BLITAR TOWN SQUARE: Mall Pertama di Blitar

by - October 26, 2018



BLITOS: Blitar Town Square Mall Pertama dan Satu-Satunya di Blitar



Anda percaya tidak jika sebelum tahun 2018, di Blitar tidak ada yang namanya pusat perbelanjaan atau mall. Hal ini sudah menjadi komitmen dari Walikota Blitar Muh. Samanhudi Anwar karena menurut beliau kehadiran mall hanya akan menghancurkan ekonomi kerakyatan. Komitmen Walikota Blitar ini memang ada benarnya sih, sekarang ini kehadiran mall, supermarket hingga minimarket di kota-kota kecil secara nggak langsung membuat para pelaku ekonomi kerakyatan seperti warung-warung klontong kehilangan konsumen.

Lalu apakah di Blitar juga tidak ada minimarket seperti Indomaret dan Alfamart? Jangan kuatir Gaes, 2 minimarket yang selalu kompak berdiri berseberangan itu ada kok di Blitar. Dulu saya sempat heran ketika melihat sekelompok abegeh Blitar yang nongki rame-rame di depan Indomaret. Pikir saya, emang nggak ada tempat nongki lainnya yang lebih oke gitu. Ooh ternyata karena di Blitar nggak ada mall, makanya para abegeh Blitar itu terpaksa nongki di depan Indomaret.

Tapi kini ada kabar gembira, pada tanggal 10 Agustus 2018 yang lalu telah dibuka dan diresmikan mall pertama dan satu-satunya di Kota Patria yaitu BLITAR TOWN SQUARE. Lokasi Blitar Town Square (BLITOS) beralamat di Jl. Merdeka No.6-7, Kota Blitar, Jawa Timur 66117.  BLITOS dibangun di lahan bekas bangunan Bioskop Bentar Dipayana. Blitos berada di pusat kota, dekat dengan Alun-Alun Kota Blitar, Kantor Walikota dan Taman Pecut.

Lalu kenapa sekarang Walikota Blitar mengizinkan berdiri sebuah mall di Blitar?

Ada beberapa alasan mengapa BLITOS hadir di Blitar. Yang pertama adalah untuk meningkatkan perekonomian kota Blitar, meskipun berkonsep mall namun Blitos tetap memberikan kesempatan bagi pedagang asli kota Blitar terutama para pelaku UMKM untuk berkembang dengan menyediakan stand. Yang kedua untuk memudahkan warga Blitar melakukan kegiatan ekonomi. Dengan adanya pusat perbelanjaan warga Blitar tidak perlu lagi membelanjakan uangnya ke wilayah  Kediri atau Malang.


BLITAR TOWN SQUARE: Mall Pertama di Blitar


Kalau buat saya pribadi yang bukan warga kota Blitar, ikut senang dengan kehadiran Blitos karena bisa jadi alternatif hiburan di malam hari jika sedang main ke Blitar. Beberapa kali main ke Blitar, kami agak bingung mencari hiburan di malam hari terutama untuk anak-anak. Palingan ya main ke Alun-Alun Kota Blitar dan Taman Pecut. Keberadaan Blitos memberikan sentuhan modernitas yang menurut saya bisa memberikan dampak positif bagi perekonomian kota Blitar.

Ada Apa di Blitar Town Square


Keluarga Biru datang melihat Blitos pada hari Minggu, 12 Agustus 2018. Kebetulan waktu itu kami habis main ke Taman Kebon Rojo, taman kota yang paling populer dan ramai di Blitar. Saat kami tiba di sana, suasana di Blitos cukup ramai dengan para pengunjung. Banguna Blitos tampak mencolok di antara bangunan-banguna lain yang berada di sepanjang Jalan Merdeka, jadi kalian nggak usah khawatir untuk mencarinya. 


BLITAR TOWN SQUARE: Mall Pertama di Blitar


Beberapa pengunjung tampak duduk-duduk di bagian selasar mall. Saya lalu mengarahkan motor ke area parkir yang berada di lantai bawah tanah/ground. Saya agak terkejut karena ternyata kondisi parkirnya masih alakadarnya alias belum selesai. Lantainya masih berupa tanah bahkan berdebu, saya otomatis menutup hidung ketika sampai di dalam. Kesian para petugas parkirnya karena harus bekerja dengan menghirup debu, untungnya sih mereka memakai masker. Setelah memarkirkan motor, kami pun bergegas naik ke lantai 1. 


BLITAR TOWN SQUARE


Di lantai 1 Blitos ini masih banyak stand yang kosong, yang tampak sudah beroperasi adalah sebuah café bernama Salsa Dessert and Coffee. Warna-warna cerah yang digunakan dalam interior café ini membuatnya menonjol alias eye cathing. Beberapa pengunjung tampak asyik nongki-nongki di sana. Trus stand kedua yang sudah buka letaknya sebelum escalator yaitu wahana permainan anak berupa odong-odong robot yang mirip dengan karakter di film Transformer. Karena stand yang buka hanya dua, kami pun langsung naik ke lantai 2.


Salsa Dessert and Coffee Blitar


Salsa Dessert and Coffee Blitar
Suasana di lantai 2 lebih ramai karena stand di sini lumayan banyak yang terisi. Di bagian tengah didominasi oleh stand furniture, paling banyak sih menjual kasur springbed. Trus ada juga stand-stand kecil yang menjual dompet, tas, ikat pinggang dan item-item fashion lainnya. Ada juga semacam café tapi sayang belum buka. 

