ASUS x BLUS Gathering Event 2023

 

ASUS x BLUS Gathering Event 2023


ASUS x BLUS Gathering Event 2023

Sebagai Blogger Asus, saya beberapa kali mengikuti gathering event yang diadakan Asus baik itu di Jakarta maupun di daerah misalnya Surabaya dan Malang. Gathering event biasanya diadakan ketika ada produk terbaru yang akan dilaunching, aktivitas yang biasanya kami ikuti mulai dari mengikuti acara launching di hotel mewah (kalau di Jakarta, seringnya di Pullman Jakarta Central Park), hands on produk yang dilaunching dan campaign di media sosial seperti Twitter atau Instagram. Pastinya kami juga menulis pengalaman selama mengikuti acara tersebut di blog.

Kalau di Malang, Asus terhitung sudah mengadakan gathering event sebanyak 3 kali. Terakhir kali acara diadakan di Ascent Premiere Hotel and Convention pada 17 Desember 2022, saat itu unit yang sedang campaign adalah ASUS ExpertBook B3000 Detachable. Di tahun 2023 ini, Asus mencoba melakukan terobosan dengan memberikan kepercayaan kepada beberapa Blogger Asus di daerah untuk menjadi PIC gathering event di kotanya. Nah, saat Tim Asus memberikan penawaran tersebut, saya sedang buka grup. Iseng-iseng deh saya mendaftarkan diri menjadi PIC di Malang.

Alhamdulillah saya lolos bersama 3 blogger lainnya yaitu Bairuindra (Aceh) Om Yahya (Yogyakarta) dan Pungky Prayitno (Purwokerto). Event pertama ini diadakan bulan April, bertepatan dengan Bulan Ramadhan, saya kebagian unit ASUS VivoBook 14X M1403. Untuk cerita selengkapnya saya akan bahas di tulisan terpisah. Sekarang saya mau sharing event kedua yang diadakan bulan Juni.

ASUS x BLUS Gathering Event 2023: VivoBook Pro 14X OLED (N7401)

Pada event kedua ini, ada satu blogger lagi yang menjadi PIC yaitu Mas Arief Ramadhan dari Pekanbaru. Kami berempat mendapat tugas hands on unit yang berbeda, saya kebagian VivoBook Pro 14X OLED (N7401). Berkaca dari pengalaman di event pertama yang mana 15 blogger harus mengantri bikin konten hanya dengan 1 unit, maka kami sepakat pada event kali ini peserta dibagi menjadi 2 kelompok. Tujuannya agar mereka tidak terlalu lama mengantri saat bikin konten sehingga bisa lebih maksimal. Di samping itu agar konten yang dihasilkan makin variatif karena lokasinya ada di 2 tempat yang berbeda.

Langkah pertama yang dilakukan adalah mencari peserta, untuk kali ini Tim Asus meminta pada kami agar mencari wajah-wajah baru. Itulah sebabnya saya mencari peserta dari dua komunitas yaitu blogger dan youtuber. Kalau Asus ngadain acara pasti banyak banget yang ingin ikutan, buktinya ada 41 orang yang mendaftar di Malang. Bahkan beberapa berasal dari luar kota Malang seperti Lamongan dan Madura. Sebenarnya saya mau mengurangi jumlah peserta menjadi 12 orang saja namun setelah melihat antusiasme yang begitu besar akhirnya tetap 15 orang. Dari Tim Asus memberikan kuota 10 sampai 15 orang.

Survei Lokasi ASUS x BLUS Gathering Event 2023

Langkah kedua yang saya lakukan adalah survei lokasi untuk acara. Kriteria utama yang saya tentukan saat surviei adalah tempatnya harus punya vibes atau atmosfer yang modern, instagramable dan spotnya banyak. Tempatnya bisa berupa hotel, cafe atau restoran yang penting nyaman dan leluasa untuk bikin konten. Beberapa nama sudah saya kantongin, tempat pertama yang saya datangi bersama istri adalah Diorama Food Theater yang berlokasi di Jl. Sulfat No.230.


