Keluarga Biru

Featured Post

Berumur Panjang Demi Keluarga Tercinta - My Healthiness My Precious Moment

Di keluarga besar saya, umur para pria mayoritas lebih pendek bila dibandingkan dengan umur para wanita. Sejak lahir saya tidak...

Laman

Liburan Musim Dingin di Jepang ala Keluarga Biru

Keluarga Biru         34 comments

My Ideal Japanese Winter Vacation
My Ideal Japanese Winter Vacation


Liburan bersama keluarga tercinta adalah hal yang paling menyenangkan buat saya. Selama ini Keluarga Biru sering mengisi hari libur kami dengan mengunjungi objek-objek wisata yang ada di sekitar kota Malang saja. Ada sih keinginan untuk berlibur ke luar kota, luar pulau Jawa bahkan luar negeri. Namun kami sadar jika keinginan kami itu harus sejalan dengan isi rekening saya. Salah satu negara yang menjadi impian liburan Keluarga Biru adalah Jepang.


Kenapa harus Jepang?

Ada banyak alasan mengapa Keluarga Biru ingin suatu hari bisa liburan ke Negeri Matahari Terbit itu. Salah satunya adalah sebuah bunga yang bernama Enju.

Bunga Enju


Saat putra kesayangan kami masih berada di dalam kandungan, kami mempunyai panggilan kesayangan untuknya yaitu Enju. Nama Enju ini artinya adalah Ndut Junior, dimana Ndut merupakan panggilan sayang saya dan Mama Ivon. Bukan hanya kami yang menyukai nama Enju, keluarga, teman dan sahabat juga menyukainya. Kata mereka nama Enju itu unik dan belum pernah ada yang memakai. Itulah sebabnya saat putra kami lahir, nama Enju kami sematkan padanya: Muhammad Enjuardi Aimanullah.
Suatu ketika saya iseng-iseng gugling nama Enju di internet. Di urutan pertama nama Enju merujuk pada sebuah artikel promo kosmetik dari Jepang. Kosmetik untuk wanita tersebut terinspirasi dari Bunga Enju. Enju sendiri dalam bahasa Jepang artinya longevity: umur panjang. Bunga Enju juga dikenal mempunyai daya hidup yang tinggi.
Ingatan saya kemudian mundur ke belakang saat kandungan Mama Ivon sudah berumur tujuh bulan. Saat itu Mama Ivon terpaksa opname karena kecapekan dan mengakibatkan Baby Enju mengalami stres di dalam kandungan. Saya sempat down saat mendengar vonis dokter yang mengatakan jika denyut jantung Baby Enju terus melemah maka terpaksa harus digugurkan.
Hati saya benar-benar hancur, buah hati yang sudah kami perjuangan selama tujuh bulan dan tinggal sebentar lagi akan lahir ke dunia akankah pergi mendahului kami. Dengan sepenuh hati saya berdoa kepada Allah memohon keajaiban untuk Baby Enju. Alhamdulillah, setelah dirawat tiga hari kondisi Mama Ivon membaik dan Baby Enju pun kembali menguat.
Saya jadi makin yakin bahwa nama yang diberikan oleh orang tua untuk anaknya adalah sebuah doa. Kami tidak tahu jika nama Enju mempunyai arti longevity/umur panjang. Mungkin karena kami sering memanggil bayi kami dengan nama Enju maka menjadi doa dan penguat untuknya ketika mengalami stres di dalam kandungan. Dari situlah, diam-diam saya mempunyai keinginan kelak kami bisa pergi ke Jepang dan melihat langsung wujud Bunga Enju.
Namun sampai saat ini saya belum berhasil menemukan foto Bunga Enju di internet, mungkinkah Bunga Enju itu sudah punah atau hanya mitologi rakyat Jepang? Entahlah, satu-satunya jalan untuk menemukan jawabannya adalah dengan datang langsung ke Jepang.


Liburan Musim Dingin ke Jepang


Salah satu yang menarik di Jepang adalah salju dan itu bisa kita temui di musim dingin. Siapapun pasti penasaran ingin melihat, menyentuh dan merasakan langsung lembutnya salju. Ada banyak sekali aktivitas seru dan menyenangkan yang bisa kita lakukan jika pergi berlibur ke Jepang saat musim dingin. Ini dia My Ideal Japanese Winter Vacation versi Keluarga Biru.

