PLUS MINUS Belanja Bulanan di Supermarket

by - January 30, 2020


plus minus belanja bulanan di supermarket


Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan oleh orang yang single atau sudah menikah adalah belanja bulanan. Zaman dulu orang biasanya belanja bulanan di warung atau pasar. Namun seiring dengan perkembangan zaman, kini orang mulai beranjak ke supermarket dan minimarket yang kehadirannya semakin menjamur di lingkungan tempat tinggal.

Kalau Keluarga Biru selama ini jujur saja lebih sering belanja bulanan di supermarket. Ada beberapa alasan yang mendorong kami memilih supermarket. Nah kali ini Papa Ihwan mau sharing plus minus (kelebihan dan kekurangan) belanja bulanan di Supermarket.

Kelebihan Belanja di Supermarket


1.       Harga Lebih Murah
Beberapa harga barang di supermarket biasanya lebih murah daripada harga di warung atau pasar. Hal ini bisa terjadi karena supermarket membeli barang langsung ke distributor barang dalam jumlah yang banyak sehingga mereka mendapatkan harga grosir yang jauh lebih murah. Penjual di warung atau pasar tidak memiliki modal yang besar untuk membeli barang dalam jumlah banyak.

2.       Barang Lebih Lengkap



Supermarket memiliki area yang luas sehingga mereka bisa menjual barang dengan jumlah dan varian yang lebih lengkap. Apalagi dengan rak dan display yang menarik membuat pembeli makin senang berbelanja di supermarket. Anda tentu lebih senang berbelanja dengan banyak pilihan bukan?

3.       Stok Hampir Selalu Ada
Sepanjang pengalaman kami berbelanja di supermarket kami sangat jarang tidak mendapatkan barang yang akan kami beli. Supermarket memiliki banyak karyawan dengan job desk yang berbeda-beda, salah satunya adalah mengup-date ketersediaan barang di rak. Karyawan ini biasanya mengecek barang apa saja yang sudah habis. Tidak hanya itu saja, mereka bahkan menata barang dengan serapi dan semenarik mungkin.

4.       Banyak Diskon
Supermarket selalu memiliki program diskon yang ditujukan untuk menarik pembeli. Diskon ini bisa di awal, pertengahan atau akhir bulan, setiap supermarket punya jadwal masing-masing. Selain potongan harga, terkadang supermarket memberikan bonus untuk pembelian barang tertentu.

plus minus belanja bulanan di supermarket


5.       Suasana Nyaman
Kenyamanan memang menjadi point yang sangat diperhatikan oleh supermarket. Pemasangan AC, pengharum ruangan, pencahayaan maksimal dan penataaan rak yang menarik adalah point-point yang tidak mungkin kita dapatkan jika berbelanja di warung atau pasar.




Kekurangan Belanja di Supermarket


1.       Lokasi Jauh
Supermarket biasanya terletak di pusat kota dan berada di dalam mall. Sehingga untuk menuju ke sana kita harus menggunakan alat transportasi pribadi atau publik. Ini tentu saja menambah effort baik itu berupa tenaga, waktu maupun biaya.

2.       Bayar Parkir
Kalau kita menggunakan kendaraan pribadi maka kita harus mengeluarkan lagi biaya untuk parkir. Biaya berkisar antara Rp.3.000 - Rp.4.000 untuk motor dan Rp.5.000 – Rp.10.000. Belum lagi kalau awal bulan biasanya parkiran akan penuh sehingga kita harus bersabar mengantri atau terpaksa parkir di luar supermarket atau mall.

3.       Bikin Lupa Diri

plus minus belanja bulanan di supermarket


Pilihan barang yang banyak dan diskon yang menggoda seringakali membuat kita lupa diri ketika belanja bulanan di supermarket. Kadang karena tergiur diskon kita jadi membeli barang yang sebenarnya tidak begitu kita butuhkan. Oleh karena itu penting sekali untuk membuat catatan dan self control saat belanja bulanan di supermarket.

Oke Gengs Biru, itulah sharing Papa Ihwan tentang kelebihan dan kekurangan belanja bulanan di supermarket. Apakah kalian setuju dengan point-point yang saya sampaikan di atas? Atau malah NGGAK SETUJU?

Nggak apa-apa kok karena setiap orang punya pendapat dan pengalaman yang berbeda bukan? Kalau kalian nggak setuju dan punya pendapat yang berbeda, boleh lho kalian tulis di komentar.



You May Also Like

21 comments

  1. Belanja bulanan di supermarket itu wajib banget buat kami
    Kebutuhan seperti sabun shampo, pasta gigi dan aneka keperluan dapur beli sekaligus di awal bulan. Jadi gak perlu bolak balik ke warung buat beli printilan

    ReplyDelete
  2. Kalo kami, momen belanja bulanan kadang jadi momen main sama anak mas. Menghabiskan waktu bersama. Namun anak udah tau nih.. gak boleh banyak permintaan kalo ngikut mama sama babanya pergi belanja.