diorama food theater

Diorama ini adalah pujasera dengan konsep outdoor modern yang memenuhi kriteria saya. Setiap tenant memiliki arsitektur yang khas sehingga banyak spot yang bisa jadi tempat ngonten. Menu-menu makanan yang disajikan juga variatif dan menggoda selera. Fix, saya memilih Diorama sebagai tempat pertama event ini. Saya memilih warung kopi Kurang Lebih sebagai tempat untuk presentasi dan pesan minuman sedangkan makanannya saya pesan di Robucca.


robucca at diorama


Lokasi kedua ketemunya nggak sengaja. Jadi saya iseng googling nama Robucca di internet, ternyata ada 2 lokasi di Malang yaitu di Diorama dan Ijen Nirwana. Saya langsung lihat ke akun IG-nya, eh ternyata Robucca di Ijen Nirwana nggak kalah oke. Kafe ini cocok banget buat ngonten pakai laptop karena atmosfernya modern banget. Meskipun lokasinya berada di dalam perumahan tapi banyak sekali pengunjungnya terutama saat weekend. Berikut foto saat saya survei ke sana.


robucca ijen nirwana

Setelah menyeleksi para peserta, istri membuat WAG untuk koordinasi mulai dari pembagian peserta, briefing online hingga pemesanan makanan. Ternyata para peserta berebut ingin di Diorama, alasan utama karena tempatnya instagramable dan asyik buat ngonten. Peserta saya bagi dua, untuk Diorama ada 8 peserta sedangkan Robucca 7 peserta.

ASUS x BLUS Gathering Part 1: Robucca Ijen Nirwana

Acara di Robucca Ijen Nirwana diadakan pada tanggal 10 Juni 2023, adapun peserta pada Part 1 ini antara lain: Mbak Fauziah (Zie), Hani, Mbak Fionaz, Mbak Lina, Mbak Tika, Fery dan Mas Bobby. Mas Bobby merupakan teman saya di komunitas Youtuber Malang, beliau seorang dancer profesional dan punya channel dancer juga. Sedangkan Hani dan Mbak Fionaz, blogger yang datang jauh-jauh dari Lamongan lho, mereka rela menempuh perjalanan naik kereta api demi acara Asus, Keren deh pokoknya.


ASUS x BLUS Gathering Event 2023


Sayangnya ketika saya tiba di Robucca, meja yang saya incar sebagai spot buat ngumpul sudah ditempatin oleh orang lain. Padahal itu spot yang paling cocok menurut saya, akhirnya terpaksa deh mencari spot lain. Saya putuskan untuk memakai meja yang ada di lantai 2. Mbak Tika datang duluan sebelum saya, lalu disusul Mbak Zie dan Mbak Lina yang nggak janjian bareng namun bisa datang bersamaan. Disusul kemudian Mas Bobby, Hani, Mbak Fionaz dan Fery. Mama Ivon datang belakangan karena harus menghadiri acara wisuda Adek Aira.

Oh iya, gara-gara saya spill harga VivoBook Pro 14X OLED (N7401), teman-teman di Part 1 ini jadi parno mau membawa unitnya kesana kemari. Katanya sih mereka excited sekaligus grogi dan takut kalau nanti sampai jatuh karena saking groginya. Ya wajar sih, harga laptop yang diperuntukkan bagi para content creator  ini setara harga motor yaitu hampir 24 juta rupiah. Akhirnya sepanjang acara saya yang membawa laptop VivoBook Pro 14X OLED (N7401)  ini kesana kemari hehehe.


ASUS x BLUS Gathering Event 2023


Suasana Robucca Ijen Nirwana saat itu mendukung banget, pencahayaannya bagus karena masih pagi menjelang siang hari terus nggak terlalu ramai sehingga kami bisa leluasa ngonten di beberapa spot tanpa mengganggu kenyamanan pengunjung lainnya. Setelah semua selesai syuting, saya mengajak mereka untuk bikin video Tiktok seru-seruan ala Wes Anderson. 


ASUS x BLUS Gathering Part 2: Diorama Food Theater

Setelah hari Sabtu sukses ngadain acara ASUS x BLUS Gathering Part 1, esoknya kami langsung lanjut Part 2 yang bertempat di Diorama Food Theatre. Awalnya acara akan dimulai pukul 15.00 WIB tapi ternyata hari itu bersamaan dengan Rapat RT sehabis Isya. Karena saya khawatir kalau waktunya nggak cukup, akhirnya saya ubah menjadi pukul 13.00 WIB. Untungnya para peserta tidak keberatan.