Bermain Salju dan Melihat Festival Musim Dingin


Saya yakin Aim/Enju pasti akan sangat senang sekali jika bisa bermain-main salju. Membuat boneka salju atau main lempar-lemparan bola salju tentu sangat seru sekali. Mengingat kami selama ini belum pernah mengalami yang namanya musim dingin maka kami akan mempersiapkan dengan baik, terutama pakaian agar kami tetap bisa menikmati liburan di tengah dinginnya salju.
Lalu apa hanya bermain salju saja? Tentu saja tidak dong. Kami akan mendatangi berbagai festival musim dingin di Hokaido, pulau paling utara di negara Jepang yang kerap dijuluki Yukiguni alias Negeri Salju. Ada beberapa festival musim dingin keren di Hokkaido. Yang paling terkenal adalah Sapporo Snow Festival yang digelar di kota Sapporo, biasanya di awal bulan Februari. 

Sapporo Snow Festival
Sapporo Snow Festival

Sapporo Snow Festival


Pada festival ini pengunjung dapat melihat aneka patung salju dengan bentuk yang unik yang akan membuat mata terbelalak. Aim pasti akan senang sekali melihat karakter-karakter unik di Sapporo Snow Festival ini, seperti Micky Mouse di atas. Moga-moga saja nanti ada karakter Pororo yang merupakan film favorit Aim.

Mencoba Olahraga Musim Dingin


Selama ini memang saya jarang berolahraga sih, paling-paling olahraga yang saya lakukan adalah mengejar-ngejar Aim yang asyik berlarian ketika berada di jalan, supermarket atau mall. Eh itu bukan olahraga ya melainkan side job sebagai satpam ahahaha.
Olahraga yang bisa kita lakukan di musim dingin memang banyak jenisnya tapi yang paling ingin saya coba adalah bermain ski. Baru membayangkan meluncur dari pengunungan yang diselimuti salju putih nan tebal sudah membuat saya excited dan berdebar-debar. Meliuk-liuk dengan lincahnya menyusuri perbukitan salju, meninggalkan jejak berupa garis yang memanjang. Dan ketika sampai ujung bukit saya akan melompat dan bruuk. Tubuh saya pun jatuh di atas salju yang lembut.


Bermain ski


Bermain ski tentu tidak sekedar meluncur di atas gunung salju namun kita harus pilih tempat yang punya pemandangan yang bagus, pelayanan yang oke dan mudah dijangkau. Pokoknya yang recommended banget lah kalau kata anak gaul jaman sekarang. 

Nah jawabannya adalah GalaYuzawa!


Gala Yuzawa
Gala Yuzawa Ski Resort, Jepang


Gala Yuzawa merupakan salah satu tempat yang direkomendasikan bagi para turis yang ingin merasakan kegembiraan liburan musim dingin di Jepang. Ski resort ini hanya berjarak 77 menit dengan shinkansen dari stasiun Tokyo. Mencapai “snowy wonderland” ini tidak perlu mengganti kereta karena dengan Shinkansen bisa langsung tiba di Gala Yuzawa Ski Resort. Jadikanlah Gala Yuzawa sebagai salah satu tujuan wisata kamu apabila berlibur ke Jepang.


Gala Yuzawa
Salah satu sudut di Gala Yuzawa

Gala Yuzawa

Tidak perlu ragu memilih Gala Yuzawa karena ski resort ini mempunyai pemandangan yang indah, area yang luas dan fasilitas yang lengkap. Gala Yuzawa terbagi atas tiga area yaitu Southern Area, Central Area dan Nothern Area. Untuk detail apa saja yang ada di setiap area kita bisa melihat di situs resmi Gala Yuzawa atau download petanya ini.


Peta Gala Yuzawa
Peta lengkap Gala Yuzawa Ski Resort


Berhubung saya belum pernah main ski sebelumnya dan ada Aim juga maka kami akan memilih bermain di Central Area saja. Di area ini ada Snow Playing Ground yaitu sebuah area yang didesain khusus buat anak-anak yang dilengkapi dengan wahana permainan dan jaring pengaman.


Snow Playing Ground
Snow Playing Ground


Tapi saya tahu apa yang paling disukai Aim yaitu bermain seluncur dengan menggunakan snow sledding slope. 


snow sledding slope
Yeeay asyik main seluncur salju


Dijamin dia akan tertawa girang meluncur di atas salju yang putih dan lembut itu. Cuma kami harus jeli mengawasinya jangan sampai ketika jatuh dia menjilati salju diam-diam seperti yang selama ini dia lakukan kalau mandi yaitu meminum air dari slang secara diam-diam.

Gimana, kalian ikut tertarik kan ingin nyobain bermain ski di Gala Yuzawa?

Mending perginya rame-rame saja biar seru dan bisa memanfaatkan tawaran menarik dari JR East (Tokyo Rail Days) yaitu program Buy 1 Get Free 1. Promo ini hanya sampai tanggal 28 Februari 2015 lho, jadi buruan deh booking sekarang. Kalau kamu nggak punya teman buat diajak, saya mau kok nemenin he he he modus gilaa.

