Papa Milenial: Jangan Puas Hanya Jadi Penikmat - Keluarga Biru: Travelling, Kuliner, Parenting dan Lifestyle

Papa Milenial: Jangan Puas Hanya Jadi Penikmat

by - September 24, 2017



Papa Milenial: Jangan Puas Hanya Jadi Penikmat


Sebagai seorang kepala keluarga tentunya kita memiliki tanggung jawab besar untuk mencari nafkah demi keluarga tercinta. Apalagi kebutuhan di era milenial ini semakin kompleks saja, salah satu yang paling urgent adalah internet. Mulai dari membaca berita online, memesan makanan atau ojek online, eksis di media social hingga melihat video di youtube semuanya membutuhkan akses internet. Maka tak heran ketika baru saja gajian maka ada satu pos tambahan yang harus dipenuhi yaitu kebutuhan internet.

Mengakses internet bisa dengan pergi ke warnet, membeli paket kuota dengan menggunakan pulsa pasca bayar atau pra bayar, berlangganan layanan internet yang satu paket dengan TV kabel atau bisa juga membeli nomer perdana khusus untuk internet yang biasanya lebih murah.

Kalau saya pribadi sudah mencoba hampir semua metode di atas. Awal mula mengenal internet saya mengaksesnya lewat warnet-warnet yang saat itu sedang booming. Setiap warnet menawarkan paket-paket promosi atau internet hemat untuk para netter. Saya dulu sampai bela-belain pergi ke warnet di atas jam 10 malam atau setelah sholat shubuh demi mendapatkan paket hemat. Maklum saat itu belum mampu membeli smartphone sehingga masih tergantung pada warnet.
Setelah memiliki smartphone, intensitas pergi ke warnet pun berkurang. Untuk mengakses internet biasanya saya mendaftar paket internet/data yang banyak ditawarkan oleh para provider. Enak sekali bisa ngenet menggunakan smartphone, tidak perlu lagi mengantri di warnet apalagi sampai menahan emosi karena ulah pengunjung warnet lainnya yang seenaknya sendiri.

Tapi lama kelamaan, saya mulai menyadari jika harga paket data yang dijual oleh para provider itu harganya semakin mahal. Kalau nggak gitu, kuotanya cepat sekali habis. Saya pernah baru seminggu membeli paket data, eh tahu-tahu kuotanya sudah mau habis. Alhasil saya jadi sering mengisi pulsa sampai-sampai masa aktif dan masa tenggang nomer saya lama bangett durasinya. Pernah sih terpikir untuk menggunakan pulsa pasca bayar tapi melihat aktivitas saya yang cukup tinggi di internet, saya kuatir nanti jadi keasyikan ngenetnya dan shock saat bayar tagihan selular pasca bayar hehehe.

Apalagi sebagai seorang blogger, saya juga perlu mengakses internet lewat PC atau laptop karena rempong sekali jika harus posting lewat HP. Selain bikin mata siwer, jari-jemari bisa keriting maksimal karena harus mengetik menggunakan keypad yang kecil. Karena ngenet menggunakan PC atau laptop dengan layar yang lebih besar maka membutuhkan kuota yang lebih besar juga untuk menampilkan setiap halaman di internet.
Pilihan saya kemudian beralih ke nomer-nomer perdana yang memang dikhususkan untuk internet. Dari segi harga memang lebih murah dan besaran kuota yang diberikan juga lebih besar. Saya sampai saat ini masih suka membeli nomer-nomer perdana untuk dipergunakan jika sedang mobile. Sedangkan untuk kebutuhan akses internet di rumah kami berlangganan layanan internet yang satu paket dengan TV kabel.

Lalu apakah kita sudah puas hanya menjadi penikmat atau konsumen di dunia maya? Jawabannya tentu saja tidak karena kita bisa menjadi creator konten-konten di internet. Mulai dari blog, foto hingga video. Apalagi dengan menjadi creator kita juga bisa mendapatkan penghasilan. Sudah banyak cerita kesuksesan blogger, selebgram hingga youtuber yang menjadi jutawan berkat konten-konten kreatif mereka.


