Keluarga Biru

Featured Post

Berumur Panjang Demi Keluarga Tercinta - My Healthiness My Precious Moment

Di keluarga besar saya, umur para pria mayoritas lebih pendek bila dibandingkan dengan umur para wanita. Sejak lahir saya tidak...

Laman

Taman Idaman Hati: Beginilah Seharusnya Sebuah Taman Kota

Keluarga Biru         18 comments



Taman Idaman Hati Wlingi


Kesadaran akan pentingnya Ruang Terbuka Hijau (RTH) tidak hanya dimiliki oleh pemerintah pusat, namun pemerintah di daerah pun juga tak mau ketinggalan. Kini di kota-kota kecil baik itu di tingkat kotamadya maupun kabupaten mulai bermunculan satu atau dua Ruang Terbuka Hijau. Salah satunya di Kota Wlingi, Kabupaten Blitar yang kini telah mempunyai RTH yang bernama Taman Idaman Hati.


Taman Idaman Hati Wlingi

Taman Idaman Hati berada di Jl.Bromo yang merupakan salah satu jalan utama di Wlingi, letaknya di sebelah selatan Pasar Wlingi, sekitar 100 meter. Taman Idaman Hati dibangun di atas lahan bekas rumah sakit, tidak heran jika areanya cukup luas. Bagi para pengunjung disediakan lahan parkir yang cukup memadai, untuk mobil bisa parkir di depan taman sedangkan motor di sebelah selatan.
Sarana transportasi menuju Taman Idama Hati ini cukup mudah. Jika dari Malang bisa ditempuh dengan naik angkutan jurusan Malang-Blitar dan turun langsung di depannya. Bila menggunakan bus juga naik bus jurusan Malang-Blitar namun turun di Pertigaan Beru kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki atau naik becak. Bagi yang suka naik kereta api turun saja di Stasiun Kereta Wlingi setelah itu jalan kaki atau naik becak jika capek.
Sebenarnya hari Sabtu kami sudah ke Taman Idaman Hati namun karena cuaca tak mendukung kami hanya sempat melihat dari depan saja. Barulah pada esok harinya kami berkesempatan untuk masuk dan menikmati keindahan dan keasrian taman tersebut.
Siang itu suasana di Taman Idaman Hati cukup ramai, wajar sih karena banyak warga Kota Wlingi yang sedang berwisata bersama keluarganya. Lagi-lagi saat tiba di objek wisata Aim sedang tidur. Sebenarnya jarak Wlingi dari rumah mertua tidak begitu jauh namun karena sebelumnya kami menghadiri acara pernikahan kerabat Mama Ivon sehingga Aim kecapekan.
Totalitas dan keseriusan Pemkab Blitar dalam membangun Taman Idaman Hati terlihat mulai dari desain bagian depannya yang cukup megah dan menarik perhatian siapa saja yang melintas di Jl.Bromo. Tak hanya itu, penutup saluran sanitasinya pun bertuliskan nama taman. Menurut saya ini keren sekali karena Pemkab Blitar memperhatikan detail-detail yang remeh sekalipun.

Taman Idaman Hati Wlingi


Setelah memarkirkan motor kami berjalan ke sebelah kiri menuju area yang berada tepat di belakang bagian depan taman. Di sini ada tempat duduk di bawah pepohonan yang nyaman, cocok sekali bagi para pengunjung yang ingin duduk-duduk santai atau beristirahat dulu setelah menempuh perjalanan.

Taman Idaman Hati Wlingi

Sambil menunggu Aim bangun, saya lalu berjalan menuju ke tengah taman, di sini kita bisa melihat ikon Taman Idaman Hati yaitu sebuah air mancur bundar dengan monument menyerupai bentuk jari-jemari yang gigantis. Saat saya ke sana nampak beberapa pengunjung sedang berfoto ria di air mancur tersebut. Jujur, saya makin terpesona dengan taman ini. Fungsinya tidak hanya sebatas untuk kelestarian lingkungan namun sebagai objek wisata keluarga yang benar-benar istimewa.

Taman Idaman Hati Wlingi


Saya lalu menuruni tangga di air mancur dan melihat anak-anak yang sedang mengendarai mobil balap dan motor mini di jalan taman. Wah seru sekali, andai saja saya seumuran mereka saya juga mau mengelilingi taman dengan mengendarai mobil balap yang bentuknya keren-keren itu. Di Taman Idaman Hati ini rupanya juga disediakan persewaan mobil balap dan motor mini, , harga sewanya murah hanya lima ribu rupiah saja. Sistemnya memakai timer selama lima belas menit, cukup untuk mengelilingi taman dari utara hingga selatan.

Taman Idaman Hati Wlingi


Bagi anak-anak yang ingin bermain bisa menuju taman bagian selatan, di sana ada berbagai macam wahana permainan. Ada perosotan, jungkat-jangkit, komedi putar dan lain sebagainya. Bagi para orang tua bisa beristirahat di bangku atau gazebo sambil mengawasi anak-anaknya bermain.


