Keluarga Biru

Featured Post

Cerita Liburan Akhir Tahun Keluarga Biru ke Yogyakarta

Laman

Being Outstanding Blog with Creative Content

Keluarga Biru         32 comments



Being Outstanding Blog with Creative Content


Sekarang ini persaingan di dunia blog semakin ketat, ibarat persaingan di dunia persilatan maka para pendekar tidak hanya bermodalkan ilmu kanuragan yang tinggi. Namun melengkapi diri dengan berbagai macam senjata bahkan kalau bisa ilmu pelet *eh ini mau bertanding atau cari jodoh sih. Begitu juga dengan dunia blog, sekarang ini blogger tidak hanya mengandalkan tulisan dan foto saja untuk menarik pembaca lebih banyak lagi. Para blogger kini memperkaya konten blognya dengan infografis yang ciamik hingga video yang kece badai.

Untuk membuat konten blog yang kreatif tentunya membutuhkan PC atau notebook yang memiliki performa handal yang processornya menggunakan Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor. Keunggulan dari Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 ini memiliki performa yang jauh lebih tinggi sehingga mampu menghemat keperluan daya sedemikian rupa. Salah satu terobosan yang dibuat intel dengan Prosesor Core i3, i5 dan i7 yang dikeluarkannya adalah penggabungan RAM ke dalam prosesor. Penggabungan ini akan membuat data yang yang mengalir diantara prosesor dan RAM akan semakin tinggi. Hal ini tentu saja berpengaruh pada kecepatan kerja yang dilakukan oleh RAM.

Trus kelebihan lain yang dimiliki oleh core i adalah adanya teknologi HT atau Hyper Threading. Teknologi ini merupakan teknologi yang memungkinkan prosesor bekerja secara maksimal karena adanya dua atau lebih inti yang ada dalam prosesor. Jadi dengan PC atau notebook yang menggunakan Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor maka pembuatan konten blog yang kreatif akan semakin lebih mudah dan cepat.

Taking Your Blog Content to The Next Level



Taking Your Blog Content to The Next Level


Membuat konten blog menjadi lebih kreatif bukan semata tentang persaingan antar blogger, namun lebih pada effort kita agar tulisan yang sudah kita tulis tidak membosankan di mata pembaca. Terkadang saya menemui tulisan bagus di sebuah blog namun disajikan dengan cara yang standart sekali, nulis panjang kali lebar dengan tambahan foto seadanya. Akibatnya yang membaca sedikit atau yang lebih parah lagi, pembaca hanya baca sekilas lalu langsung cabut. Itu kan sayang banget, apalagi hal semacam ini secara teknis bisa meningkatkan bounce rate blog kita. Yang mana hal itu membuat peringkat blog kita buruk di mata google.

Saya pun selama ini sudah berusaha membuat konten di blog menjadi lebih variatif dan kreatif, tentunya dengan apa yang saya bisa dan miliki. Jadiii jangan dibandingin sama blogger yang jago bikin infografis dan vlog, masih kalah jauuh laah. Nah kali ini saya mau sedikit buka-bukaan bagaimana saya memperkaya konten di blog selama ini.

  1. Foto
Foto tetap menjadi andalan utama saya untuk membuat tulisan di blog menjadi menarik. Untuk menghasilkan foto dengan kualitas yang bagus tentunya dibutuhkan kamera dan skill yang mumpuni. Percuma kita memiliki kamera bagus jika kita tidak mampu memotret dengan baik. Tidak harus sejago fotografer handal namun setidaknya kita bisa menghasilkan foto yang jelas (tidak blur), proporsional dan informatif. Syukur-syukur jika kita bisa mengambil dengan angle yang menarik sehingga foto kita terlihat unik dan berbeda.

Tips Foto Untuk Blog

Kamera yang saya pakai untuk memotret ada dua yaitu kamera prosumer dan kamera smartphone. Kamera prosumer sebetulnya milik Mama Ivon namun jika saya ada event blogger atau travelling tanpa keluarga kadang saya meminjamnya. Meskipun saya belum sejago dia namun selama ini saya sudah puas dengan hasil bidikan saya, Mama Ivon juga beberapa kali mengakuinya.
Sedangkan untuk kamera smartphone, dulu saya menggunakan smartphone pemberian adik ipar yang hasilnya masih lumayan bagus. Lalu suatu ketika saya baru sadar jika lensanya mendadak jadi buram. Entah apa sebabnya, mungkin tergesek-gesek kain saat saya sakuin di celana. Sedih banget rasanya, jika ada event blogger atau travelling tanpa keluarga saya jadi tergantung dengan kamera prosumer milik istri.

