Keluarga Biru

Featured Post

Berumur Panjang Demi Keluarga Tercinta - My Healthiness My Precious Moment

Di keluarga besar saya, umur para pria mayoritas lebih pendek bila dibandingkan dengan umur para wanita. Sejak lahir saya tidak...

Laman

Penyebab Anak Susah Makan dan Cara Mengatasinya

Keluarga Biru         24 comments


Penyebab Anak Susah Makan dan Cara Mengatasinya


 Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh orang tua yang memiliki balita adalah anak susah makan, termasuk Keluarga Biru. Kalau sudah susah makan gitu, Aim biasanya melakukan aksi GTM alias Gerakan Tutup Mulut. Balita jaman sekarang emang pinter-pinter ya, masih kecil aja sudah tahu namanya GTM segala. Kirain hanya para demonstran dan aktivis saja yang suka GTM.

Penyebab anak susah makan bisa karena banyak faktor. Sebagai orang tua kita harus pandai-pandai ‘membaca’ gelagat atau tingkah laku anak yang menyebabkan dia susah makan. Dengan mengetahui penyebabnya maka kita bisa melakukan langkah-langkah apa saja yang dilakukan untuk mengatasi anak susah makan.

Penyebab AnakSusah Makan dan Cara Mengatasinya


  1. Sedang Sakit

Jangankan anak kecil, orang dewasa saja jika sedang sakit tentu merasa tidak berselera untuk makan karena biasanya lidah terasa pahit. Sakit yang ringan seperti demam, batuk dan pilek sudah bisa membuat anak malas makan oleh karena itu kita harus bisa memaklumi dan segera mengobati sakitnya. Biasanya balita yang sedang sakit lebih suka minum ASI bagi yang masih menyusu atau minum susu UHT atau formula.
Pengalaman: Saat Aim sakit dia juga jadi susah makan dan lebih suka menyusu. Jadi serba salah sih, kalau nggak dibujuk atau dipaksa makan trus minum obatnya bagaimana. Akhirnya kami menuruti keinginannya untuk minum ASI mulu atau makan camilan kesukannya. Pernah saat Aim sakit batuk otomatis dilarang makan gorengan atau yang makanan keras seperti keripik dan biskuit. Nah setelah pulang dari dokter itu dia sama sekali nggak mau makan, padahal obat harus segera diminum. Pusinglah kami. Jadi dari siang sampai sore hanya minum ASI saja. Nah pas malam harinya Mama Ivon khilaf nyemil makaroni di depan Aim, eh Aim tau-tau nyomot satu dan langsung dimasukkin mulutnya. Dengan tanpa rasa bersalah dia mengunyah makaroni itu. Oalah Nak, ya wes dengan sangat terpaksa kami ijinkan dia ngemil makaroni yang penting perutnya terisi makanan. Tentu setelah itu kami menyuruh Aim langsung minum air putih yang banyak agar minyaknya tidak memperparah batuknya.


  1. Tumbuh Gigi

Saat bayi sedang tumbuh gigi biasanya akan merasakan ketidaknyamanan di gusinya, rasa sakit bahkan yang paling parah bisa menyebabkan demam. Otomatis anak menjadi susah makan. Untuk mengatasinya bisa dicoba dengan mengubah tekstur makanannya dibuat lebih halus.
Pengalaman: Alhamdulillah, seingat saya Aim nggak pernah ngalamin susah makan saat tumbuh gigi. Tetap saja makan seperti biasa.
  1. Bosan

Setiap orang pasti akan merasa bosan jika diberikan menu makanan yang sama setiap hari, apalagi anak-anak. Selain menu makan yang tidak beragam, penyebab munculnya rasa bosan pada anak adalah tampilan makanan yang biasa saja.
Anak-anak menyukai hal-hal baru, apalagi di usia pertumbuhan pasti lebih membutuhkan lebih banyak stimulasi. Nah stimulasi ini bisa kita diberikan pada makanan yang kita berikan padanya, bisa dari warna makanan yang beragam, bentuknya yang unik dan lucu juga wadah (piring atau gelas) yang menarik.
Pengalaman: Agar Aim tidak mengalami kebosanan, Mama Ivon sesekali membuat menu yang spesial baik dari bahan maupun tampilannya. Beberapa menu yang pernah dibuatnya antara lain: Sup Kembang Tahu, Ayam Paprika Saus Inggris dan masih banyak lagi lainnya. Alhamdulillah Aim suka dan lahap makannya.

