Keluarga Biru

Featured Post

Berumur Panjang Demi Keluarga Tercinta - My Healthiness My Precious Moment

Di keluarga besar saya, umur para pria mayoritas lebih pendek bila dibandingkan dengan umur para wanita. Sejak lahir saya tidak...

Laman

Belajar Bahasa Inggris yang Menyenangkan di British English Class

Keluarga Biru         9 comments




Kursus Bahasa Inggris yang Menyenangkan di BEC


Saya senang dengan Bahasa Inggris, bukan karena merasa keren kalau bisa cas-cis-cus atau sesekali menyelipkan kalimat Bahasa Inggris saat menulis. Namun dengan Bahasa Inggris akan membuka lebih lebar lagi akses kita di dunia internasional, mulai dari ilmu hingga pertemanan.


Saya dan Bahasa Inggris

Sejak di bangku SMP hingga kuliah saya selalu senang jika ada pelajaran atau mata kuliah Bahasa Inggris, apalagi guru Bahasa Inggris itu biasanya orangnya asyik dan berjiwa muda, jadi berasa fun gitu saya belajarnya. Di kantor pun saya mendapatkan kesempatan untuk kursus Bahasa Inggris, gurunya juga menyenangkan. Bahkan salah satunya mengajar dengan cara yang out of the box sehingga kami para peserta kursus tidak merasa seperti sedang belajar.
Selama kursus berlangsung hingga selesai, kami membuat grup di wasap dimana kami berkomunikasi dengan Bahasa Inggris. Interaksi di grup ini penting juga agar kemampuan kami tidak berkurang karena tidak pernah dipraktekkan. Sayang setelah beberapa lama, grup itu akhirnya sepi. Dan saya pun jadi tak bisa mempraktekkan Bahasa Inggris saya lagi. Err sebenarnya ada sih teman-teman blogger yang mau saya ajak praktek kayak Yayan dan Mas Febri, tapi sayanya yang malas hehehe.



Apa itu British English Class

Seakan mengerti dengan kegalauan saya yang masih ingin belajar dan mempraktekkan Bahasa Inggris, salah satu adik kelas memberitahu saya tentang kursus Bahasa Inggris online melalui aplikasi BBM dan Whats App. Waah, baru kali ini saya nemuin kursus model kayak gini. Saya pun lalu kepoin websitenya yaitu British English Class.

British English Class (BEC) ini didirikan sejak resmi November 2015, tapi sebelumnya sudah ada percobaan tahun 2008/2009 membuka kursus melalui SMS dengan 3 murid dan 1 guru. Pencetus idenya adalah mahasiswa UGM bernama Mas Haga. Kalau sekarang BEC sudah berkembang dengan pesat yaitu memiliki lebih dari 70 guru. Latar belakang para gurunya beragam, mulai dari yang memang berprofesi sebagai guru Bahasa Inggris. Bahkan ada seorang guru yang sudah 21 tahun mengajar Bahasa Inggris tapi tetap semangat untuk berbagi ilmunya lewat BEC. Ada juga yang tidak berlatar belakang sebagai guru seperti karyawan atau mahasiswa namun memiliki kemampuan dan ketertarikan untuk mengajar Bahasa Inggris. 




Malah ada satu guru yang memiliki sertifikat TESOL. TESOL kepanjangan dari Teaching English to Speakers of Other Languange. Sertifikat ini diberikan bagi yang ingin mengajar Bahasa Inggris, tentu saja untuk mendapatkannya harus melalui tes yang sulit, bahkan harus sekolah lagi. Wiih kurang keren apalagi coba BEC ini.

Sampai dengan November 2015, BEC telah menjalankan lebih dari 300 kelas. 80 persen murid di BEC adalah karyawan. Wajar sih karena selama ini kendala waktu dan jarak menjadi penghalang bagi karyawan seperti saya yang ingin belajar Bahasa Inggris tanpa mengganggu pekerjaan. Murid BEC ada juga yang ibu rumah tangga, mahasiswa/pelajar dan lain-lain. Jadi jumlah murid tidak terbatas di BEC ini.

