Keluarga Biru

Featured Post

Berumur Panjang Demi Keluarga Tercinta - My Healthiness My Precious Moment

Di keluarga besar saya, umur para pria mayoritas lebih pendek bila dibandingkan dengan umur para wanita. Sejak lahir saya tidak...

Laman

Top 10 Kuliner Daerah yang Mewarnai Indonesia

Keluarga Biru         22 comments
Top 10 Kuliner Daerah yang Mewarnai Indonesia



Selain dikaruniai dengan keindahan alam dan kekayaan budaya, Indonesia juga mempunyai keanekaragaman kuliner. Setiap daerah mempunyai kuliner yang mempunyai ciri khas tersendiri baik itu dari segi rasa dan penyajiannya. Beberapa kuliner daerah yang berhasil menaklukkan sebagian besar lidah penikmat kuliner Indonesia akhirnya dijual di luar daerah asalnya. Sebagai contoh, kita bisa menjumpai Sate Madura di Jakarta atau Bakso Malang di Kalimantan.

Berikut adalah  Top 10 Kuliner Daerah yang mewarnai Indonesia versi Keluarga Biru


1. Sate Madura
Hampir setiap daerah di Indonesia mempunyai menu sate dengan ciri khasnya masing-masing, namun yang paling populer adalah Sate Madura. Bahan daging adalah daging ayam atau kambing dengan bumbunya yang terbuat dari kecap manis, kacang tanah, bawang putih dan garam. Tidak lupa ditaburi dengan irisan bawang merah dan sambal bagi yang suka pedas. Penjual Sate Madura biasanya adalah orang Madura asli atau keturunan yang mempunyai resep warisan dan mereka sudah menyebar di hampir seluruh Indonesia.

2. Bakso Malang


Bakso Malang


Bakso memang berasal dari seni kuliner Thionghoa Indonesia, namun kemudian oleh masyarakat Indonesia disesuaikan dari jenis bahannya yaitu diganti dengan daging sapi, ikan atau ayam. Dari semua bakso di Indonesia, yang paling populer adalah Bakso Malang yang lengkap dengan mie kuning, tahu, siomay dan pangsit goreng. Variasinya juga banyak, mulai dari yang direbus hingga dibakar.

3. Masakan Padang
Seperti halnya Sate Madura, Masakan Padang juga bisa kita temui di hampir seluruh daerah di Indonesia. Masakan Padang mempunyai kelebihan pada citarasa bumbunya yang khas, lalu juga variasi lauknya yang banyak seperti rendang, ayam pop, gulai kepala ikan dan lain-lain.
Yang unik dari Masakan Padang adalah cara penyajiannya, para pelayannya yang mayoritas pria itu akan membawa sejumlah piring hidangan secara sekaligus di kedua tangan atau salah satunya dengan lincahnya sehingga tidak sampai jatuh.

4. Pempek Palembang


Pempek Kapal Selam


Makanan khas Palembang ini terbuat dari ikan dan sagu. Variasanya juga beragam, ada pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek bulat (adaan), pempek pistel hingga pempek keriting. Pempek biasanya dimakan dengan saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Kini pempek bisa ditemui di luar Palembang, mulai dari warung yang sederhana hingga di restoran yang mewah.

5. Batagor Bandung
Batagor adalah akronim dari Bakso Tahu Goreng. Batagor mengadaptasi gaya Thionghoa-Indonesia dimana dibuat dari tahu yang diisi adonan berbahan dasar ikan tenggiri dan tepung tapioka. Batagor biasanya ditambahi dengan siomay, disajikan dengan bumbu kacang, kecap manis, sambal dan perasan jeruk nipis yang makin menggugah selera. Batagor kini sudah banyak ditemui di seluruh Indonesia, sebagai jajanan anak sekolah hingga sajian di rumah makan.

6. Gudeg Jogja
Apa makanan khas Jogja yang paling disukai wisatawan? Yaa, gudeg! Makanan ini terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Pembuatan gudeg membutuhkan waktu yang sangat lama, warna khas coklatnya berasal dari daun jati yang dimasak bersamaan. Varian gudeg antara lain gudeg kering, gudeg basah dan gudeg Solo.

7. Pecel Blitar
Pecel terbuat dari aneka sayuran seperti kacang panjang, taoge, mentimun, daun singkong dan daun kemangi. Campuran sayuran itu kemudian disiram bumbu sambal kacang yang lezat. Dari semua pecel di Indonesia, Pecel Blitar yang paling terkenal. Bumbu kacangnya terkenal gurih dan pedas. Pecel Blitar biasanya dimakan dengan lauk tempe dan rempeyek atau peyek. Rempeyek sendiri adalah lauk yang terbuat dari adonan tepun dan kacang atau ikan teri yang digoreng dengan minyak.

8.Soto
Soto adalah makanan asli Indonesia yang mempunyai tampilan seperti sup, dibuat dari kaldu daging dan sayuran. Indonesia mempunyai banyak sekali variasi soto dari setiap daerah, ada Soto Betawi, Soto, Soto Lamongan, Soto Banjar hingga yang lagi happening saat ini adalah Coto Makassar. Daging yang dipakai sebagai kaldu adan lauk biasanya adalah daging sapi, ayam dan kambing. Soto dihidangkan dengan nasi atau lontong. Agar makin sedap soto biasanya dilengkapi dengan kerupuk, perasan jeruk nipis dan koya.