Blitar Square Lantai 2



 Cocoland Blitar: Area Bermain Anak


Yang bikin Duo Ai (saya juga sih) excited adalah di lantai 2 ini ada area playground dengan wahana permainan yang up to date. Ada arcade game dan playground bernama Cocoland Adventure. COCOLAND adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang hiburan keluarga dengan tagline “Interactive Games Centre”. Keunggulan Cocoland adalah menghadirkan 5 konsep yang menyatu dalam satu ruangan yaitu, SKY JUMPER, ADVENTURE, GAMES ARENA, SKY RINK dan COCOTRAIN. Cocoland tidak hanya pada kualitas produk, akan tetapi menciptakan design yang unik dan nyaman sehingga menjadi pengalaman berlibur yang nyaman dan menyenangkan untuk keluarga.


Cocoland Blitar

Saya nggak nyangka kalau permainan yang ada di Cocoland Blitar ini mirip dengan permainan yang ada di Kidzoona Surabaya TP3. Salah satunya Bubble Ball, permainan ini favoritnya Mas Aiman karena bias berguling-guling di dalam bola bubble raksasa. Tarifnya lumayan juga sih, Senin-Jumat Rp.35.000/1 jam dan Rp.50.000 sepuasnya sedangkan hari Sabtu Minggu dan Libur Nasional: Rp.50.000/1 jam dan Rp.75.000. Duo Ai tentu saja merengek-rengek minta bermain tapi karena uang lagi menipis, saya hanya mengajak bermain arcade game.



Cocoland Blitar

Cocoland Blitar


Cocoland Blitar


 CGV Blitar Town Square



CGV Blitar Town Square


Oke sekarang lanjut ke lantai 3. Lagi-lagi saya dibuat excited karena di lantai 3 terdapat bioskop, nggak main-main: CGV Gaesss. FYI CGV adalah perusahaan bisnis bioskop multiplex terbesar di Korea Selatan serta memiliki cabang di Tiongkok, Vietnam, Indonesia dan Amerika Serikat. CGV mengambil namanya dari huruf pertama dari tiga kata; Cultural, Great, dan Vital. Kereen ih Blitar Town Square, setahu saya di Malang aja belum ada lho bioskop CGV. Denger-denger sih nanti bakalan ada di Transmart MX Malang yang saat ini masih dalam tahap pembangunan.


CGV Blitar Town Square

CGV Blitar Town Square

Bioskop gandengannya sama makanan dong, di lantai 3 ini ada area food court yang menyediakan berbagai macam kuliner mulai dari cemilan khas anak zaman now seperti waffle, sosis, jamur crispy berbumbu hingga makanan berat seperti aneka lalapan juga Bakso Kota Cak Man dari Malang.


 Food Court Blitar Town Square

 

Food Court Blitar Town Square
Karena sejak dari Taman Kebon Rojo belum makan, kami pun memutuskan untuk makan di salah satu tenant namanya Wekkers Luch yang menjual aneka lalapan. Harganya cukup terjangkau mulai dari 13K sampai dengan paketan untuk 4 orang seharga 60K.


Food Court Blitar Town Square

Food Court Blitar Town Square

Untuk tempat makannya tersedia dua bagian yaitu di dalam dan balkon. Kelebihan kalau makan di balkon bisa sambil melihat pemandangan di sepanjang Jl. Merdeka trus cocok untuk para perokok. Karena kami nggak kebagian kursi di dalam maka kami pun makan di balkon. Berhubung masih dalam masa pembukaan, nggak heran jika pengujung membludak. So musti sabar ya menunggu antrian makanan. Di lantai 3 ini rencananya juga ada stand Kampung Cokelat Blitar tapi waktu itu masih belum buka.



Oh iya, bagi yang ingin beribadah bisa sholat di musholla yang berada di lantai dua. Di sana juga tersedia toilet tapi waktu itu toilet cewek masih dalam tahap renovasi sehingga pengunjung pria dan wanita menggunakan toilet cowok. Toiletnya lumayan bagus, pintunya menggunakan pintu kaca gitu tapi tentu saja yang tidak tembus pandang ya wekekeke.



Setelah saya dan Mas Aiman buang air kecil, kami pun turun ke lantai 1. Mama Ivon tertarik untuk beli cemilan di Salsa Dessert and Coffee. Ngemilnya nggak banyak kok, hanya 1 cup es krim aja wekekeke. Lumayan buat ngobatin rasa kepo tentang makanan yang dijual di situ.


Salsa Dessert and Coffee



Salsa Dessert and Coffee

Puas ngemall, kami pun memutuskan untuk pulang karena hari sudah sore. Kesan saya setelah ngemall pertama kali di Blitar Town Square ini cukup puas, saya salut dengan keberadaan tenant hiburan seperti Coco Land dan bioskop CGV, ini memberikan nilai plus tersendiri di mata saya. 



BLITAR TOWN SQUARE: Mall Pertama di Blitar


BLITAR TOWN SQUARE: Mall Pertama di Blitar

Hanya saja menurut saya bangunan BLITOS ini kurang begitu besar untuk ukuran mall pertama dan satu-satunya di Blitar. Trus juga sepertinya agak dipaksakan untuk segera buka karena di sana-sini masih ada yang belum selesai misalnya area parker yang masih berupa tanah berdebu, banyaknya stand yang masih kosong. Harapan saya semoga kehadiran Blitos ini bisa langgeng, banyak tenant yang buka dan ramai pengunjungnya. Yang pada akhirnya akan meningkatkan roda perekonomian masyarakat Blitar, aamiin.



BLITAR TOWN SQUARE: Mall Pertama di Blitar

Itulah cerita Keluarga Biru ngemall di Blitar Town Square (BLITOS) mall pertama dan satu-satunya di kota Patria Blitar. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda yang berencana pergi liburan ke sana.


You May Also Like

0 comments