Menyelami Sederet Pesona Shenzhen yang Memukau



Jika kamu memiliki iPhone, komputer Dell, tablet Microsoft, atau perangkat digital apa pun, maka kamu sejatinya sudah lebih dulu terhubung ke Shenzhen daripada yang disadari selama ini..
Dijuluki Silicon Valley bagi perangkat keras teknologi, kota di China selatan ini telah mengalami pertumbuhan eksplosif. Populasi meroket dari 300.000 hingga 11 juta jiwa sejak didirikan sebagai Zona Ekonomi Khusus pada tahun 1980.
Meski kurang dari segi wisata bersejarah, namun Shenzhen menawarkan atraksi lain yang tidak kalah memukau, yakni deretan aristektur modern dengan 11 gedung pencakar langit lebh dari 50 lantai resmi dibuka tahun lalu. Belum lagi sederet pembangunan bangunan tinggi nan modern lainnya, membuat Shenzhen berkembang menjadi kota global yang kian disegani.
Selain itu, Shenzhen juga memiliki banyak spot kuliner lezat, hotel-hotel mewah dengan harga bersaing, kehidupan malam yang kian gemerlap, dan komunitas seni yang terus meningkat pamornya dalam beberapa tahun terakhir.
Dan hal tersebut kini menjadi lebih baik berkat terhubungnya jalur kereta Hong Kong, yang merupakan tetangga global terdekatnya. Tidak terkecuali layanan kereta peluru yang akan menjadikan perjalanan dua kota ini menjadi hanya butuh 20 menit saja.
Belakangan, mulai semakin banyak maskapai penerbangan yang terbang menuju Shenzhen, termasuk dari Indonesia. Tidak terkecuali penerbangan low cost carrier seperti Air Asia membuka penerbanan berkualitas dengan harga terjangkau ke pusat industri manufaktur teknologi di China itu.
Selalu ada kejutan menarik dari laynannya yang ceria, dan juga kualitas penerbangan yang sangat mumpuni. Jangan lupakan deretan makanan lezat dalam buku menu Santan, yang bisa dipesan online, di mana terkenal sebagai yang terlezat di kelasnya.

Lay of the land
Di peta, Shenzhen mungkin terlihat seperti perpanjangan Hong Kong, tapi kota itu benar-benar di wilayah China. Dalam hal logistik, itu berarti sebagian besar pelancong membutuhkan visa China untuk mengunjunginya.
Kota yang mengesankan dengan menara penembus awan dapat menjadi tujuan yang luar biasa pada awalnya. Namun, Pusat Keuangan Internasional An An yang setinggi 1,965 kaki - gedung tertinggi keempat di dunia - memberikan tengara yang bermanfaat, menandai distrik pusat bisnis kota Futian.
Di sebelah barat, ada sekelompok taman hiburan dan museum. Di sebelah timur, kamu akan menemukan mal-mal yang mengkilap, desa-desa seni, dan bahkan beberapa pantai di sepanjang Teluk Mirs.
Sebuah metro yang efisien menyediakan akses mudah ke sebagian besar situs dan kawasan menarik di Shenzhen, tetapi taksi juga tersedia secara luas dan terjangkau.

Lakukan pendakian
Kebanyakan pelancong memulai perjalanan ke Shenzhen dengan belanja dan makan. Tapi sangat direkomendasikan  untuk berjalan kaki singkat ke Gunung Lianhua di tengah kota, guna mendapatkan pemandangan lanskap kota yang memukau, bahkan dapat mencapai sekelabatan Hong Kong di kejauhan.
Dibutuhkan sekitar 15 menit untuk mencapai puncak. Ketika kamu berada di sana, beri salam kepada ayah pendiri kota: Deng Xiaoping, mantan pemimpin Tiongkok, yang membentuk Shenzhen menjadi pusat ekonomi saat ini. Ada monumen perunggu di atas, sedang mengamati kota.

Pergi belanja
Jika kamu tiba di Shenzhen dengan kereta, kamu pada dasarnya akan keluar di Luohu Commercial City - di sebelah stasiun. Ini merupakan rumah bagi penjahit dengah harga terjangkau, yang dapat meniru pakaian favorit kamu dalam waktu kurang dari satu hari. Kompleks komersial lima lantai yang padat menawarkan segalanya mulai dari tirai yang dibuat khusus hingga setelan yang disesuaikan, aksesoris tiruan, DVD, dan elektronik. Meskipun vendor memiliki etalase toko, harga cenderung berfluktuasi dan disarankan untuk bernegosiasi secara agresif.

