The Grand Launching of BINUS Malang

by - October 29, 2019


binus malang

Kredibilitas Malang sebagai kota pendidikan sudah tidak diragukan lagi. Di kota dingin ini berdiri perguruan tinggi baik itu negeri maupun swasta yang menawarkan kelebihan dan keunggulan kepada para calon mahasiswa di seluruh Indonesia. Iklim yang sejuk, suasana yang nyaman, biaya hidup yang masih terjangkau merupakan beberapa faktor yang menjadikan Malang sebagai salah satu kota pendidikan favorit. Maka tak heran jika BINUS Jakarta membuka cabang di Malang pada tahun 2016. Lalu apakah pembeda antara BINUS Malang dengan PTN dan PTS yang sudah berdiri sebelumnya?

The Grand Launching of BINUS Malang


binus malang

BINUS Malang mengadakan rangkain acara Grand Launching pada tanggal 23-26 Oktober 2019. Lokasi kampus utama BINUS Malang ini masih sama dengan bridging campus yaitu di Perumahan Araya namun lebih masuk ke dalam. Alamat resminya adalah Green Boulevard No. 1 Araya, Purwodadi, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur. Letaknya cukup jauh sih kalau dari Plaza Araya, kurang lebih jaraknya 5 km.

binus malang

Pertama kali melihat kampus utama BINUS Malang ini saya langsung kagum dan excited melihat design bangunannya. OUT OF THE BOX, itulah ungkapan yang menggambarkan kampus BINUS Malang. Jika di bagian depan tidak ada nama BINUS mungkin orang awam akan mengira itu mall, apartement atau hotel yang berkonsep futuristik. Menurut Rektor Binus Malang, Dr Ir. Boto Situmpang MBP, yang mendesain kampus BINUS Malang adalah arsitek asli Malang, yakni Budiman. Konsepnya terinspirasi oleh bentuk dan desain dari candi-candi yang berada di Malang Raya.



Kekaguman saya semakin bertambah manakala masuk ke dalamnya. Di bagian kanan lobby, saya melihat sebuah ruangan bertuliskan LIBRARY. Sebagai pegawai perpustakaan di salah satu PTN di Malang, saya langsung tertarik untuk melihatnya sebagai bahan perbandingan. Dari segi konsep ruangannya, Perpustakaan BINUS Malang ini kece banget. Ada bagian tangga instagramable di samping kanan meja front office, saya yakin setiap pengunjung yang masuk akan berfoto di tangga tersebut.



Saya pun mulai menjelajahi setiap bagian, mulai dari ruang koleksi di lantai 1 yang terdiri atas koleksi buku, koleksi benda-benda sejarah berupa senjata para pahlawan Indonesia. Lalu terdapat ruangan-ruangan kecil yang dipergunakan untuk belajar bersama, diskusi atau konsultasi dengan dosen. Ruangan multimedia berada di bagian paling ujung dimana para mahasiswa bisa mengakses internet dan koleksi e-book maupun e-journal.



BINUS Malang Mencetak Digital Technopreneur

binus malang

Setiap perguruan tinggi tentunya memiliki sistem pendidikan yang sesuai dengan visi dan misinya. BINUS Malang sendiri memiliki visi dan misi antara lain:
  • Visi
Menjadi Perguruan Tinggi yang unggul dan diakui secara nasional dalam kajian pengembangan dan penerapan teknologi kreatif berbasis kearifan lokal Indonesia khususnya di daerah Jawa Timur dan Indonesia bagian Timur.
  • Misi
Menyelenggarakan program pendidikan yang mampu mengembangkan dan menghasilkan sumber daya manusia yang berpotensi tinggi, kreatif & inovatif, dan berwawasan global, serta mampu memberi nilai tambah tinggi.
Mengembangkan penelitian ilmiah berbasis teknologi kreatif dan kearifan lokal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia khususnya daerah Jawa Timur dan Indonesia bagian Timur.
Memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan sumber daya daerah melalui kegiatan tri dharma perguruan tinggi, dan pengelolaan sistem berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Untuk itulah sistem pendidikan BINUS Malang fokus meningkatkan entrepreneurship dengan pendekatan digital. Itulah kenapa tema besar dari acara The Grand Launching of BINUS Malang ini adalah Digital Technopreneur.


