Keluarga Biru

Featured Post

Cerita Liburan Akhir Tahun Keluarga Biru ke Yogyakarta

Laman

Review dan Giveaway: Rahasia Pola Pendidikan Anak Hebat

Keluarga Biru         12 comments






Menjadi orang tua yang baik itu tidaklah mudah, aneh memang padahal kita dulu pernah menjadi anak bukan? Parahnya lagi, meskipun menjadi orang tua yang baik itu tidak mudah namun tidak ada sekolah untuk para orang tua. Padahal sekolah untuk anak-anak kita tak terhitung jumlahnya. Itulah sebabnya kenapa sebagai orang tua kita harus rajin-rajin menimba ilmu tentang pola asuh atau pendidikan anak yang lebih dikenal dengan parenting. Menimba ilmu parenting bisa dari mana, salah satunya dari buku parenting.

Nah kali ini saya akan mereview sebuah buku parenting karya konsultan pendidikan anak dan remaja Viki Mukadar yang berjudul Rahasia Pola Pendidikan Anak Hebat. Buku setebal 186 halaman ini berisi banyak ilmu berharga mengenai konsep pendidikan anak dan remaja. Buku ini menjelaskan dengan sederhana mengenai tolok ukur dan ciri-ciri seorang anak dikatakan berkualitas dan seperti apakah ciri-ciri seorang anak dikategorikan tidak berkualitas. Tak hanya itu saja, dalam buku bersampul anak lelaki yang menggemaskan ini dijelaskan mengenai penyebab seorang anak gagal menjadi dewasa dan menjadi tidak berkualitas.
Secara garis besar buku ini dibagi menjadi 6 Bab Utama antara lain:

Bab 1: Buah Hatiku

Di bab pertama ini mata kita akan langsung dibuka dengan fakta bahwa anak bisa menjadi anugerah tapi juga bisa menjadi ujian atau musibah bagi orang tua. Anak menjadi anugerah manakala kita menyaksikan bagaimana mereka tumbuh mulai dari bayi hingga dewasa. Senyum dan tawa anak-anak adalah kehangatan dan kenyamanan bagi setiap orang tua, ketika mereka berhasil dalam pendidikan, lalu bekerja, menikah dan memberikan cucu itu adalah anugerah terbesar yang tak ternilai harganya.
Namun di luar sana ada juga kisah sebaliknya, ada anak-anak yang durhaka kepada orang tua. Lihat saja berita terbaru saat ini dimana ada anak yang tega membunuh ayahnya, anak yang sampai hati memperkarakan ibunya ke meja hijau karena masalah hutang dan masih banyak lagi lainnya.

Bab 2: Anak Bermasalah vs Anak Hebat

Bab selanjutnya membahas secara detail tentang anak bermasalah dan anak hebat. saya banyak menghela nafas dan mengucap Naudzubillah saat membaca kisah-kisah anak bermasalah di bab ini: benang merah dari semua kisah anak-anak bermasalah di bab ini adalah kualitas mental yang tidak sesuai dengan usia manusia. Ada seorang gadis berusia 21 tahun yang memiliki mental anak usia 15 tahun, bahkan ada seorang bapak berumur 36 tahun yang bermental anak berumur 10 tahun.
Orang-orang dewasa yang bermental anak-anak ini pada umumnya menunjukkan perilaku yang sama antara lain:
  1. Tidak serius dalam menjalani hidup: tidak memiliki rencana atau cita-cita di masa depannya. Dia hidup hanya untuk hari ini dan tahunya bersenang-senang saja.
  2. Tidak bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan, malahan dia menuntut agar lingkungan yang menuruti kemauannya.
  3. Tidak bisa menyelesaikan tugas dan tanggung jawabanya dengan baik. Dia selalu menggantungkan diri pada pertolongan orang lain alias tidak mandiri.
Adapun karakter anak hebat tentu saja berlawanan dengan 3 karakter di atas.
Kualitas seorang anak jelas sangat mempengaruhi masa depannya. Nah masa depan itu mulai dibangun dengan tahapan kemandirian seorang anak. Semakin berkualitas seorang anak maka akan semakin cepat mencapai tahap kemandirian.
Bab 3: Faktor Penyebab Anak Menjadi Manja dan Bermasalah

