Kenal dan Miliki Asuransi Sejak Dini

by - August 09, 2019


asuransi lifepal

Apapun profesi yang kamu jalani, tetap tidak lepas dari yang namanya risiko. Baik itu risiko jatuh sakit, kecelakaan, bahkan hingga kematian. Untuk itu, asuransi merupakan salah satu instrument untuk bisa memitigasi risiko tersebut dengan lebih baik.
Memiliki asuransi, bukan berarti bisa terhindar dari risiko. Hanya saja, dengan adanya asuransi kita bisa mengatasi risiko tersebut dengan lebih siap dan terencana. Jadi, ketika kamu ditimpa suatu penyakit, atau kecelakaan, kamu bisa lebih siap menghadapinya. Khususnya secara finansial
Asuransi sendiri ada banyak jenisnya. Ada yang dikenal dengan nama asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kecelakaan, asuransi kendaraan, dan sejenisnya. Pemanfaatan asuransi disesuaikan dengan kebutuhan nasabahnya. Tiap-tiap orang pun memiliki kebutuhan yang berbeda terkait asuransi. Jika dalam suatu profesi kamu hanya stay di suatu tempat, tentu asuransi kecelakaan lalu lintas belum menjadi prioritas.

Terus, perlukah kita memiliki asuransi sejak dini? 

Jawaban dari pertanyaan tersebut, tentu saja perlu. Namun sebelum kamu mendaftarkan diri dalam suatu program asuransi, yang pertama tentu harus mengenali dulu asuransi yang dibutuhkan. Seperti apa kegiatan dan profesi yang kamu lakoni sehari-hari, akan menetukan jenis asuransi apa yang kamu butuhkan. Pemilihan ini juga disesuaikan dengan kondisi keuangan yang kamu miliki. Artinya, jangan sampai keuangan kamu justru bocor karena memilih asuransi yang tidak tepat, alias besar pasak daripada tiang. 
Setelah kamu mengenali asuransi apa yang dibutuhkan, barulah waktunya untuk memiliki asuransi.
Memiliki asuransi sejak dini, tentu memberikan banyak manfaat bagi diri kita. Tidak hanya secara finansial, namun juga berpengaruh pada psikologis kamu. Apa-apa saja manfaat itu, berikut beberapa ulasan yang bisa mungkin bisa jadi masukan bagi kamu yang masih ragu-ragu untuk memilikinya.

asuransi jiwa

Sedia Payung Sebelum Hujan

Pepatah yang sering kamu dengar saat berada di kelas bahasa Indonesia ini, erat kaitannya dengan asuransi. Dengan kata lain, jangan tunggu sakit dulu baru mencari uang untuk biaya pengobatan. Dengan memiliki asuransi sejak dini, selagi kita masih sehat, akan memberikan banyak manfaat ketimbang menunda-nunda kepemilikan asuransi. Karena kita tidak pernah tau kapan kita membutuhkan biaya pengobatan, bukan?
Pemilihan asuransi ini juga disesuaikan dengan kebutuhan juga, ya. Jika memiliki penyakit turunan, tentu kepemilikan ini harus menjadi prioritas utama kamu yang dapat meng-cover penyakit tersebut. Jika tidak, kamu bisa memilih asuransi yang sesuai dengan kondisi keuangan kamu, dengan limit benefit yang juga sudah disesuaikan.

Membantu Mengatur Keuangan Pribadi

Pengaturan keuangan merupakan salah satu keuntungan lainnya dari kepemilikan asuransi sejak dini. Dengan adanya premi asuransi yang harus kamu bayar secara berkala, kamu dapat mengatur keuangan dengan lebih baik. Setiap menerima pemasukan, kamu bisa mengalokasikan secara langsung anggaran kamu untuk kesehatan atau asuransi.
Kepemilikan ini akan meminimalisir kejadian-kejadian di mana kamu kekurangan uang untuk berobat. Jika sakit, tidak perlu lagi berpikir dua kali karena sudah ada asuransi yang menjamin pembiayaan pelayanan kesehatan. Kita tentu ingin terhindar dari hutang akibat perencanaan keuangan yang buruk, bukan?

Kenyamanan dalam Beraktivitas

Siapa yang tidak ingin merasa nyaman dalam menjalankan aktivitas dan kegiatan sehari-hari. Kita semua tentu mendambakannya. Nah, dengan memiliki asuransi, diharapkan kamu akan terhindar dari pikiran dan rasa khawatir yang berlebihan. Untuk asuransi kesehatan tentu sudah jelas manfaatnya. Mari kita lihat contoh lain!
Misalnya asuransi untuk kecelakaan lalu lintas dan kendaraan. Jika kita bepergian, baik itu kendaran umum atau pribadi, jika tidak ada jaminan mungkin kamu akan khawatir dan was-was selama perjalanan. Dengan adanya asuransi, kondisi kamu akan lebih terjamin dan itu tentu menimbulkan rasa nyaman.
Hanya saja, yang namanya beraktivitas tentu harus tetap berhati-hati. Meski ada asuransi, sakit mana ada yang enak.

Investasi

Memiliki asuransi juga dapat menjadi sarana untuk berinvestasi. Dengan premi yang flat, kamu tentu akan terhindar dari inflasi dibandingkan kamu harus menabung dan nantinya menarik tabungan untuk biaya kesehatan. Selain itu juga sudah banyak jenis asuransi yang menawarkan pengembalian uang jika tidak ada klaim dalam jangka waktu tertentu.
Dalam berinvestasi, apalagi di diri kamu sendiri, tentu lebih menguntungkan jika dilakukan sedini mungkin. Oleh sebab itu, jika memiliki kesempatan, milikilah asuransi sejak dini untuk kehidupan yang lebih berkualitas.

asuransi lifepal



You May Also Like

5 comments

  1. Wah bener banget tuh mempunyai asuransi sejak dini itu memang sangat penting

    ReplyDelete
  2. Banyak banget nih ya Mbak keuntungan ketika menggunakan asuransi ini

    ReplyDelete
  3. Semua keluarga wajib bgt punya asuransi ya Kak
    Karena melindungi ibarat payung gituuu
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  4. Asuransi terutama asuransi kesehatan memang penting untuk dimiliki sejak dini. Lagipula harga premi asuransi itu lebih murah jika mendaftar saat usia masih muda.

    ReplyDelete
  5. saya ikut asuransi kesehatan di salah satu perusahaan... biaya akusisinya lumayan besar juga, tapi setelah masuk rumah sakit 1 kali berasa bermanfaat banget asuransi kesehatan. memang harus mengenal asuransinya terlebih dahulu agar manfaatnya lebih maksimal. thanks for sharing

    ReplyDelete