Agar mahasiswa BINUS Malang mendapatkan pengalaman belajar multikampus dan pengalaman professional di luar kampus maka BINUS Malang menerapkan Program 2 + 1 + 1. Jadi selama 2 tahun mahasiswa akan menjalankan perkuliahan di Kampus BINUS Malang, 1 tahun menjalankan perkuliahan di BINUS UNIVERSITY Jakarta trus 1 tahun berikutnya adalah ENRICHMENT untuk menyiapkan mahasiswa menjadi tenaga profesional siap kerja. Wah keren ya programnya jadi mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman belajar yang seru dan tidak membosankan. Duh saya jadi kepengin kuliah lagi neh.

Langkah BINUS Malang untuk fokus pada entrepreneurship dengan pendekatan digital sangat sesuai dengan apa yang sekarang ini kita terjadi. Sekarang ini hampir semua aktivitas manusia sudah beralih dari manual ke digital. Mulai dari naik ojek, pesen makanan, bersihin rumah hingga nyalon semuanya dilakukan lewat aplikasi smartphone.


Untuk semakin memotivasi para calon mahasiswa dan mahasiswa BINUS Malang menjadi digital technopreneur maka dalam event ini diadakan sharing session bersama para digital technopreneur yang sudah sukses. Kalau pas tanggal 24 Oktober 2019 yang menjadi pengisi acara antara lain: Duardi Prihandiko, selaku Vice President Digital Marketing BCA, Adrianus Johan serta Kornelius Samuel dari Go-Jek, Igel Zibriel mewakili Grab, Felix Yuwono Lead Product Manager Tokopedia dan CEO Kompasiana Group, Andy Budiman.



Tak ketinggalan juga sharing dari para alumni BINUS yang sukses dengan karirnya sebagai Technopreneure antara lain: Kieandy Susanto (Co-Owner at PT. Indonesia Global Solusindo (ISGS), Matius Kelvin (Co-Founder at Accelist Lentera Indonesia), Lidya Dameycelina Rias (Founder at Booka.id), Edy Budiman (Founder and CEO Dewaweb), Arifa Tan (CEO PT. IDStar Cipta Teknologi), Muhammad Egha (Co-Founder & CEO at DELUTION ENTERPRISE), Joshua Kevin (Founder Talenta.co), Tyovan Ari Widagdo (Founder Bahaso.com) dan Yassa Singgih (President at Men’s Republic).


Ada garis merah yang bisa saya ambil dari sharing para digital technopreneur di atas yaitu kita harus beradaptasi dan belajar agar tidak ketinggalan apalagi sampai tergerus oleh Era Disrupsi. Revolusi industri 4.0 mendorong terjadinya disrupsi dalam berbagai bidang yang memberikan tantangan dan peluang, termasuk bagi generasi milenial.
Di pekerjaan yang saya geluti, contoh disrupsi sudah mulai terjadi salah satunya untuk melakukan peminjaman buku para mahasiswa sudah bisa melakukannya secara mandiri di komputer yang sudah disediakan bahkan untuk perpanjangan masa pinjam buku bisa dilakukan secara online melalui website dan aplikasi perpustakaan.



Oke Gengs Biru itulah cerita saya saat menghadiri acara The Grand Launching of BINUS Malang. Buat kalian yang saat ini masih duduk di bangku SMA, ayo siapkan diri kalian untuk menempuh pendidikan berbasis digital technopreneur. Jika kalian tertarik untuk mendaftarkan diri di BINUS Malang  dapatkan informasinya melalui media berikut ini:

Website: https://binus.ac.id/malang/
Email : pmbmalang@binus.edu
Phone : 0812 3015 3288
LINE : @BINUS_MALANG
Instagram : @BINUS_MALANG




You May Also Like

4 comments

  1. Perpustakaannya bagus banget ya. Kalau ada coffee shop di sini, udah macam one stop shopping aja sih mahasiswa di sini. Betah pasti, fasilitasnya mumpuni buat belajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di deket kantorku, binus ada foodcourtnya kaya mall mbak :v

      Delete
  2. yawla pengen kuliah lagi yawlaaa

    ReplyDelete
  3. Nyaman banget ya, enak pasti itu kuliahnya, pasti maksimal nyerap ke otak pelajarannya.

    ReplyDelete