Sunday, December 20, 2020

Smart Life with BARDI

 

smart life with bardi

“Ma, remote TV-nya dimana?” tanya saya pada Mama Ivon di suatu malam ketika saya ingin mengganti saluran TV.

“Ya di tempat remote-lah.”

“Nggak ada, sudah aku cari tadi.”

“Hmm, pasti dibuat mainan sama Aira.”

Akhirnya saya pun terpaksa menggunakan tombol di belakang layar TV untuk menggantikan fungsi remote. Kalau saya mencari remote pasti lama karena Aira suka ngumpetin barang-barang di rumah di tempat yang tidak terduga.

Kejadian seperti ini cukup sering terjadi, kalau bukan remote TV, gantian remote kipas angin dan barang-barang lainnya. Teman-teman bagaimana? Pasti juga pernah mengalami hal serupa, keusulitan mencari remote entah karena diumpetin anak-anak atau lupa menaruh dimana.

 

Memiliki anak aktif memang ada plus minusnya. Plusnya, anak aktif itu pertanda mereka tumbuh dengan sehat dan bahagia. Minusnya ada saja tingkah laku mereka yang bikin kami geleng-geleng kepala. Salah satunya seperti cerita di atas.

Sebagai orang tua kami tentu harus memberikan pengawasan yang ekstra pada dua anak kami: Aiman Aira, terutama agar mereka tidak sampai melakukan hal-hal yang membahayakan diri mereka. Misalnya saja bercanda sambil dorong-dorongan atau lompat-lompatan dari atas kursi.

Tapi kami juga tidak mungkin mengawasi mereka sepanjang hari, terutama Mama Ivon yang berada di rumah. Dia harus melakukan pekerjaan domestik misalnya memasak, mencuci pakaian dan membersihkan rumah. Sementara saya harus bekerja, baru bisa membantu mengawasi anak-anak setelah pulang kerja di sore hari.

Pernah sih kepikiran mau pasang CCTV di rumah, selain untuk mengawasi tingkah laku mereka kami juga membutuhkan pengawasan rumah ketika kami travelling atau mudik ke Blitar. Kebetulan kami punya agenda mudik minimal sebulan sekali. Selama ini kami meminta tolong pada Bulek untuk mengawasi dan menengok kondisi rumah selama kami berada di Blitar. Tapi setelah melihat harga CCTV di pasaran, saya langsung mundur alon-alon deh.

 

Impian Memiliki Smart Home

 

bardi smart home

Saya pernah mengunjungi pameran properti atau perumahan di salah satu mall di Malang. Beberapa dari pengembang properti menawarkan konsep smart home pada properti yang dijual. Smart Home adalah sistem pengelolaan dan pengaturan rumah yang diintegrasikan dengan teknologi yang canggih. Dengan smart home kita bisa mengontrol beberapa atau semua aspek hunian hanya menggunakan smartphone.

Aspek hunian yang bisa diatur melalui smart home bisa bervariasi antara lain pengaturan cahaya, pengaturan suhu ruangan, pengaturan fasilitas hiburan dan pengaturan berbagai perabot rumah lainnya. Smart home juga bisa diterapkan dalam pengawasan dan keamanan di rumah.

Ada beberapa kelebihan jika rumah kita menerapkan sistem smart home antara lain: memudahkan pengaturan, lebih efisien dan hemat energi, kenyamanan dan keamanan tingkat tinggi bagi para penghuninya. Misalnya saja kita bisa menghidupkan penerangan di rumah dari jarak jauh, kita bisa mengunci rumah melalui ponsel dan lain-lain.

Namun sayangnya untuk menerapkan smart home membutuhkan biaya yang tidak sedikit, mulai dari pembelian peralatan hingga sistem otomasi. Itulah sebabnya mengapa konsep smart home identik dengan hunian mewah bagi para sultan.

Lalu bagaimana dengan kami yang kelas menengah, apakah tidak bisa menerapkan sistem smart home?

Nggak usah galau apalagi sampai ngutang agar bisa beli produk smart home yang mahal karena kini telah hadir Bardi. Bardi merupakan produsen barang-barang elektronik berteknologi canggih yang mendukung konsep smart home bagi keluarga Indonesia. Produk-produk Bardi cukup beragam dengan harga yang terjangkau bagi kalangan menengah.

bardi smart home

Karena penasaran, akhirnya saya pun membeli tiga produk Bardi yang saya butuhkan untuk memecahkan masalah yang saya hadapi di atas. Sebenarnya sih saya hanya membutuhkan Bardi Static IP Camera dan Bardi IR Remote. Tapi kemudian saya tertarik dengan Bardi LED Smart Light Bulb, ya sudah akhirnya beli juga.