Menurut Viki Mukadar ada penyebab mengapa seorang anak menjadi manja dan bermasalah yaitu: Mental GAP Negatif. Yang dimaksud dengan Mental GAP adalah selisih antara usia kematangan fisik dan usia kematangan mental/pikiran (kedewasaan) seseorang. Artinya seseorang yang dikatakan memiliki Mental GAP Negatif adalah orang yang secara fisik sudah dewasa namun mentalnya masih seperti anak-anak atau tidak dewasa secara mental.

Bab 4: Pola Pendidikan Anak

Nah bab ini neh yang paling saya suka karena penulis membagikan rahasia bagaimana pola pendidik anak yang baik itu sehingga nanti bisa mencetak anak-anak hebat kebanggaan orang tua.
  1. Memetakan Potensi Anak
  2. Melakukan Pendekatan dan Menyamakan Frekuensi dengan Anak
  3. Membangun Motivasi Belajar Anak
  4. Membangun Fokus Belajar Anak
  5. Menerapkan Metode Belajar yang Membangn Kecerdasan Utama
Bab 5: Penanganan Kasus Nyata Anak

Penulis Viki Mukadar sadar bahwa sudah bukan zamannya lagi berbagi ilmu parenting dengan hanya mencekoki orang tua dengan teori-teori belaka. Dalam bab 5 ini kita akan membaca kasus-kasus anak-anak bermasalah yang pernah ditangani oleh Viki Mukadar. Sehingga kita bisa belajar banyak mulai dari penyebab anak bermasalah hingga bagaimana Viki memperbaiki kualitas anak-anak tersebut sehingga kini mereka semua berhasil menjadi ana-anak hebat. 

Bab 6: Kumpulan Tanya Jawab

Pada bab terakhir ini kita bisa menyimak pertanyaan para orang tua yang selama ini sudah berkonsultasi kepada Viki Mukadar tentang masalah yang dihadapi anak-anaknya. Nah bagi Anda yang mungkin ingin berkonsultasi dengan Viki Mukadar bisa menghubungi beliau di no HP: 0897 0328 562 (aktif WA)
Membaca buku Rahasia Pola Pendidikan Anak Hebat ini tidak membosankan karena penulis menyelipkan gambar-gambar komik karya penulis sendiri. Dengan adanya gambar-gambar tersebut akan memudahkan pembaca memahami teori-teori parenting yang dijabarkan, apalagi ada teori yang menggunakan istilah-istilah keilmuan yang kurang familiar bagi masyarakat umum.




Bagaimana pembaca blog Keluarga Biru? Apakah Anda tertarik memiliki buku ini. Jika iya, maka saya akan memberikan kesempatan bagi Anda untuk memilikinya secara gratis. Caranya mudah banget kok:

1.       Share review dan GA Buku Rahasia Pola Pendidikan Anak Hebat ini Twitter atau Facebook dengan hastag #AnakHebat. Jika via twitter follow dan mention akun saya: @ihwanbiru, sedangkan jika via FB like dan mention FP: Keluarga Biru.  Jangan lupa mention minim 3 teman-temanmu biar ikutan juga.
2.       Jawab pertanyaan di bawah ini:
Menurut Anda, anak hebat itu yang kayak gimana sih?
3.       Tulisa jawabanmu di komentar dengan format sebagai berikut:
Nama:
Link share:
Jawaban:

Jawaban Anda saya tunggu sampai dengan tanggal 9 April 2017. Untuk pengumuman pemenangnya 12 April 2017 di blog dan FP Keluarga Biru dan Twitter. Ada 2 buku gratis buat jawaban favorit. Ditunggu partisipasinya yaaa.


Published by Keluarga Biru

Keluarga Biru adalah blog milik Ihwan Hariyanto dan Ivonie Zahra. Mereka menulis tentang parenting, traveling dan kuliner yang mereka lakukan bersama dua buah hati mereka Aiman dan Aira.
Follow us Google+.