Bagaimana Cara Belajar di BEC

Trus gimana cara kita buat belajar Bahasa Inggris di BEC ini?

Gampang banget kok, Anda tinggal buka saja websitenya: British English Class

Yang pertama pilih dulu kelas mana yang akan Anda ikuti. Di BEC ada 8 kelas untuk Bahasa Inggris, silakan pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.


Kursus Bahasa Inggris yang Menyenangkan di BEC



Oh iya, BEC juga mengajar kursus bahasa asing lainnya. Saat ini baru ada dua bahasa yaitu Bahasa Jepang dan China.


Kursus Bahasa Inggris yang Menyenangkan di BEC



Kalau udah pilih kelas, sekarang kita pilih gurunya. Ini neh yang paling asyik, terutama buat yang jomblo wekekeke. Just kidding. Mau pilih guru cewek atau cowok terserah Anda. Untuk memudahkan memilih di bawah foto guru tertera kelebihan gurunya, misalnya latar belakang pendidikan atau nilai TOEFL-nya.


Kursus Bahasa Inggris yang Menyenangkan di BEC


Kehadiran BEC memang ingin memberikan pilihan yang beragam karena selama ini jika kita kursus pilihannya terbatas. Apalagi jika di daerah, mungkin jumlah guru atau lembaga kursusnya tidak sebanyak di Jakarta atau kota besar lainnya. BEC ingin teman-teman di daerah manapun bisa belajar dengan guru yang terbaik. Begitu juga dari sisi guru, mereka jadi semakin banyak pengalaman mengajar beragam orang dari berbagai daerah.

Kalau sudah menentukan kelas mana yang diambil dan siapa guru yang diinginkan, langsung saja hubungi BEC Team di sini: Line/WhatsApp ke 082110009343, 081276633920. BBM: 7C02FA8B. Nanti ada Mbak Swarha Wia yang akan mengatur kelas dan jadwal buat kita. Gampang banget kan.

Pengalaman Saya Belajar di BEC

Saya belajar Bahasa Inggris di BEC dengan Mbak Amalia Lestari. Mbak Amalia ini lulusan Bahasa dan Sastra Inggris UNY dan nilai TOEFL-nya 563. Mbak Amalia orangnya ramah, menyenangkan dan sabar ketika mengajar.
Mbak Amalia tertarik bergabung di BEC karena dia memang suka mengajar. Sistem mengajar yang strategis dimana tidak perlu mengajar di kantor atau sekolah menjadi salah satu pertimbangannya. Dia juga senang karena bisa mengajar murid-murid yang lokasinya berbeda-beda.



Kursus Bahasa Inggris yang Menyenangkan di BEC


Kelas yang saya ambil adalah Kelas Pertamax yang terdiri dari: 6x kelas chatting @60 menit, 2x kelas speaking @30 menit dan 2x kelas voice record @60 menit. Untuk jadwalnya sengaja saya pilih di jam kerja agar saya bisa leluasa belajarnya. Sebab kalau saya belajar di rumah pasti nggak sempat karena sudah rempong dengan Aiman.

Dari tiga kelas di atas, saya paling suka kelas chatting karena saya tidak seperti belajar. Kayak lagi wasapan sama teman saja. Apalagi metode belajar yang dipakai Mbak Amalia juga santai, dia dengan sabar mengoreksi setiap kesalahan yang saya tulis. Salah satu cara belajar yang saya suka saat Mbak Amalia mengirimkan beberapa foto lalu saya ditugaskan untuk memberikan caption dalam Bahasa Inggris. Pura-puranya mau diupload di IG gitu deh.


