ASUS ROG Phone 6: Ngegame Makin Jago dan Ngonten Makin Produktif

asus rog phone 6

“Pa, pinjam HP-nya dong,” pinta Aiman ketika saya sedang berganti baju setelah pulang dari kantor.

“Mau buat ngegame ya?” tanya saya sebelum memberikan smartphone Zenfone Max Pro M2 pada anak sulung saya tersebut.

“Hehehe iyaa, boleh ya?” jawabnya sambil tersenyum malu-malu.

“Neh, tapi jangan lama-lama, nanti waktunya belajar stop dulu.”

Anak zaman now, mulai dari yang masih TK sekalipun sekarang sudah mahir bermain game di HP. Tak terkecuali kedua anak saya, Aiman dan Aira. Diawali dari melihat video-video para youtuber gaming, mereka lalu mencoba mencari game yang dimainkan oleh youtuber gaming idola mereka di Play Store. Jujur saja, saya nggak pernah mengajari mereka bermain game. Mereka belajar sendiri termasuk cara mengunduh game di Play Store menggunakan Google Assistant. Game yang sekarang mereka mainkan antara lain Roblox, Minecraft, SAKURA School Simulator hingga Mobile Legends.


anak main game online



Manfaat Bermain Game Online bagi Anak

Anak-anak biasanya bermain game sore hari karena mereka meminjam HP saya saat saya sudah pulang dari bekerja. Kalau Sabtu dan Minggu durasinya lebih lama sih. Ada beberapa alasan mengapa saya mengijinkan anak-anak bermain game online antara lain:

1.       Berpikir Secara Efektif

Berpikir secara efektif dan meningkatkan critical thinking adalah salah satu manfaat game online yang mungkin tidak terpikirkan oleh kita. Dalam suatu game biasanya ada misi dengan tingkat kesulitan berbeda. Hal ini akan membuat otak Si Kecil bekerja secara efektif untuk berusaha melewati rintangan dan menjadi pemenang. Selain itu, misi tersebut juga membuat kinerja otak semakin meningkat.

2.       Berpikir Cepat

Game online biasanya memberikan batasan waktu untuk para pemain dalam menyelesaikan tantangan atau rintangan. Hal ini bisa membantu pembentukan karakter anak yang mampu berpikir untuk menyelesaikan masalah secara cepat dan tepat.

3.       Menambah Aktivitas Otak

Manfaat game online yang ketiga adalah menambah dan mengasah aktivitas otak Si Kecil. Tentu saja, pada setiap game dibutuhkan konsentrasi tinggi agar dapat fokus mencapai skor tertinggi. Selain itu, otak Si Kecil akan terstimulasi untuk mencari inovasi agar dapat menang melawan musuh.

4.       Pribadi yang Teliti dan Penuh Konsentrasi

Manfaat game online selanjutnya yakni dapat melatih anak untuk berkonsentrasi pada suatu hal. Pada permainan menyusun atau merakit, ada bagian-bagian detail yang sangat kompleks yang akan membuat Si Kecil terbiasa memahami hal-hal secara teliti.

5.       Melatih Sifat Sportivitas Terhadap Lawan

Manfaat game online kelima adalah bisa melatih rasa sportivitas pada lawan. Hal ini dapat membuat Si Kecil lebih siap menerima kekalahan tanpa rasa putus asa ataupun kemenangan dengan rendah hati. Cara seperti ini bisa membuatnya bermain lebih jujur mengikuti aturan yang berlaku. Biasanya permainan olahraga online ini tidak hanya dipelajari oleh para orang dewasa saja, namun anak-anak hingga remaja pun bisa mengerti makna dari bermain game online.

Permainan online memang dapat dimainkan oleh hampir segala usia namun pastikan Ayah Bunda juga mengawasi anak-anak agar tidak berlebihan dalam memainkannya. 

6.       Membiasakan Diri dengan Lebih dari Satu Aktivitas

Agar bisa meraih kesuksesan saat bermain game online, dibutuhkan keahlian yang mumpuni. Oleh karena itu, Si Kecil membutuhkan konsentrasi tinggi agar dapat melakukan hal tersebut. Kebiasaan tersebut dapat menghasilkan dampak game online yang positif, yaitu terbiasa multitasking yaitu melakukan lebih dari satu kegiatan secara bersamaan.

Meskipun begitu saya tidak menutup fakta bahwa game online juga bisa memberikan dampak negatif bagi anak jika tidak dibatasi jenis game dan durasi permainannya. Misalnya berperilaku agresif, berkata kasar, susah berkomunikasi dll. Alhamdulillah anak-anak tidak sampai separah itu efek negatif yang dialami tapi yang parah itu adalah kondisi HP saya.

