Keluarga Biru

Featured Post

Cerita Liburan Akhir Tahun Keluarga Biru ke Yogyakarta

Laman

Arisan Keluarga Besar Suparman

Keluarga Biru         19 comments




Arisan Keluarga Besar Suparman


Pada hari Sabtu yang lalu Keluarga Biru bertolak ke Sidoarjo untuk menghadiri acara Arisan Keluarga Besar Suparman yang diadakan di rumah salah satu sepupu Mama Ivon, Dek Ninuk. Dek Ninuk ini adalah anak dari bibi Mama Ivon yang tinggal di Blitar yaitu Mak Tati. Arisan Keluarga yang diadakan di rumah Dek Ninuk adalah arisan kedua di Keluarga Besar Suparman. Seperti di cerita sebelumnya, kami sengaja berangkat sehari sebelum hari H agar lebih enak mempersiapkan diri. Maklum kami bawa Duo Ai, jadi sedikit rempong kalau mau bepergian.

Tujuan diadakannya arisan keluarga yang paling utama agar tali silaturahmi di antara para kerabat tetap terjalin, kalau istilah Jawa agar tidak kepaten obor. Meskipun sekarang tempat tinggal para kerabat sudah menyebar ke beberapa kota namun itu tak mengurangi semangat kami untuk bertemu.
Seperti halnya di arisan-arisan yang lain, di Arisan Keluarga Besar Suparman juga dilakukan secara bergiliran. Untuk urutannya cukup fleksibel, tidak harus dikocok namun bisa juga request menyesuaikan jika ada yang memiliki hajat. Yang namanya arisan pasti juga ada iurannya, demikian juga di arisan kami. Nominalnya tidak perlu disebutin ya, nggak etis wekekeke. Uang arisan tersebut nantinya akan diberikan kepada kerabat yang mendapatkan giliran menjadi tuan rumah. Lalu ada juga iuran wajib dan sukarela yang mana dipergunakan untuk membantu kerabat yang sedang tertimpa musibah. Sedangkan frekuensi arisannya diadakan dua bulan sekali. 


Arisan Keluarga Besar Suparman




Arisan keluarga seperti ini memang bagus untuk menjaga rasa kekeluargaan dan kekompakan di antara kerabat. Apalagi kini sudah banyak yang baru menikah sehingga bertambah anggota baru, jadi dengan arisan keluarga ini bisa jadi ajang untuk mengenalkan anggota keluarga baru. Mas Aiman tampak senang bertemu dengan para sepupunya: ada yang seumuran, di bawahnya namun ada juga yang jauh lebih tua.
Di antara semua kerabat kami, Mas Aiman paling lengket sama Om Jovin. Jovin ini umurnya masih belasan, masih kelas 1 SMA. Walaupun selisih umur mereka berdua jauh namun mereka cocok, apalagi Om Jovin sangat sabar dan ngemong banget. Liat saja kedekatan mereka di foto-foto di bawah ini.


Arisan Keluarga Besar Suparman


Perkembangan zaman tentu akan berpengaruh pada perilaku manusia, termasuk anak-anak. Di zaman kecil saya dulu, saat ada acara kumpul-kumpul kerabat maka anak-anak biasanya bermain di luar. Permainan yang dimainkan biasanya permainan tradisional seperti umbulan, engklek atau mainan mobil yang paling modern. Tapi sekarang hal seperti itu sudah jarang bahkan tidak pernah terlihat lagi. Saat ada acara kumpul kerabat, anak-anak bermain game di gadget. Ada yang main sendiri-sendiri atau bareng, itu pula yang terlihat di arisan keluarga kami kemarin. Aiman bahkan sempat rewel karena tergoda dengan game baru di gadget milik sepupunya. 


Arisan Keluarga Besar Suparman



Ketergantungan akan gadget dan internet memang tidak bisa dielakkan. Jika anak-anak suka main game online, maka para ibu suka berbelanja online. Apalagi hari ini ada event promo harbolnas 2016 di semua toko-toko online, pasti mereka akan memborong barang-barang yang menjadi incaran mereka.

Kembali ke arisan keluarga besar kami, yang tidak boleh ketinggalan saat ngumpul bersama kerabat adalah acara foto bersama. Kegiatan ini selalu memancing kehebohan karena memang semua orang suka berfoto, apalagi jika lama tak bertemu. Sebuah foto akan mengabadikan kebersamaan keluarga yang berlangsung dua bulan sekali ini. Diantara semua bulek, Bulek Darmi adalah orang yang paling repot saat sesi foto. Beliau dengan cekatan mengumpulkan semua kerabat, menata posisi, mengatur gaya sekaligus menentukan siapa yang harus gentian memotret hehehe. Memang harus begitu sih karena kami tidak menyewa fotografer jadi kalau foto harus gantian agar semua memiliki foto kenangan bersama keluarga besar.