Saya sendiri saat ini sedang menjajal keberuntungan di youtube melalui dua channel yang saya miliki yaitu channel Keluarga Biru dan Duo Aiman Aira. Membuat konten di youtube tantangannya lebih besar daripada blog atau instagram karena kita mau nggak mau harus tampil di depan umum. Apalagi saya sendiri sebenarnya seorang introvert sehingga membutuhkan keberanian dan kenekatan untuk tampil di depan kamera. So far, sekarang sudah mulai bisa enjoy dan menemukan style saya sendiri ketika tampil di depan kamera. Yang juga tak kalah menantangnya adalah saat bikin video untuk channel Aiman dan Aira. Namanya anak-anak masih suka moody jadi kita harus sabar dan telaten mengarahkan mereka untuk bergaya di depan kamera. Apalagi Aiman sepertinya meniru sifat introvert saya jika di depan kamera sehingga saya harus sering-sering memancingnya untuk ngomong. Tapi ada kalanya juga Aiman kepingin disyuting sementara saya sedang nggak mood atau menurut saya momentnya kurang menarik. Untuk menghargai kemauan dan inisiatifnya maka saya akan menuruti keinginannya tersebut. Soal nanti ditayangkan atau enggak, saya lihat dulu setelah melalui proses editing.

Sebagai referensi saya subscribe channel-channel yang sesuai tema channel kami. Untuk tema keluarga saya sering melihat video dari channel Keluarga Halilintar, Keluarga A6, Teman Tapi Menikah hingga Sacha Stevenson. Sedangkan untuk tema anak-anak saya melihat channel anak seperti Mas Waditya, Zara Cute, Damar Diandra, Airriu Eduventure dan masih banyak lagi lainnya.






Untuk menunjang penampilan di depan kamera tentunya kita harus tampil yang menarik, minimal bersih dan tidak membosankan. Point yang terakhir ini juga tantangan tersendiri buat saya karena saya sering tampil dengan pakaian berwarna biru. Selain karena saya memang penyuka warna biru juga untuk memperkuat branding di channel Keluarga Biru. Nah agar baju atau kaus biru yang dipakai tidak itu-itu mulu maka saya harus menambah koleksi pakaian saya. Lagi-lagi saya menggunakan internet untuk beliouterwear pria karena praktis tidak perlu capek-capek ke mall juga biasanya banyak promo atau diskonnya.

Itulah sekedar sharing saya sebagai Papa Milenial yang aktif di di dunia maya baik sebagai penikmat maupun creator. Menjadi salah satu warga dunia maya atau netizen menjadi konsekuensi yang tidak bisa dihindarkan di era milenial. Tinggal bagaimana kita menggunakan internet dengan bijak, memilih dan memilah mana yang baik untuk kita dan keluarga. Dan ingat, jangan hanya menjadi penikmat saja, jadilah creator yang mmembuat konten-konten positif untuk internet yang lebih baik bagi generasi penerus kita nanti, aamiin.



You May Also Like

11 comments

  1. papa milenial banget ini yang lagi rajin ngevlog.

    ReplyDelete
  2. Papa milenial kudu eksis dan pintar memanfaatkan peluang. Jadiii, paket data yang murah apaaa

    ReplyDelete
  3. huaa moso sih Papa duo Ai aslinya introvert? hihi

    ReplyDelete
  4. Masih belum percaya kalo papa millennial ini introvert..hihi. Mungkin ada saran kuota internet yang hemat ala keluargabiru?

    ReplyDelete
  5. Asyik tuh, bisa kompak ayah dan anak. :D

    ReplyDelete
  6. keluarga biru emang kompak deh dalam segala suasana
    saluuuuttt :)

    ReplyDelete
  7. hahahaha, papa milenial.. kompak terus ya!

    ReplyDelete
  8. Tanpa sadar saya juga telah menjadi bagian dari creator internet, meski masih kecil yg bisa dilakukan. Senang ya kalau kita bisa berbagi hal positif di dunia maya, krn sekarang zamannya zaman milenial, gak bisa lepas dari dunia maya :)

    ReplyDelete
  9. Kalo beli nomer-nomer perdana gitu apa sinyalnya oke ya?
    eh kok malah jadi konsultasi nomer perdana hehe >_<

    ReplyDelete
  10. Tuh komengku kmrn gak masuk :(
    Aku sampai lupa kmrn mau komen apa. Kyknya komen emang inet sangat ngebantu banget sekarang ini. Trus eman2 kalau cuma jd penikmat, gak manfaatin inet buat hal2 seperti sharing atau nambah2 penghasilan hehe

    ReplyDelete