    ReplyDelete
  3. Terkadang kalau belanja di supermakret suka kalap. apa-apa yang tidak menjadi prioritas kebeli juga. Tanpa sadar uang ludes dengan cepat.

    ReplyDelete
  4. kalo ke supermarket harus banget bawa list yg mau dibelanjain. Biar ngga lirik2 heuheu

    ReplyDelete
  5. Bagian bikin lupa diri itu bener banget. Hehehe. Makanya saya kalo ke supermarket mesti beberapa hari sebelumnya nyatat keperluan bulanan yg mau dibeli. Di luar itu, tidak ada kompromi. Kekeke. Kadang tergoda beli apalah apalah yg kelihatan bagus di rak, tapi begitu dah dibuka di rumah langsung menyesal abis.

    ReplyDelete
  6. Bikin lupa diri ini nih yang paling menggoda. Rencana beli: sabun cuci baju
    Kenyataan: sabun cuci baju, pita lucu, dekorasi vintage, keset, apel, sajadah :(

    ReplyDelete
  7. kalau saya sendiri dulu suka belanja di supermarket.. namun akhir-akhir ini selalu berusaha belanja di warung tetangga dulu... kalau yang dicari tidak ada, baru ke supermarket.. itung-itung bantu perekonomian tetangga.. :)

    ReplyDelete
  8. Kalau Belanja di supermarket harus fokus sama daftar kebutuhan belanja, biasanya kalau udah liat berbagai macam barang baru jadi lupa diri.

    ReplyDelete
  9. "Bikin Lupa Diri" ini nih yg sering terjadi. Kadang barang yang penting malah nggak kebeli karna mata jelalatan ngeliat barang lainnya

    ReplyDelete
  10. Belanja bulanan di supermarket jadi ajang cuci mata sih buat saya tp dampak buruknya jadi lapar mata sehingga kantong suka jebol hehe..tp supermarket memang mrnawarkan bnyk pilihan ya..

    ReplyDelete
  11. So far sih aku kalo belanja bulanan memang biasanya ke supermarket mba, cuma biasanya biar gak kebablasan aku bikin note apa aja yang harus dibeli. Itu aja kadang masih suka khilaf kalo liat harga promo.

    ReplyDelete
  12. Poin Bikin Lupa Diri
    Bener banget ini ngga usah diriset lagi. Soalnya kadang tuh suka aji mumpung banget. Terutama kalo ada tulisan diskon. Beli sekian dapet sekian. Nah yang kaya gini tadinya ga butuh banget malah jadi butuh sekali.

    ReplyDelete
  13. Kalau belanja besar, say alebih suka ke toko besar, sih, lebih nyaman. Harga juga selisih biasanya karena grosir. Belum lagi kesempatan jajan di food court atau pujaseranya. Wkwkwk

    Semangat, Geng Biru! Ayo belanja lagi! Manfaatin diskon sebaik mungkin.

    ReplyDelete
  14. Dua-duanya suka. Ke Supermarket suka, ke pasar suka juga. Ke Supermarket sering ada diskon. Sekalian jajan. Ke Pasar kalau beli beras dan sayur.

    ReplyDelete
  15. Iya sich ada kelebihan belanja di supermarket..tapi bener ada kekurangannya juga... sepakat suka lupa diri.. trus biaya parkirnya perlu dihitung juga...kalu lama..berasa juga

    ReplyDelete
  16. Bener banget, kalo belanja di supermarket itu yg paling dijaga adalah suka lupa diri dan pernah lebih dari 500k total belanjaannya. Uwow

    ReplyDelete
  17. Wuah kebetulan banget aku baru aja pulang belanja dari mini market. Hampir lupa diri ngambil barang diskon hehe

    ReplyDelete
  18. Saya sangat setuju dengan point lupa dirinya mas, secara seorang wanita kan kalau udah lihat produk kecantikan pengennya semua di borong hehehe

    ReplyDelete
  19. Setujuuu ... tapi memang kalau sudah lihat barang-barang yang lengkap begitu, wanita nggak bisa menahan diri untuk tak mengambil hal-hal yang belum diperlukan. Heheheee ...

    ReplyDelete
  20. Salah satu trik keluarga kami saat hendak belanja di supermarket adalah HARUS ADA LIST BELANJA dan itu dipatuhi. Dahulu kami pergi belanja tanpa list, hasilnya selain kurang belanjaan eh malah kami beli barang2 yang nggak penting. hahaha.

    ReplyDelete
  21. Belanja bulanan di supermarket memang menyenangkan sekali, bisa banyak pilihan dan lebih puas cuci matanya. Tapi kadang nyesek memang yang gak harus dibeli jadi terbeli. Makin boros karena banyak kemauan,ahahha

    ReplyDelete