Healing dan Self Reward dengan Olahraga

 

sepeda lipat

Mengawali tahun 2022, saya mencoba aktivitas baru yaitu berolahraga *uhuk. Jujur saja selama 5 tahun terakhir ini saya memang hampir tidak pernah olahraga, padahal semenjak pandemi saya sempat menjalani WFH selama 2 tahun. Dengan lebih banyak waktu di rumah seharusnya saya lebih punya banyak waktu untuk olahraga. Namun kenyataannya tekad saya untuk berolahraga kurang besar. Padahal saya punya keinginan mengecilkan perut yang menggendut tapi ya itu tadi masih kalah sama rasa malas.

Sebenarnya saya punya keinginan untuk ikutan olahraga bareng teman kantor yaitu badminton. Sebelum pandemi teman-teman saya rutin badminton bareng di sport centre setiap pagi. Saya sempat ikutan 1 kali namun tidak lanjut lagi karena 2 sebab. Saya belum punya raket yang khusus buat bermain badminton secara serius. Di rumah adanya raket murahan yang biasa saya pakai main bareng anak-anak. Trus alasan kedua, bos saya kurang setuju jika badminton diadakan di pagi hari karena jadi mengurangi jam kerja. Memang sih, teman-teman saya yang main badminton biasanya balik ke kantor sekitar jam 9 sampai 10.

Selama pandemi saya sempat mupeng juga lihat orang-orang yang jadi rajin berolahraga sepeda. Tapi saya menahan diri untuk membeli sepeda setelah melihat harganya. Di samping itu juga sepeda anak-anak sudah lama rusak, rasanya kayak egois jika saya lebih mementingkan membeli sepeda buat saya.

Saya bukannya mau nunjuk-nunjukkin kalau saya lebih mentingin kepentingan keluarga daripada kepentingan diri sendiri ya. Ini hanya sharing saja, bagi saya ketika saya sudah menikah, punya anak istri maka kepentingan mereka adalah yang utama. Misalnya semua kebutuhan anak istri sudah terpenuhi maka saya lebih memilih menabungkan sisa uang saya daripada buat membeli barang kebutuhan saya. Istri sampai gemas ketika saya menolak membeli sendal baru padahal sendal yang lama sudah jelek dan hampir putus talinya. Bahkan untuk membeli baju atau celana kerja yang baru juga istri yang nyaranin padahal itu kan kebutuhan utama saya agar bisa kerja dengan nyaman dan terlihat lebih OK.

Saya sampai merasa jadi kayak manusia tanpa keinginan karena saking jarangnya beli ini itu untuk kebutuhan diri saya sendiri. Saya sih nggak merasa gimana-gimana karena sejak kecil saya sudah terbiasa hidup hemat. Dulu saat saya sekolah saya membeli buku paket menggunakan uang tabungan saya.

Healing dengan Olahraga

Sampai kemudian di penghujung tahun 2021, shit happens in my life. Saya nggak bisa cerita kejadian apa saja tapi yang pasti bikin saya down banget bahkan sampai harus pergi ke psikolog. Saya sudah berusaha untuk bangkit dan menyembuhkan diri namun rasanya itu belum cukup. Salah satu sahabat menyarankan saya untuk mengalihkan semua rasa yang menyiksa itu dengan melakukan sesuatu yang baru. Sesuatu yang nggak pernah saya lakukan sebelumnya agar hati dan pikiran saya bisa teralihkan dan terhibur. Dan olahraga menjadi salah satu pilihan saya.

Baca juga: Pengalaman Pergi ke Psikolog

Waktu itu saya nggak sengaja lihat status wa teman kerja yang lagi main badminton, namanya Budi. Terus saya nanya-nanya ke Budi, biasa main badminton dimana. Eh ternyata lokasinya dekat rumah, terus waktunya juga nggak mengganggu jam kerja. Ya sudah akhirnya saya bilang ke Budi pengin ikutan main badminton juga sama dia.


bermain badminton


Awalnya saya dipinjemin raket sama Budi, sempat malu juga sih kok berasa nggak modal begitu. Terus setelah bonus dari kantor cair, saya langsung meluncur ke toko penjual raket yang menjadi rekomendasi Budi dan grup badminton kami. Grup badminton kami terdiri dari para bapak-bapak dan anak kuliahan. Jam terbang mereka sudah tinggi yang bikin saya minder pas pertama kali main badminton bareng mereka. Dua kali main, kalah semuanya wekekeke.

 

Tapi itu nggak masalah, saya menikmati keseruan bermain badminton bareng mereka. Bagaimana adrenalin ini meningkat ketika permainan berjalan dengan seru, harus melakukan pukulan yang tepat dan keras agar bisa mematahkan permainan lawan. Yang paling terasa capek dan pegal adalah tangan kanan, terutama pergelangan tangan. Maklum, dengan riwayat nggak pernah olahraga sebelumnya terus harus olahraga intens pastinya badan jadi kaget dan butuh penyesuaian.

