Keluarga Biru

Featured Post

Berumur Panjang Demi Keluarga Tercinta - My Healthiness My Precious Moment

Di keluarga besar saya, umur para pria mayoritas lebih pendek bila dibandingkan dengan umur para wanita. Sejak lahir saya tidak...

Laman

Cara Meningkatkan Trafik Blog dengan Social Bookmark

Keluarga Biru         19 comments
Cara Meningkatkan Trafik Blog


Kebahagiaan terbesar bagi seorang blogger adalah ketika blognya banyak dikunjungi oleh para netter. Rasanya semua jerih payah kita untuk menghasilkan tulisan tersebut terbayar lunas! Kebahagiaan saat artikel kita dibaca oleh banyak orang itu tidak bisa dinilai dengan uang. Nah kali ini Keluarga Biru akan sharing bagaimana cara meningkatkan trafik blog dengan social bookmark.

Sebelumnya mari kita bahas apa itu social bookmark. Social bookmark adalah sebuah situs tempat kita bisa menyimpan, mengelola dan berbagi alamat situs yang dianggap penting. Seiring dengan berjalannya waktu, social bookmark banyak dimanfaatkan oleh para blogger untuk meningkatkan trafik blognya.
Saya sendiri pertama kali mengetahui manfaat dari social bookmark ini dari seorang blogger yang nama blognya tersimpan di history browser tab. Berawal dari situ saya kemudian mencoba mengirimkan url artikel blog saya ke social bookmark yang direkomendasikan blogger tersebut yaitu vivalog. Percobaan pertama saya tidak berhasil, demikian juga yang kedua. Kendala yang saya alami saat itu adalah saya tidak bisa mengirimkan foto yang sesuai dengan format yang diinginkan. Dari situ saya jadi pesimis dan tidak berharap banyak akan lolos.
Lalu suatu ketika saya coba bertanya kepada Mbak Rien dan Dee tentang vivalog ini setelah melihat mereka memasang i-frame milik vivalog juga. Testimoni mereka benar-benar bikin ngiler karena menurut pengalaman mereka trafik blog melonjak drastis saat artikel mereka dimuat di vivalog. Saya yang sudah pesimis jadi bersemangat kembali. Dari Dee saya menemukan kesalahan yang membuat artikel saya tidak lolos.
Saya kemudian mencoba mengirim ulang artikel tentang wisata Keluarga Biru di Kampung Coklat, Blitar. Dan yess, tak lama setelah saya mengirimkannya saya mendapatkan email cinta dari admin vivalog yang mengabarkan jika artikel saya dimuat. Rasanya senaaang sekali, apalagi ketika melihat trafik blog yang mulai melonjak secara signifikan. Di widget feedjit yang saya pasang terlihat pengunjung-pengunjung baru di artikel Kampung Coklat yang berasal dari berbagai macam kota di Indonesia.
Keberhasilan saya lolos di vivalog membuat saya ketagihan. Saya melihat kebanyakan blogger yang artikelnya dimuat adalah bertema traveling dan kuliner. Saya jadi tertantang untuk mengirimkan artikel tema lain. Pilihan saya jatuh pada artikel Persiapan Pernikahan ala Keluarga Biru. Alhamdulillah, artikel itu berhasil nangkring juga di vivalog, bahkan jumlah pengunjungnya mengalahkan pengunjung artikel Kampung Coklat.
Berikut saya akan sharing beberapa social bookmark Indonesia yang selama ini saya manfaatkan untuk meningkatkan trafik di Keluarga Biru.

1.       Viva Log

Buat saya Viva Log pantas dimasukkan di urutan pertama karena jumlah pengunjung yang kita dapatkan jika artikel dimuat sangat banyak. Seleksinya juga cukup ketat menurut saya karena pengalaman saya juga teman-teman lainnya tidak semua artikel yang kami kirim dimuat oleh Viva. Itulah sebabnya kalau dapat email cinta dari admin viva tuh rasanya kayak dapat surat cinta dari gebetan.
Untuk mengirimkan artikel Anda harus mendaftar dulu sebagai member viva baru setelah itu bisa mengisi form submit artikel di sini. Untuk artikel traveling dan kuliner foto hukumnya wajib, sedangkan untuk artikel lainnya tidak. Saya pernah mengirimkan artikel 6 Ujian Menuju Pernikahan tanpa foto tetap dimuat. Yang agak ‘ribet’ bagi sebagian blogger (terutama wordpress) adalah kewajiban pemasangan i-frame Vlog di blog jika ingin artikel kita diprioritaskan.
Berdasarkan pengalaman saya lolos beberapa kali di VLog, tidak semua artikel mendapatkan trafik yang fantastis namun tetap tidak ada ruginya kok kirim artikel ke sana.

2.       Dream.co.id

Saya mendapatkan info tentang Dream dari Mbak Rien. Saya baru sekali mengirimkan artikel yang tentang Kedai Selat Solo ala Nana dan Alhamdulillah lolos. Tidak seperti Viva Log yang mengirimkan email cinta jika artikel kita dimuat, saya baru mengetahui artikel saya lolos ketika melihat di traffic sources.
Pengunjung dari Dream memang tidak sefantastis Viva Log namun stabil dan longtime. Hal ini mungkin disebabkan karena belum banyak blogger yang mengirimkan ke sana atau juga seleksinya yang cukup ketat. Artikel Selat Solo saya sampai saat ini sudah seminggu lebih tayang di Dream dan tiap hari ada saja pengunjung dari sana. Saya sudah mengirimkan artikel yang kedua dan ketiga tapi tidak lolos, nggak tahu kenapa he he he.
Untuk submit artikel ke Dream lewat email komunitas@dream.co.id atau redaksi@dream.co.id , dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut: Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish. Sertakan link blog atau sosmed dan lengkapi dengan foto ukuran high-res.

