Keluarga Biru

Featured Post

Berumur Panjang Demi Keluarga Tercinta - My Healthiness My Precious Moment

Di keluarga besar saya, umur para pria mayoritas lebih pendek bila dibandingkan dengan umur para wanita. Sejak lahir saya tidak...

Laman

4 Masalah AC yang Sering Terjadi

Keluarga Biru         5 comments







“Pak, AC-nya bocor!” lapor Fira, anak SMK yang magang di kantor tempat saya bekerja.

Saya segera melihat AC yang dipasang di ruang kerja kami. Benar saja, tampak air menetes dari AC yang berada di tengah ruangan. Begitu melihat ke bawah saya jadi panik karena tepat di bawah AC ada stop kontak.

Tetesan air dari AC itu ternyata menetes di stop kontak juga, saya kuatir jika nanti terjadi konsleting. Segera saya mematikan AC dan menutupi stok kontak itu dengan kertas. Sementara Fira saya suruh meminta bantuan ke OB untuk mengeringkan lantai yang basah. Alhamdulillah, setelah itu AC segera diperbaiki dan kini tak pernah terjadi lagi masalah di AC kantor kami.

AC (Air Conditioner) atau pendingin ruangan sekarang ini sudah menjadi kebutuhan sekunder bahkan primer baik itu di rumah, kantor apalagi pertokoan atau mall. Terlebih yang lokasinya di area berhawa lembab ataupun panas.

Sama seperti alat elektronik lainnya, AC pun akan mengalami masalah-masalah seperti yang terjadi di kantor tempat saya bekerja di atas. Masalah ini bisa timbul karena kesalahan pengguna ataupun karena kerusakan teknis. Apabila mengalami masalah tentu AC tidak akan bisa bekerja dengan maksimal sehingga suhu dalam ruangan akan tetap terasa panas atau pengap.

Nah kali ini saya akan sharing masalah-masalah apa saja sih yang biasanya terjadi pada AC dan bagaimana cara mengatasinya.


4 Masalah AC yang Sering Terjadi



1. AC Bocor

AC yang bocor biasanya air selalu menetes apabila AC dihidupkan. Hal ini tidak bisa diremehkan, apalagi jika di bawah AC ada stop kontak atau alat elektronik lainnya. Kalau terlambat ketauan, bisa-bisa terjadi konsleting.

Solusi:  Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan AC bocor. Pertama adalah saluran pembuangan AC mampat sehingga airnya tidak bisa mengalir dengan lancar. Sehingga yang terjadi air akan meluap pada bak penampungan dan air pun akan menetes ke luar. Cara mengatasi AC bocor yakni carilah penyebab mampat serta bersihkanlah saluran tersebut.



Penyebab AC bocor yang kedua adalah bagian pompa drain yang ada pada AC tak bisa berfungi dengan baik. Cara mengatasi AC bocor karena hal ini adalah menghubungi teknisi ataupun pusat pelayanan AC yang Anda miliki. Penyebab AC bocor pun bisa dikarenakan saluran pembuangan air AC yang kurang rapat.


2. Freon AC Bocor

Jika Freon bocor maka AC tidak akan bisa mendinginkan ruangan.

Solusi: Ada begitu banyak penyebab freon AC bocor, akan tetapi pada umumnya penyebab freon AC bocor ini diakibatkan karena adanya sambungan instalasi pipa yang kendur ataupun kurang kencang. Cara mengatasi freon AC bocor yaitu dengan mengencangkan sekrup serta nut. Jika perlu lakukanlah faring ulang dan jangan lupa lakukanlah pengecekan terhadap sambungan las pada bagian instalasi pipa guna memastikan ada atau tidaknya kebocoran.


3.  AC Berderit

Apabila AC dinyalakan mengeluarkan suara berisik berderit-derit. Suara tersebut hilang beberapa saat kemudian, namun terkadang suara tersebut muncul kembali.  Suara berderit ini tentu akan mengganggu, terutama di ruangan yang membutuhkan ketenangan.

Solusi: Penyebab AC berisik bisa disebabkan banyak hal, di antaranya karena sekrup yang terpasang kurang kencang. Solusinya, kencangkanlah sekrup tersebut supaya suara berderit yang muncul hilang. Penyebab AC berisik yang kedua yaitu terdapat pipa yang bersentuhan langsung dengan cover ataupun bagian penutup AC yang Anda miliki. Solusinya adalah atur ulang posisi pipa sehingga tak bersentuhan lagi dengan cover.