9.Gado-Gado
Gado-gado hampir mirip dengan Pecel, makanan yang terbuat dari campuran sayuran dan disiram dengan saus kacang. Yang membedakan adalah gado-gado ditambahi dengan irisan kentang, wortel, selada dan telur. Rasa saus kacangnya berbeda dengan saus kacang pada pecel, lalu jika pecel ditambahi dengan rempeyek maka gado-gado diberi tambahan emping atau melinjo goreng. Gado-gado disebu sebagai salad versi Indonesia.

10. Es Pisang Hijau
Makanan khas Sulawesi ini sekarang lagi booming dan mulai banyak dijual di luar Sulawesi. Es Pisang Hijau mempunyai bahan utama berupa pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau muda. Balutan pisang hijau ini disajikan dengan bubur sumsum dan serutan es. Sausnya terbuat dari adonan tepung terigu, santan dan gula pasir. Karena bahan-bahannya yang cukup berat, Es Pisang Hijau tidak hanya mampu mengusir dahaga namun juga rasa lapar.

Itulah Top 10 Kuliner Daerah yang mewarnai Indonesia versi Keluarga Biru. Kehadiran 10 kuliner yang hampir ada di seluruh Indonesia itu akan mampu mengenalkan kuliner daerah kepada para wisatawan baik itu domestik maupun mancanegara yang pada akhirnya akan menarik minat mereka untuk mengunjungi daerah asal kuliner tersebut.





Published by Keluarga Biru

Keluarga Biru adalah blog milik Ihwan Hariyanto dan Ivonie Zahra. Mereka menulis tentang parenting, traveling dan kuliner yang mereka lakukan bersama dua buah hati mereka Aiman dan Aira.
Follow us Google+.

22 comments:

  1. Belum pernah nyobain es pisang hijau dan pecel blitar. Kalo yang lain udah. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo cobain Ky, es pisang hijau segar dan mengenyangkan. Kalau pecel Blitar pedes-pedes nagihin :P

      Delete
  2. es pisang hijau.. dengarnya baru kali ini,tapi kayanya enak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gugling aja gambarnya, banyak kok. Sayang dulu pernah makan tapi lupa ga difoto :D

      Delete
  3. makanannya enak-enak, kalau saya sukanya masakan padang, ayam gulai, rendang, otak sapi, nyam-nyam. Yang lain makanannya juga enak-enak, semoga menang mas lombanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku kalo pas lembur sukanya makan masakan padang, rasanya enak dan porsinya mantab! Aamiin, makasih doanya Di.

      Delete
  4. Semua makanan yang disebutin di sini aku sukaaaaaa... Kuliner Indonesia emang TOP!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang benar Dee, salah satu kekayaan Indonesia yang harus kita jaga dan lestarikan dengan cara rajin membelinya hehehe

      Delete
  5. Kuliner Indonesia memang top markotop. Tapi saya belum nyoba es pisang hijaunya. Pecel Blitar juga nggak ngeuh kayak apa, yang penting saya makan pecel aja, entah dari daerah mana, saya nggak tau, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain Mas Es Pisang Hijau, aku rasa di ibukota sudah ada.
      Kalau aku pernah makan pecel di Kota Tua, aduh rasanya jauuuh banget ama pecel Malang apalagi Blitar he3

      Delete
  6. Belum pernah nyobain pecel blitar. Gudlak lombanya mas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain aja Zahra, enak kok. Aamiin, makasih doanya.

      Delete
  7. Kuliner nomor 4-7 belum pernah aku coba. Walaupun batagor bandung dan pempek palembang tiap malam lewat depan kost. Padahal rasa penasaran akan rasa kedua kuliner tersebut tergolong tinggi.

    Kalau pisang ijo sudah sering karena bisa buat sendiri. Kuliner yang lainnya (1-3 dan 8) juga udah keseringan aku makan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mas segera dicoba, kasian rasa penasarannya ntar semakin tinggi jadi kepikiran nggak bisa tidur :D
      Wiih keren bisa buat pisang ijo, nggak minat buka usaha kuliner juga?

      Delete
  8. Sudah makan semua, dan suka semua. Slurp....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow siip Mbak, penikmat kuliner sejati neh.

      Delete
  9. aku kangen pecel blitarrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini pasti kangen juga ama pembelinya sampe ngetik R banyak banget :P

      Delete
  10. Sudah nyobain semua kecuali Pecel Blitar :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiih keren udah nyobain 9 kulinernya, semoga cepat ketemu ama Pecel Blitar.

      Delete
  11. Saya es pisang ijo lom pernah nyoba hem... Sukses buat lombanya mas

    ReplyDelete
  12. semua makanan di list kesukaan Babang inih 😘

    ReplyDelete

Jika menurut Anda artikel ini berguna mohon dukungannya dengan memberikan donasi via PayPal untuk maintenance blog Keluarga Biru. Terimakasih ^_^

Google+ Followers

Followers

Total Pageviews

Contact

Powered by Blogger.