SGM Eksplor, Bagaimana Mempersiapkan Kemampuan Si Kecil Menjadi Anak Generasi Maju? Ini Caranya !

by - October 01, 2017



Saat ini mendidik dan mengasuh si kecil agak menjadi anak generasi maju, tentu saja butuh modal ilmu yang harus selalu diupgrade. Mengingat setiap orang tua pasti menginginkan anaknya memiliki masa depan yang lebih baik. Oleh sebab itu, orang tua memiliki peranan penting untuk mendukung pertumbuhan dan memberikan bimbingan. Orang tua harus memiliki pengetahuan yang tepat mengenai penerapan pola asuh dan pemenuhan nurtrisi yang tepat.


Bagi saya dengan menghadiri seminar parenting begini, sangat bermanfaat dan berguna karena akan mendapat pengetahuan langsung dari ahlinya. Makanya saya tak pernah bosan , karena aka nada ilmu dan pengetahuan baru dari seminar parenting tersebut yang bisa saya terapkan dalam mendidik dan mengasuh kedua buah hati yang dalam tahap tumbuh dan berkembang.

Beruntung, saya bisa menghadiri seminar parenting  yang digagas oleh SGM Eksplor yang memang berkomitmen memberikan dukungan terbaik bagi orang tua Indonesia dalam memperiapkan si Kecil untuk memiliki masa depan yang cerah. Bertempat di salah satu ballroom Hotel Fairfield Surabaya (30/9) dihadiri kurang lebih 200 bunda dari Surabaya dan sekeitarnya. Seminar Parenting ini bertajuk “Peran Orangtua dalam Mengembangkan Kemampuan si Kecil menjadi Anak Generasi Maju” dan mendatangkan psikolog anak dan keluarga yaitu Anna Surti Ariani, S.Psi, M.Si, P.si.

Bagaimana Mempersiapkan Kemampuan Si Kecil Menjadi Anak Generasi Maju ?



Acara yang berlangsung mulai pukul 9 pagi sampai 12 siang, yang dipandu oleh MC kondang yang sudah sering muncul di televisi yaitu Cici Panda, begitu antusias menyimak penuturan Mbak Nina sapaan akrab Anna Surti, psikolog lulusan UI ini. Menurutnya, “Pada masa awal kehidupan inilah adalah momen penting. Orangtua harus selalu siap mendampingi si Kecil dengan nutrisi yang tepat serta melakukan berbagai aktivitas dan menerapkan pola asuh yang tepat.


Orang tua harus ingat bahwa untuk menjadikan anak generasi maju, maka ada 3 kondisi yang harus dipenuhi yaitu;
1.       Si Kecil harus sehat dan kebutuhan nutrisinya tercukupi dengan baik, agar tumbuh kembangnya bisa berjalan optimal.
2.       Dia perlu perkembangan kemampuan berpikir dan kreativitasnya.
3.       Perkembangan emosinya pun harus baik, ia jadi percaya diri dan mandiri.


Dengan demikian, orangtua memegang peranan vital dalam mengembangkan keterampilan social si Kecil sejak dini. Ingat, ciri Anak Generasi Maju adalah anak yang supel, Kreatif dan Mandiri. Lalu bagaimana mengembangkan keterampilan social si Kecil? Mbak Nina juga bebagi tips yang bisa para bunda dan ayah terapkan pada si Kecil.

-          Berteman dan Bekerjasama. Dengan sering mengajak si Kecil berkumpul dengan orang lain, akan mengembangkan keterampilan dia dalam berteman dan bekerjasama. Sehingga anak terbiasa sejak dini. Si Kecil juga akan terbiasa melihat orang tuanya dalam keseharian bertemu siapa saja. Tetapi jangan memaksa si Kecil berteman, kalau ia sudah nyaman akan mau seperti, kalau disuruh menjabat tangan sementara si Kecil gak mau, gak usah dipaksa yang membuatnya malah merasa gak nyaman.
-          Berkompetisi Sehat. Bunda bisa memberikan pujian pada usaha anak. Misalkan si Kecil mengikuti sebuah perlombaan dan kalah, jangan malah mengecilkan hatinya. Akan tetapi besarkan hatinya dengan memberikan pujian dan tetap mengajarkan semangat walau kalah. Serta ajarkan memberi selamat kepada yang menang. Apabila si Kecil yang menang dalam berkompetisi, ajari pula untuk tidak jumawa terhadap teman yang kalah.
-          Sabar Menunggu/Antri. Orangtua bisa memberikan bukti belajar mengantri langsung, misalkan dalam hal mengantri dikasir.  Beri pengertian pula kalau ada orang lain yang tiba-tiba menyerobot posisi antrian.
-          Sopan Santun. Di zaman milenial gini, mengajarkan hal mengenai sopan santun menjadi PR besar bagi orang tua saat ini. Sebaiknya sedari dini perlu ditanamkan sopan santun.
-          Mendamaikan Pertengkaran. Anak juga perlu diajari mengenai hak milik. Buat aturan yang jelas, mengajarkan pada si Kecil menyampaikan apa yang ia pikirkan. Hal-hal tersebut dapat ditunjukkan dalam keseharian. Pesan Mbak Nina, jangan menganggap kakak boleh selalu mengalah.
-          Marah Tanpa Ganggu Orang Lain. Orang tua perlu memahami mengapa anak marah, bisa jadi mungkin dia sedang capek. Seperti, kalau si Kecil sedang bermain tiba-tiba mainannya direbut sama teman atau adiknya jadi marah. Sebagai orang tua kita juga harus bisa menenangkan anak. selain itu, akui/validasi kemarahannya. Serta tidak berikan apa yang diminta dengan marah. Anak yang tantrum wajarnya diusia 1,5 tahun – 4 tahun. Apabila lebih dari 4 tahun masih sering tantrum, perlu dikonsultasikan pada ahlinya.
-          Ikut Aturan. Tentukan aturan apa saja yang akan diberikan pada si kecil. Orang tua juga perlu perjelas batasan serta jelaskan alasannya, konsisten dan sabar.
-          Peduli Terhadap yang Sakit/Kekurangan. Si kecil perlu diajarkan memiliki rasa peduli terhadap orang lain. Supaya kelak di masa depan memiliki rasa empati yang baik terhadap orang lain misalnya terhadap sesame temannya yang kekurangan.

