JATIM PARK 3: Galeri Musik Dunia

by - November 28, 2017



GALERI MUSIK DUNIA JATIM PARK 3


Di dunia ini terdapat berbagai macam alat musik, mulai dari yang tradisional hingga modern. Baik itu bahan, bentuk hingga cara memainkannya pun sangat beragam. Kebayang nggak sih kalau kita ingin sekedar melihat atau mengenal lebih dalam semua peralatan musik dari seluruh dunia, berapa biaya yang harus kita keluarkan untuk mendatangi setiap negara tempat alat musik itu berasal. Tapi kalian nggak perlu pusing bayangin berapa budgetnya karena kini di Indonesia telah hadir sebuah museum musim kelas dunia yaitu Galeri Musik Dunia. Galeri Musik Dunia (GMD) merupakan salah satu objek wisata edukasi yang berada di Jatim Park 3, Batu, Jawa Timur.

Ketika memasuki Galeri Musik Dunia atmosfer dunia musik akan langsung terasa baik itu lewat indera penglihatan maupun pendengaran kita. Ornamen bangunan paling eyecatching ketika kita baru masuk adalah sebuah tiang yang terbuat dari puluhan gitar dan simbal yang disusun sedemikian rupa sehingga terlihat menarik dan ikonik. Saya yakin tiang ini akan menjadi ciri khas dari Galeri Musik Dunia yang paling diingat oleh para pengunjung.


GALERI MUSIK DUNIA JATIM PARK 3


Di setiap sudut kita akan melihat berbagai macam alat musik dari berbagai negara yang berasal dari lima benua. Galeri Musik Dunia terdiri atas tiga lantai, adapun saat ini di lantai satu terdapat kokeksi alat musik mulai dari petik, pukul, tiup dan gesek yang totalnya ada 700 alat. Kita tinggal menghampiri setiap corner musik dari suatu negara yang kita minati. 


GALERI MUSIK DUNIA JATIM PARK 3

GALERI MUSIK DUNIA JATIM PARK 3

GALERI MUSIK DUNIA JATIM PARK 3

GALERI MUSIK DUNIA JATIM PARK 3

GALERI MUSIK DUNIA JATIM PARK 3


Meskipun namanya Galeri Musik Dunia namun jangan dibayangin kalau suasananya bakalan bising oleh bunyi-bunyian dari setiap alat musik. Pihak Jatim Park 3 telah melengkapi setiap corner dengan audio yang didesain unik sehingga bunyi dari setiap alat musik tidak akan bercampur.


GALERI MUSIK DUNIA JATIM PARK 3


Untuk mendengarkan bunyi dari alat musik yang kita lihat, maka kita tinggal berdiri di bawah audio yang dipasang di atas. Langsung deh terdengar alunan musik yang seakan-akan membawa kita pada negara tempat alat musik itu berasal.



Di lantai 1 ini ada beberapa spot unik yang jangan sampai kalian lewatkan.

  1. Patung Wage Rudolf Soepratman

GALERI MUSIK DUNIA JATIM PARK 3


Kids zaman now jangan sampai nggak tahu tokoh nasional kita yang satu ini. Beliaulah yang menciptakan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang setiap upacara atau event-event resmi selalu kita nyanyiin. Tanggal lahir Wage RS cukup kontroversial sebab awalnya sejarah mencatat beliau lahir tanggal 9 Maret 1903 dan tanggal tersebut ditetapkan oleh SBY sebagai Hari Musik Nasional. Namun belakangan, proses pelurusan sejarah mengoreksi tanggal tersebut sehingga dinyatakan kalau Soepratman lahir pada 19 Maret 1903. Fakta tersebut sudah ditetapkan dan dikuatkan oleh keputusan Pengadilan Negeri Purworejo No. 04/Pdt/P/2007/PN PWR pada 29 Maret 2007.

  1. Memorabilia Dua Diva dari Batu



Siapa yang tidak kenal dengan penyanyi kakak beradik Yuni Shara dan Krisdayanti? Mereka berdua telah mengharumkan nama kota Batu lewat kiprahnya di dunia tarik suara Indonesia. Makanya tidak afdhol jika Galeri Musik Dunia tidak mengangkat profil mereka di salah satu memorabilia yang ada di sana. Di Memorabilia Dua Diva dari Batu kita bisa melihat baju-baju panggung yang pernah dipakai Yuni dan KD, trus ada juga microphone, CD diskografi hingga penghargaan yang pernah mereka raih.

