Sunday, January 24, 2021

Bikin Brownies Nikmat Pakai Kental Manis

 

Brownies Nikmat Pakai Kental Manis

Siapa yang tidak tahu brownies? Kue coklat bantat asal Amerika Serikat ini ternyata bisa dibuat dengan kental manis, lho. Brownies saat ini telah menjadi salah satu jenis kue basah kesukaan banyak orang. Baik itu brownies kukus simple maupun brownies kukus premium dengan citarasa dark chocolate yang lezat dan menggugah selera. Nggak heran ya kalau brownies sudah banyak dijual secara online karena sudah memiliki banyak peminat serta fans sendiri.

Brownies biasanya memiliki dua macam cara untuk dibuat, yaitu dikukus maupun dipanggang. Namun, keduanya memang memiliki cita rasa yang berbeda juga lho. Brownies kukus memang memiliki citarasa yang lebih lembut dan sedikit basah sehingga tidak bikin seret saat dimakan. Sedangkan kalau brownies panggang yang diolah dengan oven memiliki tekstur yang lebih garing karena tampilannya yang kering.

Untuk menambah citarasa brownies, kamu bisa membuatnya dengan kreasi toping pilihan seperti kacang mete, almond, keju, selai dan buah stroberi. Bahan utama yang digunakan untuk membuat brownies ini akan sangat berpengaruh pada citarasa yang dihasilkan.

Selain itu, untuk menambah citarasa pada setiap potongan dari brownies tersebut, kamu bisa banget menambahkan toping kental manis ataupun selai di tengah-tengah kue brownies. Kamu bisa memilih kreasi selai seperti stroberi, nanas, blueberry, cokelat, kacang, apel dan lainnya. Kue brownies pada dasarnya memiliki rasa cokelat sehingga mudah dikreasikan dengan apa saja. Dan rasanya pun tetap nikmat dan menggoda.

Brownies khususnya menggunakan kental manis juga menjadi pilihan camilan dari kebanyakan orang yang menyukai rasa cokelat yang padat. Yuk, intip gimana cara membuatnya!

Resep Brownies dengan Kental Manis

susu kental manis


Berencana membuat brownies untuk camilan kamu di sore hari? Kamu bisa membuatnya dengan cara mudah untuk mendapatkan brownies coklat super kenyal, fudgy, dengan bahan dasar kental manis. Yuk, simak resepnya!

Bahan:

     770gr kental manis

     220gr mentega

     90gr gula merah

     2 sdt Ekstrak Vanilla

     47,5gr cangkir kakao

     240gr Tepung Serba Guna

     1 1/2 sdt Baking Powder

     135gr White Chocolate Chips

Prediksi persiapan: 10 menit

Waktu pembuatan: 30 menit

Total waktu pembuatan: 40 menit

 

Cara membuatnya:

  1. Panaskan oven dengan suhu 180°C (350 ° F) dan lapisi loyang berukuran 9 "x 13" dengan kertas roti dan sisihkan.
  2. Dalam panci berukuran sedang, lelehkan mentega dan kental manis. Setelah meleleh angkat dan aduk gula merah dan ekstrak vanili.
  3. Aduk kakao, tepung, dan baking powder, lalu aduk melalui white chocolate chip. Tuang ke dalam loyang yang sudah disiapkan.
  4. Panggang selama sekitar 30 menit atau hingga sisi-sisinya mengeras dan bagian tengahnya bergoyang sedikit.
  5. Sajikan hangat atau taruh di lemari es agar menjadi sangat kenyal!

 

Agar kreasi makananmu akan semakin lezat, pastikan kamu menggunakan kental manis di dalam bahan makananmu atau dijadikan sebagai topping di atasnya, ya. 

Tips Brownies Anti Gagal

Meskipun sudah mengikuti resep, ternyata membuat brownies memang cukup challenging, lho. Terkadang bisa saja brownies yang kamu buat menjadi bantet, ataupun tidak sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu, simak beberapa tips agar brownies mu tetap nikmat dan lezat, ya.

1.   Gunakan cokelat dalam suhu ruang

Setelah kamu melelehkan cokelat dalam takaran yang sesuai, usahakan jangan langsung menambahkan cokelat ke dalam adonan. Kamu harus menunggu hingga cokelat sesuai dengan suhu pada ruangan. Jika tidak, telur yang kamu gunakan akan matang dan akan membuat coklat hangus ketika adonan dipanggang.