Untunglah Allah Maha Baik, lewat event Asus Zenvolution 2016 saya mendapatkan rezeki yaitu smartphone baru yang memiliki fitur kamera setara dengan kamera DSLR yaitu Zenfone 3. Kamera yang memiliki tagline Built for Photography ini benar-benar membantu saya mendapatkan hasil foto yang bagus dan memukau. Saya pun jadi pede memajangnya di blog sebagai andalan utama menarik perhatian pembaca.





Hasil foto yang bagus selalu berbanding lurus dengan ukuran file yang dihasilkan. Untuk itu saya selalu mengedit terlebih dahulu foto-foto yang akan saya pasang di blog. Editing yang saya lakukan antara lain: memperkecil ukuran, mengedit saturation agar warnanya lebih hidup, mengedit lightness jika fotonya terlalu gelap, memberi nama pada setiap foto sesuai dengan keyword yang akan saya bidik. Pemberian nama foto sesuai keyword ini penting agar tulisan kita bisa terindeks oleh Google lewat gambar atau foto. Ini termasuk dalam trik SEO yang pernah saya pelajari dan terbukti memang benar. Sudah banyak pembaca non blogger yang ‘nyasar’ di blog saya lewat gambar atau foto di blog saya.



Selain foto tunggal, saya biasanya juga membuat kolase. Kolase foto biasanya saya pakai untuk header agar bisa mewakili isi tulisan secara global atau bisa juga untuk menyiasati agar jumlah foto yang ditampilan di blog tidak terlalu banyak. Ini perlu dilakukan agar blog kita tidak menjadi berat saat akan dibuka oleh pembaca. Sayang kan kalau pembaca jadi ngambek karena blog kita loading mulu.



  1. Infografis

Infografis adalah penyajian sebuah informasi yang dibuat dengan konsep visual agar lebih mudah dipahami. Secara umum hasil akhir dari Infografis lebih didominasi bentuk visual daripada informasi teks.
Blog yang dihiasi dengan infografis bukan hanya enak dilihat namun juga memudahkan pembaca untuk memahami isinya. Apalagi jika tulisannya blognya panjaang, dengan kehadiran infografis maka pembaca bisa mendapatkan secara garis besar rangkuman atau isi tulisan. 


Kelebihan Infografis di Blog


Meskipun kemampuan desain saya masih ecek-ecek namun tak menyurutkan semangat saya untuk membuat infografis di blog. Walaupun begitu tidak semua tulisan saya beri infografis, biasanya saya prefer ke tulisan yang berisi tips-tips. Nah saya akan tampilkan pokok-pokok dari tips yang saya bagikan itu dalam infografis. Misalnya saat saya bikin tulisan tentang Tips Menginap Gratis di Hotel.






Infografis ini juga bisa menjadi media promosi tulisan di akun-akun social media yang kita miliki. Karakter pengguna social media itu cenderung menyukai foto atau gambar yang unik dan menarik. Harapannya dengan kita share infografis yang menarik maka akan mengundang mereka untuk membaca tulisan kita.

  1. Video

Setahun belakangan video menjadi hal yang populer dan seksi di mata para blogger, apalagi sejak fenomena para vlogger yang sukses dari Youtube. Para blogger pun mulai banyak yang belajar membuat video saat melakukan berbagai aktivitas mulai dari video memasak, make-up hingga travelling.
Video memang memiliki banyak kelebihan bila dibandingkan dengan tulisan dan foto karena lewat video kita bisa menampilkan kondisi secara real sehingga bisa lebih menyentuh hati orang yang melihatnya. Secara global kelebihan video bisa dilihat dalam infografis berikut ini:

 
Kelebihan Video di Blog
sumber: materi workshop Teguh Sudarisman

Para pakar IT dan internet mengatakan bahwa fenomena vlog ini akan semakin hebat mulai tahun ini, oleh sebab itu bagi para blogger yang tak mau ketinggalan maka mau tak mau harus belajar membuat vlog.
Kalau saya terinpirasi belajar bikin video dari cerita sukses salah satu teman blogger yaitu Mbak Catur Guna yang berhasil meraup dollar lewat chanel youtube milik putrid sulungnya yaitu Zara Cute. Nah saya kemudian akhirnya bikin chanel Keluarga Biru yang saya isi dengan video-video pendek Mas Aiman. Lalu di penghujung tahun 2016 saya berkesempatan mengikuti workshop videografi yang diadakan oleh Mas Teguh Sudarisman di Jakarta. 