Mendamba ASUS ROG Phone 6

Zenfone Max Pro M2 memang bukan smartphone gaming sehingga wajar jika dia jadi terfosir karena mengoperasikan game online yang besar ukurannya, berat pengoperasiannya, kompleks dan detail visualnya hingga durasi bermain yang terlalu lama. Efek dari smartphone yang dipaksa bekerja terlalu keras ini misalnya baterai jadi lowbat, performa jadi lemot hingga HP jadi cepat panass. Tentu saja hal ini jadi mengganggu aktivitas saya sebagai content creator yang sering menggunakan HP untuk membuat konten.


ngonten pakai hp


Saya pun jadi berpikir untuk ganti smartphone yang memang khusus untuk ngegame namun dia juga memiliki fitur-fitur yang mendukung aktivitas ngonten saya. Salah satunya adalah dia harus punya kamera yang OK untuk memotret dan shooting. Tentu saja pilihan saya nggak pindah ke lain hati, tetap setia sama Asus. Seperti yang kita tahu, Asus memiliki smartphone gaming yang sudah tidak diragukan lagi ketangguhannya yaitu ASUS ROG Phone.

Nama ROG tentu sudah dikenal oleh banyak orang sebagai smartphone yang berfokus untuk gaming. Nah pada tanggal 21 September 2022 lalu, Asus Kembali merilis smartphone khusus gaming terbarunya, yaitu ROG Phone 6. Fitur ROG Phone 6 ini cukup gahar dan semakin mantap untuk dipakai memainkan berbagai game tanpa khawatir mengalami lag atau masalah lainnya.


asus rog phone 6

Smartphone ROG Phone 6 dirilis di Indonesia ini dengan penuh rasa optimisme karena pasar gaming di Indonesia sendiri cukup besar. Apalagi saat ini E-Sports sedang naik daun dan digandrungi oleh para generasi muda. Karena itu dengan dirilisnya ROG Phone 6 ini bisa menjawab kebutuhan khalayak di Indonesia yang saat ini sudah mengalami pertumbuhan signifikan pada sektor E-Sport.

Fitur ROG Phone 6: Spesifikasi dan Harganya

Apabila Anda tertarik untuk memiliki smartphone ini, maka ada baiknya Anda mengetahui Fitur ROG Phone 6, spesifikasi dan harganya:

Fitur ROG Phone 6 Indonesia

1.       Layar ROG Phone 6

asus rog phone 6

Layar ROG Phone 6 Pro sudah dibekali dengan layar Samsung AMOLED Display dengan luas 6,78 inci dan memiliki resolusi Full HD Plus (2.448 x 1.080 piksel). Layar tersebut mempunyai refresh rate sekitar 165 Hz dengan touch sampling rate hingga 720 Hz serta pelindung layar Corning Gorilla Glass Victus.

Tidak seperti smartphone pada umumnya yang menggunakan teknologi Adaptive Refresh Rate, tingkat kemulusan layar ROG Phone 6 Pro bisa Anda atur dengan manual sesuai keperluan Anda, mulai dari 60 Hz, 90 Hz, 120 Hz, 144 Hz, hingga 165 Hz.

Untuk sektor hardware nya, ROG Phone 6 Pro juga dibekali dengan chipset tergahar Qualcomm saat ini, yaitu Snapdragon 8 Plus Gen 1, dan ditambah dengan RAM 18 GB serta media storage sebesar 512 GB.

2.       Kamera pada ROG Phone 6

Walaupun ROG ini adalah smartphone yang berfokus untuk gaming bukan berarti Smartphone ini tidak bisa digunakan untuk fotografi, karena Asus ROG Phone 6 Pro ini memiliki tiga buah kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP (sensor Sony IMX766), kamera ultrawide 13 MP, serta kamera makro 5 MP. Di sisi depan, smartphone gaming ini juga sudah dilengkapi dengan kamera selfie 12 MP serta sensor Sony IMX664.


kamera ROG PHONE 6

Pada bagian daya, ROG Phone 6 Pro ini dibekali dengan baterai dengan tenaga besar, yaitu 6.000 mAh, yang didukung dengan fitur fast charging dengan daya 65 watt. Fitur menarik lainnya dari ROG Phone 6 Pro ini adalah tombol tingkat ketahanan anti air, AirTrigger, spaker ganda, audio spasial Dirac Virtuo, colokan audio 3,5 mm, tiga mikrofon, spaker ganda, dan sertifikasi IP tingkat IPX4.

3.       System Pendingin

Selain itu terdapat juga teknologi AeroActive Cooler 6 dan Thermoelectric AI Cooling System yang nanti bisa mendinginkan chipset perangkat dengan menyeluruh (360 derajat) saat kedua perangkat tersebut tengah dipakai untuk bermain game. Untuk softwarenya, baik Asus ROG Phone 6 dan 6 Pro sudah menggunakan sistem operasi (OS) Android 12 dengan tampilan interface (UI) ROG UI dengan menggunakan Zen UI.