Gala Yuzawa
Paket Buy 1 Get 1 Free di Gala Yuzawa


Menginap di Ryokan


Ryokan
Mengistirahatkan badan di ryokan yang nyaman

Setelah lelah bermain ski di Gala Yuzawa, agenda selanjutnya adalah mencari tempat beristirahat. Kalau menginap di hotel mewah itu sudah mainstream banget, maka dari itu kami akan bermalam di Ryokan. Ryokan adalah penginapan dengan fasilitas dan bangunan berarsitektur Jepang. Penginapan jenis ini menyediakan kamar bergaya Jepang yang berlantaikan tatami. Ada beberapa jenis ryokan berdasarkan daya tarik yang ingin dijual: ryokan di daerah wisata, ryokan onsen, ryokan yang menyediakan santapan istimewa, ryokan kelas ekonomi, dan ryokan untuk kelompok murid sekolah yang studi wisata.

Yang istimewa di ryokan kita bisa menikmati salah satu budaya berendam air panas Jepang yang disebut Onsen. Budaya berendam air panas ini memang sudah menjadi suatu tradisi turun temurun di Jepang. 


Kera Onsen Jepang
Weekekeke kera-kera suka onsen sejak dulu


Konon ceritanya budaya “onsen” ini ditemukan oleh nenek moyang ketika melihat hewan-hewan yang sangat nyaman berendam di sebuah mata air panas alami di pegunungan. Melihat hewan-hewan yang dengan sangat tenang dan rileks menikmati hal tersebut akhirnya para leluhur berinisiatif membuat kolam air panas serupa.



Onsen Jepang
Bayangkan kita onsen di tempat se-cozy ini


Hmm sehabis bermain ski dan berlumur salju di Gala Yuzawa trus berendam air panas rasanya pasti sangat menyenangkan sekali, bikin rileks di badan. Apalagi sambil berendam kita tetap bisa menikmati pemandangan salju di sekeliling kita.  Tapiii, kalau mau mencoba onsen ini kita harus memutuskan urat malu dulu sebab kita tidak boleh mengenakan sehelai benang pun dan beramai-ramai. Waduuuh, gimana ya he he he.

Menyantap Oden


Setelah membersihkan badan dan berendam air hangat, kini tibalah waktunya untuk mengisi perut yang sudah keroncongan. Makanan yang pas di musim dingin tentu yang panas-panas. Kalau di Indonesia kita bisa menyantap Bakso Malang, Selat Solo atau Soto Makasar. Lha di Jepang mana ada makanan berkuah seperti itu?

Jangan khawatir, di Jepang ada makanan khas musim dingin yaitu Oden. 


Oden
Hmm yummy Oden

Oden adalah masakan Jepang berupa berbagai bahan yang direbus di dalam kuah (dashi) yang antara lain dibuat dari katsuobushi, kombu, dan kecap asin. Bahan-bahan yang dimasukkan bisa beraneka ragam, dan tidak terbatas pada lobak, konnyaku, telur rebus, chikuwa, dan chikuwabu. Wah kalau ini kesukaan Mama Ivon secara dia pernah bekerja di Hong Kong jadi lidahnya sudah tidak asing lagi. Kalau saya dan Aim sepertinya perlu menyesuaikan diri dulu, apalagi saya yang lidahnya Jawa tulen.

Hoaah rasanya begitu padat ya agenda (impian) liburan kami selama musim dingin di Jepang ini. Meskipun badan capek namun semua terbayarkan dengan serunya berbagai aktivitas yang kami lakukan. Kini saatnya berisirahat bersama keluarga tercinta.

Hmm dari tadi saya membayangkan liburan musim dingin di Jepang ini dilakukan bersama Mama Ivon dan Aim. Padahal kan pemenang di event My Ideal Japanese Winter Vacation ini hanya diberi jatah bersama pasangan. Trus kalau saya menang, siapa yang harus saya ajak? Mama Ivon atau Aim, hmm di situ kadang saya merasa sedih jika diharuskan memilih di antara dua orang yang sangat saya sayangi he he he  *polwan dewi mode on*

Gala Yuzawa
Gala Yuzawa Ski Resort, Jepang



My Ideal Japanese Winter Vacation Blog Competition





Referensi:
www.wikipedia.org
www.anneahira.com
infojepang.net


Published by Keluarga Biru

Keluarga Biru adalah blog milik Ihwan Hariyanto dan Ivonie Zahra. Mereka menulis tentang parenting, traveling dan kuliner yang mereka lakukan bersama dua buah hati mereka Aiman dan Aira.
Follow us Google+.

34 comments:

  1. sukses GA nya
    kalo di jepang penasaran ama harajuku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, makasih Zen.
      Tulis saja Zen buat ikutan lomba ini.

