Keluarga Biru

Featured Post

Berumur Panjang Demi Keluarga Tercinta - My Healthiness My Precious Moment

Di keluarga besar saya, umur para pria mayoritas lebih pendek bila dibandingkan dengan umur para wanita. Sejak lahir saya tidak...

Laman

Tips Menginap Gratis di Hotel

Keluarga Biru         40 comments


Menginap gratis di hotel? Siapa sih yang tidak mau. Apalagi jika menginap gratis di hotel berbintang yang mewah. Saya pun dulu juga memiliki impian bisa mengajak keluarga tercinta menginap di hotel mewah. Namun apalah daya tariff menginapnya kurang bersahabat dengan isi dompet saya. Sampai kemudian saya mendapatkan cerita dari sahabat saya Mbak Rien (Travelerien) yang menginap gratis di hotel mewah di Bandung.

Sudah bukan rahasia lagi kalau para travel blogger yang femes sering mendapatkan undangan menginap gratis di hotel berbintang dan mewah. Sebut saja Mas Toro Cumilebay, tengok saja di blognya yang banyak sekali cerita review hotelnya. Trus kita pasti jadi mupeng dan bertanya-tanya, apakah bisa blogger biasa seperti kita mengikuti jejak Mbak Rien dan Mas Toro yang menginap gratis di hotel-hotel mewah dan berbintang itu?

Jawabannya bisa! Jika kita mau berusaha dan tidak kenal putus asa. Nah kali ini saya akan sharing bagaimana tips saya bisa menginap gratis di ibis Styles Malang dan Kampung Lumbung Batu. Sebenarnya sih saya sungkan dan malu sama Mbak Rien dan Mas Toro yang jam terbangnya lebih tinggi, kok saya sok-sokan menulis tips menginap gratis di hotel. Tujuan saya sih bukannya mau nyaingin mereka, duuh masih jauuh lah. #ambilmeteran

Saya hanya mau berbagi tips ala-ala saja dan menunjukkan bahwa blogger biasa seperti saya bisa mengikuti jejak mereka asalkan ada kemauan. Oke, yuk simak tips menginap gratis di hotel ala Keluarga Biru.


Tips Menginap Gratis di Hotel


  1. Membuat Portofolio yang Menarik


Sama halnya dengan tips mendapatkan job review, yang harus kita lakukan pertama kali adalah membuat portofolio. Kita harus bisa menunjukkan kepada pihak hotel bahwa kita pernah menulis review hotel.
Berarti harus menginap di hotel dengan biaya sendiri dulu ya?
Iya benar, kalau mau memancing ikan besar maka umpannya juga harus yang menggiurkan dong. Kalau kami dulu kebetulan ada keperluan tugas kantor ke Yogyakarta dan kopdar denga teman-teman blogger di Semarang, di sana menginap di Hotel Nusantara Yogyakarta dan Whizz Hotel Semarang.

Bisa juga sih kita menulis review hotel tanpa menginap namun rasanya kurang greget jika mereview hotel tanpa kita merasakan sendiri bagaimana pelayanan hotel tersebut. Review yang ditulis berdasarkan pengalaman tentu akan membuat pembaca lebih tertarik.

Baca juga: Sudah Punya Portofolio Blog Belum?

Sebagai pelengkap senjata kita, buatlah akun di Tripadvisor. Mengapa begitu?

Berdasarkan pengalaman saya, pihak hotel akan lebih senang jika kita juga menulis review di Tripadvisor karena Tripadvisor merupakan website yang menjadi rujukan/referensi para traveller tidak hanya di Indonesia namun dunia. Baik buruknya review di sana menjadi salah satu tolok ukur yang penting bagi ranking sebuah hotel.