Oke mari kita coba satu per satu produk dari Bardi Smart Life ini.

 

Bardi Static IP Camera

 

bardi ip camera

Saya paling excited mencoba Bardi Static IP Camera ini karena saya bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan CCTV namun dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Ada beberapa keunggulan Bardi Static IP Camera yang membuatnya laris manis di pasaran Indonesia antara lain:

  1. Ukurannya kecil dan bentuknya imut sehingga tidak membutuhkan space yang luas untuk pemasangannya.
  2. Mampu mendeteksi suara dan gerakan. Selain itu juga akan otomatis berubah menjadi night vision bila cahaya berkurang.
  3. Memiliki mic dan speaker sehingga kita bisa berkomunikasi 2 arah
  4. Kualitas gambar 1080p yang dapat disesuaikan jadi 720p dalam kondisi sinyal lemah maupun untuk menghemat data tersimpan. Gambarpun bisa di-zoom.
  5. Dilengkapi slot micro SD dengan kapasitas penyimpanan hingga 128GB.
  6. Dapat dipantau dari mana saja dan kapan saja selama ada internet. Selain itu juga bisa dipantau banyak user sekaligus dari smartphone yang berbeda.
  7. Kita bisa meng-otomasi dengan perangkat Bardi lainnya, seperti menyalakan lampu Bardi bila ada gerakan terdeteksi pada Bardi IP Camera.

 

cara pemasangan bardi ip camera

Cara pemasangan Bardi Static IP Camera sangat mudah, kita tinggal mengikuti instruksi yang ada di buku panduan.

  1. Unduh aplikasi Bardi Smart Life di Playstore
  2. Registrasi akun dengan cara memasukkan email
  3. Tambahkan perangkat, pilih IP Camera Indoor Static
  4. Hidupkan perangkat. Gunakan kamera untuk scan QR Code di smartphone dan ketika kamera mengeluarkan suara “dong dong dong” tekan tombol “Heard the Beep” dan menunggu konfigurasi selesai kisaran 30 detik.
  5. Kita tinggal mengontrol perangkat sesuai dengan apa yang kita inginkan.

cara pemasangan bardi ip camera

Jika kita ingin Bardi Static IP Camera merekam gambar kita tinggal pilh icon handycam, jika ingin mengambil gambar pilih icon camera (screen shoot), mau bicara tekan icon mic. Ada juga fitur playback, alarm dan cloud storage untuk kapasitas penyimpanan lebih besar.

hasil foto bardi ip camera

hasil foto bardi ip camera

Menurut saya kualitas video yang dihasilkan oleh Bardi Static IP Camera ini cukup bagus dan jelas, meskipun di tempat gelap gambar masih terlihat karena ada sensor Infra Red di kameranya. Fitur mic dan speaker yang dimiliki Bardi Static IP Camera ini unik karena kita bisa berkomunikasi dengan anggota keluarga di rumah. Misalnya anak-anak lagi ramai atau melakukan sesuatu yang mungkin berbahaya bagi mereka, kita bisa langsung menegur.


Kan ada HP? Anak-anak masih kecil jadi belum memiliki HP sendiri sementara kalau memberitahu Mama, ada delay waktu atau malah tidak terbaca karena dia sedang masak atau mencuci pakaian sehingga tidak membawa HP.

 

Bardi Smart IR Remote

 

bardi smart ir remote

Lanjut ke perangkat smart home kedua dari Bardi yaitu Smart IR Remote. Dengan remote cerdas ini kita bisa mengatur berbagai macam perangkat elektronik yang ada di rumah seperti TV, AC, DVD, kulkas dan semua barang-barang elektronik yang menggunakan infrared dalam penggunaannya.

Bentuk boleh imut-imut seperti tempat bedak namun remote Bardi yang cerdas ini benar-benar bisa diandalkan saat remote perangkat elektronik kita hilang. Bahkan ketika kita masih di luar rumah, kita bisa menghidupkan perangkat elektronik di rumah. Misalnya kita bisa menghidupkan AC sehingga ketika kita sampai di rumah, udara di rumah sudah segar dan sejuk.

