pilihan kita dan dengan mudah memilih menu check-in online. Ketahui batas waktu check-in online, karena setiap maskapai memiliki aturan batas waktu yang berbeda. Mulai sekarang biasakan melakukan check-in online dan jadikan perjalanan penerbangan Anda Selamat, Aman dan Nyaman #Selamanya


  1. 3-2-1 SEBELUM TERBANG

Sebelum kita terbang maka jangan lupa untuk menerapkan tiga langkah ini agar perjalanan mudik Anda lewat udara berjalan dengan aman dan nyaman:



Oh iya, ada satu pesan penting yang harus Anda ingat baik-baik: “Jangan menerima titipan barang (biasanya dalam tas) dari orang yang tidak kita kenal. Karena kita tidak tahu apa isi tas tersebut. Anda bisa terkena masalah besar jika ternyata tas itu berisi barang-barang terlarang.”


Itulah 5 Tips Mudik Selamat, Aman dan Nyaman lewat Udara yang bisa saya bagikan. Jika Anda ingin mengetahui tips-tips lainnya, langsung saja join menjadi bagian dari #SobatAviasi. Jangan ditunda-tunda lagi, segera persiapkan perjalanan mudik Anda mulai dari sekarang. Selamat mudik dan semoga selamat sampai di kampung halaman. Salam hangat untuk kerabat dan handai taulan dari #SobatAviasi.

Published by Keluarga Biru

Keluarga Biru adalah blog milik Ihwan Hariyanto dan Ivonie Zahra. Mereka menulis tentang parenting, traveling dan kuliner yang mereka lakukan bersama dua buah hati mereka Aiman dan Aira.
Follow us Google+.

17 comments:

  1. “Jangan menerima titipan barang (biasanya dalam tas) dari orang yang tidak kita kenal. Karena kita tidak tahu apa isi tas tersebut. Anda bisa terkena masalah besar jika ternyata tas itu berisi barang-barang terlarang.” ini yang penting.. sama membiasakan cek in via online (saya yang ini masih sering lupa :) )

    ReplyDelete
  2. Wah udah ada check on online. Berguna sekali buat yg kena macet ato hampir telat.

    ReplyDelete
  3. jangan nitip tas,
    hmmm pas dr makkah dlu, kami sering nerapin trik ini. nitip tas ke sesama penumpang.emang ga baik tp kami saling mengerti dan percaya.
    hihihi...

    btw aq skrg selalu check in online soalnya takut tempat duduknya dipindah jauh jendela. si anak maunya dekat jendela

    pernah perjalanan surabaya semarang nangis sepanjang udara #eh gara2 tempat duduknya dipindah
    hiks

    ReplyDelete
  4. Excess Baggage ni lumayan banget, bisa2 lebih mahal ketimbang harga tiketnya.

    ReplyDelete
  5. perjalanan yang direncanakan dengan baik memang membuat perjalanan lebih tenang dan menyenangkan...

    ReplyDelete
  6. Mkasih tipsnya... Siapa tahu suatu hri nanti berguna saat sy melakukan perjalanan udara. Karna sampe sekarang blm pernah. Hihi

    ReplyDelete
  7. Beli tiket kadang jodoh2an.
    4 tahun lalu beli tiket terlalu mepet, seminggu sblm lebaran eh beruntung dapat Garuda cuma 600 rb ke Kalimantan
    Tapi emang lbh baik beli di awal jd tenang, gk keabisan yg murce :D

    ReplyDelete
  8. aku kok malah fokus ke videomu ya, Mas... jadi pengen mudik, tapi mudik ke mana?

    mana anakku rewel pengen naik pesawat mulu... huhuhu

    ReplyDelete
  9. terima kasih tipsnya, jadi pengen naik pesawat terbang nih. he.he

    ReplyDelete
  10. Kalau sudah ngomongin mudik, persiapannya mesti matang. jangan sampai ada poin poin yang kelewatan. mesti dibuat tips nya dulu

    ReplyDelete
  11. tipsnya komplit banget.. pas banget neh buat mudik minggu depan

    ReplyDelete
  12. Tipsnya bermanfaat sekali Mas

    ReplyDelete
  13. sharing nya bermanfaat buat yang mau mudik minggu depan hehe

    ReplyDelete
  14. Lumayan tinggi ya peningkatan jumlah penumpang yang mudik dengan pesawat. Semoga tetap nyaman, aman dan selamat.

    ReplyDelete
  15. Check online sgt membantu...bisa pilih kursi hehehe

    ReplyDelete
  16. Check-in online wajib. Biar bisa pilih kursi samping jendela :)

    ReplyDelete
  17. Mudik memang butuh effort yang besar ya, tapi begitu tiba di kampung halaman rasanya luar biasa, sebanding dengan kebahagiaan berkumpul bersama keluarga. Terima kasih atas tipsnya ya, selamat mudik!

    ReplyDelete

Google+ Followers

Followers

Total Pageviews

IBX585B563EDC6FB

Contact

Powered by Blogger.