  1. Mencari Kontak Hotel

Untuk mengajukan kerjasama review maka kita harus mencari kontak hotel yang akan kita review. Biasanya di setiap website hotel ada kontak yang bisa kita hubungi, entah itu email atau nomer telepon. Untuk langkah pertama ajukan penawaran kerjasama review melalui email, lebih bagus lagi kalau kita mendapatkan email Public Relation atau Managernya.
Kalau mau yang lebih serius lagi, kita bisa datang langsung ke hotel. Kita bisa meminta email PR atau Manager pada receptionis, mereka dengan senang hati akan memberikannya. Kalau ternyata PR atau Managernya ada di tempat kita bisa menawarkan kerjasama review secara lisan.

  1. Mengajukan Kerjasama Review


Portofolio sudah kita buat, kontak email hotel juga sudah kita dapatkan maka langkah selanjutnya adalah mengajukan kerjasama review kepada hotel yang kita minati.

Pesan penting dari Mbak Rien saat mengajukan kerjasama review adalah kita harus bisa mengambil hati mereka. Tulis daya tarik dan kelebihan hotel tersebut yang membuat kita tertarik untuk mereviewnya. Misalnya Anda bisa memuji desain arsitekturnya, fasilitasnya yang lengkap dan lokasinya yang strategis.
Dari mana kita tahu hal itu? Ya kita harus kepoin terlebih dahulu hotelnya. Kita bisa melihat galeri di website, membaca review dari wisatawan yang sudah menginap di sana baik itu di blog ataupun Tripadvisor. Kalau saya lebih memilih melihat video promosi hotel di youtube sebab di sana kita bisa melihat secara real bagaimana situasi di hotel tersebut, apa saja kelebihan dan daya tariknya.

Yang kedua tuliskan apa saja benefit yang kita tawarkan kepada mereka, jangan buru-buru bilang kalau kita ingin menginap gratis. Kalau benefit yang saya tawarkan kepada hotel yang saya minati adalah reviewnya akan saya tulis di blog dan Tripadvisor kemudian share di social media dan grup-grup travelling.


Email penawaran kerjasama review hotel sudah kita kirim, lalu selanjutnya apa yang harus kita lakukan?


Tunggu saja, iya tunggu dan beri waktu kepada mereka untuk menanggapi tawaran kita. Berdasarkan pengalaman saya, ada kalanya email kita tidak terbaca dan kita harus mengirimkan ulang. Pengalaman pertama mengajukan review di ibis Styles Malang karena menunggu lama tidak ada balasan, saya berinisiatif menelpon dan menanyakan email saya. Ternyata saya diminta untuk mengirim ulang emailnya. Tak lama setelah itu baruah email saya dibalas. Pengalaman kedua jauh lebih baik, saya mengirimkan email pada siang hari dan sorenya langsung ditelpon oleh PR Kampung Lumbung.

Mungkin ada yang heran dan bertanya,apa rahasia saya baru pertama kali mengirimkan email penawaran kerjasama review hotel langsung diterima.

Jangan salah, sebelum review saya diterima saya sudah mengirimkan email ke belasan hotel di Malang dan Batu namun tidak mendapatkan balasan. Pernah juga dapat balasan namun pihak hotel hanya bisa memberikan fasilitas tour hotel jadi tidak menginap gratis.

Saya tidak bisa memberikan jaminan jika Anda melakukan tips saya ini maka Anda akan berhasil mendapatkan kesempatan menginap gratis di hotel impian Anda. Saya sendiri sampai hari ini masih menebak-nebak apakah yang menjadi dasar hotel-hotel itu akhirnya mau menerima tawaran kerjasama review hotel yang saya ajukan. Mungkin karena tulisan review hotel saya di blog, mungkin karena saya punya akun di Tripadvisor atau mungkin saya lagi beruntung saja.