4. AC Berbau

Tentu sebal kan jika AC sering mengeluarkan bau yang kurang sedap apabila dihidupkan. Penginnya dapat udara yang sejuk dari AC, eh ini malah bikin kita seharian menutup hidung karena tidak tahan dengan baunya.

Solusi: Sebetulnya, AC itu tidak mengeluarkan bau. Jika muncul bau ketika AC baru dihidupkan, hal tersebut biasanya diakibatkan oleh sumber bau berasal dari makanan ataupun minuman yang terbawa oleh udara kemudian menempel pada kisi-kisi evaporator.

AC berbau bisa juga disebabkan karena adanya kotoran ataupun bakteri yang menumpuk pada bagian evaporator. Maka solusinya adalah lakukan perawatan dan pembersihan secara rutin, entah itu dilakukan secara sendiri ataupun meminta bantuan kepada sang ahli.




Mengenal Gree: Pelopor AC Canggih

 




Agar AC tidak sering mengalami masalah, maka kita harus cerdas dan selektif ketika membeli AC. Sekarang ini banyak sekali produsen AC yang menawarkan kelebihan dan keunggulan produknya sehingga membuat kita bingung.

Nah, saya punya referensi merk AC yang berhasil menjadi produsen pendingin ruangan nomer 1 di dunia yaitu Gree.


Gree Electric Appliances Inc dari Zhuhai, perusahaan khusus pendingin ruangan terbesar di dunia yang didirikan pada tahun 1991. Gree adalah suatu perusahaan pendingin udara internasional yang telah terintegrasi R&D, manufaktur, pemasaran dan layanan. Dengan "Master of Core Technology" sebagai konsep bisnis dan "To build a centenary enterprise" sebagai target pengembangan. Hal ini menjadikan Gree pemimpin industri AC dengan kualitas produk yang sangat baik, teknologi canggih dan penjualan yang unik. Sampai dengan saat ini, Gree telah mengembangkan tiga merek, yakni GREE sendiri, TOSOT dan KINGHOME, dengan berbagai macam produk yang meliputi pendingin udara rumahan, pendingin udara sentral, pemanas air dengan udara, peralatan rumah TOSOT, lemari es Kinghome.

Gree adalah satu-satunya produsen di industri HVAC Cina yang diakui sebagai "World Brand". Bisnisnya menyebar ke lebih dari 160 negara dan wilayah. Kapasitas produksi tahunan Gree saat ini untuk RAC lebih dari 60 juta set dan 5,5 juta set untuk CAC. 




8 Keunggulan Produk Gree








  1.  Evaporator Kualitas A+

Pada bagian evaporator merk lain ada yang dilapisi dengan cat bahkan ada yang tidak dilapisi sama sekali, akan tetapi evaporator Gree dilapisi dengan Blue Fin yang dapat mencegah karat, korosi, dan penumpukan kotoran, sehingga proses pendinginan menjadi lebih maksimal. Kapasitas pendingin Gree juga hampir 2 kali lipat daripada merek lain sehingga kapasitas pendingin pun lebih besar.


  1. Kualitas Gold Fin Terbaik

Kondensor adalah salah bagian penting dari AC yang berfungsi melepas panas dari dalam ruangan. Gree menggunakan Gold Fin sebagai lapisan yang berfungsi hampir sama dengan Blue Fin, mencegah karat, korosi, penumpukan kotoran, ditambah dengan perlindungan dari cuaca ekstrem. Kondenser Gree juga memilik pelindung yang berguna untuk menjaga fin dari benturan yang dapat mengurangi kinerja daripada kondenser.


  1. Filter Akurasi Tinggi

Gree membuat filter standar dengan tingkat akurasi kerapatan hingga 0.3 mm sehingga dapat menyaring partikel kotoran dan debu secara baik, selain itu Gree juga menyediakan 6 DIY Filter yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.


  1. Box Elektrikal terintegritas

Box elektrikal yang dimiliki Gree dibuat sedemikian rupa menggunakan bahan metal berkualitas tinggi dan tertutup rapat sehingga tidak masuk air pada saat perawatan dan karena bahan metal tidak mudah terbakar maka terjadinya kebakaran akibat hubungan pendek dapat dicegah.


  1. Super Power Cross Flow Fan

Dengan teknologi Super Power Cross Flow ini, maka AC Gree dibekali dengan fan yang mampu menghembuskan angin sejauh 9 meter dan jika dibandingkan dengan merk lain yang hanya 6 - 7 meter, Gree mempunyai jangkauan 30% yang lebih jauh.