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Bardi Smart IR Remote antara lain:

  1. Berfungsi untuk mengganti remote AC, TV, DVD Player, dan lainnya
  2. Kita bisa menyalakan dan mematikan perangkat elektronik di rumah melalui aplikasi di HP
  3. Kompatibel dengan Amazon Alexa dan Google Home (Google Assistant)
  4. Bisa terhubung ke HP Android dan iPhone melalui WiFi
  5. Jangkauan infrared hingga 12 meter

 

cara pemasangan bardi smart ir remote

Pemasangan Bardi Smart IR Remote sangat mudah, kurang lebih sama dengan pemasangan Bardi Static IP Camera. Karena saya sudah menginstall aplikasi Bardi Smart Life maka saya lewatkan langkah 1 dan 2. Saya langsung ke langkah ke-3:

  1. Tambah perangkat di aplikasi Bardi, pilih Bardi Smart IR Remote
  2. Hidupkan perangkat, ketika perangkat menyala tekan tombol reset (ada di bagian bawah) selama 5 detik hingga lampu indikator yang berwarna biru berkedip cepat.
  3. Pilih perangkat elektronik yang akan kita atur. Pada percobaan pertama saya memilih TV.
  4. Lalu lanjutkan dengan memilih merek TV, ada banyak brand yang tersedia. Kita tinggal ketikkan saja di kotak pencarian.
  5. Setelah itu tampilan layar HP kita akan berubah seperti halnya tombol-tombol di remote TV.

 

cara pemasangan bardi smart ir remote

Bardi Smart IR Remote sudah siap dipergunakan. Saya pun langsung mencobanya, saya bisa menghidupkan-mematikan TV melalui HP. Terus juga mengganti channel TV, menaikkan dan menurunkan volume TV.

 

Bardi LED Smart Light Bulb

 

bardi smart light bulb

Ini dia perangkat yang disenangi anak-anak karena saat membeli Bardi LED Smart Light Bulb saya bilang pada mereka kalau lampu ini bisa jadi lampu disko. Bardi LED Smart Light Bulb diciptakan agar kita bisa mengubah suasana rumah dengan pengaturan tingkat keterangan dan warnanya. Untuk memudahkan kita mengatur suasana, Bardi Smart Bulb bisa menyala dalam 2 pengaturan cahaya, yaitu Warm White (2700 - 6500K) dan warna warni RGB.

Beberapa kelebihan yang dimiliki Bardi LED Smart Light Bulb antara lain:

  1. Membantu kita mengubah suasana rumah secara instan melalui aplikasi Bardi
  2. Lampu dapat diredupkan dan dihubungkan ke alarm supaya menyala terang saat malam
  3. Warna dan kecerahan lampu bisa dikontrol melalui WiFi
  4. Bisa digunakan bersama Google Home, Amazon Alexa dan Siri


cara pemasangan bardi smart light


Oke sekarang saya akan tunjukkan bagaimana pemasangan Bardi LED Smart Light Bulb ini. Pastikan bahwa aplikasi Bardi Smart Life sudah terpasang di HP.

  1. Tambahkan perangkat Bardi LED Smart Light Bulb, pilih yang 9W-RGBWW.
  2. Hidupkan lampu, tekan sakelar lampu on dan off sebanyak 5 kali hingga bola lampu pintar berkedip cepat.
  3. Bardi LED Smart Light Bulb sudah siap untuk diatur melalui aplikasi.

 

4 menu bardi smart light bulb

Lampu ini memiliki kecerahan maksimal di 810 lumens dan bisa diredupkan hingga 90 lumens, kombinasi warna RGB hingga 16 juta warna dan gradasi putih dari 2700k (warm white) hingga 6500k (cool white). Ada 4 menu utama dalam pengaturan Bardi LED Smart Light Bulb antara lain: White, Colour, Scene dan Music.

 


White untuk mengatur tingkat kecerahan lampu, mulai dari putih terang layaknya lampu LED hingga kuning seperti bohlam lampu pijar. Boleh dibilang tingkat kecerahan lampu Bardi ini lebih terang bila dibandingkan dengan lampu 9W pada umumnya.

Bagian colour memungkin kita mengubah warna lampu dengan berbagai warna. Mulai dari warna primer seperti merah, kuning dan biru hingga perpaduan dari ketiga warna tersebut. Di sini kita bisa memberikan edukasi pada anak tentang aneka macam warna.

bardi smart light bulb

Pada menu scene, kita tidak usah bingung mengatur tingkat kecerahan lampu untuk beberapa aktivitas. Ada beberapa pengaturan antara lain: malam hari, membaca, bekerja, santai dll.

