Keluarga Biru

Featured Post

Cerita Liburan Akhir Tahun Keluarga Biru ke Yogyakarta

Laman

Milkindo Green Farm: Wisata Edukasi dan Petualangan Anak

Keluarga Biru         7 comments



Milkindo Green Farm: Wisata Edukasi dan Petualangan Anak


Apa yang ada di benak Anda jika diajak ke peternakan sapi? Mungkin kesan kotor, jorok dan bau kotoran sapi sudah terbayang di pikiran Anda sehingga malas pergi ke sana. Namun lain ceritanya jika Anda pergi ke peternakan sapi milik CV Milkindo Berka Abadi yang beralamat di Jalan Kol. Kusno No. 77, Tegalsari, Kepanjen, Tegalsari, Kepanjen, Malang, Jawa Timur 65119. Milkindo adalah sebuah peternakan sapi yang berdiri sejak tahun 1984 namun dalam kurun waktu 5 tahun belakangan telah disulap menjadi wisata edukasi sapi perah yang kekinian dan instragamable dengan nama Milkindo Green Farm.

Keluarga Biru mengetahui tentang Milkindo Green Farm ini dari tulisan salah satu blogger Kepanjen yaitu Mbak Retno Kusuma Wardani. Nah bulan lalu kami akhirnya meluangkan waktu untuk main-main ke wisata edukasi yang berjarak 1 jam dari kota Malang.

Rute Menuju Milkindo Green Farm 


Jika merujuk pada rute yang ada di tulisan Mbak Retno dan review Milkindo lainnya di internet maka rutenya: setelah sampai di Kepanjen kita diarahkan menuju ke Stadion Kanjuruhan terlebih dahulu. Dari Stadion Kanjuruhan, jalan terus ke arah timur sampai perempatan Kedung Pedaringan lalu belok kanan atau mengikuti jalan menuju ke selatan. Dari situ lurus saja maka kita akan masuk desa Tegalsari. Untuk menuju ke lokasi Milkindo Green Farm kita tinggal mengikuti plakat yang berjajar sepanjang jalan yang bertuliskan Asmaul Husna. Plakat ini nanti akan berakhir di depan Milkindo.




Nah Keluarga Biru tidak melewati rute tersebut melainkan rute yang disarankan oleh GPS. Rute di awal sama yaitu dari Perempatan Kepanjen kami mengikuti rute menuju Stadion Kanjuruhan. Namun bedanya, setelah sampai di perempatan kecil yang berada di sebelah selatan RSUD Kepanjen kami tidak belok ke kiri menuju Stadion Kanjuruhan. Kami tetap lurus saja hingga melewati pemukiman penduduk dan jalan kecil yang melewati Milkindo Green Farm. Namun jika Anda mengendarai mobil kami sarankan tidak lewat jalan tersebut karena lebar dan medan jalannya hanya cocok untuk kendaraan roda dua.

Tiket masuk ke Milkindo Green Farm sangat terjangkau, hanya Rp.10.00 baik dewasa maupun anak di atas 2 tahun. Asyiknya dengan tiket 10ribu itu kita juga akan mendapatkan satu cup susu aneka rasa. Ada rasa original, strawberry, coklat, taro hingga vanilla. Fasilitas yang disediakan juga lumayan lengkap mulai dari toilet yang bersih, musholla, tempat duduk yang cukup banyak hingga food court yang menyajikan aneka makanan dengan harga terjangkau.

Wahana di Milkindo Green Farm


Nggak salah jika Milkindo banyak dikunjungi oleh para wisatawan, selain harga tiket masuknya yang terjangkau di dalamnya juga dilengkapi dengan wahana yang lumayan banyak. Jadi kita tidak hanya bisa melihat peternakan sapi dari dekat namun juga bisa menikmati beragam wahana yang akan semakin membuat kita betah berada di dalamnya. Oh iya, ini saya menulis berdasarkan urutan yang kami kunjungi ya, sebagian agak muter-muter karena nurutin kemauan anak-anak. Jadi Anda nanti silakan sesuaikan dengan kondisi dan kenyamanan masing-masing.

Peternakan Sapi


Wahana utama dari Milkindo tentu saja adalah peternakan sapi dimana kita bisa melihat dari dekat sapi-sapi yang kulitnya berwarna hitam dan putih itu. Kebetulan Aim itu suka banget sama hewan-hewan, oleh sebab itu ketika sudah sampai di Milkindo dia yang paling semangat melihat sapi-sapi itu. Mungkin melihat sapi-sapi di Milkindo mengingatkan Aiman dengan kerbau-kerbau milik tetangga Neneknya di Blitar sana. Oh iya, kita bisa membeli produk-produk olahan dari susu sapi mulai dari susu botolan hingga keju. Kami kemarin saat pulang membeli 4 botol susu Milkindo untuk dinikmati di rumah.

Menunggang Kuda


Saya nggak nyangka Aiman berani naik kuda di wahana Menunggang Kuda yang ada di Milkindo. Kirain pas bilang ingin naik kuda itu hanya asal ngomong aja. Ternyata setelah saya ajak mendekat ke kudanya, dia beneran pengin naik kuda, bahkan dia tidak takut meski harus naik sendirian. Untuk naik kuda, kita dikenakan tarif Rp.15.000 sudah bisa menunggangi kuda sambil mengelilingi peternakan sapi. Kurang lebih 10 menitan lah durasinya.