Penyebab Anak Susah Makan dan Cara Mengatasinya



  1. Terlalu Banyak Jajan/Ngemil

Saya rasa ini adalah musuh besar semua orang tua: camilan! Anak yang suka makan camilan, apalagi sebelum jam makan maka bisa dipastikan dia akan malas makan. Camilan yang gurih akan meningkatkan ambang batas rasa gurih di lidah anak sedangkan  camilan dengan rasa manis akan memberikan rasa kenyang sesaat. Lebih parah lagi jika camilannya tidak mengandung gizi yang lengkap, maka meskipun anak sudah merasa kenyang namun dari segi gizi dia masih kekurangan.
Pengalaman: Kami berdua sebenarnya sudah sepakat bahwa sebisa mungkin menghindarkan Aim dari camilan yang tidak sehat namun sayangnya hal itu tidak berhasil. Penyebabnya karena dari keluarga saya, terutama nenek Aim yang suka membelikan Aim snack di warung depan rumah. Mengatasi masalah camilan ini memang menjadi PR besar buat kami, meskipun Mama Ivon sering ngebaking namun adakalanya tidak cocok dengan lidah Aim. Untuk mengimbangi gempuran snack yang tidak sehat itu, kami memberikan camilan-camilan yang bergizi dan mengenyangkan. Misalnya camilan roti dan buah-buahan. Syukurlah berkat penerapan MPASi sejak usia 6 bulan, Aim sangat suka makan buah-buahan seperti pisang, melon dan anggur.

Adakalnya Mama Ivon kecapekan habis ngerjain orderan sehingga tidak sempat memasak buat kami, nah biasanya saya akan memasak yang simpel dan cepat. Aim paling suka makan nasi panas dengan lauk telur goreng atau tempe. Selain itu ada juga lauk yang disukai Aim yaitu Kremes DonKing. Mungkin ada yang bertanya-tanya, apa sih kremes DongKing itu?


Penyebab Anak Susah Makan dan Cara Mengatasinya


Teman-teman pasti pernah makan lalapan dengan lauk ayam kremes, nah kremes DongKing ini adalah lauk yang berupa kremesan. Banyak sekali varian rasanya, mulai dari yang original, rasa ayam, udang, ayam kari, telur asin, teri, udang dan lain-lain. Bagi yang suka pedas, juga ada pilihan rasa pedas dari setiap varian rasa yang ada. Kelebihan dari kremes DongKing ini adalah dibuat dengan mesin pabrik sehingga tidak mengandung minyak, jadi tidak perlu kuatir akan bikin batuk atau serik di tenggorokan.
Aim suka sekali kalau makan dengan kremes DonKing ini, yang biasanya makan minta disuapin ini langsung mau makan sendiri. 

Penyebab Anak Susah Makan dan Cara Mengatasinya


Penyebab Anak Susah Makan dan Cara Mengatasinya

Penyebab Anak Susah Makan dan Cara Mengatasinya
Saking semangatnya mau makan sampai nggak mau pakai kaus dulu


Boleh dibilang kremes DongKing ini merupakan solusi praktis buat para orang tua dalam mengatasi anakyang susah makan. Kami sendiri juga suka, biasanya beli dua yaitu rasa original untuk Aim dan yang pedas buat Papa Mamanya. Buat yang pengin nyobain sensasi lezatnya makan dengan kremes DongKing bisa memesan di Umi Syifaus Saqiim. Silakan menghubungi via akun FB-nya di sini atau BBM: 5181DB3F. Umi Syifa bisa kok melayani pesanan dari luar kota, jadi tidak perlu ragu lagi untuk order kremes DonKing ini.