Berikut ini adalah beberapa vlog yang sudah saya buat:




Awalnya dulu saya membuat video menggunakan Asus Zenpad namun saya kurang puas dengan hasilnya karena masih belum bisa stabil dan kualitas videonya masih kurang. Nah setelah memiliki Zenfone 3 ini saya jadi semangat sebab Zenfone 3 bisa menghasilkan video dengan kualitas 4K. untuk pengeditan bisa lewat aplikasi di PC/laptop atau smartphone, tinggal pilih saja mana yang paling disukai. Untuk saat ini saya prefer edit lewat Zenfone 3 karena spesifikasi notebook saya kurang mendukung untuk mengedit video. Yang paling lama dari pembuatan video adalah proses rendering. 

Rendering merupakan sebuah proses dimana kita akan mengubah file editing video yang sudah kita buat menjadi sebuah bentuk file video yang bisa kita buka dengan menggunakan video player. Nah agar proses rendering ini bisa berjalan dengan maksimal maka dibutuhkan spesifikasi processor yang bagus. Bisa bayangin nggak jika ditengah-tengah proses rendering, PC atau laptop kita hang karena kelebihan beban. Aaargh bisa stress guling-guling karena file editing video kita ada resiko rusak atau hilang.

Nah, jika diajak berandai-andai saya pengin sekali memiliki salah satu notebook produksi Asus yang bisa mendukung aktvitas saya dalam membuat konten blog yang lebih variatif dan kreatif, mulai dari foto, infografis hingga video. Dari sekian produk laptop dan notebook yang terpajang di website Asus, pilihan saya jatuh kepada ASUSPRO Essential P2430UA.



Mengapa ASUSPRO P2430UA?


ASUSPRO Essential P2430UA diciptakan dengan spefikasi handal dan desain yang elegan sehingga yang mampu menunjang aktivitas kita sehari-hari. Yang paling utama adalah notebook ini telah dilengkapi dengan Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor. Agar lebih yakin gimana kehandalan Asus P2430U ini silakan dilihat dulu rincian spesifikasinya.

Being Outstanding Blog with Creative Content


  1. Branding Blogger Profesional

ASUSPRO P2430UA memiliki desain yang solid, profesional namun tetap elegan. Posturnya yang tipis dengan balutan warna gelap juga mendukung kebutuhan penggunanya akan style dengan cita rasa tinggi. Selain itu juga, desain casing-nya mantap dan memiliki tekstur brushed-hairline aluminum pada body notebook. Secara tampilan udah matching banget sama citra diri seorang blogger professional, itulah sebabnya saya ingin memilikinya. Jadi kalau misalnya harus bertemu klien untuk presentasi atau menghadiri event blogger jadi makin percaya diri. Trus nggak perlu takut tangan atau pundak pegal membawanya karena notebook ini memimili ketebalan hanya 2,3 sampai 2,6 cm dan bobot yang relatif ringan, hanya 2,09 kg (termasuk baterai 4-cell).

  1. Layar Nyaman untuk Kegiatan Blogging

Aktivitas menulis blog menuntut kita untuk mengetik lama di depan komputer, otomatis mata kita akan menatap layar monitor dalam waktu yang cukup lama. Belum lagi ditambah dengan membuat konten-konten blog seperti mengedit foto, mendesain infografis dan mengedit video itu semua membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Bisa dibayangin betapa berat beban kerja kedua mata kita ini.
Nah dengan ASUSPRO Essential P2430UA kita tidak perlu khawatir karena layarnya telah dilengkapi dengan fitur anti glare agar layarnya semakin nyaman dipandang mata dan tidak memantulkan bayangan khususnya dari belakang pengguna, serta tidak cepat membuat mata lelah. Bisa disimpulkan Asus peduli dengan kesehatan mata para konsumennya, apalagi sebagai seorang blogger mata adalah salah satu modal utama kita dalam bekarya. Bener nggak Gaes?