Taman Idaman Hati Wlingi


Setelah puas memotret saya kembali ke Mama Ivon. Syukurlah Aim sudah bangun, dia langsung berjalan menghampiri saat melihat saya. Sedangkan Mama Ivon nampak sedang ngobrol dengan seorang pengunjung wanita. Ternyata wanita tersebut merupakan temannya di bangku SMA. Sebelum melanjutkan berkeliling taman, saya memotret mereka bertiga dulu. Berempat ding, karena temannya Mama Ivon sedang mengandung he he he

Taman Idaman Hati Wlingi


Setelah berfoto, saya langsung mengajak Mama Ivon dan Aim ke air mancur yang tadi. Aim yang masih loading karena habis bangun tidur masih agak malas-malasan. Berikut adalah beberapa jepretan saya saat kami berada di air mancur. Oh iya, karena kami belum punya tongsis jadi untuk bisa foto bertiga kami meminta tolong pada salah satu pengunjung. Dan yaa seperti biasa hasil fotonya banyak yang kurang memuaskan karena sepertinya mas yang kami mintai tolong agak kesulitan mengoperasikan fotonya. Sebenarnya gampang kok cuma memang mencet tombolnya harus stabil, nggak boleh goyang sedikitpun biar nggak blur hasilnya. Nggak apa-apa deh, makasih ya Mas udah bersedia memotret kami.







Puas bernarsis ria di air mancur kami menuju bagian utara taman dimana di sana ada wahana permainan kesukaan Aim yaitu odong-odong. Dan kebetulan sekali, di odong-odongnya ada mobil berwarna biru, cocok sekali ama warna favorit keluarga kami he he he.



Sementara Aim asyik naik odong-odong, saya mencari camilan buat mengisi perut di deretan penjual makanan yang berada tak jauh dari situ. Pilihan saya jatuh pada penjual cilok. Sayang sekali ketika saya dan Mama Ivon mau menikmati cilok mendadak hujan turun. Saya pun bergegas menurunkan Aim dari odong-odong dan bersiap-siap untuk pulang. Memang satu kekurangan di Taman Idaman Hati ini yaitu kurangnya tempat berteduh jika hujan, sehingga kalau hujan turun banyak pengunjung yang berlarian ke sana ke mari mencari tempat berteduh. Jika tidak kebagian tempat berteduh maka lebih memilih untuk cabut alias pulang seperti kami.





Itulah cerita liburan Keluarga Biru di Taman Idaman Hati. Meski namanya dangdut banget namun saya memberinya nilai 9 untuk semua keindahan, keasrian dan kelengkapan fasilitasnya. Saya yakin kehadiran Taman Idaman Hati ini menjadi kebanggaan warga kota Wlingi dan memberi kesan istimewa di hati siapa saja yang pernah mengunjunginya. Dan semoga makin banyak taman-taman kota di seluruh Indonesia yang tidak hanya bermanfaat bagi kelestarian lingkungan namun juga sebagai objek wisata keluarga yang menyenangkan, aamiin.




Published by Keluarga Biru

Keluarga Biru adalah blog milik Ihwan Hariyanto dan Ivonie Zahra. Mereka menulis tentang parenting, traveling dan kuliner yang mereka lakukan bersama dua buah hati mereka Aiman dan Aira.
Follow us Google+.

18 comments:

  1. Di Blitar makin banyak pilihan tempat wisata keluarga ya, Wan... Asik nih tamannya... Moga makin banyak taman-taman seperti ini di Indonesia..
    Suka ngeliat penutup saluran sanitasinya itu, yang pake tanda lope-lope...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Dee, asyik makin menambah agenda wisata Keluarga Biru.
      Yupe, keren kan penutup sanitasi lope-lopenya. Bikin ndiri gih di rumah :D

      Delete
  2. Kalau pulang dari pasar bisa mampir ke sini ya, mulai sekarang hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Ma, ntar kalau Aim udah besar pasti minta naik mobil balapannya, ga odong-odong mulu :D

      Delete
  3. wah jalan2 terus iki :D eh wan iklanmu tetep gak ketok ki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah diberi kesempatan mengeksplore objek-objek wisata baru di Wlingi, Blitar dan sekitarnya.
      Emang belum dapat 'jatah iklan' Yo makanya nggak muncul :P

      Delete
  4. Selalu senang berada di taman kota. Itu foto mbak Ivon dan temannya bagus amat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di Palembang ada taman kota apa saja Mbak?
      Makasih, kenalin fotografernya :D *ulurin tangan*

      Delete
  5. Wah teknik ambil fotonya makin cakep aja nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Yan, sebagian besar yang motret aku ini he3

      Delete
  6. Waaaaaaaa ternyata banyak tempat bagus ya di jawa timur... Tahunya cuma batu malang... Makasih infonya mas ^_^ foto fotonya kereennn!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak Mbak, sekarang ini kota-kota kecil udah nggak mau kalah dalam hal wisata. Tapi karena minim publikasi jadi kurang banyak orang yang tahu, nah tugas kita para blogger untuk mengabarkannya di dumay.
      Makasih Mbak, masih belajar kok motretnya ;-)

      Delete
  7. Seru dan menyenangkan jika bisa menikmati taman bersama keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mas, apalagi melihat anak kita bermain dengan riang gembira.

      Delete
  8. Semakin bangga tinggal di kota kecil, kota adipura ini. ^_^
    Kalau berkenan boleh berkunjung ke laman saya Om :)
    widayanti dot net.

    ReplyDelete
  9. dimana itu bos ?
    keren kayaknya , saya juga mau kesitu bersama keluarga dan pasangan tersayang :D

    ReplyDelete

Jika menurut Anda artikel ini berguna mohon dukungannya dengan memberikan donasi via PayPal untuk maintenance blog Keluarga Biru. Terimakasih ^_^

Google+ Followers

Followers

Total Pageviews

Contact

Powered by Blogger.