Published by Keluarga Biru

Keluarga Biru adalah blog milik Ihwan Hariyanto dan Ivonie Zahra. Mereka menulis tentang parenting, traveling dan kuliner yang mereka lakukan bersama dua buah hati mereka Aiman dan Aira.
Follow us Google+.

24 comments:

  1. Rasanya ibukku dulu gak pernah mendapatkan problem ini ketika membesarkanku hehehehehehehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus dong Yan, anak yang berbhakti itu namanya ;-)

      Delete
    2. Toss ama Yayan! Mamaku gak pernah ngalamin masalah anak susah makan, soalnya ketiga anaknya dari kecil pada doyan makan :D
      Makanya sekarang aku agak-agak bingung juga ngadepin Lala yang cenderung susah makan..

      Delete
    3. Wekekeke kayak dua ponakanku Dee, pada suka makan. Misal Aim baru selesai ngunyah, mereka udah dua kali suapan :D
      Mungkin Lala nurun dari Mas Anang.

      Delete
    4. Iya benr, Wan.. Lala nurun mas Anang...

      Delete
  2. sama sikecil kalau ada Kremes gitu suka makan sama nasi aja. makan sendiri dan nggak mau disuapin. Untung dia suka soup sayuran. jadi bisa seimbang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh di India ada kremesnya juga Mbak? :D
      Iya memang harus diseimbangkan antara makana buatan pabrik/berminyak dengan yang alami dan sehat seperti buah n sayuran.

      Delete
  3. pengen nyoba varian lain lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Ma masak yang lebih kreatif lagi buat Aim, sama Papanya juga ;-)

      Delete
    2. Sama buat temen papanya juga... *ngacung! :D

      Delete
    3. Ntar kalo pulkam kamu tagih Dee :D

      Delete
  4. wahhh alde pasti suka niih penggemar krupuk, kripik dan serba kres2 gitu mas ihwan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya semua anak kecil suka yang kriuk-kriuk dan kres-kres, saya suka dengerin Aim kalau lagi makan kerupuk or keripik, gayanya udah kayak orang dewasa saja :D

      Delete
  5. kremes uenak, cocok nih buat keponakan saya yang susah makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo sebagai paman yang baik hati harus beliin ponakannya dong :P

      Delete
  6. Bahan dasar kremes DongKing itu apa ya Pak..? Terigu? Atau bahan lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terigu Mbak, namun untuk lebih jelasnya silakan bertanya pada Umi Syifa. Beliau dengan senang hati akan menjawab :-)
      Mkasih sudah berkunjung balik, semoga betah.

      Delete
  7. Enak nih klo pake kremesan, mau ayam, tempe, maupun telur sip banget klo pake kremes *koq malah ibunya yg napsu makan gini ya hehhee....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo cobain Mbak, pasti sekeluarga pada ketagihan kayak kami :D
      Enaknya itu kalau pas larut malam kelaperan tinggal ambil nasi trus ditaburin kremesan langsung lahap.

      Delete
  8. Kalo pake lauk kremesan ini, sepertinya bakalan aku yang makin lahap makan, Wan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak apa-apa Dee, ntar pasti Lala liatin jadi pengin juga :P

      Delete
  9. Wooow Pak.. Sup kembang tahunya pengen saya lahap..*jadi laper..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo Mas dilahap fotonya :P
      Salam kenal dan makasih sudah mampir :-)

      Delete
  10. Bener banget tu kalau anak udah kebanyakan ngemil ujung2nya males makan lagi
    kaya anak saya kalau pagi2 udah jajan kue, suka susah makan

    ReplyDelete

Jika menurut Anda artikel ini berguna mohon dukungannya dengan memberikan donasi via PayPal untuk maintenance blog Keluarga Biru. Terimakasih ^_^

Google+ Followers

Followers

Total Pageviews

Contact

Powered by Blogger.