Tips Anak Nyaman Naik Kereta Api

by - January 03, 2018





Liburan atau travelling bersama keluarga itu menyenangkan, apalagi jika naik kereta anak-anak pasti suka. Naik kereta memang memiliki sensasi tersendiri yang membuat perjalanan menjadi lebih berkesan. Pemandangan di sepanjang perjalanan yang indah, harga yang bersahabat, kenyamanan dan ketepatan waktunya menjadi kelebihan kereta api dibandingkan armada transportasi lainnya. Kami pun termasuk sering menggunakan kereta api saat travelling, mulai yang dekat seperti Surabaya hingga ke Yogyakarta bahkan Cirebon kami tempuh dengan kereta api.

Seringnya naik kereta api saat travelling bersama anak, membuat kami jadi tempat bertanya beberapa teman yang ingin mengajak anaknya bepergian menggunakan kereta api. Sahabat saya blogger asal Surabaya yang kini menetap di Bogor dan sering menang lomba blog , April Hamsa pernah bertanya gimana cara pesen tiket kereta untuk anak-anak? Dia dulu saat memesan tiket buat anak-anaknya terpaksa menggunakan KTP orang lain agar bisa dapat 4 seats (kursi). Trus ada juga teman blogger lainnya berkata identitas apa yang perlu dibawa untuk anak-anak saat naik kereta api. Apakah perlu membawa akta kelahiran atau KK (Kartu Keluarga)?
Memesan tiket kereta api untuk anak-anak tidak perlu menggunakan identitas apalagi sampai pinjam KTP saudara atau tetangga. Cukup isikan saja tanggal lahir anak di kolom pemesanan, baik itu pesan di stasiun ataupun online. Jika pesan di stasiun, biasanya petugas akan bertanya apakah anak kita dibelikan tempat duduk juga. Sedangkan jika pesan online, ketika kita memasukkan data anak maka secara otomatis dia akan mendapatkan kursi berbayar.
Lalu saat hari H atau keberangkatan, kita tidak perlu membawa akta kelahiran atau KK untuk verifikasi tiket di pintu masuk. Pengalaman saya selama ini, untuk tiket anak langsung diverifikasi tanpa harus menunjukkan identitas anak.
Nah sekarang saya akan berbagi Tips Anak Nyaman Naik Kereta Api Saat Travelling ala Keluarga Biru.

1.       Pesan Tiket Jauh Hari

Kereta api merupakan salah satu armada transportasi favorit, apalagi kalau musim liburan atau mudik lebaran. Tiket kereta api bisa ludes bahkan sebelum bulan Ramadhan atau sebelum musim liburan. Agar rencana perjalanan Anda tidak sampai gagal, maka pesanlah tiket kereta api jauh hari sebelumnya.
Keuntungan memesan tiket jauh-jauh hari adalah kita terhindar dari resiko tidak kebagian tempat duduk. Apalagi kalau travelling sama balita, walaupun mereka kecil namun demi kenyamanan sebaiknya belikan mereka kursi sendiri. Kami pernah merasakan tidak kebagian kursi saat naik kereta api jarak jauh dan pendek. Yang jarak jauh ketika kami pulang dari Solo ke Malang, saya harus memangku Aiman di sepanjang perjalanan. Jangan tanya gimana rasanya saat dan sesudah perjalanan, kapok deh.
Tonton juga: Naik Kereta Api Nggak Kebagian Kursi




2.       Pilih Tempat Duduk yang Tepat

Mengingat durasi perjalanan yang cukup lama maka pemilihan tempat duduk juga penting jika kita travelling mengajak anak naik kereta api. Pilih tempat duduk yang dekat dengan jendela agar anak-anak bisa menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan. Dengan demikian mereka akan mendapatkan pengalaman yang berkesan saat naik kereta api, di samping itu juga efektif menghilangkan kebosanan.
Perlu dipertimbangkan juga untuk memilih tempat duduk dengan dekat dengan toilet untuk memudahkan kita jika anak-anak ingin buang air kecil atau besar. Kebiasaan anak-anak yang suka menahan kencing kadang suka bikin panik kalo mereka mendadak minta pipis, nah kalo kita duduk dekat dengan toilet maka kita bisa segera bawa mereka ke toilet.

3.       Datang ke Stasiun Lebih Awal

Kereta api memiliki jadwal yang sudah ditentukan dan kinerja kereta api zaman now rata-rata sudah bagus, mereka berangkat on-time. Berdasarkan pengalaman kami, kereta api yang kami naiki selalu berangkat tepat waktu. Oleh karena itu penting sekali bagi Anda untuk datang ke stasiun lebih awal, apalagi jika kita travelling bersama anak.
Tahu sendiri kan, mayoritas anak itu suka lelet atau ada aja yang dilakukan (mbulet) sehingga membuat kita molor. Nah agar jangan sampai kita ketinggalan kereta karena anak yang lagi mbulet apalagi tantrum maka usahakan 30 menit sebelum jam keberangkatan sudah sampai di stasiun. Apalagi jika jarak rumah kita dengan stasiun cukup jauh, kita harus mempertimbangkan kondisi jalan juga.