Play Ground




Bagi yang nggak mau keluar duit, tetep bisa kok bermain sepuasnya di area Play Ground yang menyediakan beberapa wahana permainan anak. Ada 3 wahana perosotan sehingga anak-anak nggak perlu antri apalagi berebut. Tapi sayang ada 1 perosotan yang untuk menaikinya butuh usaha esktra, Aiman kemarin nggak sengaja dagunya membentur tembok saat berusaha menaiki perosotan. Lalu rata-rata sudut kemiringannya agak curam dan di bawahnya tidak diberi bantalan, dibiarkan berupa tanah gitu aja. Masih ada juga wahana keseimbangan berupa titian jembatan yang sempit, wahana ini bisa melatih anak-anak berlatih keseimbangan. 






Trampolin




Wahana permainan Trampolin ini letaknya masih satu area dengan Play Ground, tapi untuk memainkannya harus membeli tiket sebesar Rp.15.000. Saya pengin mencoba wahana ini sebenarnya tapi kayaknya hanya diperuntukkan bagi anak-anak saja. Padahal seru bisa lompat-lompatan setinggi mungkin tanpa takut nggak bisa balik lagi ke bumi. 



Taman Instagramable


Milkindo Green Farm: Wisata Edukasi dan Petualangan Anak

Buat generasi Milenial yang doyan narsis atau foto OOTD bisa menyalurkan bakatnya di Taman Instagramable yang ada di Milkindo. Di taman ini kita bisa berfoto di spot-psot yang bagus: misalnya nongki-nongki cantik di tempat duduknya yang bergaya klasik atau bergaya menggunakan sepeda onthel yang dicat warna-warni. Dijamin deh teman-teman Anda akan kagum dan kepo saat melihat foto-foto narsis Anda di Milkindo nampang di social media. #PanjatSosial



Taman Kelinci



Ini dia yang lagi happening dimana-mana, Taman Kelinci! Anak-anak pasti suka melihat kelinci-kelinci lucu nan menggemaskan yang bisa digendong, diajak bermain dan diberi makan. Taman Kelinci ini didesain mirip dengan habitat kelinci yang alami yaitu berupa terowongan dan lubang buatan di tanah. Ada juga kelinci yang ditaruh di kandang-kandang. Untuk memberi makan kelinci, telah disediakan makanan oleh pihak Milkindo yaitu daun kangkung.




Kereta Mini




Puas bermain dengan kelinci, kami bertiga beranjak ke wahana Kereta Mini. Mama Ivon nggak ikutan karena kecapekan. Dengan membayar tiket sebesar Rp.5000 saja maka kita bisa menikmati serunya naik kereta mini sebanyak dua putaran. View lintasannya didesain sama dengan view yang biasa kita lihat jika naik kereta melewati pedesaan, ada pegunungan dan hutan.



Sebenarnya masih ada wahana satu lagi yaitu Area Memanah, harga tiketnya juga Rp.5000 saja. Lokasinya bersebelahan dengan wahana Kereta Mini. Aiman pengin nyobain juga sebenarnya tapi antriannya agak banyak sehingga saya tak menurutinya. Lain kali saja jika ke sini lagi kita coba wahana memanahnya ya Nak.

Di samping wahana permainan untuk anak, ada juga 3 kolam lele berukuran sedang yang berisi banyak ikan lele dengan berbagai ukuran. 




Sekedar tips aja untuk teman-teman, jika berkunjung ke Milkindo sebaiknya pagi atau agak sore sebab jika siang hari harus betah menahan panasnya sinar matahari. Maklum kondisi pepohonan di Milkindo belum begitu rindang.

Itulah cerita liburan Keluarga Biru di Milkindo Green Farm yang berada di Desa Tegalsari, Kepanjen. Wisata edukasi ini cocok bagi Anda yang ingin mengajak buah hati tercinta berpetualang sekaligus menambah wawasan mereka tentang dunia hewan. 

Milkindo Green Farm: Wisata Edukasi dan Petualangan Anak


Bagi yang ingin melihat Milkindo dalam video, silakan tonton di channel Aiman dan Aira berikut ini yaa. Jangan lupa like, komen, share dan subs channel kami agar ga ketinggal video travelling terbaru kami. Terimakasih.



Published by Keluarga Biru

Keluarga Biru adalah blog milik Ihwan Hariyanto dan Ivonie Zahra. Mereka menulis tentang parenting, traveling dan kuliner yang mereka lakukan bersama dua buah hati mereka Aiman dan Aira.
Follow us Google+.

7 comments:

  1. Seru banget mainnya keluarga biru
    Milkindo ini benar-benar wahana bermain buat anak ya
    Mas Aim kereeeeen berani naik kuda sendiri

    ReplyDelete
  2. Kalo ke Malang mampir ke Kepanjen ini ah. Murah meriah, kalo buat kulinernya daerah situ yang recommend apa ya?

    ReplyDelete
  3. wah seru ya permainan nya banyak.anyway deket rumah mbak Nisa kah?

    ReplyDelete
  4. Asyeeekk liburan teruuusss Aiman :D
    Btw kalu dilihat dari fotonya lokasinya gak wah2 yg gmn2 gtu ya Wan, tapi sepertinya sarat edukasi buat anak2.
    Kapan2 kalau ke Malang mau ke sana jg ah... Kapaaaann haha
    Kepanjen jd deket rmh mbk Nisa yooo

    ReplyDelete
  5. Lebih lengkap dari taman kelinci pujon ya.. tapi sepertinya cukup hot..sampai mama ivon ngga lepas kacamata hitam. Nice posting

    ReplyDelete
  6. tempat yg pas buat wisata keluarga, selain ada edukasinya, fasilitas untuk pengunjung juga cukup lengkap

    ReplyDelete
  7. Ini sih pas banget buat wisata bareng anak-anak.. Nyaman banget juga keliatannya mbak... ^^

    ReplyDelete

Google+ Followers

Followers

Total Pageviews

IBX585B563EDC6FB

Contact

Powered by Blogger.