  1. Berbahan Dasar Baru Tanpa Daur Ulang

Gree selalu menggunakan bahan dasar baru dan tidak pernah menggunakan bahan daur ulang sebagai material AC, sehingga warna kipas yang dihasilkan berwarna transparan. Warna transparan hanya dapat dihasilkan oleh biji plastik yang baru, sehingga jika terdapat komponen plastik berwarna, maka bahan tersebut dibuat dari bahan daur ulang.


  1. PCB dengan Teknologi Canggih

PCB (Printed Circuit Board) yang diproduksi oleh Gree sendiri menggunakan robot industri secara otomatis dengan tingkat akurasi yang tinggi dan presisi, sehingga menghasilkan PCB dengan teknologi yang canggih.


  1. Melewati Lebih dari 100 Tahap Proses Produksi

Untuk membuat 1 unit AC Gree, dibutuhkan lebih dari 100 tahap proses produksi yang ditangani oleh profesional dan dibantu dengan robot industri yang canggih dan presisi serta harus melewati tahap pengujian yang sangat ketat di laboratorium.



AC Gree juga memiliki 5  fitur yang sangat menguntung konsumen antara lain: Hemat Energi, Kecerdasan, Kenyamanan, Kesehatan dan Teknologi.


5 Fitur Unik Gree

 

 





Hemat Energi:  Menciptakan fungsi desain tersendiri dan sistem yang tepat membuat pendingin udara mencapai kinerja yang maksimal. Kombinasi pengoperasian frekuensi 1Hz dan smart control menciptakan pendingin udara dengan daya paling rendah.


Kecerdasan: Masa IOT (Internet of Things) mempunyai CPU inti ganda sehingga pendingin udara mencapai kecerdasan maksimum, Smart Control membuat teknologi mengubah kehidupan kita.


Kenyamanan: Kenyamanan adalah pengalaman yang paling alami. Ketika anda nyaman maka anda tidak merasakan keberadaan pendingin udara, desain tersendiri dari Gree memberikan kenyamanan, simulasi perubahan alam membuat suhu sesuai dengan yang diinginkan.


Kesehatan: Gree memberikan udara sehat untuk menjaga kesehatan anda dari berbagai sisi dengan 3D filter, ion plasma, dan fungsi pembersih otomatis.


Teknologi: Tidak hanya penampilan, tetapi teknologi terbaik Gree juga mengutamakan mutu, dari segi desain struktur, teknologi anti korosi, berdaya tinggi, handal, dan aman.


Demikianlah sharing saya tentang 4 masalah yang sering terjadi pada AC dan sedikit ulasan produk Gree. Semoga bermanfaat bagi Anda yang saat ini sedang bingung mencari referensi AC dengan kualitas dan keunggulan yang sudah tidak diragukan lagi. Salam.




 Referensi:

http://riesalam.com/penyebab-cara-mengatasi-ac-bocor/



Published by Keluarga Biru

Keluarga Biru adalah blog milik Ihwan Hariyanto dan Ivonie Zahra. Mereka menulis tentang parenting, traveling dan kuliner yang mereka lakukan bersama dua buah hati mereka Aiman dan Aira.
Follow us Google+.

5 comments:

  1. Selain membeli produk yang bagus, juga setelah itu melakukan perawatan rutin. Tetap harus hati-hati juga ketika memilih tukang service AC

    ReplyDelete
  2. Tempatku sudah dingin, Mas
    enggak ada AC di rumah...

    ReplyDelete
  3. Saya masih sedikit bingung dengan daya tahan normal ac itu berapa lama?

    Kalau ac saya sich setiap 9 bulan selalu diisi freonnya.

    Kata si mas tukang ac nya hanya kurang saja tapi tidak bocor.

    ReplyDelete
  4. Hampir sama seperti masalah AC yang ada di rumah saya nih mbak..

    ReplyDelete
  5. Kalo AC saya kadang suaranya berisik, akhirnya dipukul sama gagang sapu, AC nya langsung nggak berisik, hahaha, padahal mah tinggal diperiksa skrup yang kendor aja ya mas Ihwan

    ReplyDelete

Jika menurut Anda artikel ini berguna mohon dukungannya dengan memberikan donasi via PayPal untuk maintenance blog Keluarga Biru. Terimakasih ^_^

Google+ Followers

Followers

Total Pageviews

Contact

Powered by Blogger.