Spesifikasi Asus ROG Phone 6

Agar Anda lebih mudah dalam memahami spesifikasi dari Asus ROG Phone 6 ini bisa simak penjelasan berikut:

-          Tahun Rilis: 2022

-          Jaringan: 2G, 3G, 4G, 5G

-          SIM Card: Dual SIM (Slot Khusus)

-          eSIM: Tidak tersedia

-          Dimensi: 173 x 77 x 10.3 mm

-          Berat: 238 gram

-          Fitur Lainnya: Tahan percikan air dari segala sisi, Lampu iluminasi RGB (bagian belakang), Zona sensitif tekanan (Air Trigger)

 

-          Jenis layar: AMOLED

-          Ukuran layar: 6.78 inci

-          Refresh Rate: 165 Hz

-          Resolusi: 1080 x 2448 piksel

-          Rasio: 20.4:9

-          Kerapatan: 395 ppi

-          Pelindung layar: Corning Gorilla Glass Victus

-          Chipset : Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1

-          CPU: Octa-core (1x3.19 GHz Cortex-X2 & 3x2.75 GHz Cortex-A710 & 4x1.80 GHz Cortex-A510)

-          GPU: Adreno 730

 

-          Penyimpanan RAM: 8 GB, 12 GB

-          Memori Internal: 256 GB

-          Memori Eksternal: Tidak tersedia

 

Jumlah Kamera 3

Konfigurasi: 50 MP (wide), f/1.9, 13 MP (ultrawide), f/2.2, 5 MP (macro),

Fitur: PDAF, LED flash, HDR, panorama, Video: Hingga 8K@24fps, gyro-EIS

KAMERA DEPAN: 1 (12 MP wide),

Fitur: Panorama, HDR, Video: 1080p@30fps

 

WLan: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6e, tri-band, Wi-Fi Direct, hotspot

Bluetooth: 5.2, A2DP, LE, aptX HD, aptX Adaptive

-          Infrared: Tidak tersedia

-          NFC: Ada

-          GPS: GPS, A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, NavIC

-          USB: Tipe-C 3.1 (bawah), Tipe-C 2.0 (samping), USB On-The-Go

BATERAI

-          Jenis baterai: Li-Po

-          Kapasitas: 6000 mAh

-          Fitur: fast charging 65W, (klaim 100% dalam 42 menit), pengisian balik 10W, Power Delivery 3.0, Quick Charge 5

FITUR

-          OS (Saat Rilis): Android 12

-          Sensor: Fingerprint (optik, di bawah permukaan layar), akselerometer, cahaya, giroskop, proksimitas, Kompas

-          Jack 3.5mm: Ada

-          Warna: Phantom Black, Storm White

-           Audio resolusi tinggi 32-bit/384kHz

-          Speaker stereo dengan dua amplifier

-          Konektor aksesori (POGO pin).

-          Harga: Rp 11.000.000

Oke Gengs Biru, itulah sharing saya tentang keinginan saya untuk memiliki ASUS ROG Phone 6 untuk ngegame dan ngonten. Memainkan game di smartphone biasa mungkin kurang maksimal, karena itu dengan menggunakan smartphone ROG Phone 6 ini maka kita bisa mendapatkan pengalaman gaming dengan maksimal. Trus dengan fitur kamera depan 50 MP, baterai 6.000 mAh dan 3 mikrofon kita juga bisa ngonten kapanpun dan dimanapun.


ROG PHONE 6


Buat kalian yang mau beli ROG Phone 6 PRO, kalian juga udah mulai bisa pre-order di tanggal 24 Oktober - 10 November 2022. Untuk pemesanan awal ini, kalian akan mendapatkan banyak promo menarik antara lain Free Aero Active Cooler 6 + Devil Case + Exclusive Backpack ROGXONIC Esports selama persediaan masih ada, dengan total keuntungan hingga Rp.2.000.000.

Untuk ROG Phone 6 PRO ini bisa kalian dapetin dengan harga Rp 18,999,000 eksklusif hanya di Erafone, Urban Republic, ROG Store, ASUS Online Store, ASUS Exclusive Store, Eraspace dan Tokopedia.  Info selengkapnya kamu bisa cek disini ya : https://rog.asus.com/id/phones/rog-phone-6-model/ 

Nah, kalau buat ROG Phone 6 sekarang udah tersedia  di partner-partner penjualan ROG Phone 6 yang bisa kalian dapetin langsung di Erafone,Urban Republic, ROG Store, ASUS Online Store, ASUS Exclusive Store, Eraspace, dan  JD.ID langsung dengan harga Rp 10,999,000 untuk variant 8/256GB dan ROG Phone 6 12/256GB dengan harga Rp 13,999,000.  So, tunggu apalagi buruan beli sebelum kehabisan!


"Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 6 Blog Writing Competition di Blog Katerina Travelerien"

 

 

 

No comments

Popular Posts