4.       Bawa Bekal Makanan

Buat kami bekal makanan ini wajib, terutama cemilan favorit anak-anak. Maklum Duo Ai termasuk anak yang suka nyemil dan aktif pula sehingga mereka mudah sekali merasa lapar. Cemilan fave Aiman Aira itu biskuit, keripik dan permen. Yaa standart anak-anak lah. Tak lupa juga kami membawa 2 jenis minuman yaitu air putih dan susu kotak.
Memang sih di stasiun dan kereta api dijual juga makanan dan cemilan tapi harganya lumayan juga. Dengan membawa makanan dari rumah bisa menghemat pengeluaran, selisihnya lumayan lho bisa untuk keperluan yang lain. Kami biasanya menaruh makanan dan minuman itu dalam satu tas kecil dan meletakannya di tempat yang mudah dijangkau. Sehingga ketika anak ngeluh laper atau haus, kita bisa dengan cepat mengambilkan makanan atau minuman buat mereka.



5.       Bawa Jaket dan Selimut

Kereta api dilengkapi dengan AC agar penumpang tetap nyaman dan tidak sampai kegerahan meskipun gerbongnya penuh. Apalagi kalo kita naik kereta api jarak jauh, suhu di dalam gerbong biasanya disetting rendah dan dingin banget. Oleh sebab itu bawalah jaket dan selimut agar anak-anak tidak sampai kedinginan. Jangan lupa juga bawa minyak telon atau minyak kayu putih untuk mencegah masuk angin. Boleh juga bawa bantal leher jika bawaan Anda tidak begitu banyak, kalau nggak mau repot bisa menyewa bantal yang disewakan oleh pihak KAI.

6.       Bawa Mainan Secukupnya

Dunia anak itu adalah bermain, so kemana pun kita jangan sampai lupa bawain mainan atau benda kesukaan mereka. Lamanya perjalanan akan bikin anak merasa bosan dan bisa bête. Nah kalo mereka ada kesibukan (baca: bermain) maka perjalanan jadi lebih menyenangkan. Bawa mainan secukupnya saja, biarkan mereka memilih mainan favorit mereka. Bisa juga membawa buku cerita anak atau majalah anak sebagai selingan.
Gadget gimana??
Saya nggak mau munak ya, Aiman sudah mengenal gadget sejak kecil. Malahan sekarang dia suka yutuban, nonton video-video dari channel anak kesukaannya. Aiman itu termasuk anak yang aktif dan cepat bosan, meskipun sudah dibawain mainan tapi tetap aja butuh penyaluran lainnya. Pernah neh Aiman saking nggak bisa diamnya sampai saya ditegur ama penumpang di belakang saya karena kepalanya kesenggol tangan Aiman yang berdiri mulu.

Nah untuk membuat Aiman duduk anteng di kereta, jika dia sudah bosan dengan mainannya maka saya dengan terpaksa memberinya gadget. Dijamin deh tuh anak akan duduk anteng nonton video atau main game.
Oke itulah 6 Tips Tips Anak Nyaman Naik Kereta Api Saat Travelling ala Keluarga Biru. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda yang akan merencanakan travelling bersama anak naik kereta api. Jika ada yang punya tips lainnya, silakan tambahkan di kolom komentar. Happy Travelling yaa.


You May Also Like

9 comments

  1. aq belum pernah sama anakku naik kereta, dan pengen nyoba pergi ke bandung naik kereta, makasih infonya mbak

    ReplyDelete
  2. ngajak anak pergi itu rempong... bawa2 mainan.. hehe
    bdw tfs yaa Mas,,, Juna blm pernah aku ajak pergi naik keretaa

    ReplyDelete
  3. Pesan tiket jauh-jauh hari ini penting banget, supaya bisa menyiapkan segala kebutuhan dalam perjalanan secepat mungkin... soalnya klo pesan tiket go show banyak yang ketinggalannya.... hihi ribet pulaa...

    ReplyDelete
  4. Anak saya malah pengen jalan2 menyusuri gerbong waktu perjalanan jogja-jkt. Seneng bgt y dunia anak2 saat diajak naik kereta...

    ReplyDelete
  5. Naik kereta jarak jauh bawa bocah memang harus siap ini itu. Pengalaman bawa 3 balita naik kereta, heboh. Hatis pintar2 ngerayu biar mereka gak bosan dijalan

    Makasi tipsnya ya

    ReplyDelete
  6. sering menang lomba blog ---> lebay hahaha
    Pengen banget bawa anak2 ke Malang naik kereta api. Doain ada rezeki yaaaa :D

    ReplyDelete
  7. Anak jaman now asal ada gadget aja pasti anteng yah :D

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    ReplyDelete
  8. Aiiih anak2ku kalah nih sama duo Ai. Anakku belum ada yg pernah naik kereta hihi. Jangankan kereta ke luar kota, KRL aja belum. Hadeuuh. Trims tipsnya ya Wan

    ReplyDelete
  9. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://auliyaskincare.com

    ReplyDelete