Dukungan SGM Eksplor Bagi Orang Tua Indonesia



Usai mengikuti acara seminar, saya berkesempatan untuk mengikuti prescon di ruang lain. Hadir pula Astrid Prasetyo selaku Marketing Manajer SGM Eksplor mengatakan, “ Kami memahami perjuangan para orang tua untuk selalu memberikan yang terbaik demi masa depan si Kecil. Bentuk komitmen dan dukungan kami berikan kepada orang tua Indonesia dengan menyediakan prosuk nutrisi terbaik dan berkualitas serta edukasi yang dapat mendampingi orang tua dalam memastikan pemenuhan nutrisi dan pola asuh yang tepat bagi tumbuh kembang si Kecil, agar ia dapat menjadi Anak Generasi Maju yaitu, anak yang memiliki kemampuan bersosialisasi dengan baik, kreativitas dan kemandirian. “


Kegiatan seminar ini sudah dilakukan di sejumlah kota besar di Indonesia, seperti Padang, Bandung dan Jakarta, tak lupa juga di Surabaya. Selain itu SGM Eksplor juga sangat mengerti adanya keterbatasan bagi orang tua untuk mengikuti berbagai kegiatan parenting seminar, mengingat adanya keterbatasan waktu dan kesibukan sehari-hari. Oleh karena itu, bagi orang tua yang tak bisa mengikuti langsung seminar parenting Anak Generasi Maju. Maka SGM Eksplor mendukung para orang tua melalui edukasi digital dalam bentuk video-video parenting tips tentang bagaimana cara mendidik anak menjadi generasi maju, supel, kreatif dan mandiri. Video edukasi tersebut diberikan lewat akun Facebook Aku Anak SGM. Mengingat pengguna internet di Indonesia cuku tinggi.


Selain itu SGM Eksplor juga telah berkeliling ke berbagai daerah bersama Mobi Aku Anak SGM untuk bertemu dan mengedukasi para orang tua Indonesia mengenai nutrisi anak dan memberikan stimulasi motorik maupun kognitif pada si Kecil.

Pada kesempatan itu juga, Mbak Nina menyampaikan, orang tua perlu terus menambah pengetahuan terkait nutrisi dan pola asuh yang tepat bagi si kecil agar memahami bagaimana cara mendidik si Kecil menjadi Anak Generasi Maju. Kunci Anak Generasi Maju, supel, kreatif dan mandiri. Anak perlu didik mandiri sejak dini sesuai dengan kemampuannya agar kelak di masa depan tidak tergantung. Karena kemandirian tersebut akan mempengaruhi keterampilan bersosialnya di masa depan.

Jadi ayah dan bunda, kalai kita menginginkan anak cerdas, kita juga harus cerdas dengan pengetahuan yang tepat bisa menangani keadaan dan pertanyaan anak.




You May Also Like

28 comments

  1. Mantap tulisannya, memberikan informasi buat bunda dan ayah yang nggak bisa ikutan acaranya

    ReplyDelete
  2. Waahhh mba Ivon jauh jauh dari Malang datang ke seminar iniii... keren bgt dah keluargabiru. Semoga berfaedah buat jd ortu yg keren utk duo Ai yaakkk
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. anakku diatas 4th masih sering tantrum, hiks. udah ke dokter anak, psikolog dll tp belum ada solusi yg pas

    ReplyDelete
  4. Sabar nih yang jadi PR, Juna ggsabaran..huhu

    ReplyDelete
  5. Jadi orang tua ga Ada sekolahnya ya. Dg ikut seminar2 parenting gini, Kita jadi banyak dapat ilmu pengasuhan

    ReplyDelete
  6. Mumpung anak-anak masih kecil sebagai orangtua kudu nyiapin bekalnya dari sekarang ya supaya siap menjadi orangtua yang maju membesarkan anak generasi maju.

