Keluarga Biru

Featured Post

Berumur Panjang Demi Keluarga Tercinta - My Healthiness My Precious Moment

Di keluarga besar saya, umur para pria mayoritas lebih pendek bila dibandingkan dengan umur para wanita. Sejak lahir saya tidak...

Laman

Hello Malangku: Di Sinilah Semua Berawal

Keluarga Biru         14 comments




Sekitar bulan Juni 2015 saya sedang blogwalking di beberapa blog, salah satunya di blog Mbak Dewi Rieka. Mbak Dewi ini penulis serial best seller Anak Kos Dodol, selain itu dia juga menjadi kontributor di beberapa website, salah satunya di Hello Semarang. Nah waktu itu saya membaca cerita Mbak Dewi yang berjudul Gara-Gara Jadi Kontributor Ezy Travel,  dia mendapatkan banyak hal-hal positif sejak menjadi kontributor Hello Semarang, which is milik Ezy Travel. Sudah lama sih saya kepo apa sih Hello Semarang itu, saya jadi berandai-andai di Malang juga ada website sejenis. Akhirnya saya tulis keinginan saya itu di kolom komentar pada tulisan Mbak Dewi. Antara serius dan iseng sih, kali aja Ezy Travel membaca komentar saya dan menindaklanjutinya.
Eh pucuk dicinta ulam pun tiba. Komentar saya ditanggapi oleh Ezy Travel yang waktu itu diwakili Mas Yudie. Ternyata dia sering mengontak blogger Malang bernama Fauzil Haqqi namun no response karena sibuk. Akhirnya Mas Yudie meminta tolong pada saya untuk mengumpulkan teman-teman blogger di Malang. Saya kemudian diberi url form pendaftaran contributor Hello Malangku, setelah mengisinya saya sebarkan di grup blog yang saya asuh: Blogger Kekinian. Beberapa teman yang mendaftar antara lain Anis, Sandi, Adi, Mas Welly tak ketinggalan juga Mama Ivon.

Saya menyebarkan info rekrutimen Hello Malangku bulan Juli, tapi sampai akhir bulan ternyata masih sedikit yang mendaftar. Akhirnya saya meminta tolong teman-teman Blogger Kekinian untuk menyebarkan infonya lebih luas lagi. Di pertengahan Agustus saya menanyakan kabar proyek Hello Malangku pada Mas Yudie. Alhamdulillah sudah terkumpul 30 orang. Beliau kemudian meminta tolong pada saya untuk mencarikan tempat meet-up di Malang yang menyediakan proyektor canggih, sound system dan konsumsi sekalian. Saya langsung teringat Café Ria Djenaka, dulu saya pernah ikutan acara workshop kepenulisan yang diadain Gagas dan semua syarat yang diinginkan Mas Yudi ada di sana. Trus juga lokasinya gampang dijangkau karena terletak di pusat kota. Esoknya saya pergi ke Café Ria Djenaka untuk menanyakan harga dan sebagainya. Setelah itu saya laporin semuanya pada Mas Yudie.




Barulah di bulan September meet-up itu fix diadakan di Café Ria Djenaka tanggal 20 September 2015. Alhamdulillah saya mendapatkan invitation-nya via email yang artinya saya lolos diterima sebagai contributor Hello Malangku. Teman-teman di Blogger Kekinian juga lolos, kecuali Mama Ivon. Nggak tahu kenapa, mungkin Mas Yudie punya pertimbangan tertentu.
Waktu itu saya datang seorang diri. Sebenarnya mau ngajak keluarga sih tapi Mama Ivon nggak mau, sungkan wong nggak lolos kok ikutan datang he he he. Sebenarnya hari itu saya ada jadwal lembur dan jamnya kres. Bisa sih saya lembur dulu trus datang ke acara meet-up nya telat tapi kok saying, nanti nggak bisa mendengarkan pemamaparn dari Ezy Travel. Akhirnya lembur itu saya kasihkan ke teman kerja. Ya terkadang untuk mendapatkan sesuatu yang istimewa kita harus melepas sesuatu yang lainnya.




Saya datang jam 11 lebih sepuluh menitan, ketika sampai di Ria Djenaka saya melihat hanya ada satu mobil dan  satu motor. Agak merasa kecele juga sih karena kirain sudah banyak yang datang. Saya lalu naik ke lantai dua tempat meet-up akan diadain. Begitu sampai di lantai dua saya melihat Ezy Travel sudah mempersiapkan semuanya dengan baik. Kebetulan pas Mas Yudie ada di dekat tangga sehingga saya langsung bersalaman dengannya. Blogger yang sudah datang baru satu, yakni Silviana. Saya baru kali itu sih ketemu sama dia. Kami bertiga lalu terlibat obrolan ringan. Tak lama, Sandi datang dan ikut bergabung.