GALERI MUSIK DUNIA JATIM PARK 3

GALERI MUSIK DUNIA JATIM PARK 3


  1. Pemutar Alat Musik Lawas

GALERI MUSIK DUNIA JATIM PARK 3


Tidak hanya alat musik, GMD juga menghadirkan koleksi alat pemutar musik lawas seperti gramophone berbagai macam merk lengkap dengan koleksi pita rekam mulai dari vinyl, cakram padat (compact disk) hingga kaset pita. Kalau ingin mengoperasikan alat pemutar music tersebut kita tinggal request kepada petugasnya.






Sekarang kita naik ke lantai dua dimana terdapat genre rute mulai musik jazz, rock, dan pop. Genre Pop masih dibagi lagi menjadi Korea pop, pop Asia Tenggara, keroncong dan dangdut. Kerennya lagi di setiap genre dilengkapi patung lilin artis yang menjadi ikon genre tersebut. Patung lilin yang ada di Galeri Musik Dunia antara lain The Beatles, Michael Jackson, Lady Gaga hingga Taylor Swift. Jadi kalian bisa sekalian narsis sama para musisis tersebut.




Suasana di lantai dua ini agak remang-remang. Lampu-lampu LED yang berwarna-warni menjadi sumber pencahayaan di lantai dua ini, saya jadi berasa kayak berada di dalam sebuah di night club. Di sudut ruangan terdapat semacam bar, tapi bedanya yang dipajang di bar tersebut bukan minuman melainkan CD para musisi kelas dunia. Ukuran CD-nya cukup besar, maklum CD zaman old sih. Di bar ini kita bisa request ke petugas untuk memutar CD musisi favorit kita.


GALERI MUSIK DUNIA JATIM PARK 3


Oh ya di lantai dua, masih ada memorabilia dari artis lawas seperti Ermi Kulit hingga Elvis Presley, bahkan koleksi alat musik dari musisi pesohor seperti The Beatles, Maria Pratiwi, Eros Candra sukses didatangkan untuk dipajang. Sedangkan di Lantai 3 merupakan lantai khusus untuk musik klasik dan mini hall untuk live music yang bisa ditempati kurang lebih 500 orang.


GALERI MUSIK DUNIA JATIM PARK 3

GALERI MUSIK DUNIA JATIM PARK 3


Itulah sekilas cerita saya ketika mengunjungi Galeri Musik Dunia di Jatim Park 3. Keberadaan Galeri Musik Dunia ini merupakan sebuah wisata edukasi bagi generasi muda agar mengetahui lebih banyak lagi tentang dunia musik dunia. Selain itu GMD juga merupakan salah satu bentuk apresiasi Jawa Timur Group kepada para musisi Indonesia pada khususnya, diharapkan generasi muda bisa lebih mengenal sejarah dan tokoh musisi Indonesia yang telah berjasa bagi kemajuan blantika musik tanah air.




Galeri Musik Dunia
Jatim Park 3: Ir Soekarno, Desa Beji, Kecamatan Junrejo
HTM: Rp.50.000 (harga perkenalan)


You May Also Like

9 comments

  1. Kece banget sih ada patung lilin Abbeys Road segala. Top tenan. Ada foto Kenny G dan Rieka Roslan juga, fave ku semua.
    Asyik ya tinggal berdiri di bawah alat musiknya bisa dengar alunannya. Kapan2 ya klo bisa ke sana temeni ya Wan.

    ReplyDelete
  2. Wah ini tempatnya instagramable kalau untuk spot foto, keren mbak.

    ReplyDelete
  3. Baru tahu kalau jatim park ada yg nomor 3. Mana HTMnya juga lebih murah. Wajib bgt nih ke sini

    ReplyDelete
  4. cuma denger bagusnya jatim park dari tulisan dan kata orang, jd penasaran

    ReplyDelete
  5. Wah belum pernah kesini, rekomended banget yak

    ReplyDelete
  6. Aku takjub dengan koleksi alat musiknya. Banyak sekali. Seakan berada di 'surganya' musik. Musik adalah bahasa kalbu, kalau masuk ke sini bawaannya pasti jadi puitis, itu kalau aku.

    ReplyDelete
  7. Ini tempat instagramable banget, cocok buat foto-foto nih hehe :D Kapan bisa ke sini ya :D

    ReplyDelete
  8. Asik kayaknya kalau bisa berkunjung ke tempat ini.

    ReplyDelete
  9. wah tempatnya sangat menarik, jadi pengen jalan jalane ke situ

    ReplyDelete