Menu terakhir yang paling disukai anak-anak yaitu music. Sesuai namanya maka lampu akan berubah warna dan intensitas kedipannya mengikuti suara yang terdengar di dekatnya. Anak-anak langsung deh goyang-goyang berasa kayak lagi disko.


bardi smart home

Bagaimana Gengs Biru, cerdas dan canggih bukan produk-produk dari Bardi Smart Home di atas? Keberadaan perangkat cerdas ini semakin memudahkan kita dalam melakukan beberapa hal mulai dari menghidupkan dan mematikan perangkat lewat aplikasi, melakukan pengawasan dan pengontrolan meskipun sedang berada di luar rumah hingga fungsi edukasi untuk anak-anak.

Jika kalian tertarik dan ingin membeli produk-produk Bardi, langsung saja deh meluncur ke Bardi Smart Home. Anda juga bisa melihat video unboxing dan cara setting perangkat Bardi yang saya ulas di channel KeluargaBiru.

 

14 comments:

  1. Aku juga terpukauu banget dgn segala kecanggihan yg dipersembahkan BARDI ini.
    Keren khanmaeennn!
    Dan aku berasa lagi ada di penthouse mevvah milik Han Ji Pyeong (drakor START UP) wkwkwk
    Karena dese kan punya perangkat Artificial Intelegence yg cihuyyy
    BARDI juga AI yg tsakepp buangettt! Brand Indonesia pulaaaa. KECE!

    ReplyDelete
  2. Aku juga sudah nyobain ke tiga alatnya dan sudah direview juga sih. memang jadi peralatan wajib bagi rumah yang modern. semuanya bisa diatur lewat smartphone

    ReplyDelete
  3. Semuanya canggih-canggih dan mewujudkan smart home ya, paling suka lampunya itu loh bisa dicustom warna, cocok banget buat anak sekarang yang sukanya estetik-estetik di ruangan gitu loh, jadi hanya butuh satu lampu saja untuk banyak warna

    ReplyDelete
  4. Aku sdh pernah dengar kualitas bardi. Waktu nyari cctv. Tpi lum ksampaian krn ga jadi beli. Rekomend merk Bardi.

    ReplyDelete
  5. Enak ya kita hidup di era digital, mau apa2 aja ada inovasinya. Dan ini termasuk yang terupdate nih. Kekinian banget

    ReplyDelete
  6. Wah boleh juga Bardi Smart Home ini. Kalau punya anak kecil, cocok dipakai buat bantu pengawasan mereka. Bisa dicoba nanti

    ReplyDelete
  7. wakakak yang namanya remote nyelip emang ngeselin
    Asalkan remotenya Bardi gak ikut nyelip aja hehe
    Aku paling suka produk lampunya krn mudah sekali diatur cahaya dan tingkayt keterangannya :D

    ReplyDelete
  8. Wah rumahnya jadi smart deh dengan adanya bardi, pengen juga cobain lampunya kayaknya seru nih, bisa sekalian main sama anak-anak kalau bosan

    ReplyDelete
  9. Jernih juga yaa...kualitas video Bardi.
    Bisa bikin konten youtube yang menarik banget dengan Bardi.
    Anak-anak pun jadi semakin happy.

    ReplyDelete
  10. Hahaha.. masa sih mau beli produk smart home mesti ngutang dulu? Ya Allah ngakak. Untung ada Bardi ya yang harganya terjangkau dengan kualitas yang bagus.
    Oh iya remotenya jangan ketuker sama bedaknya mama Ivon ya.. hihihi.. beda fungsi. Remote pintar Bardi pasti lebih pintar buat ngontrol tivi dll 😀

    ReplyDelete
  11. Asik ya, dengan menggunakan Bardi kita bisa punya smart home. Sehingga kita bisa lebih mudah melakukan pengaturan, lebih efisien dan hemat energi, kenyamanan dan keamanan tingkat tinggi

    ReplyDelete
  12. Asyik dan seru banget ya Mas pakai Bardi, ini jadi beli beberapa lampu plus nambah IP Camera, selain murah smart banget cara pakainya

    ReplyDelete
  13. lihat lampunya bisa ganti2 warnanya aku jatuh hati, asik banget enggak perlu beli lampu tidur atau lampu belajar, cukup satu lampu untuk semua. hahha asik kaan liatnyaa
    wah seru banget pastinya, hihihihi

    ReplyDelete
  14. Kayaknya seru juga nih kalau pakai lampu bisa gonta-ganti warna gitu. Bisa RGB, udah macam laptop atau PC gaming aja :D

    ReplyDelete