Keluarga Biru

Featured Post

Berumur Panjang Demi Keluarga Tercinta - My Healthiness My Precious Moment

Di keluarga besar saya, umur para pria mayoritas lebih pendek bila dibandingkan dengan umur para wanita. Sejak lahir saya tidak...

Laman

Tips Menaikkan Domain Authority yang Merosot Tajam

Keluarga Biru         31 comments
sumber ilustrasi: solidseotools.com


Hari ini saya dikejutkan dengan kabar dari kawan-kawan blogger bahwa pada hari ini terjadi penurunan DA (Domain Authority) secara drastis. Saya pun segera mengecek DA blog Keluarga Biru dan ternyata memang betul, DA blog saya turun 5 point. Semula duduk anteng di angka 21, kini lengser di angka 16. Kawan-kawan saya juga mengalami hal serupa, malahan saya dapat info dari salah satu kawan saya jika ada seorang blogger yang DA-nya merosot tajam dari 37 ke 22. Oh My God, apa yang sedang terjadi.



Kalau kata kawan saya yang lain sih saat ini sedang ada update alogaritma Moz. Aduh apalagi itu, pengetahuan saya tentang DA saja masih baru-baru ini kok. Buat teman-teman yang masih bingung atau belum tahu apa itu Domain Authority silakan gugling saja, buanyak kok informasinya. Sebab kali ini saya tidak sedang membahas apa itu DA tapi mengapa hari ini terjadi fenomena penurunan DA secara drastis dan massal.
Saya kemudian mengecek beberapa blogger yang selama ini saya tahu memiliki DA yang cukup tinggi. Dan lucky them, DA mereka saat ini masih tinggi. Nggak tahu juga sih kalau sebelumnya lebih tinggi dari yang sekarang. Namun yang pasti DA mereka jauuh di atas saya yang masih newbie di dunia blogger profesional ini. Di antara blogger ber-DA tinggi itu saya mencoba mencari tahu bagaimana blog mereka bisa mencapainya.

Ada blogger yang setiap hari posting, panjang tulisannya tidak tentu. Kadang bisa sampai 4-5 paragraf, namun tadi pas saya kepoin beberapa tulisanya sebagian malah hanya 1-2 paragraf saja. Isinya? Yaah, random banget sih. Ada curcolan, ada yang bahas bom di paris dan fenomena pasang filter bendera Paris sebagai wujud belasungkawa. Nggak heran dengan postingan setiap hari dengan keyword-keyword tertentu yang lagi booming membuat banyak netizen yang nyasar ke blognya. Memang sih semakin banyak postingan dan semakin panjang tulisan kita maka semakin besar peluang netizen yang nyasar melalui keyword yang sedang dicarinya. Masalah di netizen itu nemuin apa yang dia cari nggak perlu dipikirin wekekeke. #SiletKumat
Itulah sebabnya kenapa meski blognya padat berisi namun untuk jumlah komentar tetap sepi-sepi aja. Ya gimana orang mau komen kalau dia merasa nggak tertarik dengan tulisannya atau nggak nemuin apa yang sedang dia cari. Yang ada malah ngumpat di dalam hati: “Jiamput, aku kena jebakan Betmen!”

Trus ada juga blogger yang jarang posting tapi sekali posting yang komen ratusan, sumpah saya sampai siwer baca komen-komennya. Dan salutnya si blogger femes ini telaten dan rajin sekali lho balesin satu-satu, bahkan tak jarang jadi diskusi sendiri di komennya. Hal ini mengingatkan saya ketika masih ngeblog di MP dulu, seringkali topik di komentar jauh melenceng dari isi postingan alias OOT dan ruamee banget. Tapi itu nunjukkin jika sang pemilik blogger adalah seseorang yang sangat disukai oleh para pembacanya.
Salutnya lagi, si blogger femes ini rajin sekali lho BeWe alias Blog Walking. Sekali BeWe dia bisa komen di dua sampai tiga artikel untuk satu blog. Jempol empat deh buat kerajinnnya BeWe. Sampai-sampai kawan saya bilang setiap kali dia BeWe pasti nemuin komen si blogger femes ini dimana-mana, mau itu di blogger senior ataupun junior. Apa yang dilakukan blogger femes ini tentu saja berdampak positif pada blognya, trafiknya jadi ramai, Alexa ramping, DA melejit tinggi dan laris-manis sebagai blogger profesional.




