Keluarga Biru

Featured Post

Berumur Panjang Demi Keluarga Tercinta - My Healthiness My Precious Moment

Di keluarga besar saya, umur para pria mayoritas lebih pendek bila dibandingkan dengan umur para wanita. Sejak lahir saya tidak...

Laman

Jatim Park 2: Wisata Fauna Modern dan Terlengkap di Indonesia

Keluarga Biru         20 comments



Jatim Park 2 Batu


Batu tidak pernah kehabisan objek wisata yang bisa kita kunjungi bersama keluarga tercinta. Kali ini Keluarga Biru akan mengajak Anda mengunjungi salah satu objek wisata andalan Batu yang tak pernah sepi dengan pengunjung yaitu Jatim Park 2.


  
Jatim Park 2 beralamat di Jl. Oro-Oro Ombo No.9A. Di dalam Jatim Park 2 ada tiga objek wisata yang bisa kita kunjungi yaitu Batu Secret Zoo, Museum Satwa dan Eco Green Park. Jatim Park 2 buka dari jam 10.00 hingga 18.00 WIB. Harga tiket masuk ke Jatim Park 2 jika weekday (Senin-Kamis) hanya Rp.75.000 saja, sedangkan weekend (Jumat-Minggu) menjadi Rp.105.000. Ada juga tiket terusan dari Jatim Park 2+ Eco Green Park/Museum Tubuh seharga Rp.85.000 pada weekday dan Rp.125.000 pada weekend. Bagi anak-anak yang tingginya lebih dari 85 cm dikenakan tiket masuk full. Untung Aiman, putra kami tingginya belum sampai 85 cm, jadi bisa masuk gratis.

Jatim Park 2 Batu


Batu Secret Zoo: Kebun Binatang Modern



Batu Secret Zoo


Kami putuskan untuk membeli tiket regular saja dikarenakan waktu yang kami miliki tidak banyak. Objek pertama yang kami masuki di Jatim Park 2 adalah Batu Secret Zoo.  Konsep kebun binatang yang modern, itulah kesan pertama yang langsung muncul di benak saya ketika memasuki area Batu Secret Zoo. Agar lebih menarik dan memudahkan pengunjung menikmati wisata satwa ini, hewan-hewan di Batu Secret Zoo dikelompokkan dalam beberapa area/zona. 





Zona-zona itu antara lain Zona Batu Secret Zoo A, di sini kita bisa melihat berbagai jenis primata, burung, kanguru, reptil, dan lemur yang lincah. Kami langsung takjub tapi sekaligus ngeri saat melihat tikus raksasa yang berada dekat dengan pintu masuk, baru kali itu kami melihat tikus sebesar kucing. 









Selanjutnya adalah Zona Aquarium. Sesuai namanya di zona ini kita dapat melihat berbagai jenis ikan air tawar dan air laut. Tak hanya ikan-ikan yang indah dan lucu seperti di film Finding Nemo, di sini juga ada ikan yang berbahaya seperti ikan hiu dan belut listrik.




Zona Savannah menjadi tujuan selanjutnya. Di zona ini kita dibawa menuju alam Afrika yang panas dan gersang. Ada zebra, rusa bertanduk panjang hingga gajah. Kita juga bisa menaiki gajah, memberi makan bebek, flamingo, dan berfoto bersama ular dan burung. 












River Adventure, ini adalah zona dimana kita bisa berpetualang menaiki perahu menjelajai pulau-pulau yang dihuni oleh orang utan, siamang dan lain-lain. Di sungai itu juga terdapat Perahu Nabi Nuh yang besar dan burung bangau yang berenang bebas. 









Zona paling mendebarkan adalah Zona Tiger Land. Di zona ini kita bisa melihat secara dekat koleksi harimau mulai harimau Sumatera, harimau putih, harimau emas, cheetah dan singa.  Tak perlu khawatir dengan keamanannya, hewan-hewan buas itu diletakkan di dalam sangkar yang terbuat dari kaca yang tebal. Di zona-zona tadi kita juga diajak melihat aneka jenis satwa asli Indonesia seperti buaya muara, burung jalak bali dan burung cenderawasih.






