COCOFEST AWARD 2018: Bersinergi Membangun Negeri

by - November 18, 2018


COCOFEST AWARD 2018

Hai jumpa lagi dengan Keluarga Biru, pada kesempatan kali ini saya mau share cerita saya saat menghadiri event Coco Festival Indonesia 2018 yang diadakan di Lapangan Parkir Delta Plaza Surabaya dan Monumen Kapal Selam, Surabaya. Event yang didukung oleh BUMN ini diselenggarakan pada tanggal 10 November 2018, bertepatan dengan Hari Pahlawan. Itulah sebabnya kenapa tema yang diangkat adalah:  Spirit of Millenials Tribute to Heroes.

Spirit kepahlawanan makin terasa karena para undangan yang hadir dalam acara ini mengenakan baju bertema pahlawan. Pria dan wanita, tua dan muda mengenakan baju pahlawan yang membuat mereka semakin gagah dan cantik. Adapun yang diundang dalam event Cocofest Award 2018 ini adalah para pegawai BUMN dan para finalis Cocofest. Eh bentar, teman-teman sudah tahu kan apa Cocofest itu? Buat yang belum tau, saya akan jelasin sedikit supaya kita nanti nyambung ngobrolnya.

COCOFEST AWARD 2018

COCOFEST AWARD 2018


COCOFEST AWARD 2018

COCOFEST AWARD 2018


COCOFEST merupakan ajang festival kreatif yang didukung oleh BUMN yang dikoordinasi oleh Bank Mandiri, dimana tujuannya adalah untuk saling menghubungkan dan menginspirasi anak muda Indonesia untuk lebih kreatif dalam berkreasi yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. Rangkaian Cocofest dimulai dari aktivitas digital dengan puncak acara yang diadakan di Surabaya yang terdiri dari Showcase & Workshop, Keynote Speech & Idea Talks, dan Meet & Greet dengan beberapa content creator terkemuka. Nggak hanya itu saja, nanti juga ada awarding bagi para pemenang online competition.


COCOFEST AWARD 2018

Di sesi showcase dan workshop kita bisa melihat produk-produk dari para pelaku UMKM yang standnya bisa kita kunjungi mulai dari pintu masuk yang berada di Monumen Kapal Selam. Beberapa stand yang sempat saya lihat antara lain Arjuna Cooper: pengrajin perhiasan dari batu-batu alam yang indah, lalu ada juga JR Pillow yang memproduksi sarung bantal unik yaitu diberi tulisan-tulisan yang memberikan semangat untuk penggunanya. Trus saya juga sempat mencoba essential oils yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

COCOFEST AWARD 2018


Di sesi Keynote Speech & Idea Talks ada Inijie dan Aries Lukman yang sharing tentang dunia content creator mulai dari A sampai Z. Yang paling saya ingat pesan dari Inijie bahwa untuk bikin konten kreatif itu nggak harus modal tampang cakep dan cantik melainkan adalah keunikan yang membuat karya kita berbeda dari yang lain. Tuh dengerin para Millenials, pede aja kalau bikin content. Sudah banyak kok buktinya para content creator yang tidak bermodal tampang, contohnya yang lagi viral saat ini yaitu Rahmawati Kekeyi Putri Cantikka atau akrab dipanggil Kekey. Video make-up 25K Challenge dengan menggunakan balon sebagai pengganti beauty blender bikinan Kekey ini viral di Youtube.

COCOFEST AWARD 2018


Sore berganti malam, acara Cocofest Award 2018 pun semakin seru dengan penampilan performer lainnya seperti Bottle Smoker, Kenny Gabriel dan The Soulful. Acara juga makin hidup berkat interaksi duo MC-nya yaitu Septi dan Boy Wiliam, para generasi Millenials pasti tahu dan ngidolain nama terakhir yaitu Boy William yang sering tampil di layar kaca membawakan acara musik.

Tibalah yang ditunggu-tunggu yaitu kehadiran Ibu Rini Sumarno selaku Menteri BUMN. Sebelum melanjutkan acara, Ibu Rini mengajak kita berdoa sejenak untuk para pahlawan dan korban bencana yang belakang sering terjadi di Indonesia seperti Lombok, Palu bahkan di Surabaya dimana ada 3 orang meninggal saat menonton drama kolosal peringatan Hari Pahlawan: Surabaya Membara.

COCOFEST AWARD 2018

Acara puncak pun tiba yaitu pengumuman pemenang ajang Cocofest 2018. Saya pribadi salut dan kagum ketika melihat karya para finalis yang ditampilkan sebelum pengumuman pemenang. Karya mereka nggak hanya bagus tapi juga punya story telling dan pesan yang membuka mata akan keberadaan dan kiprah BUMN selama ini.  Saya yakin para hadirin juga malam itu menjadi bangga memiliki BUMN yang selalu berkarya dan hadir untuk kita masyarakat Indonesia.



Setelah melakukan penyerahan hadiah, Ibu Rini memberikan sedikit pesan kepada para Millenials agar selalu membuat konten-konten positif di dunia maya dan menyingkirkan HOAX yang selama ini sudah meresahkan dan menyesatkan masyarakat.   Pada moment ini saya merinding, melihat Bu Rini berbicara di atas panggung mengingatkan saya pada Bung Tomo yang dulu berorasi membakar semangat juang Arek-Arek Suroboyo mengusir para penjajah dari Surabaya.

COCOFEST AWARD 2018


Tak hanya itu saja, malam itu juga ada teatrikal STOP HOAX yang sempat bikin para penonton deg-degan karena mendadak di bagian depan penonton muncul zombie-zombie yang merupakan wujud Hoax. Untung saja ada generasi Millennials nan tangguh dan keren yang berhasil menyingkirkan mereka. Disusul kemudian dengan pembacaan Dekralasi Sinergi Muda untuk Indonesia. inti dari deklarasi ini mengajak para pemuda untuk bangkit dan bersatu memberikan karya terbaik untuk bangsa serta menentang HOAX. Yang asyik neh, Ibu Rini juga melakukan flash mop bersama seluruh hadirin malam itu. Hiburan terakhir ditampilkan oleh Rinni Wulandari, penyanyi jebolan ajang kompetisi menyanyi yang membawakan lagu-lagu hits kesukaan generasi Millennials.

COCOFEST AWARD 2018

COCOFEST AWARD 2018

COCOFEST AWARD 2018

Oke Millenials, itulah tadi cerita keseruan acara COCOFEST AWARD 2018 di Surabaya. Semoga semakin banyak acara-acara sejenis yang mewadahi kreatifitas para pemuda di negeri ini. Maju atau tidaknya Indonesia di masa yang akan datang berada di tangan para generasi Millenials, oleh karena itu mari bersatu dan berkarya untuk negeri!


You May Also Like

3 comments

  1. Delta Plaza pasti bangga sekali lantaran Kementerian BUMN mempercayakan penyelenggaraan acara ini di tempat parkir mereka. Mall itu lagi berjuang keras pertahankan lahan mereka supaya nggak kalah mentereng ketimbang Grand City tetangganya, padahal mall itu susah banget dikelola jadi tempat nyaman.

    ReplyDelete
  2. wahhh acara sangat keren.. semoga acara ini bisa membawa generasi millenial ke arah yang lebih baik. dan semoga acara ini bisa terselenggara juga di kota Malang.

    ReplyDelete
  3. Waduh, kok aku nggak tau acaranya ya? padahal deket dengan kos kosan nih. Sehat terus bu rini

    ReplyDelete