Keluarga Biru

Featured Post

Berumur Panjang Demi Keluarga Tercinta - My Healthiness My Precious Moment

Di keluarga besar saya, umur para pria mayoritas lebih pendek bila dibandingkan dengan umur para wanita. Sejak lahir saya tidak...

Laman

Refreshing di Kebun Raya Purwodadi

Keluarga Biru         15 comments

Keluarga Biru di Kebun Raya Purwodadi


Melanjutkan cerita kami sebelumnya, setelah pulang dari silaturahmi dengan Budhe Rah dan Ipin di Surabaya kami pergi berwisata ke Kebun Raya Purwodadi. Kebun Raya Purwodadi terletak di Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur, lokasinya berada di tepi jalan raya Malang-Surabaya sehingga mudah dijangkau dan menjadi salah satu Destinasi Wisata Favorit di Malang Tidak butuh waktu lama bagi kami untuk sampai di kebun raya yang didirikan pada 30 Januari 1941 ini.

Kebun Raya Purwodadi didirikan oleh Dr. Lourens Gerhard Marinus Baas Becking atas prakarsa Dr. Dirk Fok van Slooten pada tanggal 30 Januari 1941 sebagai pemekaran dari Stasiun Percobaan 's Lands Plantentuin Buitenzorg atau Kebun Raya Bogor. Kebun ini merupakan salah satu dari tiga cabang Kebun Raya Indonesia (Kebun Raya Bogor) yang masing-masing memiliki tugas dan fungsi spesifik. Kedua cabang lainnya adalah Kebun Raya Cibodas dan Kebun Raya Eka Karya Bali.





Keluarga Biru di Kebun Raya Purwodadi


Tiket masuk ke Kebun Raya Purwodadi murah sekali, hanya Rp.6000 ditambah Rp.1000 untuk PMI. Untuk parkir motor dikenai biaya Rp.2000 sedangkan untuk mobil keliling Rp.10.500. Rombongan kami hanya dikenakan tiket masuk bagi yang dewasa saja dan parkir total Rp.55.000 tapi sama Mas Edy, sopir kami ditawar tinggal Rp.50.000 saja.


Keluarga Biru di Kebun Raya Purwodadi


Kebun Raya Purwodadi luasnya 85 hektare dan memiliki koleksi 10.000 jenis tumbuhan dan pohon, wuiih mantab banget ya. Pantesan jika dilihat dari luar Kebun Raya Purwodadi tampak  seperti hutan belantara yang dipenuhi dengan pepohonan yang rindang dan tinggi menjulang. Namun saat kami masuk ternyata di balik hutan belantara itu ada pemandangan yang membuat saya takjub. Di antara pepohonan itu ada fasilitas rekreasi yang lengkap, ada danau kecil dimana pengunjung bisa naik perahu, kola renang untuk anak-anak dan dewasa serta beberapa wahana permainan seperti ayunan dan lain-lain.

Keluarga Biru di Kebun Raya Purwodadi

Keluarga Biru di Kebun Raya Purwodadi






Keluarga Biru di Kebun Raya Purwodadi


Keluarga Biru di Kebun Raya Purwodadi

Ada juga tanah lapang yang luas dengan rumputnya yang menghijau, para pengunjung banyak yang menggelar tikar di sana bersama keluarga masing-masing. Kami pun lalu memarkir mobil di pinggir jalan dan segera mencari lahan yang kosong untuk menggelar tikar. Bahagia sekali rasanya karena keluarga besar kami sudah lama tidak rekreasi bersama seperti ini. Benar-benar moment yang istimewa bagi kami, apalagi moment kebersamaan kami terjadi di tempat wisata yang sejuk dan asri semakin menambah kebahagiaan kami.

Keluarga Biru di Kebun Raya Purwodadi


Mama Ivon, Mbak U’us dan Mbak Mud menyiapkan makan siang bagi kami, Mas Dirman mengobrol dengan Mas Edy sedangkan saya memilih untuk memotret sekeliling. Meskipun kami tiba di Kebun Raya Purwodadi di atas jam 12 siang namun udara di dalam kebun raya ini tetap terasa segar, rindangnya pepohonan melindungi kami dari teriknya sinar matahari. Setelah mendapatkan beberapa foto yang bagus saya bergabung kembali dengan keluarga saya untuk makan siang.

Oh iya, begitu kami mengeluarkan makanan dan menggelarnya di atas tikar mendadak muncul tiga ekor kucing liar yang datang menghampiri. Kucing-kucing liar itu meskipun menginginkan lauk yang kami bawa namun tidak sampai berniat mencuri, mereka hanya mengeong-ngeong pelan. Yang bikin kami takjub, meski mereka liar namun badan mereka terlihat bersih, bulunya mengkilat seperti kucing rumahan yang rajin dirawat pemiliknya.

Keluarga Biru di Kebun Raya Purwodadi


Keluarga Biru di Kebun Raya Purwodadi


Selesai makan siang kami semua lalu pergi ke lapangan menikmati pemadangan dan kebersamaan sekeluarga. Dua ponakan saya, Bella dan Rahma rupanya tergoda untuk berenang di kolam biru yang airnya tampak segar itu. Setelah meminta ijin pada kedua orang tuanya, mereka berganti pakaian di toilet dan langsung menceburkan badan ke kolam bundar itu.

Keluarga Biru di Kebun Raya Purwodadi


Nadien, adik Bella yang usianya selisih beberapa bulan dengan Aim pengin renang juga. Meskipun usianya baru dua tahun namun Nadien sama sekali tidak takut saat digendong Bella dan diajak berendam di kolam. Malahan dengan lincahnya dia menggerak-gerakkan kaki seperti ingin berenang. Dia tampak riang sekali bermain air bersama kakaknya.


