Monday, November 30, 2020

Cara Mengobati Luka Bakar Sesuai Derajat Keparahannya


cara mengobati luka bakar

Luka bakar bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Anak saya Aiman pernah mengalami luka bakar karena terkena knalpot motor. Ceritanya waktu itu dia salah turun dari motor, seharusnya turun di sebelah kiri namun dia malah turun di sebelah kanan. Akibatnya betis kaki kanan Aiman mengalami lukar bakar, kulitnya sampai melepuh.

Saat itu kami berada di warung makan, akhirnya pertolongan pertama yang kami berikan adalah dengan membasuhnya dengan air dingin. Dengan disiram air dingin, suhu panas pada lukanya diharapkan menurun dan mengurangi rasa terbakarnya. Sesampai di rumah, barulah kami mengobatinya dengan gel luka bakar.

Tergantung dari seberapa parahnya, luka bakar dapat diobati dengan bahan alami dan dapat juga diobati sendiri di rumah. Untuk mengobati luka bakar, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Menggunakan bahan alami ataupun obat apotik. Luka bakar dapat menimbulkan bekas luka yang permanen, oleh karena itu Anda harus berhati-hati dalam mengobatinya.

Namun cara-cara ini juga bergantung pada seberapa parah luka bakar. Untuk menilai seberapa parahnya luka bakar, ada tingkatan luka bakar, serta derajat luka bakar sejumlah 3 tingkat. Mulai dari derajat yang paling ringan tingkat 1, sampai yang paling parah tingkat 3.

Untuk derajat 1, merupakan derajat luka bakar ringan, dimana kulit yang terbakar hanyalah kulit lapisan yang paling luarnya saja. Derajat ini tidak memerlukan pengobatan dan dapat sembuh dengan sendiri nya.

Lalu derajat 2 adalah luka bakar dimana bagian yang terbakar sampai menembus ke lapisan kulit yang lebih dalam. Pada derajat ini disarankan untuk mencari pengobatan karena terasa sakit, lecet dan melepuh. Lalu luka bakar derajat 3, dimana seluruh lapisan kulit terbakar, bahkan sampai hangus. Derajat ini pilihan utama pengobatan adalah dengan melakukan bedah. Berikut dibawah ini merupakan berbagai pilihan untuk cara pengobatan luka bakar yang sesuai dengan masing-masing derajatnya, serta alternatif seperti pengobatan alami, dan juga penanganan pertama pada luka bakar.

Pengobatan Luka Bakar Secara Derajat Serta Pilihan Pengobatan Terbaik

 

cara mengobati luka bakar

Untuk cara mengobati luka bakar derajat 1, biasanya disebabkan oleh sengatan sinar matahari (sunburn). Luka bakar ini memang menimbulkan rasa sakit, dan tidak nyaman, namun dapat sembuh dengan sendirinya tanpa diperlukannya obat-obatan ataupun penanganan medis.

Jika merasa tidak nyaman, maka obat seperti antiinflamasi, kompres air dingin, serta gel lidah buaya dapat membantu mengobati luka bakar derajat 1. Namun perlu anda ketahui, jika bagian tubuh yang terkena luka bakar terbilang cukup besar, maka penanganan medis mungkin akan diperlukan.

Untuk luka bakar derajat 2, anda mungkin akan memerlukan pengobatan. Untuk luka bakar derajat ini, akan timbul rasa sakit, lecet, melepuh dan bila tidak ditangani dapat membekas. Untuk pengobatan luka bakar derajat 2, ada beberapa pilihan obat yang bisa anda gunakan seperti berikut ini:

1.   Air Dingin lalu Kompres dengan Es

Untuk penanganan pertama pada luka bakar, anda bisa membasuh luka bakar tersebut dengan air dingin, namun jangan membasuhnya dengan air es. Basuh dengan air dingin sampai lukanya terasa tidak perih lagi.

 

Untuk mengobati luka bakarnya, anda perlu mengkompres lukanya dengan es. Anda bisa menggunakan plastik es, atau bisa juga menggunakan es yang dibungkus dengan handuk. Kompres paling tidak 5-15 menit setiap kali luka mulai terasa sakit.

 

2.   Lidah Buaya

Lidah buaya (Aloe Vera) adalah tanaman yang memiliki segudang khasiat. Tanaman yang satu ini juga dapat anda gunakan untuk meredakan rasa sakit pada luka bakar, dan mengobatinya. Manfaat Lidah buaya adalahsebagaianti inflamasi, antibakteri, antioksidan, dan melembabkan kulit untuk membantu pengobatan luka bakar.

 

Untuk mengobati luka bakar, anda bisa langsung memotong lidah buaya, dan mengoles daging lidah buaya ke luka bakarJika luka bakar baru, pastikan anda membasuh dengan air sejuk dahulu untuk membasuh kotoran pada luka, lalu gunakan lidah buaya segar pada luka bakar tersebut. Jika anda tidak memiliki tanaman lidah buaya, anda juga bisa membeli gel lidah buaya.