Nah dari dua blogger di atas, kita tinggal pilih mau memakai cara yang mana. Mau posting setiap hari dengan isi tulisan yang kadang bagus kadang geje. Lagi galau ditulis, lagi happy ditulis, lagi apa saja ditulis. Sah-sah aja sih, toh itu blognya dia dan setiap orang memiliki caranya sendiri-sendiri.
Atau Anda mau cara yang lebih elegan seperti si blogger femes itu? Dua jempol buat Anda!

Kalau saya sendiri memilih memadukan dua cara di atas. Seperti yang pernah saya lakukan ketika awal-awal mengisi blog Keluarga Biru. Setiap hari saya selalu menggalih ide-ide yang bisa saya kembangkan menjadi tulisan. Saya targetkan bahwa minimal harus menulis 300 kata dan isinya harus bermanfaat bagi pembaca. Alhamdulillah dalam waktu 3 bulan DA saya langsung naik jadi 7. Lalu di bulan kelima naik lagi menjadi 14. Dan yang terakhir kemarin nambah lagi jadi 21.
Belakangan saya akui memang sudah tidak seprodukti dulu lagi. Sekarang saya maksimal saya hanya bisa mengisi 11-15 postingan saja setiap bulan. Trus saya juga sudah nggak rajin BeWe lagi. Bukan karena sudah merasa gimana-gimana tapi karena keterbatasan waktu saja. Yaa, dengan fenomena merosotnya DA secara tajam ini saya jadikan alarm bagi saya untuk evaluasi diri dan memperbaiki cara ngeblog saya. Yuk, singsingkan baju dan mulai lebih giat lagi ngeblog dan blogwalkingnya. Jika Anda melakukannya dengan rajin, Insya Allah DA yang merosot itu akan melejit lagi tiga bulan yang akan datang he he he

Psstt, nggak semua blogger DA-nya merosot tajam hari ini. DA blog Mama Ivon yang kemarin-kemarin setia di angka 1, sekarang melonjak jadi 13 lho. Trus kawan saya juga ada yang naik 1. Trus bagaimana dengan DA blog Anda hari ini? Kalau punya tips menggenjot DA boleh juga sharing di komentar, makasih.


Published by Keluarga Biru

Keluarga Biru adalah blog milik Ihwan Hariyanto dan Ivonie Zahra. Mereka menulis tentang parenting, traveling dan kuliner yang mereka lakukan bersama dua buah hati mereka Aiman dan Aira.
Follow us Google+.

31 comments:

  1. Ketika DA menjadi harga mati dan tolak ukur fee. Aku rapopo.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar ya Le, kamu nggak sendirian kok.

      *tepuk-tepuk pundak* *ajakmakanbaksomalang

      Delete
  2. Duh, belum ngecek tapi tadi sempat baca status teman yang DA nya turun. Baru tahu kalau ini terjadi secara massal. Jangan-jangan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan-jangan kenapa Mbak? :-0
      Yuk kita lebih rajin ngeblognya biar nanjak lagi DA kita.

      Delete
  3. DA udah merosot, eh sekarang malah merosottt, yasalam Gustii, sedih deh Bambang :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sedih juga padahal kalau naikkin harus perjuangan banget dan nunggu 3 bulan baru di-up date. Semangatttt Mbak, pasti kita bisa naikkin lagi.

      Delete
  4. kalo blogku malah naik dari 20 jadi 23, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat ya Mbak. Saya juga pernah ngalamin pas kenaikan DA kedua, teman-teman pada turun semua, eh aku naik sendiri.

      Delete
  5. DA ku turun 1 poin.. Dari 20 jadi 19.