Keluarga Biru di Kebun Raya Purwodadi

“Gimana nggak suka renang lha wong air-arinya dibuang di laut,” seloroh kami melihat tingkah laku Nadien yang menggemaskan itu.

Saya dan Mama Ivon mencoba merayu Aim agar mau ikutan berenang seperti para kakaknya, ini kesempatan bagi kami untuk menghilangkan rasa takut Aim pada air dan ombak saat ke Pantai Tambakrejo beberapa waktu yang lalu. Sebenarnya Aim keliatan senang dan mupeng juga liat kakak-kakaknya berenang namun begitu saya ajak mendekat dia menolak dan bilang takut-takut. 

Keluarga Biru di Kebun Raya Purwodadi

Keluarga Biru di Kebun Raya Purwodadi


Namun lama-kelamaan dia akhirnya mau juga diajak Bella berenang ke tengah. Memang awalnya takut namun setelah beberapa saat sudah bisa menyesuaikan diri dan menikmati bermain air juga. Fifa, adik Rahma ikutan mupeng juga. Dia pun digendong Bella dan dibawa ke tengah, namun Fifa seperti Aim, dia agak ketakutan saat berada di tengah kolam. Akhirnya hanya bermain air di tepian saja.


Keluarga Biru di Kebun Raya Purwodadi


Hari pun menjelang petang, kami pun segera menyudahi acara berenang yang mengasyikkan itu. Sayang saya nggak bawa baju ganti sehingga tidak bisa ikutan berenang. Ini memang kunjungan pertama kami sehingga tidak tahu jika di dalam Kebun Raya Purwodadi ternyata ada kolam renangnya juga. Malahan menurut informasi hasil gugling, di sebelah timur Kebun Raya Purwodadi ada air terjun yang cukup tinggi, namanya Coban Baung. Namun berhubung kami datangnya siang sehingga waktu yang kami miliki terbatas.




Saat kami hendak pulang lewat pintu masuk, ternyata pintu gerbangnya sudah ditutup. Yaah, padahal saya belum sempat memotret Kebun Raya Purwodadi dari luar saat masuk tadi. Kami disuruh petugas untuk keluar lewat gerbang kantor Kebun Raya Purwodadi yang berada di sebelah selatan gerbang utama. 


Keluarga Biru di Kebun Raya Purwodadi



















Acara rekreasi ini sangat berkesan bagi saya pribadi, senang rasanya saya bisa mengajak Ibu untuk refresing dari rutinitasnya yang mungkin menjemukan hanya berdiam di rumah saja. Mungkin di lain kesempatan kami akan mengunjungi lagi Kebun Raya Purwodadi ini dan mengeskplorasi bagian lain yang pastinya lebih menarik.

Keluarga Biru di Kebun Raya Purwodadi



Sumber referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Kebun_Raya_Purwodadi


Published by Keluarga Biru

Keluarga Biru adalah blog milik Ihwan Hariyanto dan Ivonie Zahra. Mereka menulis tentang parenting, traveling dan kuliner yang mereka lakukan bersama dua buah hati mereka Aiman dan Aira.
Follow us Google+.

15 comments:

  1. wahhh, Pasuruan punya kebun raya yang asyik yaa..pengen piknik disitu deh mas ihwan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Dewi asyik banget, ini mas iparku ngajak ke sana lagi naik motor.

      Delete
  2. Waaah.. ini tempat favorit buat piknik niih... Dari dulu pengen ke air terjunnya belum kesampaian. Ntar deh, kalo kesini lagi...
    Aim akhirnya mau nyebur ya, Wan.. Kalo udah mau gitu, kudu sering-sering diajakin nyebur lagi, biar makin ngerasa nyaman di air dia...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kirain kamu udah liat Coban Baungnya Dee, kemarin juga nggak berani ke sana sebab baru saja ada pengunjung yang jatuh saat selfie dan meninggal dunia :-(
      Iya, rencana ntar mau sering-sering main ke kolam renang di Malang.

      Delete
  3. Iya yaa... Kucing liarnya gemuk2 ih, gemeess.

    Main di kebun raya emang seru ya, aku baru 2x deh kayaknya ngajak anak ke kebun raya, di bogor & cibodas. Moga kpn2 bisa ke kebun raya purwodadi jugaa.. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meski liar kayaknya terawat juga kucingnya itu Mbak.
      Aamiin, ntar mampir juga ke Malang Mbak, siapa tau bisa kopdar.

      Delete
  4. Inget zaman smp dulu study tour nya ke kebun raya ini hehehe

    ReplyDelete
  5. ASyik tempatnya. Luas. Anak-anak pasti seneng banget main di sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luass bingiit Mbak, yang saya foto itu baru seperempatnya mungkin.
      Nggak hanya anak-anak, ortunya juga seneng.

      Delete
  6. boleh buat nge-camp (bermalam) ga ya??
    mendirikan tenda dg keluarga...kyknya asyiik jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak bisa Mbak/Mas karena jam 5 sore tutup.

      Delete
  7. boleh buat nge-camp (bermalam) ga ya??
    mendirikan tenda dg keluarga...kyknya asyiik jg

    ReplyDelete
  8. keren liburannya, sering lewat tapi belum pernah coba kesana. next trip sepertinya akan coba kesana, kebetulan juga tidak terlalu jauh dari surabaya.

    ReplyDelete
  9. Sepertinya menyenangkan sekali bisa liburan di alam terbuka

    ReplyDelete

Jika menurut Anda artikel ini berguna mohon dukungannya dengan memberikan donasi via PayPal untuk maintenance blog Keluarga Biru. Terimakasih ^_^

Google+ Followers

Followers

Total Pageviews

Contact

Powered by Blogger.