Saya angkat topi dan salut dengan pengelola Jatim Park 2 karena hewan-hewan di Batu Secret Zoo ini tampak sehat dan terawat dengan baik. Rute dari zona pertama hingga zona terakhir sudah ditata dengan sedemikian rupa sehingga tidak ada satu zona pun yang terlewat. Kebersihan kandang dan area untuk pengunjung juga terjaga dengan baik, tak salah jika Batu Secret Zoo ini disebut sebagai kebun binatang modern bertaraf internasional.



Serunya Bermain di Fantasy Land dan Happy Land





 Tak hanya melihat berbagai aneka satwa, di Batu Secret Zoo kita tetap bisa bermain di Zona Fantasy Land dan Happy Land. Di dua zona ini disediakan berbagai macam wahana baik untuk anak-anak maupun dewasa. 




Yang asyik buat anak-anak seperti komedia putar, mobil pemadam kebakaran dan kolam renang dengan water boom yang besar. Kalau yang menegangkan seperti wahana gajah terbang dan dragon. Aim senang sekali ketika saya ajak naik wahana gajah terbang, pastinya kami pilih gajah yang berwarna biru dong, warna favorit kami.

 




 Batu Secret Zoo dibangun di atas lahan seluas 15 hektare, tak heran dibutuhkan waktu hampir setengah hari untuk mengelilingi semua zona di dalamnya. Siapkan stamina yang prima dan jangan lupa bawa topi karena saat ini cuaca di Malang dan Batu sedang panas-panasnya. Jangan khawatir jika haus atau perut keroncongan setelah mengelilingi semua zona, di beberapa spot ada penjual minuman dingin dan makanan kecil, selain itu ada beberapa food court, Café Garden dan Café Istana Semut. Kalau Anda tidak mau kelelahan bisa juga menyewa e-bike dengan tariff sewa Rp.100.000 untuk tiga jam.


Museum Satwa: Terseret ke Zaman Purbakala


Objek kedua yang juga tak kalah menarik adalah Museum Satwa. Jika di Batu Secret Zoo kita mengenal hewan-hewan masa kini, maka di Museum Satwa kita akan dibawa ke zaman purbakala dimana hewan-hewan purba hidup.



Begitu kita masuk di dalam Museum Satwa kita akan disambut dengan view yang akan membuat kita berdecak kagum. Sebuah sangkar raksasa berisi beberapa replika burung di zaman purba diletakkan di tengah-tengah persis. Tahan nafas dan persiapkan diri Anda karena ketika menoleh ke kiri akan ada sekawanan dinosaurus yang ‘menyergap’ langkah kita. Tentu saja sekawanan dinosaurus itu hanya tinggal rangkanya saja, ada Tyranosaurus, Triceratop dan lain-lain. Penataannya superb sekali karena seolah-olah fosil-fosil dinosaurus itu seperti berada di bawah sinar rembulan.
 


Langkahkan saja kaki Anda terus ke dalam Museum Satwa dan kita akan semakin dibuat kagum sekaligus terperangah ketika melihat koleksi hewan-hewan purbanya yang begitu lengkap. Mulai dari hewan darat berkaki empat seperti rusa, harimau, banteng, hyna, zebra hingga gajah purba atau lebih dikenal dengan nama Mammoth. Lalu ada juga ikan-ikan purba yang belum pernah saya lihat sebelumnya. 








Koleksi hewan-hewan purba di Musem Angkut ini ada yang memang hewan diawetkan dan replika. Walaupun hanya replika namun penampakan fisiknya begitu detail dan ukurannya pun sesuai dengan ukuran aslinya. Hewan-hewan purba itu dikelompokkan ke dalam diorama-diorama yang sesuai dengan habitatnya. Beberapa diorama tampak dramatis karena menggambarkan bagaimana hewan-hewan karnivora beraksi memangsa hewan herbivora buruannya. Ada juga adegan hewan-hewan yang sedang beradu memperebutkan daerah kekuasaannya. Aiman beberapa kali tampak ketakutan ketika melihat replika hewan yang menakutkan karena mengira itu adalah hewan sungguhan.




