Rencana Liburan Keluarga ke Bandung

by - October 24, 2018





Siapa di sini yang suka liburan? Semua orang pasti menyukainya, demikian juga dengan Keluarga Biru. Liburanbersama keluarga memiliki banyak manfaat antara lain mengatasi stress dan beban pikiran, mendapatkan pengalaman baru yang berkesan terutama untuk anak-anak, membuat hubungan keluarga semakin harmonis dan solid dan menciptakan kenangan indah di masa depan. Itulah sebabnya kami mengusahakan agar setiap tahun ada agenda liburan keluarga.

Agar liburan berjalan lancar dan berkesan tentunya harus direncakan dengan matang terlebih dahulu. Apalagi saya terikat dengan hari kerja Senin sampai Jumat, demikian juga dengan Mas Aiman yang sudah duduk di TK B tahun ini. Sebisa mungkin kami liburan saat weekend, syukur-syukur kalau ada hari libur nasional yang berdekatan dengan weekend sehingga bisa liburan sepuasnya di long weekend. Nah di tahun 2019 nanti, ada beberapa long weekend (akhir pekan panjang) yang bisa dimanfaatkan untuk liburan bersama keluarga. 



Dari beberapa weekend panjang di atas, kami sepakat memilih bulan Februari. Kebetulan pada tanggal 5 Februari itu ada libur nasional memperingati TahunBaru Imlek yang jatuh pada hari Selasa. Nah saya bisa ijin nggak masuk kerja pada hari Senin agar bisa mendapatkan liburan weekend panjang mulai dari tanggal 2 sampai dengan 5 Februari 2019.




Untuk destinasi liburan tahun depan, kami berdua ada dua opsi yaitu Bandung atau Banjarmasin. Saya prefer ke Bandung saja karena anak-anak belum pernah ke sana trus dari segi jarak lebih dekat sehingga biaya liburan bisa lebih hemat. Liburan bersama keluarga memang menyenangkan tapi di sisi lain biaya menjadi membengkak, oleh sebab itu harus pintar-pintar mengatur biayanya. Kalau liburan ke Banjarmasin harus direncakan lebih lama dan matang agar punya waktu lebih dalam persiapan dananya.

Bandung memiliki banyak sekali objek wisata yang mempesona, saya sendiri sudah pernah ke Bandung saat acara gathering di kantor. Dulu saya mengunjungi Gunung Tangkuban Perahu, Wisata Pemandian Air Panas Sari Ater dan Trans Studio Bandung. Nah kalau liburan bareng keluarga, tentunya saya harus mencari objek wisata yang cocok untuk keluarga terutama anak-anak. Setelah gugling sana-sini, ada beberapa objek wisata keluarga yang masuk dalam itenary kami.

  1. De Ranch Lembang
Daya tarik utama De Ranch Lembang ini adalah keunikannya yaitu wisata ala koboy Amerika dengan suasana peternakan kudanya di areal yang cukup luas sekali. Di sini kita ditantang untuk menjelajah jengkal demi jengkal lokasi De Ranch menggunakan kuda lengkap dengan atribut cowboy mulai dari topi cowboy, baju cowboy, sepatu cowboy dan lainnya. 


De Ranch Lembang


De Ranch Lembang menyediakan aneka jenis permainan anak dan dewasa yang wajib untuk dicoba antara lain: Menunggang Kuda, Naik Delman, Kolam Pancing, Peti Luncur, Balon air, dan permainan lainnya, sehingga tempat ini termasuk salah satu Tempat Wisata Anak di Bandung terbaik diantara lainnya. Mas Aiman pasti suka banget diajak ke sini karena dia senang menaiki kuda, apalagi di sana ada kuda poni yang lucu. Girang banget tuh.

  1. Phantasia Barbie Galery

Phantasia Barbie Galery


Kalau tempat yang satu ini tentu saja cocok banget untuk Adek Aira. Phantasia Barbie Gallery, yang berlokasi di Jl. Sersan Bajuri No. 100, Bandung Utara ini menyajikan segala keindahan boneka Barbie berukuran tinggi 25 cm yang lengkap dengan busana dan dekorasi indah nan menawan. Boneka Barbie ini dipajang dalam berbagai tempat dan suasana, termasuk sejarah perjalanan Barbie sejak tahun 60-an hingga kini. Boneka Barbie di Gallery ini tampil dengan berbagai koleksi busana, style rambut, hingga pernak-perniknya yang detail dan menawan.

  1. The Farmhouse
Nama The Farmhouse sangat populer dan ngehits di kalangan wisatawan karena keunikannya yaitu menghadirkan suasana pertanian dan perkebunan ala Eropa, trus keunikan kedua di dalamnya ada rumah kurcaci (hobbit) khas New Zealand. Farmhouse tidak hanya memiliki areal kebun luas untuk tempat bermain anak dan latar tempat yang menarik untuk difoto, di sini kita juga bisa duduk santai menghirup udara pegunungan sambil meminum susu segar.