Taman hiburan yang unik
Berjalan melalui taman tema Window of the World, di mana akan membawa wisatawan ke seluruh dunia dengan lebih dari 100 miniatur replika utama tengara. Kamu dapat berjalan dari Taj Mahal ke Sydney Opera House dan ke Mount Rushmore dalam beberapa jam.
Demikian juga, Desa Kebudayaan Rakyat China, hanya beberapa menit ke timur, menawarkan perjalanan melalui sejarah, mencatat warisan budaya beragam negara itu. Terletak di dekat Teluk Shenzhen, situs yang luas ini menampilkan replika skala besar dari desa-desa Hakka kuno dan rumah-rumah bergaya hutong di Beijing, serta versi miniatur Tembok Besar, Tentara Terakota, dan Istana Musim Panas.
Lalu ada Happy Valley, taman hiburan keluarga populer yang penuh dengan wahana, taman air, pertunjukan akrobatik dan permainan menarik lainnya. Membentang seluas 86 hektar, taman bermain yang menakjubkan terbagi menjadi tema, seperti Gold Mine Town dan Cartoon.

Wisata Pantai
Shenzhen mungkin memiliki reputasi sebagai salah satu kota dengan pertumbuhan tercepat di China, tetapi juga tempat bagi taman-taman yang damai dan bentangan garis pantai yang panjang, temasuk pantai Dameisha dan Xiaomeisha --di Shenzhen timur-- menyediakan pelarian yang baik dari hiruk-pikuk perkotaan.
Hindari mengunjungi pantai pada hari libur umum atau di puncak liburan musim panas, ketika kamu akan dipaksa secara tidak langsung untuk menemukan tempat di pasir. Untuk kedamaian dan ketenangan, perjalanan di musim semi dan musim gugur biasanya disarankan.




Pusat Perkembangan Sni China
Shenzhen dengan cepat menjadi pusat seni dan desain di China, dan tidak sulit untuk melihat alasannya. Tidak hanya kota yang menjadi tuan rumah dari arsitektur futuristik yang indah, tetapi kota ini baru saja menyambut pos terdepan dari V & A Museum di London. Galeri ini adalah bagian dari Design Society, distrik seni dan budaya yang jauh lebih besar yang hadir di Semenanjung Shekou, di Shenzhen barat.
Sebelum nama-nama internasional mulai bergerak, Shenzhen telah mendedikasikan 37 hektar wilayah perkotaan ke OCT Loft, yang berevolusi dari zona pabrik yang mati, taman budaya kreatif terdiri dari jalan berdaun dan alun-alun dengan ruang pameran, instalasi skala besar dan kedai kopi di tempat terbuka.

Tentu saja, kita tidak bisa mendiskusikan seni di Shenzhen tanpa menyebutkan Desa Lukisan Minyak Dafen yang terkenal, di mana dikatakan telah menghasilkan 60 persen lukisan minyak replika dunia di puncak pada tahun 2000-an. Meskipun kamu mungkin tidak berada di pasar untuk membeli repika raksasa Mona Lisa, daerah ini sangat menarik, dengan banyak seniman bekerja di studio atau di jalan.
Baru-baru ini, distrik seni telah mengalihkan fokusnya ke karya seni asli, yang ditujukan untuk pasar domestik. Itu berarti pelancong tidak hanya akan menemukan salinan mahakarya klasik --banyak Van Goghs dan Monet-- tetapi juga cetakan khusus, kaligrafi dan lukisan dari seniman China yang sedang naik daun.


4 comments

  1. Keren mba bisa sampe ke Tiongkok.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Aq ke shenzhen sekitar tahun 2013, kgum bgt SM window of the world dan kl kesini ikutan paket wisata dr travel pasti di tawarkan trip 3 negara deh, HK, Shenzhen dan macau

    ReplyDelete
  4. Ah, Shenzen. Keren kota satu ini, semacam pusat teknologi di China sana ya. Pernah nonton video seorang teknisi asal Amerika merakit sendiri sebuah iPhone dari periperal yang dia beli di toko-toko dan tempat servis hape di Shenzen sana. Dan, berhasil jadi itu iPhone.

    ReplyDelete

Popular Posts