Lanjut ke olahraga kedua yaitu bersepeda. Awalnya saya dan istri sepakat untuk menukar tambah sepeda Mas Aiman yang sudah terlalu kecil buatnya dan memperbaiki sepeda Aira yang sudah bertahun-tahun rusak. Kami membelikan Mas Aiman sepeda lipat yang bisa dipakai juga oleh orang dewasa. Kami sengaja memilih jenis sepeda lipat agar bisa kami bawa saat pulang kampung ke rumah istri di Blitar. Sepedaan di desa tentunya memiliki sensasi tersendiri yang tidak bisa didapatkan di kota. Jalanan yang masih sepi, udara yang sejuk dan pemandangan yang asri dan indah.

Sepeda Aiman memang bisa kami juga namun kami tetap ingin beli sepeda lagi untuk ukuran dewasa. Pucuk dicinta ulampun tiba, saat ngantar Mama Ivon belanja di mall kami iseng melihat-lihat sepeda lipat di sebuah toko home living. Ntah suatu kebetulan atau bagaimana, ternyata ada diskon sebesar 50 % untuk beberapa sepeda lipat yang dipajang. Saya langsung jatuh jati pada sebuah sepeda lipat berwarna biru, harga aslinya hampir 4 juta karena diskon tinggal 1,8 juta.

Seperti saya bilang di atas, saya itu orangnya nggak gampang buat memutuskan untuk membeli sesuatu. Mesti banyak yang dipikir, terutama sih ingin berhemat. Tapi ntah kenapa malam itu hati saya mantap ingin membeli sepeda tersebut. Alhamdulillah istri juga mendukung keinginan saya. Akhirnya kami membeli sepeda tersebut besok harinya.


olahraga sepeda


Untuk urusan bersepeda saya juga termotivasi teman kerja, namanya Pak Ismanto. Usianya terpaut sekitar 10-15 tahun di atas saya. Namun beliau aktif banget berolahraga, sebelumnya dia juga bermain badminton bersama Budi. Tapi setelah usianya mendekati 50 tahun, beliau memutuskan stop bermain badminton karena intensitasnya terlalu tinggi untuk orang seumuran beliau. Setelah saya membeli sepeda saya memberitahu Pak Ismanto bahwa saya kapan-kapan saya ingin sepedaan bareng beliau.

Eh selang 3 hari, tepatnya hari Minggu, beliau WA saya mengajak untuk bersepeda. Kebetulan banget hari itu saya memang sudah menyanggupi Mas Aiman untuk sepedaan bareng keliling kampung. Begitu saya beritahu jika teman kerja mengajak sepedaan bareng ke tempat yang agak jauh, Mas Aiman makin semangat dan ingin ikutan juga.


olahraga sepeda lipat olahraga sepeda lipat


Beruntung banget saya diajak gowes bareng Pak Ismanto karena saya mendapatkan beberapa ilmu dan tips saat bersepeda. Bagaimana cara menyeberang yang cepat namun tetap memperhatikan faktor keselamatan. Bagaimana cara mengayuh sepeda yang tepat agar tidak gampang kelelahan. Tentu saja kami nggak lupa untuk narsis bareng di lokasi favorit para biker di Malang. Saya sempat sangsi dengan Mas Aiman, takutnya dia akan mengeluh capek tapi ternyata tidak. Boleh dibilang dia yang selalu besemangat di sepanjang rute bersepeda kami.

Untuk agenda bersepeda, saya sih penginnya setiap pagi sekitar jam 5.30 sampai 6.30. Namun memang dibutuhkan kedisplinan dan manajemen waktu yang bagus agar jangan samapai mengganggu aktivitas harian seperti menyiapkan anak sekolah dan berangkat kerja.

Aktivitas baru saya main badminton dan bersepeda bagi saya tidak hanya sebatas olahraga namun ini menjadi salah satu bentuk reward bagi diri sendiri dimana saya akhirnya bisa membeli barang-barang kebutuhan saya tanpa perasaan bersalah. Iya saya dulu pernah merasa bersalah setelah membeli barang yang menurut saya harganya terlalu mahal. Saya pun jadi berandai-andai jika saya tidak membeli barang tersebut pasti tabungan keluarga sudah bertambah sekarang.


raket badminton

Saya beli raket seharga Rp.300.000 dan sepeda lipat seharga Rp.1.800.000. Mungkin dulu saya pasti akan merasa sayang banget membeli barang sekunder sebesar itu. Tapi sekarang tidak, kalau memang butuh tidak ada salahnya beli. Bahkan ini masih ada beberapa item yang ingin saya beli selanjutnya yaitu sepatu sport, baju olahraga khusus badminton dan sepeda. Sebagai contoh saja, untuk celana bersepeda itu ada celana khusus yang ada bantalannya di bagian pantat agar tidak cepat pegal dan sakit jika bersepeda dalam waktu yang lama. Trus jangan lupa pakai helm untuk menjaga keselamatan diri saat bersepeda.

Oke Gengs Biru itulah sharing saya tentang aktivitas baru yang saya lakukan di awal tahun 2022. Doakan semoga saya bisa disiplin dan istiqomah, bukan sekedar terbawa euforia. Target saya dengan olahraga ini saya bisa mengecilkan lingkaran perut saya hingga di bawah 90 cm.

 


1 comment

  1. Olahraga kelihatannya memang capek, tapi kalau dilakukan seru banget pastinya apalagi bulutangkis dan bersepeda ga bisa ditolak.

    ReplyDelete

Popular Posts