The Farmhouse


Di dalam Farmhouse juga ada mini zoo yang berisi beberapa hewan antara lain iguana, kura-kura, kucing, landak, sugar glider, burung, domba, kelinci, dan anak sapi. Bahkan kita bisa berwisata sambil memberi makan domba, anak sapi atau kelinci. Karena suasananya kental dengan nuansa Eropa maka di sana disediakan juga penyewaan kostum ala Eropa (Belanda).

Sementara 3 objek wisata dulu aja yang saya masukkan dalam itenary. Kemungkinan nanti bisa bertambah atau malah berubah karena namanya travelling kadangkala ada hal tidak terduga yang terjadi di lokasi. Sekarang kita lanjut bahas tentang transportasi dan akomodasi liburan kami ke Bandung.

Untuk urusan transportasi dan akomodasi nggak perlu bingung lagi sebab kini sudah banyak aplikasi pemesanan tiket transportasi dan hotel. Kita bisa booking kapan dan dimana saja, asalkan ada akses internet dan uang di ATM pastinya. Kebetulan dalam beberapa kali agenda liburan, kami booking tiket transportasi dan hotel lewat Traveloka. 




Ada beberapa alasan mengapa saya memilih Traveloka, antara lain harga yang ditawarkan lebih murah bila dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Selain itu juga ada fitur refundable untuk beberapa item, jadi misalnya ada sesuatu yang mengharuskan kita membatalkan agenda liburan maka uang yang sudah kita bayarkan untuk booking transportasi dan hotel bisa kita tarik lagi. Trus yang oke ini, Traveloka menyediakan paket booking pesawat + hotel yang mana akan menghemat bukan hanya waktu namun juga anggaran liburan kita. 

Cara untuk memilih Paket Pesawat + Hotel mudah banget, kita tinggal pilih aja di menu yang berada di side bar sebelah kanan. Pilih Flight + Hotel seperti tampak pada gambar di bawah ini:



Selanjutnya kita isi detail penerbangan dan hotel pilihan kita. Kalau saya berangkat dari Malang dan kota tujuannya Bandung, untuk hotelnya saya memilih di daerah Lembang. Pesan paket pesawat+hotel secara bersamaan gini totalnya lebih hemat dibanding pesan terpisah lho. Jika dikalkulasi hematnya bisa sampai 20% tanpa kode promo apapun, asyiik bener kan?



Tak perlu menunggu lama, saya langsung mendapatkan jadwal penerbangan dari Malang ke Bandung. Trus hotelnya saya memilih Grand Hani Hotel yang dekat dengan beberapa objek wisata antara lain: The Farmhouse, Maja House, Kampung Gajah Wonderland dan Rumah Sosis. Ada untungnya juga lho booking via Traveloka, tadinya saya belum ada ide untuk wisata kuliner. Setelah googling tentang Maja House ternyata ini salah satu wisata kuliner paling hits juga di Bandung. Dengan Paket Pesawat + Hotel ini urusan booking yang biasanya agak bikin males karena makan waktu lama jadi lebih mudah dan saving time.



Oke, saatnya totalan. Bisa dilihat pada screen shoot, dengan booking pesawat dan hotel secara bersamaan ini saya dapat harga yang lebih murah. Kalau booking secara terpisah akan kena biaya sebesar Rp.9.210.000 tapi setelah booking secara bersamaan tinggal Rp.7.110.000.

Wagelaseh, saya bisa berhemat sampai 2,1 juta Gaes. Uang sebanyak itu kan bisa dialokasikan untuk biaya yang lain misalnya transportasi selama di Bandung, wisata kuliner dan wisata belanja untuk oleh-oleh kerabat di rumah.



Kelebihan lain dari Traveloka, untuk proses pembayaran mudah dan tersedia dalam metode pembayaran. Traveloka menerima pembayaran menggunakan Kartu Kredit, Bank Transfer / ATM, Direct Debits bahkan pembayaran via gerai Alfamart dan Indomart. Anda tingga pilih mau bayar pakai metode apa, kalau sih biasanya via transfer/ATM.





Jadi gimana, masa nggak tergoda sih untuk liburan tahun depan? Masa long weekend mau mage raja di rumah, sayang banget kan? Buruan deh pilih long weekend mana yang bisa diagendakan untuk liburan bersama teman segank, pasangan atau keluarga tercinta. Trus cobain deh paket booking pesawat dan hotel lewat Traveloka agar kalian juga dapetin kemudahan dan hemat sampai dengan 20%.


You May Also Like

4 comments

  1. Bis lebih irit gitu ya, pake traveloka... Mayan banget, bisa nambah2 uang saku..

    Aku pengen ke Bandung juga...pengen eksplore Lembang.

    ReplyDelete
  2. Bandung memang pilihan keren untuk liburan keluarga ya

    ReplyDelete
  3. Kalau ke Bandung, saya pengin berkunjung ke Masjid itu, gak tau nama masjidnya sih, tapi katanya terkenal banget. Sama coba kuliner hits terbaru asal Bandung, SEBLAK hehehe

    ReplyDelete