Tips Review Hotel:


Selamat, penawaran kerjasama review hotel Anda diterima. Pasti rasanya senang sekali ya. Lalu bagaimana sih persiapannya agar kita bisa mereview hotel dengan baik. Berikut hal-hal penting yang sebaiknya Anda perhatikan.
  1. Sepakati kapan kita akan melakukan review. Usahakan jangan di peak season karena pihak hotel biasanya akan lebih memprioritaskan pengunjung yang membayar. Berhubung saya terikat hari kerja, saya terpaksa request melakukan review saat weekend. Sejauh ini tidak masalah sih
  2. Persiapkan semuanya dengan baik. Mulai dari menjaga kondisi badan agar tetap fit, menyiapkan pakaian dan perlengkapan lainnya. Persiapkan juga kamera dan smartphone untuk mengambil gambar yang terbaik. Kalau saya untuk foto-foto di blog menggunakan kamera, sedangkan foto dari smartphone saya pergunakan untuk promosi di social media selama kita melakukan review. Ini akan membuat pihak hotel senang, beri caption dan hastag yang menarik.
  3. Usahakan bisa bertemu dengan PR, Manager atau orang yang bertanggung jawab saat kita melakukan review. Tanyakan kepada mereka apa saja yang ingin diangkat dalam review kita nanti, cairkan suasana dengan mengobrol hal-hal seputar wisata dan travelling.
  4. Membawa diri dengan baik. Jaga sikap dan perilaku kita saat melakukan review. Jangan berbuat sesuatu yang bisa merugikan pihak hotel dan merusak image kita. Jangan meminta fasilitas yang tidak diberikan kepada kita, terima saja apa yang mereka berikan. Pihak hotel pasti juga akan memberikan yang terbaik untuk kita.
  5. Saat chek out jangan lupa pamitan dan mengucapkan terimakasih kepada PR atau Manager, entah itu secara langsung atau jika mereka tidak ada bisa via pesan pribadi. Segera tulis review hotel tersebut, semakin cepat semakin baik. Itu akan menjadi nilai plus bagi kita di mata mereka.
Demikian tips menginap gratis di hotel ala-ala Keluarga Biru, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Goodluck!




Published by Keluarga Biru

Keluarga Biru adalah blog milik Ihwan Hariyanto dan Ivonie Zahra. Mereka menulis tentang parenting, traveling dan kuliner yang mereka lakukan bersama dua buah hati mereka Aiman dan Aira.
Follow us Google+.

40 comments:

  1. Terus contoh portofolio yang menarik dan proposal penawaran kerja sama review-nya itu pigimana? :( :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idem pertanyaan nya. Contoh portfolionya. Heheh.paling ga sub babnya deh=)

      Delete
    2. Bab tentang portofolio sudah pernah saya tulis di sini: http://www.keluargabiru.com/2015/12/sudah-punya-portofolio-blog-belum.html
      Untuk contoh email penawarannya bisa saya kasih contoh, tinggalkan saja emailnya nanti saya kirim.

      Delete
    3. Pak boleh minta contoh email penawarannya? Minta tulung emailkan ke yuliayes7@gmail.com ya pak. Oiya sekalian satu pertanyaan, menurut bapak apakah yang punya blog gratisan kaya saya juga masih punya kesempatan mendapatkan tiket gratis hotel untuk review? Terima kasih banyak.

      Delete
  2. Mantep kang tips nya hehehe saya juga sekarang bekerja di hotel dan beberapa blogger juga bekerja sama,,, ya intinya pihak hotel gak mau bayar pake uang bisa pake voucher menginap begitu.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mantap neh, ada pegawai hotel yang mampir.
      Kalau boleh tahu kerja di hotel mana Mas? saya mau dong ngereview hotelnya he3

      Delete
  3. Wah... ambil buku cepat-cepat buat mencatat tips-tipsnya. Kali aja rejekinya menginap di hotel ikut pindah ke sini juga sesekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung diprint aja Mas he3. Moga sukses ya dapat tawaran review hotel.

      Delete
  4. noted. thx mas, akan dicoba walau belum tahu kapan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe moga ada kesempatan dan rejeki ya Mbak ngereview hotel.

      Delete
  5. trims mas.. semoga saya jg bisa :)

    ReplyDelete
  6. Waaah keren banget nih tipsnya mas. Duh jadi pengen juga bisa review hotel ntar coba ah.. Makasi sharingnya ya mas :)

    ReplyDelete
  7. Waow kereen, kalo saya beberapa kali dapet undangan dari hotelnya. Karena pas banget selalu barengan sama acara lain, sampe sekarang belum ksampaian review hotel. :)

    ReplyDelete
  8. Hahaha catet ah tipsnya. Kebetulan saya punya voucher hotel di Bandung. Bisa deh jadi pengalaman pertama ngereview hotel....