3.       Lintas.Me

Ini yang paling mudah. Kita cukup daftar sebagai anggota lalu pilih menu submit link di pojok kanan atas. Kita tinggal copas saja url artikel kita di formnya setelah itu judul dan kontennya akan terisi secara otomatis. Kita tinggal pilih foto yang akan ditampilkan serta kategori artikel kita. Pilihan artikel di Lintas.Me sangat banyak dan tidak ada seleksi.
Trafik yang didapatkan dari Lintas.Me memang sedikit namun berdasarkan pengalaman blogwalking saya, Lintas.Me masuk di list social bookmark dofollow. Situs social bookmark dofollow akan memberikan backlink berkualitas yang melimpah. Saya tidak tahu kenapa Viva Log dan Dream tidak masuk di list tersebut.


Demikianlah sharing Keluarga Biru tentang bagaimana cara meningkatkan trafik blog dengan social bookmark. Semoga artikel kami ini bisa membantu para blogger terutama yang pemula. Tulis artikel yang orisinal, berkualitas dan penuh manfaat jika ingin lolos di social bookmark. Sejak rajin submit ke social bookmark ranking Keluarga Biru di Alexa yang di bulan Januari masih di angka 3 jutaan kini sudah tembus di angka 400 ribuan. Jangan ragu untuk mencobanya, trust me its works!!





NB: gambar dicopas dari sini: https://www.anakseo.com/node/cara-meningkatkan-traffic-blog-website



Published by Keluarga Biru

Keluarga Biru adalah blog milik Ihwan Hariyanto dan Ivonie Zahra. Mereka menulis tentang parenting, traveling dan kuliner yang mereka lakukan bersama dua buah hati mereka Aiman dan Aira.
Follow us Google+.

19 comments:

  1. Eh.., ada namaku disebut-sebut di sini :)
    Aku belum pernah coba yang dream.co.id, tapi kalo lintas.me, seperti yang pernah aku bilang kemaren, aku belum pernah submit apapun di sana, tapi pernah ngeliat beberapa artikel-ku terindeks di sana.. Mungkin ada yang berbaik hati mendaftarkan blog-ku ya, Wan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi nggak aku backlink ya Dee, kan kata Mbak Rien maksimal backlink satu saja :D
      Berarti blogmu populer dan isinya bagus Dee sehingga admin lintas.me langsung masukin.

      Delete
    2. klo di lintas.me memang ada fitur lintaskan mbak jadi siapapun bisa melintaskan ke lintas.me klo ada blog yg dia anggap bagus.

      Delete
  2. Replies
    1. Ayo Yan coba yang dream dan lintas.me yang nggak perlu pasang i-frame :D

      Delete
  3. Izin Bookmark. Masih di ViVA, belum coba Dream sama Lintas. Mumpung 'nganggur' aku coba daftar dan baca baca. Matur nuwun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak, monggo moga makin tinggi trafik blognya.

      Delete
  4. nah aku dikei tips ben ketompo viva n dream wan, ketolak terus je :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejujurnya aku nggak bisa kasih tips yang jitu Yo sebab semua artikel yg kukirim ke sana juga lebih banyak yang ditolak.
      Mungkin sedikit clue, kalau di viva lebih mudah kirim artikel wisata dan kuliner. Sedangkan di dream artikel yang objek wisata islami tapi modern gitu.

      Delete
  5. Hiii, ngiri banget saya mas. yang wordpress iframenya kagak bisa saya pasang :( Padahal kemarin saat artikel tentang traveling saya dimuat, lumayan tuh dapat pemasukan visitor walau mereka kagak komentar :) alhasil sekarang yang saya gunakan lintas.me

    ReplyDelete
  6. Terimakasih sharingnya mbak. Saya juga pengguna setia vivalog. Alhamdulillah mendapat trafik yang signifikan dari sana. Biasanya saya mengirimkan tulisan tentang Outdoor Trip (Hiking, acara ke Pantai/Pulau, dsb).

    ReplyDelete
  7. Wah mantap nih artikelnya makasih ya infonya mau saya praktekan nih.

    cuma 1 masalah yang Lintas.Me sulit di SUMBIT artikelnya

    ReplyDelete
  8. blog saya masi sepi ni ... semoga setelah menerapkan cara diatas dapat meningkatkan traffic pengunjung blog saya

    ReplyDelete
  9. Mudah-mudahan dengan cara diatas blog saya jadi lebih ramai.
    Kunjungi juga http://pasindo.com

    ReplyDelete
  10. Aku sudah coba di vivalog dan alhamdullah dah sering di publish, tapi unutk lintas me belum.
    Gan boleh minta widget yang untuk liputan6.com nya gak? jika berkenan krim ke email hasibuan271@gmail.com

    Terimkasih banyak

    ReplyDelete
  11. Ijin mempraktikan ilmunya untuk blog saya warisanbudayaindonesiaonline.com. Maklum sejauh ini masih sepi. Terima kasih.

    ReplyDelete
  12. Terimakasih infonya. Ijin praktek dulu mastah.

    ReplyDelete
  13. Saya pernah submit artikel di VIVAlog. Itu bner2 langsung dahsyat trafficknya...

    ReplyDelete

Jika menurut Anda artikel ini berguna mohon dukungannya dengan memberikan donasi via PayPal untuk maintenance blog Keluarga Biru. Terimakasih ^_^

Google+ Followers

Followers

Total Pageviews

Contact

Powered by Blogger.