Keluarga Biru

Featured Post

Berumur Panjang Demi Keluarga Tercinta - My Healthiness My Precious Moment

Di keluarga besar saya, umur para pria mayoritas lebih pendek bila dibandingkan dengan umur para wanita. Sejak lahir saya tidak...

Laman

DIY Membuat Pagar Kayu

Keluarga Biru         18 comments



Membuat Pagar Kayu Sendiri



“Pa, ini ada kayu palet lagi obral. Aku beli ya buat pagar rumah kita?”
“Hah, kayu palet? Buat pagar?”
“Iyaa, mumpung lagi diskon.”
“Iya deh.”
Rumah kami memang belum dipagari semuanya, di bagian tengah masih terbuka sehingga kalau pintu utama dibuka maka bagian dalam rumah terlihat dari luar. Nah sudah beberapa hari ini Mama Ivon berwacana pengin buat pagar kayu sendiri dari kayu palet.

Saya agak ogah-ogahan menanggapinya karena saya sadar diri nggak punya kemampuan pertukangan yang baik. Lha wong memaku saja kadang masih sering bengkok, payah banget saya ini. Saya lebih memilih pesan aja nanti tinggal pasang. Tapi Mama Ivon tetap pengin bikin sendiri biar hemat katanya. Tumben-tumbenan mikir hemat wakakaka *lalugadimasakin

Ya udah wes sebagai suami yang sayang istri maka saya akan mencoba mewujudkan keinginannya. Pada Minggu pagi, setelah menitipkan Duo Ai di rumah Mbah kami berangkat ke penjual kayu untuk membeli kayu palet panjang sebagai kerangka pagar. Mama Ivon memilih kayu palet karena teksturnya yang bagus dan empuk sehingga mudah untuk dipaku.






So ini dia bahan dan peralatan yang kami siapkan untuk membuat pagar kayu sendiri dari kayu palet. Kayu palet yang sudah potongan pendek itu belinya online, sedangkan yang panjang beli di toko kayu.



Oke, simak yuk Cara Membuat Pagar Kayu ala Keluarga Biru


Bahan dan Peralatan:

  1. 2 potong Kayu Palet Panjang ukuran 2 m
  2. 15 potong Kayu Palet Pendek ukuran 75 cm
  3. Paku kecil secukupnya (kemarin saya beli 1 ons masih sisa)
  4. Palu
  5. Gergaji
  6. Meteran (pengukur)
  7. Pensil






Cara Membuat:

  1. Ukur terlebih dahulu area yang akan dipasangi pagar, kalau area di rumah kami yang belum kami pagari sekitar 2 meteran.
  2. Tentukan berapa jarak antar ruasnya setelah itu tandai menggunakan pensil. Pagar kami jarak antar ruasnya 5 cm dan ternyata hanya memerlukan 11 buah kayu pendek saja.
  3. Paku setiap ruas satu per satu. Penting untuk memegangi kayu dengan baik agar tidak melenceng. Saya sendiri sok mewanti-wanti Mama Ivon yang ikutan memaku agar tidak lupa memegangi kayu dengan erat. Eh nggak tahunya saya sendiri yang menceng makunya wakakaka.
  4. Setelah semua ruas terpasang maka tingga pemasangannya. Gunakan paku yang lebih besar untuk memaku agar kuat menahan pagarnya.
  5. Alhamdulillah sudah jadi deh pagar kayu dari kayu paletnya.

Tukangnya kebanyakan gaya :P

Kalau maku yang bener :P

Aiman nggak mau kalaah



Taraaa ini udah jadi pagar kayunya


Rencananya pagar kayu ini nanti akan kami cat dengan warna biru biar nyambung sama gerbang dan pagar kecil di sebelah selatan. Trus juga mau kami pasangi penutup transparan agar orang dari luar nggak bisa melihat langsung bagian dalam rumah kami. Jadi kalau pas pagi hari bisa membuka pintu lebar-lebar sehingga udara pagi bisa memasuki rumah kami. Mau nyantai di teras juga enak, nggak langsung terlihat orang.

Itulah cerita Keluarga Biru membuat pagar kayu sendiri dari kayu palet. Semoga bermanfaat yaa.






Published by Keluarga Biru

Keluarga Biru adalah blog milik Ihwan Hariyanto dan Ivonie Zahra. Mereka menulis tentang parenting, traveling dan kuliner yang mereka lakukan bersama dua buah hati mereka Aiman dan Aira.
Follow us Google+.

18 comments:

  1. Wah dengan pagar sederhana itu membuat rumah jadi cantik :) mau coba ah tapi bakalan bisa gak yahh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti bisa Mas, ayo cobaa. Makasih dan salam kenal Mas.

      Delete
  2. Jempol banget dah ini...kalo saya masang paku aja masih susah, banyakan bengkoknya daripada nancepnya

    ReplyDelete
  3. Kayu palet itu apa ya bang? maaf gag tahu jenis kayu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayu yang biasanya dipakai untuk peti kemas Mbak. Kadang nyebutnya palet kayu.

      Delete
  4. Ini tutorial harus dibaca ayahnya juna... biar jd referensi... heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan Wit tapi kayaknya ayahnya Juna lebih jago deh.

      Delete
  5. Telaten yaaa ngerjain beginian sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Demi istri tercinta yang pengin punya pagar unik bernuansa sabicik hihihi

      Delete
  6. pagar rumah mertua juga terbuat dari kayu Mas, dan cara buatnya memang persis seperti yang tertulis di atas :)

    ReplyDelete
  7. Udah kuduga pasti pagernya mau dicat biru hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa iya kuning, kan nggak nyambung :P

      Delete
  8. bisa menghalangi debu masuk rumah juga ya yang terbang2 dari jalan

    ReplyDelete
  9. warnanya biru simple tapi bagus ya

    ReplyDelete

Jika menurut Anda artikel ini berguna mohon dukungannya dengan memberikan donasi via PayPal untuk maintenance blog Keluarga Biru. Terimakasih ^_^

Google+ Followers

Followers

Total Pageviews

Contact

Powered by Blogger.