    ReplyDelete
  9. Yang mau bikin umpannya itu lho (menginap di hotel dengan biaya sendiri), minim dana hehe

    ReplyDelete
  10. Catet ah tips nya buat ngajuin review hotel #GagalFokus hahaha

    ReplyDelete
  11. Wah hebat usahanya, salut..Alhamdulillah yaa,smg makin rame twaran reviewnya

    ReplyDelete
  12. Cocok nih, kebetulan habis nginep di salah satu hotel di solo. Tapi, saya objektif sih kmrn reviewnya. Ada kelebihan dan kekurangan yg saya review. Begitu boleh ga ya?
    Atau harus positifnya saja buat portofolio review hotel? :D

    ReplyDelete
  13. Mantap tipsnya papa Aim
    Semoga makin sukses ya

    ReplyDelete
  14. Enak ya kalo bisa sering nginep di hotel gratis. jadi e=pengen review juga

    ReplyDelete
  15. Wa seru yaaa, bisa staycation sambil mereview.. Noted tipsnya mas ihwan...

    ReplyDelete
  16. Mantap!!!

    Dari segi isi, kualitas blog keluarga biru memang sudah pantas diperhitungkan untuk menerima job review hotel berbintang :)

    ReplyDelete
  17. Mantap!!!

    Dari segi isi, kualitas blog keluarga biru memang sudah pantas diperhitungkan untuk menerima job review hotel berbintang :)

    ReplyDelete
  18. Kereeeeennn!
    Terima kasih sudah berbagi tipsnya :D

    ReplyDelete
  19. AKu udah banyaaak ngajuin proposal kerjasama, baru satu yang keterma hiks

    ReplyDelete
  20. Wah wah... asik benar nginap di hotel gratis. Sayangnya di daerah saya mah blm ada hotel bagus-bagus yg bisa direview :)

    ReplyDelete
  21. Dari dulunpingin ngajuin proposal kerjasama, tapi blm kesampaian... Kerjaan numpuk, blm sempat liburan :)

    ReplyDelete
  22. Catat aahh..
    buat coba2 di Lampung :)

    ReplyDelete
  23. haha...
    keren caranya, sederhana tapi gokil juga klo liat modusnya, hehe

    ReplyDelete
  24. Waaah keren ini tipsnya. Dicoba aah..

    ReplyDelete
  25. Waaah keren ini tipsnya. Dicoba aah..

    ReplyDelete
  26. Eh, ternyata ada bikin portofolionya dulu gitu ya mbak ._. ternyata begitu prosesnya :D baru tau aku :D

    ReplyDelete
  27. makasih mas tipsnya, mau coba juga mudah-mudahan kesampean nginep di hotel gratis :)

    ReplyDelete
  28. Waah kebetulan lagi pengeeen banget liburan, biar nginep di hotel aja ngga apa-apa deh. Eh ternyata ketemu artikel ini. Tapi pastinya kita kudu mental baja ya kalo tawaran kita ditolak atau dicuekin. Ini nih yang susah, mental baja. Tapi tetep harus dicoba ah.

    ReplyDelete
  29. patut di uji coba nih tipsnya
    Keren bang infonya . makasih banyak

    ReplyDelete
  30. mantab, tapi mau dong bocoran contoh suratnya mas

    ReplyDelete
  31. Aku baru tahu, nih, bisa ngajuin penawaran gini.. Trims sharing tips-tipsnya.. Jadi pingin nyoba juga.. :D

    ReplyDelete

Jika menurut Anda artikel ini berguna mohon dukungannya dengan memberikan donasi via PayPal untuk maintenance blog Keluarga Biru. Terimakasih ^_^

Google+ Followers

Followers

Total Pageviews

Contact

Powered by Blogger.