Sampai jam 12 siang, blogger yang datang menyusul hanya tiga orang yakni Mbak Winda, Anis dan Adi. Saya sampai heran sama para blogger terpilih yang belum pada datang, ini pada kemana sih. Dugaan saya mungkin mereka tidak membaca email dari Mas Yudie. Kalaupun ada urusan, harusnya memberitahu kepada Ezy Travel. Jadi nggak enak juga sama Mas Yudie, Ezy Travel sudah memberikan kesempatan bagus kepada blogger Malang tetapi kok mereka nggak bisa disiplin. Akhirnya jam setengah satu acara meet-up pun dibuka oleh Mas Edo.



Mas Edo memaparkan kepada kami tentang apa itu Ezy Travel. Ezy Travel berdiri pada tanggal 23 September 2011, di bawah naungan PT Dwidaya Indo Exchange yang merupakan grup perusahaan Dwidaya World Wide (Dwidaya Tour). FYI, Dwidaya Tour merupakan agen perjalanan terbesar di Indonesia dengan pengalaman hampir 50 tahun di bidang tour & travel. Selain itu juga sudah mempunyai cabang lebih dari 60 outlet di seluruh Indonesia.
Ezy Travel merupakan sebuah situs pemesanan tiket pesawat murah dengan berbagai rute penerbangan dari berbagai maskapai baik itu domestik maupun mancanegara. Ezy Travel memiliki enam jenis produk yakni: Tiket Pesawat, Hotel, Cruise, Travel Package, Tour, Travel Insurance dan Pengurusan Dokumen. Ezy Travel mempunyai motto: Travel The Easy Way, jadi mereka akan membantu kita mempersiapkan perjalanan agar menjadi lebih mudah, nyaman dan menyenangkan. Hal ini terbukti dengan beragamnya cara pembayaran di Ezy Travel yaitu melalui BCA KlikPay, Transfer Bank, Kartu Kredit dan Indomaret. Oh iya, Ezy Travel memiliki logo berupa penguin imut bernama Timur yang artinya Tiket Murah.
Ezy Travel sekarang lagi punya promo yakni Garansi Harga Tiket Termurah. Jika kita sebagai konsumen menemukan harga lebih murah di travel lainnya maka Ezy Travel akan memberikan harga yang lebih murah dari harga yang kita temukan. Plus kita dapat voucher Rp.100.000. Wiih mantab, yuk-yuk pesen tiket di Ezy Travel aja.




Sesi kedua adalah presentasi oleh Mas Surya dari Biztravel. Nah kalau Biztravel ini diperuntukkan bagi Anda yang ingin mencoba terjun di usaha tour dan travel. Kenapa harus ke Biztravel? Karena persyaratan untuk join di Biztravel sangat mudah dan tidak rumit, meskipun Anda baru pertama kali terjun di dunia tour dan travel. Beberapa kelebihan Biztravel antara lain komisi fantastis, system praktis, syarat mudah, harga kompetitif, pilihan produk beragam dan call centre siapa melayani 24 jam. System Biztravel yang praktis bisa dipergunakan di desktop, tablet bahkan handphone jadi kita bisa menjalankan bisnis kita dengan cara yang mudah. 




Jam satu siang acara break diisi dengan makan siang. Sedikit bahas tentang Ria Djenaka. Café yang terletak di Jl. Bandung ini cukup ngehits di Malang sebagai tempat nongkrong anak muda yang kekinian. Mengusung konsep vintage Jawa, desain interior di Ria Djenaka membuat kita berasa di era 70-80an. Banyak ornament unik dan lucu yang dipasang di Ria Djenaka, yang paling unik dan kreatif menurut saya adalah pemakaian kaleng krupuk bekas sebagai langit-langit stage-nya. 



Berhubung blogger yang datang sedikit, kami bisa makan sepuasnya deh semua menu yang dihidangkan ama Ria Djenaka. Saya dan Anis sempat mengungkapkan hal yang sama, kalau lagi makan yang enak-enak sendirian gini jadi ingat keluarga yang ada di rumah. Menu-menu yang dihidangkan memang mengundang selera, apalagi kami makannya di teras yang terbuka jadi bisa sambil melihat pemandangan di sepanjang Jl.Bandung.





Habis makan siang tibalah kami di acara inti yaitu presentasi tentang Hello Malangku dan penanda tanganan akad. Tentu saja Mas Yudie lah yang memegang sesi ini. Hello Malangku adalah sebuah website tempat para blogger berbagi informasi tentang travelling di Malang. Selain travelling ada juga kuliner, kesenian dan budaya khas Malang dan sekitarnya. Ezy Travel sebelumnya sudah membentuk komunitas serupa di kota-kota lain seperti Bogor, Semarang, Palembang dan lain-lain. Nah Hello Malangku ini lahirnya barengan ama Hello Surabaya dan Hello Bandungku.