ASUS x BLUS Gathering Event 2023

Peserta di Part 2 dari kalangan blogger antara lain Mama Ivon, Anis, Mas Arif, Vivi, Mbak Santi, Gusti, Mbak Lintang sedangkan dari youtuber ada Mas Wahyu. Ibarat pepatah dunia hanya selebar daun kelor, ternyata Mbak Lintang dan Mas Wahyu dulu teman satu SMP. Setelah saya memberikan briefing singkat, proses syuting pun dimulai dengan urutan peserta yang datang duluan yaitu Mas Wahyu.

Sempat ada kendala sebelum acara dimulai yaitu saat kami datang ke Diorama ternyata warung kopi Kurang Lebih sedang banyak pengunjung. Padahal rencananya saya mau kasih briefing di situ. Terus saat mau pesan makan di Robucca, stand-nya baru buka jam 14.00. Untungnya sih kami bisa pesan makanan dan minuman terlebih dahulu dan ngumpul di bangunan terpisah milik Robucca.


ASUS x BLUS Gathering Event 2023

Proses syuting atau ngonten berjalan lancar meskipun di pertengahan acara hujan turun dengan derasnya. Memang saat tiba di Diorama, cuaca nampak mendung namun saya tidak menduga kalau akan turun hujan deras. Meskipun hujan kami masih bisa lanjut syuting dan foto dengan produk di luar karena ada di beberapa bagian jalannya terlindungi oleh atap kaca. Berbeda dengan peserta Part 1 yang nggak berani bawa laptop kesana kemari, peserta Part 2 berani dan enjoy bawa VivoBook Pro 14X OLED selama proses syuting dan foto.



Setelah peserta tinggal 3 orang yaitu Mama Ivon, Anis dan Mas Arif saya mengajak pindah ke stand minuman yang berada di pojok depan, saya lupa namanya. Alasan pindah karena pencahayaan di Robucca kurang sehingga hasil video nggak maksimal. Sebenarnya saya sudah beli steak di stand steak dan rencananya pindah syuting ke sana tapi ternyata tempatnya keduluan dipakai para pegawai Diorama main kartu. Kondisi Diorama memang masih hujan dan pengunjungnya sepi jadi mereka bisa santuy di dalam. Mau nggeser kok nggak enak, takutnya mereka tersinggung. Ya sudah akhirnya saya putuskan cari stand lain.

Meskipun kebagian giliran syuting terakhir, namun Anis dan Mas Arif tetap semangat. Apalagi suasananya cozzy dan penerangannya maksimal. Bahkan berkat bantuan Mas Arif, kami akhirnya nemuin cara mengaktifkan fitur ASUS DialPad yang merupakan salah satu keunggulan dari VivoBook Pro 14X OLED. Fitur ini bisa digunakan untuk mengontrol berbagai fitur-fitur yang ada di aplikasi kreatif yang sebelumnya sering diakses menggunakan mouse dan keyboard. Saat ini ASUS DialPad telah kompatibel dengan empat aplikasi kreatif Adobe, yaitu Photoshop, Lightroom Classic, After Effect, dan Premiere Pro.


ASUS x BLUS Gathering Event 2023

Oke Gengs Biru, itulah pengalaman saya menjadi PIC acara ASUS x BLUS Gathering Event 2023 di Malang. Saya mengucapkan terimakasih kepada Tim Asus yaitu Mas Firman aka Bang Emmet dan Mbak Caroline yang sudah memberikan kepercayaan pada saya, trus juga terimakasih kepada teman-teman Blogger dan Youtuber Malang yang sudah berpartisipasi dalam acara ini. Semoga kita bisa seru-seruan lagi di event selanjutnya, aamiin.

 

2 comments

  1. Makasih banyak udah dikasih kesempatan cobain laptop seharga motor ini mas, semoga next time bisa ikutan seru2an lagi kayak event kemarin 🤲

    ReplyDelete
  2. Wih kabar baik buat yang sedang butuh laptop ini, asus rekomen banget untuk yang memerlukan laptop. Tampilannya stylish, mudah dibawa ke mana-mana dan fleksibel. Asus memang andalan selama ini, apalagi keluaran terbarunya mantep. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete

Popular Posts