      Delete
  2. Eh iyaaa dulu nama Enju dari bahasa Jepang ya :) Good luck for us Ihwan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas pertama kali liat lomba ini dari Mbak Ima, langsung yang muncul di pikiranku tentang nama Enju. Aamiin, moga kita masuk 30 tulisan yang dinilai Yan dan menang pastinya he3

      Delete
  3. Kalo ke Jepang aku pengeeeeen banget ke Gunung Fuji :)
    Good luck ya, Wan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naah itu tulis Dee, siapa tahu didengar Allah nanti dikabulkan ;-)
      Aamiin, makasih Dee.

      Delete
  4. Ternyata liburan winter di jepang seru yaaaaa... Sukses yaa mas semoga berhasill... +_+

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya padahal baru ngayal aja lho Mbak keliatan seru apalagi kalau terkabul beneran he3
      Aamiin, makasih doanya Mbak ;-)

      Delete
  5. Mbak Dee An, sama tuh anakku yang kecil pengen banget ke Gunung Fuji. Kata temenku, enak kok di sana, gak perlu mendaki. Naiknya tinggal naek lift. hehehe. ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya juga mau kalau naik gunungnya pakai lift, kaki nggak perlu gempor.
      Ayo Mbak Ira nggak pengin ikutan juga event ini?

      Delete
  6. Waah...kera aja suka onsen, hahaha
    Moga sukses ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, menurut cerita leluhur Jepang terinspirasi hewan-hewan yang berendam air panas, mungkin yang dimaksud ini ya kera.
      Aamiin, makasih Mbak doanya dan sudah mampir di blog saya ;-)

      Delete
  7. Dari foto-fotonya saja memukau. Gimana kalo liat aslinya ya.
    Good luck ya Wan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, pas gugling jadi mupeng beneran makanya aku lanjut aja ikutan.
      Aaamiin, makasih Mbak. Nunggu tulisan Mbak Rien, pasti cetaarr membahan badai!

      Delete
  8. Salah satu negara yang pingin aku datang'in, tapi...,gak punya ide nulis tentang thema ini. Good luck, ya, Ihwan...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, makasih doanya. Btw ini siapa ya? :D

      Delete
  9. Aku suka lho nama Enju itu dari dulu
    Unik aja gitu. Ternyata artinya bagus ya, umur panjang. Tapi nama Aim juga bagus, kesannya imut

    Btw semoga menang ya

    Salam
    Arni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Horeeeey, akhirnya Mbak Arni bisa komen juga di sini :D
      Iya kami nggak nyangka ternyata Enju punya arti yang bagus, semoga Aim diberi umur yang panjang dan barokah, aamiin.
      Aamiin, makasih doanya Mbak.

      Delete
  10. keren tulisannya. kunjung balik ya
    http://darwinjh.blogspot.com/2015/02/musim-dingin-di-negeri-matahari-terbit.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mas sudah berkunjung dan komen.
      Salam kenal :-)

      Delete
  11. aku bakalan kademen neng kono

    ReplyDelete
    Replies
    1. Podho Yo, selain kademen juga jadi beser :-)))

      Delete
  12. Pengen bgt tuh ski di Gala Yuzawa sama makan oden, tapi kalo onsen ehm bayanginnya serem hehe...sukses y smg menang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikutan aja Mbak, deadline 4 Maret kok.
      Iya serem-serem berjamaah :D
      Aamiin, makasih doanya Mbak Khalida.

      Delete
  13. Semoga sukses GA nya dan keluar jadi pemenang, aamin.
    Saya pernah satu proyek sama orang Jepang, disiplinnya keren abis.
    Kalo di jepang penasaran sama bandara Haneda yang modern tapi spirit tradisional. keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah pengumuman Mas dan saya kalah :D
      Waah keren bisa kerjasama ama orang luar, dalam rangka proyek apa Mas?
      Btw salam kenal juga n makasih udah mampir.

      Delete
  14. terima kasih telah berbagi info....
    infonya sangat bermamfaat.....
    salam kenal dan salam sukses..
    .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak.
      Salam kenal balik n makasih udah mampir n komen :-)

      Delete
  15. mantap mas infonya dan salam kenal

    ReplyDelete
  16. makasih bos infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  17. terimakasih gan tentang infonya dan salam sukses

    ReplyDelete
  18. wahh seru sekali ya liburan di musim dingin sambil berendam di pemandian air panas.. hhe

    ReplyDelete

Jika menurut Anda artikel ini berguna mohon dukungannya dengan memberikan donasi via PayPal untuk maintenance blog Keluarga Biru. Terimakasih ^_^

Google+ Followers

Followers

Total Pageviews

Contact

Powered by Blogger.