Itulah cerita kebersamaan kami di acara Arisan Keluarga Besar Suparman, semoga kegiatan ini bisa istiqomah dan membawa berkah bagi semua. Saya sendiri memiliki keinginan di keluarga besar saya diadakan juga acara sejenis, tapi entah kapan hehehe. Bagaimana dengan Anda, apakah di keluarga besar Anda juga mengadakan arisan keluarga? Sharing juga yuk di komentar.




Published by Keluarga Biru

Keluarga Biru adalah blog milik Ihwan Hariyanto dan Ivonie Zahra. Mereka menulis tentang parenting, traveling dan kuliner yang mereka lakukan bersama dua buah hati mereka Aiman dan Aira.
Follow us Google+.

19 comments:

  1. Seru niiih... apalagi kalo yg pada arisan ibu2nya sekalian belanja online 😆😆😆

    ReplyDelete
  2. Duh seneng banget ya bisa kumpul keluarga besar gitu.. Karena aku merantau jauh, jadi paling jarang bisa ikutan acara-acara kumpul keluarga gini...

    ReplyDelete
  3. Habis arisan, lanjut belanja online kalau dapat giliran hahaha

    ReplyDelete
  4. Selalu menyenangkan kumpul dengan keluarga besar. Hati jadi hangat saat semua berbaur dalam canda dan tawa
    *lalu aku kangen mudik* hiks

    ReplyDelete
  5. Yang dapet arisan cuss blanja online. Sama mbak Arni kangen mudik juga aku baca artikel keluarga biru huhu

    ReplyDelete
  6. Seneng ya ada acara kayak gini, jadi bisa sering2 ngumpul
    lah keluarga besarku, jarang bisa ngumpul
    paling mentok pas lebaran hari pertama, dan kalau keluarga besar dari ayahku ngumpul, aku pasti absen, soalnya hari pertama lebaran ngumpulnya di keluarga besar ayah mertua lanjut ke keluarga ibu mertuaa :(

    ReplyDelete
  7. Waahh senangnya kumpul keluarga besar yaaaa, ini kok dresscodenya bisa nuansa biru ya? Kompak bangeet!

    ReplyDelete
  8. Dikeluarga saya dari garis ibu ada arisan keluarga sebulan sekali, tapi saya nggak ikut. Karena yang pada dateng rata-rata udah seumuran ibu saya, generasi mudanya dikit banget. Lagipula kalau minggu kegiatan di komplek perumahan lumayan padat merayap

    Pengen sih ikut meneruskan generasi arisan keluarga ini tapi entahlah, mungkin nggak saat ini hehe..

    ReplyDelete
  9. seru ya bisa arisan kluarga, sayang kluarganya ortu rata2 dijateng jd jauh bgt

    ReplyDelete
  10. semoga bisa lebih sering2 ngumpul bareng

    ReplyDelete
  11. Kami juga keluarga perantau, jadi tak punya acara arisan. Paling banter ketemu saat lebaran dengan handai taulan.

    ReplyDelete
  12. Seru banget arisannya mba, saya ga pernah ada arisan keluarga neh. Dulu ada, tapi sekarang sudah ga pernah.

    ReplyDelete
  13. Aamiin semoga arisan keluarga besarnya langgeng, Mas. Acaranya seru banget :)

    ReplyDelete
  14. Pasti seru, heboh dan menyenangkan. salam kompak selalu buat keluarganya mbak :)

    ReplyDelete
  15. Asyik mbak..nggak liburan tapi bisa ngumpul banyak kerabat. Di keluarga besarku ada juga..tapi klo habis lebaran...jadi pas moment pada mudik atau libur. Anak2..dimana-mana sekarang sama yaa.. Tertariknya ma gadget.

    ReplyDelete
  16. Iya sama nih mas sama keluarga aku juga, rencananya mau buat silaturahmi rutin lewat kumpul-kumpul seperti ini, biar nggak kepaten obor juga yaaaa. Payah banget kan kalo anak-anak sampe nggak kenal sepupu-sepupunyaaa. Hehee

    ReplyDelete
  17. Wah, senangnya ya mbak. Keluarga besar yang sangat kompak. Aku setuju banget dengan iuran sukarela yang nantinya digunakan utk keluarga yang sedang membutuhkan.Perlu dicontek nih arisannya :)

    ReplyDelete
  18. Seneng lihatnya.. Arisan keluarga gini penting banget ya.. Saling mengenalkan keluarga yang mungkin selama ini ketemu hanya setahun sekali bahkan beberapa tahun sekali. Kalau ada arisan bulanan kan jadi update kabar satu sama lain. ^^

    ReplyDelete

Google+ Followers

Followers

Total Pageviews

IBX585B563EDC6FB

Contact

Powered by Blogger.