2.   Pilih loyang sesuai adonan juga kebutuhanmu

Tidak hanya pemilihan resep dan coklat yang benar, pemilihan loyang pun juga harus kamu perhatikan. Loyang yang kamu gunakan saat memanggang bisa mempengaruhi ketebalan dan tekstur brownies. Jika loyang yang digunakan ternyata kebesaran, brownies akan menjadi tipis, keras, dan menjadi overcooked. Sedangkan jika loyang kekecilan, kamu juga akan mendapatkan brownies yang tebal dan tidak matang menyeluruh. Jadi semuanya tetap harus dalam porsi yang pas, ya.

3.   Panggang brownies selama 30-40 menit

Waktu untuk memanggang brownies tenyata tidak boleh terlalu lama ataupun terlalu sebentar, perhatikan baik-baik pada resep, dan ikuti waktunya. Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk memanggang brownies adalah sekitar 30-40 menit. Gunakan timer dapat membantu kamu untuk mengatur waktu memanggang dengan tepat. Hindari menentukkan kematangan dengan tusuk gigi, karena kamu justru malah akan mendapatkan brownies yang terlalu matang.

Pastikan kamu menerapkan 3 tips di atas agar browniesmu terasa semakin lezat. Oh iya, setelah membahas resep dan tips membuat brownies, yuk cari tahu apa saja manfaat jika kamu memakan brownies.

Brownies sebagai Moodbooster

Kita semua setuju, coklat mampu membangkitkan rasa mood. Begitu juga dengan mengasup makanan olahan berbahan dasar coklat. Bila kamu menjadikan brownies coklat sebagai camilan, harimu bisa terasa lebih bersemangat. Berikut manfaat menyantap brownies yang kamu perlu tahu.

Harga yang murah

Brownies merupakan salah satu bahan makanan yang banyak tersedia di pasaran. Namun jika kamu ingin membuatnya sendiri pun, membeli bahan bahan untuk membuat brownies juga tidak sulit dengan harga yang terjangkau, lho.

Mengurangi Tingkat Stres

Manfaat lain dari mengonsumsi brownies adalah menurunkan tingkat stres dan kecemasan setelah memakannya. Boleh dibilang, brownies adalah makanan favorit banyak orang karena memberi kenyamanan pada pikiran kita setelah kita menggunakannya.

Ada anggapan makanan yang dipanggang merupakan sumber kebahagiaan bagi semua manusia karena rasanya yang lezat. Nah, brownies menjadi salah satunya.

 

Kelebihan Kental Manis untuk Camilan

Selain rasanya yang nikmat untuk campuran makanan, kental manis juga memiliki banyak kelebihan, lho. Memangnya apa saja, sih? Simak penjelasan berikut, ya!

1. Memiliki umur simpan yang lama

Dibandingkan beberapa jenis susu lainnya, bahan makanan yang satu ini dikenal memiliki umur simpan yang cukup lama. Kental manis dikemas dalam kemasan yang kuat dan aman sehingga cocok digunakan untuk bahan makanan yang serbaguna.

2. Bisa untuk campuran masakan asin

Nggak cuma untuk masakan manis saja, di beberapa negara seperti Amerika Latin dan negara Asia, kental manis juga dimanfaatkan untuk campuran masakan asin. Seperti contoh di Indonesia digunakan untuk campuran masakan Soto Betawi. Rasa yang dihasilkan pun terasa lebih nikmat dan kuahnya lebih kuat rasanya. Bisa kamu coba nih di rumah.

3. Penguat rasa bumbu

Manfaat kental manis awalnya hanya untuk konsumsi susu biasa. Namun, seiring berjalannya waktu, bahan penambah cita rasa ini terus berkembang dan inovatif dalam menyajikan varian rasa. Selain itu, susu kental manis juga berguna untuk mengeluarkan rasa dari bumbu-bumbu racikan yang dipakai dalam sup, rendang, dan sate. Kental manis juga bisa memberikan rasa yang seimbang sehingga masakan jadi lebih gurih dan rasanya pas.

Tak ada salahnya juga mencoba resep lainnya untuk kamu kreasikan di rumah. Selamat mencoba, ya!

No comments:

Post a Comment