12 comments:

  1. Nama: Dian Radiata
    Link share: https://twitter.com/Dieend18/status/847098068679897088
    Jawaban: Anak hebat itu anak yang berbudi pekerti baik, bisa membedakan yang baik dan buruk, patuh pada ajaran agamanya dan kedua kedua orang tuanya

    ReplyDelete
  2. Nama : Sri Murni
    Link : https://twitter.com/menixnews/status/847112209889030144
    Jawaban : Anak hebat itu yg bs menyelesaikan masalah yg dihadapi termasuk membantu masalah teman. Misalnya saat bermain temannya terjatuh nah dia bisa membantu sang teman untuk berdiri kembali. Anak hebat itu juga anak yang easy going bisa dibawa travelling kemana-mana dan menikmati setiap momen yg ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini link yg benarnya ya https://twitter.com/menixnews/status/847125052617179136

      Delete
  3. Nama: Widya Nur Adina Safitri

    Link share: https://mobile.twitter.com/adinasafitrii/status/847233114640228354?p=v

    Jawaban:
    #AnakHebat hampir bisa dipastikan berasal dari orang tua yang hebat. Menurut saya, anak hebat adalah anak yang dapat mengantarkan kedua orang tuanya ke tujuan tertinggi kita, yaitu surga. Dikarenakan amal dan akhlaknya yang baik kepada Pencipta nya, kedua orang tuanya, orang-orang di sekitarnya maupun orang-orang secara umum dan juga terhadap lingkungan (alam).

    Anak hebat adalah anak yang mandiri sesuai dengan usianya dan juga bisa beradaptasi dengan baik dengan lingkungan sekitarnya.

    Anak yang hebat adalah anak yang berbudi pekerti luhur, menyayangi keluarga dan sekitarnya, mampu berkontribusi secara positif terhadap lingkungannya sesuai kemampuan dan usianya.

    Anak yang hebat adalah anak yang mampu mengendalikan emosinya (perasaan senang, sedih, amarah, dll) sesuai dengan usia dan tahapan perkembangannya.

    Semoga kita bisa menjadi orang tua yang hebat bagi anak-anak kita dan semoga anak-anak kita bisa menjadi anak yang hebat��

    Terimakasih

    ReplyDelete
  4. Sepertinya saya harus baca buku ini neh ... buat nambah-nambah referensi. Thx resensinya Mas.

    ReplyDelete
  5. Harus ya wan, foto bukunya bareng dirimu? :-D

    ReplyDelete
  6. Nama : Yohana
    Link share : https://twitter.com/MrsSiallagan/status/847661208891031552
    Jawaban : Menurut saya, Anak hebat itu adalah anak yang memiliki tumbuh kembang optimal baik secara fisik maupun saraf/otak. Si anak bisa dikatan hebat bila mampu memberikan feed back terhadap suatu hal. Misalnya, anak akan memberikan respon ketika mendengarkan musik, minimal menggoyangkan badan atau berjoget. Tergantung usia anak tersebut. Semakin besar usia anak, maka kehebatannya juga akan besar. Anak yang hebat itu akan aktif, suka tanya-tanya, dan pengen tahu.
    Makanya dia harus dibimbing dengan baik sehingga tumbuh kembangnya juga baik

    ReplyDelete
  7. Buku ini recommended buat ortu dan pendidik. AKu juga dah baca. TFS :D

    ReplyDelete
  8. Udah lama ga baca buku seperti ini. Bagus yah, Mas Ihwan. TFS ya.

    ReplyDelete
  9. Ulasan dalam buku ini lengkap banget ya
    Suka deh

    ReplyDelete
  10. Bertekad menjadikan anakku hebat. Semangattt..

    ReplyDelete

Jika menurut Anda artikel ini berguna mohon dukungannya dengan memberikan donasi via PayPal untuk maintenance blog Keluarga Biru. Terimakasih ^_^

Google+ Followers

Followers

Total Pageviews

IBX585B563EDC6FB

Contact

Powered by Blogger.