Kursus Bahasa Inggris yang Menyenangkan di BEC




Kursus Bahasa Inggris yang Menyenangkan di BEC


Di kelas voice record saya dikirimi rekaman suara native speaker, tugas saya adalah menuliskan rekaman tadi. Nah nanti Mbak Amalia akan mengoreksinya. Jujur ya, saya kurang suka kelas ini sebab mendengarkan native speaker ngomong itu perjuangan banget. Tau sendiri kan mereka kalau ngomong terdengar kurang jelas, sengau dan seperti orang bindeng hehehe. Tapi tentu saja Mbak Amalia tetap memberikan kelas ini karena pelajaran paling penting dalam belajar Bahasa Inggris adalah mendengarkan langsung native speaker.


Kursus Bahasa Inggris yang Menyenangkan di BEC



Kelas yang seru dan menantang adalah kelas speaking. Seru karena saya harus berbicara dengan Mbak Amalia yang belum pernah saya temui dan ngobrol dalam Bahasa Inggris. Saya lama tidak mempraktekkan kemampuan Bahasa Inggris saya, jadi kayak rindu yang terobati gitu halaah baper banget bahasanya. Trus menantangnya itu karena saya ngobrolnya di kantor, dimana di dalam ruangan ada atasan dan rekan kerja. 


Kursus Bahasa Inggris yang Menyenangkan di BEC


Sebenarnya saya bisa sih ngobrol di luar ruangan tapi di sesi kedua kelas speaking saya harus membaca artikel di internet, jadi mau nggak mau harus pede speak-speak English meski didengar atasan dan teman seruangan. Eh tapi ada sisi positifnya juga lho, gara-gara mendengar saya telponan pakai Bahasa Inggris, salah satu teman saya nanya-nanya dan tertarik pengin ikutan kursus juga di BEC. 


 

Itulah pengalaman saya kursus Bahasa Inggris yang menyenangkan di British English Class. Untuk hasil kursus: saya merasa lebih pede ngomong atau nulis Bahasa Inggris meski belum semahir yang lain. Kuncinya sih memang kudu pede dan semangat, begitu pesan Mbak Amalia pada saya. Ssst saya sebenarnya masih ada hutang neh nulis artikel di blog dalam Bahasa Inggris, moga nanti bisa segera saya kerjakan hehehe. So, buat Anda yang ingin belajar Bahasa Inggris namun terkendala ruang, jarak dan waktu cobain deh belajar di BEC, dijamin menyenangkan dan ketagihan.



Published by Keluarga Biru

Keluarga Biru adalah blog milik Ihwan Hariyanto dan Ivonie Zahra. Mereka menulis tentang parenting, traveling dan kuliner yang mereka lakukan bersama dua buah hati mereka Aiman dan Aira.
Follow us Google+.

9 comments:

  1. Seru ya, semoga nanti berkesempatan belajar juga sama mentor-mentor kece di BEC. Hayo Wan setiap whatsapp aku pakai Bahasa Inggris lagi, pan aku juga belajar jadinya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru Yan, aku jamin kamu senang. Eh siapa tau juga ntar nyantol ama mentornya hihihi.
      Okay, see you in wasap :P

      Delete
  2. Baru tau kalo di BEC bisa belajar bahaa asing lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo Mbak daftar kalo minat kursus bahasa jepang atau china.

      Delete
  3. Sekarang belajar bahasa inggris menjadi semakin mudah ya bisa melalui group segala. mantaplah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo Mas Budy kayaknya udah jago cas-cis-cus English neh, tapi kalo mau memperdalam lagi juga bisa kok di BEC.

      Delete
  4. eh aku baru tau nih mas, model belajar bahasa inggris kayak gini. memudahkan bgt yaa, fleksibel waktunya jg..

    ReplyDelete
  5. Wiiih seru sepertinya. Pingin deh ikut belajar. Apalagi aku 0 dalam bahasa Inggris

    ReplyDelete
  6. Wah seru banget gan :D
    ane juga pengen bisa bahasa luar gitu, biar kalau ketemu bule bisa cakap cakap. Hehehe

    ReplyDelete

Jika menurut Anda artikel ini berguna mohon dukungannya dengan memberikan donasi via PayPal untuk maintenance blog Keluarga Biru. Terimakasih ^_^

Google+ Followers

Followers

Total Pageviews

Contact

Powered by Blogger.