Selain itu juga pada panel LCD-nya diberi lapisan scratch-resistant coating agar layarnya tidak mudah tergores. Ini cocok banget buat saya yang memiliki anak yang aktif dan memiliki rasa ingin tahu yang cukup besar. Kadang kalau saya lagi ngedit foto gitu, Mas Aiman suka ikut nimbrung dan kalau ada fotonya langsung main tunjuk-tunjuk langsung ke monitor.

  1. Kemampuan Grafis Mumpuni untuk Foto dan Infografis Ciamik

Kegiatan mengedit foto dan mendesain infografis untuk blog tentunya harus ditunjang dengan kemampuan grafis yang mumpuni. ASUSPRO Essential P2430UA didukung oleh discrete graphics berbasis Nvidia GeForce 920M dengan 2GB VRAM yang membantu kita mengolah multimedia khususnya yang berhubungan dengan gambar 3D. Mantabs sekali bukan, saya jadi bayangin jika nanti bisa bikin infografis 3D pasti akan membuat teman-teman blogger saya melongo dan baper. Njiiir, Ihwan kok canggih banget sih bisa bikin infografis 3D.

  1. Transfer Data Super Cepat

Salah satu proses yang harus dilewati saat akan mengedit foto untuk blog adalah memindahkan data dari kamera atau smartphone. Selama ini yang sering saya alami butuh waktu yang cukup lama untuk melakukannya. Kadang waktu saya jadi terbuang banyak untuk menunggu proses transfer data yang lama tersebut.




Tapi dengan ASUSPRO Essential P2430UA hal itu tidak akan terjadi lagi. Asus memberikan fasilitas ouput/input berupa 4 buah port USB. Di atas jumlah rata-rata port notebook mainstream yang punya 3 atau kadang hanya 2 buah. Yang menarik, tiga port di antaranya adalah USB 3.0  yang menawarkan kecepatan transfer data 10 kali lipat lebih cepat dibanding USB 2.0.  Tak hanya itu, salah satu port USB 3.0 tersebut juga mendukung USB Charger+ untuk memudahkan pengguna melakukan charging gadget kita. Ibarat sekali dayung maka dua tiga pulau terlampaui, yess!

  1. Supportable for Vlogger

Seperti yang saya bilang sebelumnya, jika dalam proses pembuatan konten video untuk blog yang paling lama adalah rendering. Nah ASUSPRO P2430UA ini memiliki memori utama DDR4 sebesar 4GB yang terpasang dan masih bisa ditambah kapasitasnya lho. Di dalamnya juga tersedia 2 slot memori yang bisa menampung RAM hingga sebesar 16GB. Dengan kemampuan ini memastikan ASUSPRO Essential P2430UA dapat mendukung proses editing hingga rendering video dengan lebih cepat. Nggak ada lagi deh ceritanya laptop mendadak hang hingga file editing video rusak. Kalau punya notebook dengan spek gahar kayak gini jadi makin semangat deh nanti bikin vlog.

Being Outstanding Blog with Creative Content
 
So teman-teman tolong bantu doa dan aamiinkan yang ikhlas dan sepenuh hati agar saya bisa memiliki ASUSPRO P2430UA dengan apapun caranya yang penting HALAL. Dengan dukungan ASUSPRO P2430UA maka impian untuk meningkatkan konten blog Keluarga Biru menuju level berikutnya yaitu menjadi lebih kreatif dan menarik akan terwujud dengan lebih mudah dan cepat.


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia.




Published by Keluarga Biru

Keluarga Biru adalah blog milik Ihwan Hariyanto dan Ivonie Zahra. Mereka menulis tentang parenting, traveling dan kuliner yang mereka lakukan bersama dua buah hati mereka Aiman dan Aira.
Follow us Google+.

32 comments:

  1. Nice Post...
    Tulisan menarik tentang pentingnya creative content, karena memang akan lebih menarik dan membuat pengunjung blog lebih nyaman jika konten juga kreatif dan menarik.
    Laptop Asusnya juga menarik, penting saatnya grafis untuk mendukung aktivitas Vloghing para Vlogger yang juga Blogger dalam membuat Creative Content.