 

3.   Salep Obat Luka Bakar

Jika anda membutuhkan obat secara cepat, dan tidak dapat menemukan obat alami seperti lidah buaya atau madu, anda bisa menggunakan obat apotik untuk luka bakar, ada beberapa salep yang bisa anda beli di apotik seperti salep bacitracin, salep anti inflamasi, salep mafenide acetate, dan juga salep lidah buaya.

 

Jika luka bakar terasa nyeri, anda juga bisa menggunakan obat pereda nyeri seperti ibuprofen. Hati-hati menangani luka bakar, karena luka bakar tergantung dari derajat parahnya cukup lama untuk sembuh. Bersihkan secara berkala, gunakan salep obat luka bakar secara rutin, jangan pecahkan gelembung pada luka, dan jika luka bakar semakin lama sembuh dan terasa nyeri terus menerus maka hubungi dokter.

 

Lalu untuk cara mengobati luka bakar3, maka diperlukan penanganan medis serius seperti bedah dan operasi. Luka bakar tingkat ini cukup serius, karena luka bakar telah membakar lapisan kulit yang paling dalam, sehingga diperlukan adanya bedah untuk mengangkat jaringan yang rusak.

Luka bakar derajat 3 ini cukup serius, terutama jika bagian yang terbakar sangatlah besar. Luka bakar derajat ini jika tidak ditangani dengan cepat dapat berakibat fatal, maka dari itu segera lakukan penanganan pertama, dan berikan penanganan medis secepatnya.


12 comments:

  1. Jadi nggak salah juga ya antisipasi kalau di rumah sedia p3k dalam bentuk salep luka bakar atau gel lidah buaya. Sedangkan kalau yang sering bepergian naik motor juga tentunya nggak kalah penting nih, namun utamanya tentu saja pertolongan pertama dengan mengaliri air bersih ya

    ReplyDelete
  2. Kapan hari tanganku juga melepuh, menggelembung (isi nanah) gegara kena wajan panas. Aduhaii rasanya nyossss

    Makasi tips-nya yak. Sejauh ini aku pakai salep sih buat ngobatin luka bakar.

    ReplyDelete
  3. Makasih infonya Kak, sampai sekarang masih banyak yang salah ngobatin luka bakar neh, masih ada yang pakai odol atau kecap hehe

    ReplyDelete
  4. Aku paling sering pake air dingin sih, cuma bukan air es. Semoga keluarga kita terlindungi dari luka bakar ya. Dan penanganannya selalu siap

    ReplyDelete
  5. wah, aku punya gel lidah buaya nih, bisa jadi pertolongan pertama kalo kena luka bakar yak, terima kasih tipsnya berguna banget buat aku.

    ReplyDelete
  6. penanganan luka bakar ini kudu serius dan dipahami ya kak, untuk derajat tertentu masih bisa diatasi sendiri tapi untuk yang agak parah kudu banget penanganan sang ahli

    ReplyDelete
  7. Saya pernah mengalami luka bakar derajat 2, kena minyak panas saat sedang memasak. Waktu itu kaki langsung dikasih disiram air mengalir dalam waktu cukup lama. Abis itu diolesi minyak kelapa. Ternyata ada bekasnya, saya pakai salep yg bisa ngilangin bekas luka. Alhamdulillah bekas luka hilang tanpa bekas.

    ReplyDelete
  8. Anakku juga pernah kena knalpot.
    Dan parahnya waktu itu aku gak paham penanganannya. Jadi aku parutin tomat, terus aku kompresin.
    heuehuu~

    Alhamdulillahnya, bekasnya kini memudar.

    ReplyDelete
  9. Aku pernah ngangkat panci dengan dua tangan yang baru mendidih
    lha yang masak mas suami wkwkw, jadilah kulitku kebakar. Untungnya aku ada mebo mederma, sembuh Pap

    ReplyDelete
  10. Iya tuh, kalo kata orang pas kena luka bakar langsung oles pasta gigi, entah benar atau gak sih, tapi kayaknya kompres dengan lidah buaya bisa jadi solusi kalo gak ada air deh.

    ReplyDelete
  11. Kalo pengalaman saya peribadi sih, begitu kena luka bakar, langsung rendam di air dingin, dulu saya pernah kena knalpot panas di bagian kaki, saya langsung ke kamar mandi dan rendam kaki full di dalam bak besar/ember berisi air dingin biasa selama beberapa menit, setelah terasa dingin baru saya angkat. Ternyata hasilnya oke banget, perih dan sakitnya ilang dan kulit kembali normal kayak biasa. Dari sana saya simpulkan, begtiu kena langsung rendam dalam bak, jangan cuma olesin cairan sedikit, karna kurang cepat turunin panasnya.

    ReplyDelete
  12. Kalau aku mengalami luka bakar mengupayakan dengan bahan-bahan herbal. Soalnya kalo luka bakar takutnya berbekas.

    ReplyDelete