Itulah cerita liburan Keluarga Biru di Jatim Park 2 yang meliputi Batu Secret Zoo dan Museum Satwa. Keduanya benar-benar memberikan pengalaman luar biasa yang takkan terlupakan, Jatim Park 2 berhasil menggabungkan unsur edukatif dan hiburan dalam satu objek wisata yang menarik. Jangan lupa juga membeli souvenir khas Jatim Park 2 seperti gantungan kunci, magnet kulkas hingga t-shirt yang tersedia di kios khusus souvenir yang berada tak jauh dari pintu keluar Museum Satwa. Tak berlebihan jika Jatim Park 2 disebut sebagai wisata fauna modern dan terlengkap di Indonesia.


 
Published by Keluarga Biru

Keluarga Biru adalah blog milik Ihwan Hariyanto dan Ivonie Zahra. Mereka menulis tentang parenting, traveling dan kuliner yang mereka lakukan bersama dua buah hati mereka Aiman dan Aira.
Follow us Google+.

20 comments:

  1. Jatimpark emang istimewa. AKu aja seneng banget disana. 1hr 3x meski pegel tetep seneng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener Mbak, nggak bosen kalo ke sana berkali-kali sebab banyak yg bisa dieksplorasi dan selalu ada yang baru.

      Delete
  2. Koleksinya lengkap nih Jatim Park
    Tampak dikelola dengan baik juga
    Pasti anak2 betah banget ya diajak kesini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupe bener sekali, nggak heran jika pengunjung Jatim Park 2 ini selalu penuh apalagi musim liburan. Iya, Aiman aja nggak ada bosennya malah pas mau menuju pintu keluarnya kayak ga rela gitu he3

      Delete
  3. Saya pernahnya ke jatim park 1 nih.anak2 malah blm pernah,smg bs ksana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin moga ada rejeki ke Jatim Park 2 Mbak.

      Delete
  4. Keren banget ya di sana. Harga tiket masuk pun terjangkau. Saya malah gak jadi ke sana nggak ngejar waktunya lagi. Kapan² mau ah berkunjung ke Jatim Park.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh sayang banget ya Teh, padahal wes jauh-jauh ke Batu. Semoga kelak ada rejeki lagi ke sini.

      Delete
  5. Aku belum pernah ke sini. Jauh uy kalo naik angkot. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada sih angkotnya Nis tapi mending naik motor aja sebab angkotnya nggak sampe malam. Siapa tahu habis dari JatimParkDua mau ke BNS.

      Delete
  6. Malang skarang punya banyak sekali tempat pilihan wisata untuk keluarga ya, mas. Aku kalau datang rata-rata hanya berenang doang di Sengkaling, dll. Jadi pengen kalau main ke Malang, bisa mampir ke sini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih tepatnya Batu Mbak he3
      Wiih sayang banget kalau hanya renang di Sengkaling, Batu punya banyak objek wisata yang menarik lho. Lokasinya juga berdekatan tapi saya sarankan pakai kendaraan pribadi atau sewa mobil.

      Delete
  7. jadi kangen pergi ke kebun binatang. :)

    ReplyDelete
  8. Belum pernah ksini hehe. Moga ntr bisa ksana kalau ke Batu. Mbu kpn :))

    ReplyDelete
  9. terimaksih infonya, bisa jd salah satu alternatif tujuan wisata ni..

    ReplyDelete
  10. Mirip Jungleland kalau di Bogor tapi tiketnya lebih murah ini.

    ReplyDelete
  11. Keren banget mbak, iya kelihatan lengkap terus ada museumnya juga itu ya. keren pokonya

    ReplyDelete
  12. Salah satu wishlist yg belum kesampaian, nih, ke malang, ke batu secret zoo.. Pingin banget ngajak anak2.. :)

    ReplyDelete
  13. jatim park yg ini luas bgt tempatnya :D saya ga cukup sehari buat keliling2 di sana

    ReplyDelete

Jika menurut Anda artikel ini berguna mohon dukungannya dengan memberikan donasi via PayPal untuk maintenance blog Keluarga Biru. Terimakasih ^_^

Google+ Followers

Followers

Total Pageviews

Contact

Powered by Blogger.