    Semangat berbagi mas!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga dapat rejeki laptop Asus agar lebih semangat dan mudah bikin konten kreatif. Terimakasih Mas Slamet, yuk ikutan juga lombanya.

      Delete
  2. Banyak belajar dari tulisan ini, nice share ya Bang. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah kalau tulisan saya bermanfaat.

      Delete
  3. Nice post, Kak.
    Semoga keinginan punya ASUS pro nya terkabul. Menang wes, tulisane wes suipppp!

    ReplyDelete
  4. #request
    Pak, bikin artikel tentang tips dan trik cara nulis artikel blog yang menarik dong. :D.
    tp artikel ini bagus pa

    ReplyDelete
  5. Jadi ini rahasianya dari papa Aiman.. Baiklah aku tandai kamu mas :p

    Sekarang kayaknya lagi getol foto pake zenfone 3 ya heee

    ReplyDelete
  6. Wah bnyak rahasia perusahaan disini, nice info

    ReplyDelete
  7. Wih.. suka sama tips dan cerita pribadinya..

    Semoga menang ya mas.. saya bantu doakan.. hehehe..

    ReplyDelete
  8. wah infonya lengkap ... good luck ya Keluarga Biru

    ReplyDelete
  9. Mantap tips nya suhu.. Semoga blogger Indonesia semakin maju ya!

    ReplyDelete
  10. wow...mantap, setuju sekali, sebagai blogger harus terus belajar, makasih ilmunya, hehehe...sampai sekarang belum bisa bikin infografis dan video hehehe

    ReplyDelete
  11. Yes setuju itu penting semua, sama nambah satu lagi, engagement :D

    ReplyDelete
  12. artikelnya sangat bagus, semoga menjadi inspirasi dan semangat blogger lainnya.. salam sukses...

    ReplyDelete
  13. seorang blogger bukan hanya dituntut untuk membuat tulisan yang berkualitas, namun juga harus menguasai infografis agar semakin memperkuat artikel,

    ReplyDelete
  14. Laptop yang mantap memang dibutuhkan utk membuat gambar visual menarik.

    ReplyDelete
  15. Laptop Asus emang udah teruji ketangguhannya. Saya sudah hampir 5 tahun setia dengan laptop asus.
    Ngomong2 soal infografis, keknya memang blogger sekarang harus makin kreatif ya. Saya aja betah baca blog kalau ada infografis dan foto yang menarik

    ReplyDelete
  16. Wah emang ya sekarang ini apa2 udah canggih termasuk ngeblog meski punya kemampuan lain jg. Para mastah turun gunung euy.
    Tapi kalau pakai asus itu sepertinya bakal mempermudah kita membuat konten yg ciamik nih

    ReplyDelete
  17. Keren banget mas,,, masih draft ini saya,, sukses ya,

    ReplyDelete
  18. betul sekali, nampaknya kita harus mengikuti perkembangan teknologi dan dituntut makin kreatif

    ReplyDelete
  19. Keluarga Biru, all of thing must be blue

    ReplyDelete
  20. Ahhh
    kereennya tulisan ini, semoga JUARA!

    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  21. duh, sepertinya saya ketinggalan jauh Mas, saya belum jago bikin infografis dan video, foto-fotonya pun masih ala kadarnya :(

    godlak buat lombanya yaa Mas :)

    ReplyDelete
  22. Saya sedang belajar upgrade diri dengan belajar infografis. Semoga saja bisa merambah ke konten video tahun 2017 ini

    Good luck, Mas

    ReplyDelete
  23. Waaah bapaknya Aiman emang totalitasnya gaperlu diragukan. Aku masih susah editing video :((

    ReplyDelete
  24. jernih banget itu foto pake Asus Zenfone 3 nya *eh salah fokus, hehe .. Btw, memang butuh effort yg lumayan ekstra kalau mau hasil ekstra ya :)

    ReplyDelete
  25. informatif.....dengan ASUSPRO P2430 jadi semakin keren ngeblognya

    ReplyDelete
  26. Saya jg pengen :D
    Mari kita saling mendoakan :)

    ReplyDelete

Jika menurut Anda artikel ini berguna mohon dukungannya dengan memberikan donasi via PayPal untuk maintenance blog Keluarga Biru. Terimakasih ^_^

Google+ Followers

Followers

Total Pageviews

IBX585B563EDC6FB

Contact

Powered by Blogger.