    ReplyDelete
  7. Nice info banget nih. Jadi catatan penting buat aku, walau belum nikah dan punya anak. Thank you for sharing yaa

    ReplyDelete
  8. Nah, bener banget deh, harus jadi orang tua cerdas biar dicontoh sama anak, jangan paksa anak melakukan hal yang justru orang tua sendiri gak ngerti, hanya tau dari kata orang lain, orang tua juga butuh belajar. Hehe

    ReplyDelete
  9. Aku juga sama acaranya SGM Eksplor kalo lg pas ada acara di Jakarta. Walaupun udah tau jadi makin tahu.

    ReplyDelete
  10. Memberikan budaya antri nih aku setuju nih mba Ivon, perlu diajarkan sejak kecil.

    ReplyDelete
  11. tulisan yg edukatif. Andaikan bener2 diaplikasin disemua keliarga Indonesia, inshaallah bangsa ini akan sangat sehat, cerdas, dan majuuuu.

    ReplyDelete
  12. Waaa asik dapet pengatahuan baru ttg pola asuh. It ya, Kita orang dewasa kerap memaksa anak bersalaman. Kadang, aku pun gak maksain, tapi saudara aku yang baru ketemu yang maksa. Suka bingung kalau beginning, deh.

    ReplyDelete
  13. Bagus materinya, kusave yaa..Makasih udah berbagii..

    ReplyDelete
  14. Memang nutrisi sejak kecil harus baik agar kedepannya jadi anak yg sehat

    ReplyDelete
  15. Walaupun belom punya anak, informasi kayak gini penting banget buat pasangan yang mau punya anak. Terima kasih sudah sharing ya :)

    ReplyDelete
  16. Aku selalu suka acara yang pematerinya Mba Anna. Dia neranginnya enak banget, betah dengerinnya. :)

    ReplyDelete
  17. Wah bermanfaat banget, anak aku jg minum susu SGM tp kadang suka campur2 siy...

    ReplyDelete
  18. Tips untuk stimulasi keterampilan sosial yg dibagi kece yaa... Kumplit banget. Tinggal prakteknya.

    ReplyDelete
  19. bisa pas ya dengan namanya SGM Susu Generasi Maju. PAdahal brand SGM sudah dari dulu. Saya lupa aslinya apa gitu namanya. Apa memang Susu Generasi Maju?

    ReplyDelete
  20. Seru banget ya acara SGM, banyak ilmu yang bisa di dapat. Terima kasih sharingnya mba

    ReplyDelete
  21. Setuju, krn org tua adalah guru dan sekolah pertama bagi anak2, jd ortunya dulu yg hrs cerdas ya :)

    ReplyDelete
  22. Sekarang banyak ya seminar2 parenting gini, jd bisa beri tambahan info kepada yang datang.

    Ngomong2 'berteman dan bekerja sama', jd inget bbrp waktu lalu sempet susah banget nempel ama si ponakan, mungkin jarang ketemu jg sih haha. Digendong malah berontak, untungnya skrg, mungkin krn udah mulai kenal dan nyaman kali ya, jd uda mendingan :D

    ReplyDelete
  23. Meskipun belum menikah atau punya anak, aku selalu suka kalau ada acara seru tentang parenting kayak begini. Pasti ada aja ilmu baru yang bisa jadi pembelajaran dan bisa diinget2 karena suatu saat bakalan butuh juga :)

    ReplyDelete
  24. Anak Generasi Maju, wuah keren ya campaign nya. Kalo nonton iklan SGM tersentuh aku, ngerasain gimana sbg orangtua berjibaku sama kemacetan dll semata hanya untuk masa depan anak

    ReplyDelete
  25. Setuju, kalau orang tuanya cerdas, insya allah anak juga jadi cerdas. Makanya orang tua penting nih selalu update ilmu parenting. Nice sharing 😊

    ReplyDelete
  26. Cici panda kok jd langsing gitu ya... hehe OOT.

    Seminar kaya gini nih yang hrs sering diikutin sama ibu muda kaya kita ((MUDA)). Ilmunya banyak banget. Karena membesarkan anak bkn perkara mudah ya mba..

    ReplyDelete
  27. Orgtua jg masih ttap hrus bljar, orgtua = ayah + ibu, gk cm ibu saja. Sneng ih kalo liat acara kek gini, bisa mengembangkan pola pengasuhan anak

    ReplyDelete
  28. wah bagus banget seminarnya! Emang deh pe er banget ngajarin anak ngantri, sopan santun, empati, berbagi!

    Duh, jadi orangtua ternyata pe ernya banyak! Untuk bikin pe er berarti harus belajar (lagi) :)

    ReplyDelete