Mas Yudie menjelaskan segala peraturan, kewajiban dan hak kami sebagai Kontributor Hello Malangku. Sesekali kami juga menanyakan hal-hal yang tidak tercantum di akad perjanjian. Alhamdulillah semua yang hadir siang itu setuju dan mau menanda tangani akad perjanjiannya. Ya iyalah, masa kesempatan bagus seperti ini mau dilewatkan begitu saja. 



Bagi saya pribadi, ini merupakan tantangan baru dan kehormatan menjadi kontributor di sebuah website travelling. Secara saya itu sebenarnya hanya travel blogger ala-ala yang bagaikan buih-buih di lautan blogger Indonesia.  
Trus juga dengan menjadi kontributor Hello Malangku maka saya mendapatkan media alternatif selain blog pribadi untuk ikut berpartisipasi memperkenalkan dan memajukan potensi wisata di Malang tercinta. Terimakasih kepada Ezy Travel yang sudah membuat Hello Malangku dan telah memilih saya menjadi kontributornya, semoga kerjasama ini bisa berjalan dengan baik, aamiin.



Setelah penanda tanganan akad, diadakan games yang dipandu oleh Mas Edo. Gamesnya berupa pertanyaan seputar pengetahuan Malang dan geografi seperti nama bandara, ibukota dan suku-suku di Indonesia. Total ada 12 doorprize yang diperebutkan dengan jumlah peserta 7, (6 blogger dan 1 temennya Mbak Winda), trus kami boleh nanya-nanya ke Om Gugel. Emang dasar belum rejeki ya, dari 12 hadiah itu lho nggak ada satupun yang nyantol ke saya. Tiap kali jawab pasti salah atau kalah cepet huhuhu. *garuk-garuk aspal*. Tapi untung deh terhibur karena pas mau pulang dapat goodie bag dari Ezy Travel yang isinya mug, kaus dan brosur. Setelah acara ditutup kami berfoto bersama di stage.


Nah tanggal 5 Oktober yang lalu, bertepatan dengan Hari Ultah TNI 3 website yakni Hello Malangku, Hello Surabaya dan Hello Bandungku posting secara serentak untuk pertama kalinya. Semoga tanggal launching yang bersamaan dengan Ultah TNI itu menularkan semangat dan perjuangan TNI yang tiada lelah menjaga dan membela masyarakat dan kedaulatan RI, aamiin. Monggo mampir ke website HelloMalangku.com dan temukan referensi objek wisata dan kuliner paling oke di Malang. Tulisan saya sudah ada lho, judulnya Keceriaan Berwisata di Alun-Alun Kota Malang. Yuk dibaca dan jangan lupa tinggalin komentar ya hehehe. 


Published by Keluarga Biru

Keluarga Biru adalah blog milik Ihwan Hariyanto dan Ivonie Zahra. Mereka menulis tentang parenting, traveling dan kuliner yang mereka lakukan bersama dua buah hati mereka Aiman dan Aira.
Follow us Google+.

14 comments:

  1. Wah selamat ya, Wan... Batam kuotanya masih belum memenuhi niih :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Dee, semangaaat aku doain semoga lekas penuh kuotanya.

      Delete
  2. Wah selamat ya, Wan... Batam kuotanya masih belum memenuhi niih :(

    ReplyDelete
  3. Selamat bergabung di HelloNusantara Wan. Sayang ketika mas Yudhie ke Palembang aku lagi gak ada di tempat. Sampe sekarang belum berkesempatan ketemu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Kak, mohon bimbingannya ya, plisss jangan diplonco :D
      Semoga nanti Ezy Travel adain gathering nasional lagi dan kita bertiga bisa bertemu hehehe, aamiin.

      Delete
  4. Hisss sedih pas makan gak ngajak keluarga. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyo, kemarin nggak mbungkus ae Nis hahaha

      Delete
  5. joss lah akhire iso nyantol dadi kontributor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Yo, ikutan Hello Jogja, mumpung masih rekruitmen.

      Delete
  6. sayang banget ga bisa ikutan, pas kebetulan ada acara mendadak di Surabaya disamping itu emailnya juga masuk junk email dan terselip tidak kebaca. untungnya masih boleh jadi kontributor :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya untung masih boleh, selamat ya Mas. Yuk kita majukan Malang bersama Hello Malangku n Ezy Travel he3

      Delete
  7. acaranya seru juga yaa mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, btw Mbak ikutan jadi kontributor Hello Surabaya kah?

      Delete
  8. Wah, thanks namaku disebut! Hehehe..

    Memang waktu lagi sibuk sih, overload kerjaan jadi slow respon. Semua itu masalah prioritas, dan saya mohon maaf.. :)

    Mungkin jadi baru tahu ya, gimana ribetnya manage banyak orang. :)

    ReplyDelete

Jika menurut Anda artikel ini berguna mohon dukungannya dengan memberikan donasi via PayPal untuk maintenance blog Keluarga Biru. Terimakasih ^_^

Google+ Followers

Followers

Total Pageviews

Contact

Powered by Blogger.