    ReplyDelete
  6. saya juga turun DA nya, dari 30 jadi 22, sedih rasanya :(

    ReplyDelete
  7. Tersindir banget deh dgn tulisan ini. Tp ya begitulah, kok urusan DA saya rada-rada gimana gitu ya. Soalnya rada bingung mau di mana ke mana :)

    ReplyDelete
  8. Lagi turun 3 digit, karena lagi malesssss bewe, hehehe. Yuk, singsingkan baju, nulis lagi, ngeblog lagi.

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah DA naik dari 15 ke 19 :)

    Tetap semangat!

    ReplyDelete
  10. DA ku turun 1 poin.. Dari 20 jadi 19.

    ReplyDelete
  11. dan saya cuma bisa melongo karena nggak ngerti apa-apa tentang DA haha

    ReplyDelete
  12. Aku turun dari 26 ke 19 :'( Hiks...
    Emang sih, libur setengah bulan nulis karena sibuk. Jangankan nulis, bw aja ngga sempet selama 15 hari itu

    ReplyDelete
  13. Kadang kita terlalu repot mengurusi DA karena sebuah harga dan justru mengesampingkan kualitas konten yang ada di blog kita :D #BaladaBlogger

    ReplyDelete
  14. Lagi turun 3 digit, karena lagi malesssss bewe, hehehe. Yuk, singsingkan baju, nulis lagi, ngeblog lagi.

    ReplyDelete
  15. Karena blog saya baru pindah rumah dan ganti baju, jadilah DAnya 1.
    Kalo dsuruh milih, saya akan sependapat dgn Keluarga Biru, akan memadukan dua sifat blogger itu.
    Salam hangat dari Bondowoso.

    ReplyDelete
  16. Saya malah kurang memperhatikan untuk urusan yang begini, jujur saja saya masih agak awam dengan DA, tapi tadi ikut-ikutan ngecek juga akhirnya hehe
    Salam

    ReplyDelete
  17. Tip yang bermanfaat mas. Bisa dijadikan gerakan untuk naikkan DA. Hem saya tak cek DA saya juga ah siapa tahu turun

    ReplyDelete
  18. cek domain ini cuma buat yang dotcom ya? soalnya aku cek punyaku malah 96. heu

    ReplyDelete
  19. Belum ngecek Mas. Beberapa bulan ini lagi agak kurang produktif ngeblog. Ada aja alasan buat penurunan produktifitas itu..hihihi..

    ReplyDelete
  20. saya turun 3 digit..memang saya jarang BW beberapa hari ini hiks .

    ReplyDelete
  21. Blog Saya juga turun DA nya,, :( hiks turun 2-3 digit,,

    ReplyDelete
  22. Mau jadi blogger yang mana? Mau jadi diri sendiri saja. Nggak bisa nyama-nyamain cara orang harus sama dengan cara kita karena kondisi tiap orang berbeda. Kita nggak pernah tahu kondisi real tiap orang, jadi nggak bisa juga nuntut orang lain atau nuntut diri sendiri harus sama seperti yang kita/orang lain lakukan.



    ReplyDelete
  23. Boro-boro turun drastis mas Ihwan, dari jaman dulu kala segitu terus nggak naik-naik hiks tapi ngeblog juga bukan hanya soal ngejar Rating kan . Jaman dulu ketika blm kenal monetize, ngeblog asik asik aja tanpa mikirin da atau alexa rank hehehe

    ReplyDelete
  24. Wah saya baru mau tulis mas soal DA ini... :D

    ReplyDelete
  25. Waah, mau dong kaya si blogger femes^__^ Tapi ada juga lho blogger femes yang gak pernah BW balik ke pengunjung yang komen di blognya

    ReplyDelete

Jika menurut Anda artikel ini berguna mohon dukungannya dengan memberikan donasi via PayPal untuk maintenance blog Keluarga Biru. Terimakasih ^_^

Google+ Followers

Followers

Total Pageviews

Contact

Powered by Blogger.